How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Panduan Terbaik Belajar #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online. Pada artikel ini, saya akan membahas secara lengkap tentang belajar digital marketing untuk kesuksesan bisnis online Anda. Bisnis online memang terlihat gampang dan membutuhkan modal yang sedikit. Tapi untuk mencapai sukses dalam bisnis online dibutuhkan pengetahuan yang benar dan cara atau strategi yang tepat. Panduan ini lebih cenderung cocok untuk pelaku bisnis online yang memiliki goal besar dan juga cocok untuk perusahaan yang ingin membawa bisnis mereka ke ranah online. Namun, Anda sebagai pelaku bisnis yang memiliki goal sederhana juga bisa mengambil beberapa hal penting dari panduan ini.

Panduan digital marketing lengkap 2

Mari kita mulai…!

Semua pemilik bisnis ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, menjual lebih banyak produk, mengambil pangsa pasar yang lebih besar, melebihi pesaingnya dan tumbuh lebih lebih besar dibanding pesaingnya. Namun pasar online saat ini sangat kompetitif dan lebih menantang daripada tahun-tahun sebelumnya untuk mendapatkan visibilitas bahkan lebih kompetitif dibanding bisnis ril. Hari-hari ini, Anda tidak hanya ingin memastikan bahwa pelanggan tahu siapa Anda dan memahami layanan yang Anda berikan; Anda juga perlu memastikan bahwa mereka:

  • Terinspirasi oleh perusahaan Anda dan nilai-nilainya
  • Percayai karyawan Anda dan merek Anda
  • Temukan kisah positif tentang Anda secara online
  • Dapat menggunakan semua informasi ini untuk menciptakan hubungan pribadi mereka dengan Anda

Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan pemasaran digital (Digital Marketing). Pemasaran digital memungkinkan Anda menggunakan alat dan teknologi berbasis web dan seluler untuk membuat kehadiran Anda terasa. Meskipun orang telah memasarkan bisnis mereka dengan teknologi offline selama berabad-abad, pemasaran digital memiliki keunggulan besar dibandingkan pemasaran tradisional.

Itu karena ini memungkinkan Anda untuk menyempurnakan fokus Anda, sehingga Anda menyampaikan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Semakin relevan Anda dengan calon pelanggan, semakin sukses kampanye pemasaran digital Anda.

Dalam panduan ini, kami akan membahas enam aspek utama pemasaran digital yang Anda butuhkan untuk menguasai dan menghasilkan kesuksesan dalam bisnis Anda dan memberi pelanggan informasi yang mereka perlukan untuk mempertimbangkan membeli produk dan layanan dari Anda.

Panduan ini akan mencakup:

Langkah #1: Lakukan Riset Pasar Anda

Sebelum memulai pemasaran digital, penting untuk memahami industri Anda, pesaing Anda, dan pelanggan Anda. Pengetahuan yang Anda peroleh akan membantu Anda memasarkan lebih efektif. Beginilah cara Anda memulai.

1. Analisis Industri Anda

Panduan digital marketing lengkap 3

Jangan buang waktu Anda melakukan pemasaran apa pun sampai Anda memahami industri Anda. Anda tidak hanya perlu mencari tahu apakah ide bisnis Anda memiliki potensi, tapi Anda juga perlu menemukan apakah benar ada peluang pasar disitu. Yang terpenting, Anda perlu memastikan bahwa ide bisnis Anda akan menguntungkan. Jika tidak, maka cari yang lain.

Analisis industri biasanya meliputi:

  • Suatu ikhtisar industri
  • Ikhtisar berbagai sub-sektor
  • Informasi tentang pelanggan biasa
  • Penilaian teknologi jika relevan dengan pasar
  • Tren masa lalu dan masa depan

Sebaiknya cari seseorang yang kompeten untuk mengumpulkan semua informasi ini untuk Anda, namun jika Anda mampu dan yakin tentang analisis dibagian ini maka Anda bisa mengerjakan ini sendiri.

