fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Cara Sukses Bisnis Online dan Mendapatkan Banyak Pelanggan

Bisnis online merupakan salah satu jenis usaha yang mulai banyak dilakukan di era modern seperti saat ini. Selain mudah dilakukan, bisnis yang satu ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Berbeda jika kita melakukan bisnis offline, budget yang harus disiapkan untuk modal jauh lebih besar. Mulai dari penyewaan tempat, bahan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika usaha tersebut dijalani secara daring (online) maka tempat tidak dibutuhkan dan dan ketika bekerja juga bisa dilakukan dimana saja.

Tak hanya itu saja, bisnis online dianggap bisa memberikan keuntungan yang lebih besar sehingga lebih banyak orang yang mulai tertarik melakukannya. Tak peduli usia muda dan tua, pebisnis online menjadi salah satu pekerjaan yang mulai diminati. Apalagi dengan didukung oleh perkembangan teknologi dan internet yang semakin canggih membuat bisnis yang satu ini semakin efektif untuk dilakukan.

Namun untuk menjadi sukses di dunia bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan ada banyak tantangan yang bakal dihadapi. Belum lagi tingkat persaingan yang semakin ketat seiring dengan banyaknya orang yang serius untuk mengembangkan bisnis online mereka. Sekarang pertanyaannya, apakah bisa membangun bisnis semua dari 0 hingga sukses dan memiliki banyak pelanggan dan penghasilan yang besar?

Baca : 10 Tips Jitu Menjadi Pebisnis atau Pengusaha Sukses

Cara Sukses Bisnis Online

Jawabannya tentu bisa. Selain ketekunan dalam menjalaninya, beberapa hal tersebut sebaiknya dilakukan untuk bisa meraih kesuksesan di dunia bisnis online. Apa sajakah itu ? Mari kita simak beberapa tips dibawah ini agar Anda bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis online, mendapatkan banyak pelanggan dan berpenghasilan besar.

Sukses bisnis online

1. Mulai Tentukan Produk atau Jasa

Sebelum memulai tentukan, apakah anda ingin menjual produk atau jasa? Jika ingin menjual produk, tentunya anda harus mengetahui kebutuhan dan target konsumen yang akan Anda sasar. Sebagai contoh, jika wanita menjadi target konsumen tentu tidak mungkin bila anda menjual jam tangan pria bukan? Selain itu, anda sebagai colon penjual juga benar-benar harus mengetahui tren terbaru sehingga apa yang dijual pasti memenuhi kebutuhan konsumen.

Bagaimana jika ingin membuka jasa? Saya rasa ini harus disesuaikan dengan keahlian anda. Tanpa adanya skill tidak mungkin anda bisa mengembangkan bisnis tersebut. Sebagai contoh, jika memiliki kemampuan dalam hal desain grafis, maka anda bisa menawarkan diri untuk membuka jasa pembuatan logo atau banner. Jangan salah, walaupun jenis bisnis yang satu ini kurang diminati, namun bisa memiliki nilai jual yang tinggi apabila didukung dengan keahlian yang mumpuni dari penyedia jasa tersebut.

2. Tentukan Harga Terbaik

Harga menjadi salah satu faktor yang penting akan kesusksesan sebuah bisnis. Banyak dari pebisnis yang dagangannya tidak laku karena memiliki harga yang terlalu mahal. Menjual murah pun tidak laku karena dianggap barang yang ditawarkan tidak berkualitas. Wah, jadi serba repot jadinya. Lantas bagaimana menentukan harga untuk bisnis?

Tentu antara menjual barang dan jasa berbeda penentuannya. Perlu dilakukan riset harga yang ada di pasaran. Jangan sampai harga yang anda tawarkan terlampau jauh lebih mahal daripada harga pada umumnya. Contoh, toko lain rata-rata menjual Rp 45.000 tetapi anda menjual Rp 100.000, jelas konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli ke anda. Lain halnya dengan jasa, ada hal yang membuat anda bisa memberikan harga tinggi, yaitu kualitas dari hasil jasa tersebut. Dimana ada harga, disitu juga ada kualitas!

3. Membuat Website Sendiri

Dengan memiliki website sendiri, semakin menambah nilai dari bisnis yang anda jalani. Hanya promosi lewat sosial media saja tidak cukup membuat calon konsumen percaya kepada anda. Berbeda halnya jika anda memiliki website sendiri, tentu saja mereka menganggap bisnis anda jauh lebih profesional. Jika belum cukup dana untuk membuat dan mengembangkan website, paling tidak untuk sementara waktu membuat blog terlebih dahulu dengan domain TLD.

Baca : Cara Mudah Membuat Blog Dengan WordPress (Self Hosting)

4. Membeli Domain

Domain merupakan alamat web yang nantinya aakan diakses oleh calon pembeli anda. Untuk itu pemberian nama domain sebaiknya singkat, menarik, dan juga mudah diingat. Selain itu belilah domain di situs yang terpercaya untuk menghindari kemungkinan penipuan yang dilakukan oleh penjual. Beberapa situs yang direkomendasikan dalam hal ini diantaranya yaitu Bluehost, iPage, SiteGround dan HostGator.