Setelah Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan ini, silahkan pelajari data karena bisnis Anda bergantung pada informasi ini. Informasi yang Anda peroleh akan memberi tahu Anda apa bisnis di ceruk Anda dapat menghasilkan sehingga Anda dapat memperkirakan berapa banyak laba yang dapat Anda buat. Ini juga akan membantu Anda memahami konteks bisnis Anda beroperasi sehingga Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran digital yang lebih efektif.

2. Pelajari Pesaing Anda

Panduan digital marketing lengkap 4

Bagian penting lain dari riset pasar adalah mengetahui pesaing Anda. Itu karena kampanye pemasaran digital Anda perlu memperjelas bagaimana Anda berbeda dari mereka dan apa nilai jual unik Anda (NJU). Riset industri yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya adalah titik awal yang baik, tetapi Anda juga harus mencari tahu:

  • Segmen pasar khusus mana yang mereka targetkan
  • Produk dan layanan apa yang mereka tawarkan
  • Apa kekuatan dan kelemahan mereka
  • Di mana letak kemungkinan ada peluang bagi Anda untuk memenangkan bisnis

Anda perlu mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang:

  • Target audiens dan profil pelanggan mereka
  • Strategi harga mereka
  • Pendapatan dan profitabilitas mereka

Dan untuk membantu Anda menargetkan strategi pemasaran Anda sendiri, Anda harus memahami siapa pelanggan mereka, bagaimana pesaing Anda menjangkau mereka, dan apa yang membuat pelanggan mereka setia pada merek itu.

Sementara beberapa dari informasi ini tersedia untuk umum, dapat bernilai menyewa peneliti berpengalaman untuk menggali lebih dalam. Karena informasi dari orang yang ahli dibidang ini akan membuat Anda terkejut dengan apa yang akan mereka temukan.

3. Temukan Persona Pembeli Anda

Panduan digital marketing lengkap 5

Bagian terakhir dari riset pasar Anda adalah memahami pelanggan Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus membuat personas pembeli. Juga dikenal sebagai avatar pelanggan, karakter pembeli adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran dan pertumbuhan penjualan digital online.

Mereka pergi jauh di luar informasi demografis sederhana tentang usia, lokasi, jenis kelamin, dan usia. Personas pelanggan terbaik membaca seperti deskripsi orang yang sebenarnya, termasuk status perkawinan, pekerjaan, pendidikan, nilai, minat, dan banyak lagi.

Personil pembeli akan membantu Anda untuk mencari tahu:

  • Apa yang penting bagi pelanggan Anda?
  • Bagaimana mereka berpikir?
  • Di mana mereka menghabiskan waktu mereka?
  • Mana dari layanan dan produk Anda yang mereka butuhkan dan mengapa?
  • Nilai apa yang penting bagi mereka?
  • Apa yang mereka harapkan dari perusahaan Anda?

Mereka juga akan membantu Anda memahami apa yang akan membujuk mereka untuk membeli produk dan layanan dari Anda, yang sangat penting untuk strategi pemasaran Anda.

Langkah #2: Kampanye Pemasaran Media Sosial

Ada hampir 2,8 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, sekitar sepertiga dari semua pengguna internet. Itu berarti Anda tidak dapat mengabaikan media sosial untuk memasarkan bisnis Anda. Media sosial adalah alat yang hebat untuk memberi pelanggan koneksi pribadi dengan Anda.

Panduan digital marketing lengkap 6

Selain audiens yang besar, sebagian besar situs media sosial memiliki keuntungan tambahan dari analytics, memberikan Anda lebih banyak data tentang komposisi dan preferensi audiens Anda daripada sebelumnya. Singkatnya, media sosial adalah kendaraan utama untuk pertumbuhan bisnis. Beberapa situs media sosial yang paling penting saat ini adalah YouTube, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Facebook. Mari kita lihat lebih dekat beberapa aspek terpenting dari platform tersebut untuk memasarkan bisnis Anda.

Youtube

youtube logoPenelitian terbaru dari Content Marketing Institute menunjukkan bahwa 60% pemasar menggunakan video. Video online sangat populer, dengan 60% orang lebih suka menonton TV. Penelitian Google juga menunjukkan bahwa dalam waktu kurang dari 10 tahun, setengah dari pemirsa di bawah 32 tidak akan menggunakan layanan TV berbayar. Tidak ada pemasar yang dapat mengabaikan basis pengguna YouTube, yang lebih dari satu miliar orang pada laporan terakhir.

Baca : Cara Memasang Embed Video Youtube di WordPress

Dimiliki oleh Google, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia dan sangat bagus untuk melihat video Anda, karena mereka muncul dalam hasil pencarian. Bahkan orang-orang yang tidak tahu apa pun tentang bisnis Anda dapat tersandung ketika mencari informasi tentang suatu topik.

Secara keseluruhan, YouTube adalah platform yang sangat baik untuk digunakan untuk melibatkan pelanggan Anda. Anda dapat melakukan banyak jenis video berbeda, tetapi ada dua yang sangat berguna untuk bisnis: video explainer dan video pendidikan.

Video penjelasan menargetkan orang-orang yang menelusuri merek Anda dan ingin memahami siapa Anda. Mereka akan memberi tahu semua orang tentang bisnis, produk, dan layanan Anda. Tentu saja, itu tidak berarti mereka tidak boleh lucu. Video penjelasan singkat dan langsung ke titik dan menunjukkan bagaimana bisnis Anda memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Video pendidikan akan membagikan kiat tentang berbagai aspek produk dan layanan Anda. Mereka mungkin memberi tahu orang-orang bagaimana menggunakan produk Anda atau memberikan kiat untuk mendapatkan lebih banyak dari layanan yang Anda tawarkan. Video-video ini akan menarik orang-orang yang mencari informasi tentang topik tertentu. Bahkan jika mereka tidak mulai mencari bisnis Anda, memiliki video pendidikan yang baik dapat membuat mereka ingin bekerja sama dengan Anda.

Baca : Cara Memasang Tombol Subscribe YouTube di WordPress

Beberapa video pendidikan menampilkan orang-orang nyata yang menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Lainnya adalah video animasi papan tulis, di mana informasi ada di papan tulis dan orang yang menyuarakan video tidak pernah muncul.

Jenis video apa pun yang Anda pilih, Anda harus memunculkan kiat yang ingin Anda sertakan, dan kirimkan ini ke penulis naskah video untuk membuat skrip video Anda. Setelah siap, Anda dapat menemukan penjual untuk membuat penjelajah profesional atau video pendidikan untuk bisnis Anda.

Setelah video Anda siap dan diunggah ke YouTube, jangkau pemirsa yang lebih besar dengan mengoptimasi SEO YouTube untuk memastikan lebih banyak orang melihatnya dan dapat menemukannya dengan menelusuri YouTube itu sendiri atau melalui mesin pencari Google.

Baca : 3 Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa IDM

Instagram

instagram logoInstagram adalah platform yang sangat baik untuk pemasaran visual. Ini sangat populer dan sekarang memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Untuk bisnis, pertimbangkan untuk mengirim ulang gambar pelanggan yang berhubungan dengan perusahaan Anda, serta memberikan pandangan dalam kehidupan di perusahaan. Kutipan, meme, gambar alam, dan hewan lucu juga bekerja dengan baik.

Untuk menggunakan Instagram secara efektif, pastikan Anda mendapatkan akun bisnis. Itu akan memberi Anda analitik sehingga Anda dapat melacak konten mana yang paling baik – dan memposting lebih banyak lagi. Seperti kebanyakan media sosial, Instagram berfungsi paling baik ketika Anda aktif dan responsif. Anda harus memasang aplikasi di ponsel, tetapi Anda juga dapat menggunakan alat seperti “Later” atau “Grum” untuk menjadwalkan kiriman.

Baca : Cara Embed Video dan Foto Instagram di WordPress

Instagram berfungsi paling baik ketika Anda aktif setiap hari. Gunakan secara efektif dan Anda akan segera menjangkau lebih banyak pelanggan potensial Anda.