Baca : Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

5. Membeli Hosting

Jika anda ingin membuat website yang berkualitas, hosting atau tempat penyimpanan menjadi sesuatu yang harus anda miliki. Untuk mencarinya, tentu tidak sulit. Perusahaan yang menjual domain biasanya sudah sepaket dengan hosting. Lain daripada itu, membeli paket hosting juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang produk yang anda jual banyak, maka perlu untuk memiliki hosting dengan kapasitas besar agar dapat menampung semua produk tersebut. Namun sebaliknya, jika anda tidak terlalu menjual banyak produk cukup gunakan hosting dengan kapasitas kecil.

Daftar hosting iPage Step 1

6. Sistem Pembayaran

Dalam sebuah bisnis, sistem pembayaran mudah menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. Dalam hal ini, saya sarankan untuk menggunakan rekening sebagai metode pembayaran. Alasannya simple, mayoritas orang Indonesia sudah memiliki rekening. Lalu bagaimana dengan pembayaran via pulsa? Memang, itu bisa jadi pilihan namun untuk sebuah bisnis yang profesional, sistem pembayaran menggunakan rekening tetap jadi pilihan yang lebih baik. Pastikan juga nama rekening adalah nama pribadi anda, dalam artian tidak menggunakan rekening orang lain walaupun itu keluarga. Menggunakan rekening atas nama diri pribadi dapat meningkatkan kepercayaan konsumen ketika ingin mentransfer uang ke rekening yang dituju.

Selain itu, jika Anda juga melakukan bisnis online untuk jangkauan yang lebih luas, sebaiknya Anda juga harus memiliki sistem pembayaran secara global yaitu dengan menggunakan PayPal (Penjelasan Paypal dan Cara Membuat Akun Paypal Terbaru) atau sistem pembayaran online lain yang populer seperti Payoneer (Panduan Lengkap Cara Daftar dan Membuat Akun Payoneer Terbaru).

7. Berjualan Melalui Marketplace

Selain berjualan melalui website pribadi, marketplace bisa jadi pilihan terbaik lainnya sebagai tempat jualan online anda. Marketplace merupakan sebuah tempat jual beli produk dimana seller dan juga pembeli bertemu di satu website yang sama. Untuk sistem pembayaran, kita kenal dengan sebutan “rekening bersama”. Dengan banyaknya penjual dan pembeli berkumpul pada suatu tempat, maka dapat memperbesar peluang anda untuk bisa mendapatkan konsumen atau pembeli dari web marketplace tersebut. Adapun beberapa Marketplace toko online terpercaya di Indonesia diantaranya yaitu Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, OLX, dan lain sebagainya.

8. Afiliasi

Program afiliasi

Afiliasi juga menjadi teknik yang yang dilakukan pebisnis online untuk membantu menambah jumlah pemasaran suatu produk. Caranya, anda harus bergabung dulu untuk menjadi seorang member para program afiliasi tertentu. Tentunya pilih yang gratis untuk menekan pengeluaran. Dari program afiliasi, bisa tercipta pelluang dimana anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk menjual layanan, jasa, ataupun produk bisnis online yang Anda tawarkan.

Baca : 5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

9. Promosi Promosi Promosi

Agar bisnis anda semakin dikenal, promosi menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Promosi juga harus di lakukan secara efektif dan maksimal. Sebaiknya, anda juga tau tempat dimana dan kapan melakukan promosi tersebut. Jangan sampai iklan atau promosi yang ditawarkan justru malah membuat orang lain merasa terganggu. Dalam arti lain, berpromosi secara wajar dan jangan berlebihan. Oke?

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

10. Kejujuran Itu Penting!

Bisnis bisa gagal hanya karena suatu ketidakjujuran. Sebagai contoh anda mengirimkan barang ke konsumen yang tidak sesuai dengan deskripsi barang tersebut. Jelas hal ini sangat merugikan dan mengancam keberhasilan anda dalam menjalani suatu bisnis. Konsumen bisa lari dan alhasil dagangan menjadi sepi dan tidak laku lagi. Untuk itu jaga kepercayaan pelanggan atau konsumen dengan berlaku jujur. Ingat, jujur itu mahal dan sulit untuk dilakukan, tetapi bisa membuat usaha semakin berkembang.

Baca : 10 Bisnis Online Menjanjikan di 2019 Untung Besar

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menggapai kesuksesan di dunia bisnis online. Jika melakukan kesepuluh hal tersebut, mendapatkan banyak pelanggan bukan lagi seperti mimpi yang sulit menjadi kenyataan. Sudah siapkah anda melakukannya?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Memaksimalkan Pendapatan Anda Dengan NativeMedia

Ketika datang untuk menjangkau massa dan meminta mereka dengan produk dan layanan berkualitas Anda,...

10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik, Terpercaya dan Terbesar di Indonesia

Asuransi memang masih belum menjadi suatu hal yang populer di indonesia karena layanan ini...

Close