Kiat penting dalam menggunakan Instagram untuk iklan

  • Gunakan hashtags secara ekstensif – pengguna Instagram menyukainya, dan mereka membantu orang menemukan konten yang relevan. Semakin banyak yang Anda gunakan, semakin banyak keterlibatan yang akan Anda dapatkan.
  • Suka dan balas komentar untuk meningkatkan keterlibatan.
  • Saat pertama kali menggunakan Instagram, gunakan kata kunci atau hashtag untuk menemukan orang yang relevan untuk diikuti dan kemudian sukai dan posting ulang konten yang relevan.

Facebook

facebook-logoFacebook adalah salah satu alat media sosial paling kuat yang dapat Anda gunakan. Dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, kemungkinan besar sebagian besar orang yang ingin Anda jangkau ada di Facebook. Menurut Pew, 79% dari semua pengguna internet ada di Facebook. Itu berarti strategi pemasaran digital Anda harus menyertakan Facebook.

Ada banyak alat Facebook yang dapat Anda gunakan. Serta profil pribadi Anda, ada Messenger, Grup, dan Live Video. Tetapi alat yang mungkin paling sering Anda gunakan sebagai bisnis adalah Halaman Facebook. Sekitar 50 juta bisnis menggunakan Halaman facebook. Halaman facebook memiliki banyak fitur yang sama seperti profil, memungkinkan Anda untuk berbagi gambar, video, dan pembaruan status. Tetapi memiliki halaman facebook akan memberi Anda akses ke analitik, dan Anda juga dapat mempromosikan postingan dan menjalankan iklan.

Baca : Facebook Marketplace: Cara Mudah Jual Beli Melalui Group Facebook

Untuk menggunakan halaman Facebook Anda dengan baik, Anda harus terlibat dengan halaman setiap hari, baik dengan memposting konten asli atau berbagi sesuatu yang bermanfaat dan menanggapi pesan dan komentar. Seperti perusahaan lain, Anda dapat sedikit bermain di Facebook.

Anda juga harus bergabung dan berpartisipasi dalam grup, yang menurut Facebook digunakan oleh 850 juta orang. Berguna dan membantu dan Anda akan menumbuhkan audiens Anda, dan menuntun lebih banyak orang kembali ke halaman Anda. Pemilik grup biasanya senang ketika Anda berbagi konten yang relevan dalam grup dan bahkan dapat membagikannya ke jaringan eksternal mereka sendiri. Ini seperti kemitraan di mana konten Anda membantu menjaga grup tetap menarik bagi anggota saat Anda mendapatkan audiens yang lebih besar.

Seperti disebutkan sebelumnya, Facebook juga merupakan platform periklanan. Anda dapat membuat iklan Anda sendiri atau “meningkatkan” konten yang sudah ada yang mulai mendapat perhatian. Ini bisa menjadi cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens Anda, terutama karena Facebook memiliki fitur segmentasi dan audiensi demografis yang sangat baik.

LinkedIn

linkedin-logoMeskipun anggota LinkedIn adalah konsumen, jaringan ini lebih bermanfaat bagi pemasar B2B. Ini adalah jaringan profesional terbesar di dunia, dengan keanggotaan 467 juta di 200 negara. Untuk menggunakan LinkedIn untuk pemasaran digital, Anda harus membuat profil pribadi yang keren, karena ini akan membantu Anda menggunakan layanan lain dengan lebih efektif.

Konten LinkedIn yang paling populer adalah wawasan industri dan berita perusahaan, jadi jika perusahaan Anda menghasilkan penelitian, ini adalah titik awal yang baik untuk pemasaran dengan LinkedIn. Jika Anda memposting setidaknya 20 kali sebulan, Anda akan mendapatkan keterlibatan yang hebat.

Identifikasi influencer yang memiliki audiens yang mirip dengan audiens target Anda. Secara selektif bagikan konten dengan mereka yang dapat mereka bagikan dengan kontak mereka. Jangan berlebihan, tetapi jika Anda memiliki sumber daya berkualitas tinggi, mereka akan senang melakukannya.

Baca : Cara Mudah Embed Profile LinkedIn di WordPress

Grup adalah fitur yang kuat di LinkedIn. Anda dapat bergabung dengan grup yang ada di target niche bisnis Anda, Gunakan pencarian bawaan LinkedIn untuk menemukan grup yang aktif dan relevan. Setelah Anda masuk, lebih bermanfaat daripada promosi untuk hasil terbaik. Ini adalah alat yang sangat bagus untuk menunjukkan keahlian Anda.

Atau, mulai grup Anda sendiri. Undang semua orang di perusahaan Anda untuk bergabung dengan grup dan membantu membagikan konten secara luas. Posting permulaan diskusi reguler dan tanggapi semua komentar. Anda akan menemukan bahwa jika Anda memiliki grup yang dinamis, bahkan orang-orang yang tidak memiliki koneksi pribadi ingin bergabung. Ini dapat menjadi tempat yang sangat baik untuk terhubung dengan calon pelanggan, mencari tahu apa pertanyaan mereka dan menjawabnya, dan mendapatkan ide untuk pengembangan produk dan layanan. Karena ini grup Anda, Anda bebas mempromosikan layanan Anda, Namun perlu di ingat bahwa terlalu banyak promosi diri akan membuat grup Anda tidak populer dan bahkan ditinggalkan oleh pengikut grup Anda.

Anda juga dapat memulai halaman perusahaan untuk berbagi update perusahaan dan menampilkan halaman untuk produk atau layanan tertentu. Sekali lagi, dorong semua orang di perusahaan Anda untuk menambahkan halaman ini ke profil mereka.

LinkedIn juga menyertakan platform periklanan. Sekali lagi, fitur pencariannya berarti Anda dapat menargetkan audiens Anda dengan pekerjaan, lokasi, tingkat senioritas, pengalaman profesional, minat dan banyak lagi. Ini adalah cara terbaik untuk menarik perhatian orang-orang yang relevan dengan niche Anda.

Twitter

twitter-logoTwitter memiliki 319 juta pengguna aktif bulanan dan merupakan jaringan yang sangat baik untuk menemukan dan berita dan konten lainnya. Itulah mengapa tempat yang tepat bagi Anda untuk berbagi semua konten yang Anda buat. Anda dapat berbagi tautan, gambar, dan video di Twitter, dan dapat mengumpulkannya ke momen Twitter, seperti fitur story di platform lain. Twitter juga merupakan situs media sosial pertama yang menggunakan hashtag, dan mereka adalah alat penting untuk membantu orang menemukan konten.

Baca : Menampilkan Waktu Posting WordPress Seperti Twitter

Kiat orang dalam untuk menggunakan Twitter untuk iklan

  • Perbarui akun Twitter Anda setiap hari dengan konten yang sesuai untuk audiens target Anda, termasuk kutipan inspirasional, posting yang berguna, gambar yang relevan dan banyak lagi.
  • Kembangkan komunitas Twitter Anda dengan memproduksi konten yang pengikut Anda ingin retweet dan disebutkan oleh influencer Twitter.
  • Gunakan Twitter Analytics untuk memahami audiens Anda dan menyempurnakan kepribadian pembeli Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan Iklan Twitter untuk menargetkan promosi ke pelanggan yang tepat.

Langkah #3: Optimasi SEO

Panduan digital marketing lengkap 7

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah komponen penting dari pemasaran digital. Ini semua tentang mengutak-atik halaman web Anda, sehingga mereka muncul di posisi yang baik dalam hasil pencarian ketika orang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Tentu saja, itu tidak semua ada di SEO. Bahkan, ada daftar panjang faktor peringkat pencarian. Singkatnya, Google ingin tahu bisnis Anda dapat dipercaya dan mencari sinyal seperti:

  • Ulasan eksternal dari bisnis Anda
  • Tautan ke situs Anda dari sumber eksternal tepercaya
  • Berbagi media sosial

Dan lagi. Semakin positif sinyal-sinyal ini, semakin baik peringkat situs bisnis Anda.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Karena algoritme pencarian terus berkembang, terkadang Anda perlu sedikit bantuan untuk mengikutinya. Untungnya, Google menyediakan beberapa alat untuk membantu Anda dengan SEO dan tugas pengelolaan situs web terkait:

  • Google Analytics melacak apa yang dilakukan orang ketika mereka berada di situs Anda dan memberikan informasi demografis. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengelola sasaran konversi dan corong pemasaran. Baca : Cara Daftar dan Memasang Google Analytics [Terbaru].
  • Google Search Console (sebelumnya Webmaster Tools) membantu Anda melihat situs Anda seperti bot pencarian Google, dengan alat yang memungkinkan Anda mengunggah peta situs atau sitemaps, mengelola rich snippet, menangani penalti Google, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk mengidentifikasi dan memahami perilaku pencarian yang membawa orang ke situs bisnis Anda dengan melihat kata kunci yang mereka gunakan. Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster Tools.

Kecepatan halaman juga merupakan metrik kunci SEO. Uji kecepatan website Anda dengan Pingdom. Jika halaman Anda memuat setelah lebih dari 10 detik maka harus ada perbaikan. Membuat situs web Anda lebih cepat sangat penting untuk SEO dan dapat ditingkatkan secara dramatis dengan berbagai cara seperti menggunakan layanan hosting terbaik dan plugin cache, serta menggunakan beberapa metode lain untuk mempercepat website.

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO adalah menulis konten yang sangat baik. Setiap kali Anda mencari Google, Anda akan sering menemukan posting blog yang mendalam atau artikel yang panjang dengan 1000-2000 kata, memberikan jawaban atas pertanyaan pengunjung Anda. Konten Anda dapat memberikan jawaban untuk pencari lainnya. Itulah sebabnya setiap bisnis yang memiliki situs web harus menyertakan pembuatan konten sebagai bagian dari strategi SEO. Konten yang tepat dapat memberi Anda posisi penelusuran yang bagus – bahkan di halaman pertama hasil pencarian – yang tidak pernah Anda dapat capai hanya dengan halaman beranda situs web Anda.

Langkah Berikutnya Anda

  • Konfigurasikan Google Analytics dan Search Console
  • Lakukan penelitian kata kunci
  • Optimalkan Situs Web Anda untuk Mesin Pencari
  • Tingkatkan Kecepatan Website Anda
  • Buat Konten yang Bisa Meningkatkan Peringkat

Kiat penting untuk menggunakan layanan SEO

  • Kecuali Anda menawarkan layanan global, perhatikan volume penelusuran lokal untuk menemukan data yang lebih relevan dengan bisnis Anda.
  • Lakukan penelitian kata kunci untuk mencari tahu apa yang dicari pengguna sehingga Anda dapat mengembangkan strategi marketing dan pemasaran konten Anda. Pastikan kata kunci memiliki maksud yang tepat untuk bisnis Anda. Jangan menargetkan kata kunci di sekitar bisnis Anda, targetkan mereka yang meminta layanan khusus Anda.
  • Ciptakan konten luar biasa yang menjawab pertanyaan paling penting yang orang-orang miliki tentang bisnis Anda dan niche Anda.

Langkah #4: Perluas Jangkauan Anda Dengan SEM

Panduan digital marketing lengkap 8

Fokus SEM, atau pemasaran mesin telusur, adalah tentang membeli iklan yang muncul di hasil penelusuran. Anda juga akan mendengar orang berbicara tentang iklan bayar per klik (PPC). Selain itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa iklan – muncul di bagian atas hasil pencarian.

Iklan ini ditayangkan oleh AdWords, dan strategi SEM Anda bertujuan untuk memastikan bahwa iklan Anda muncul pada waktu yang tepat untuk menargetkan orang-orang yang paling ingin Anda jangkau. Iklan ini juga muncul di perangkat seluler. Karena pemosisian, iklan ini mendapatkan banyak klik, yang berarti lebih banyak lalu lintas, penjualan, dan prospek untuk bisnis Anda. Jika iklan itu relevan, orang-orang sepertinya tidak peduli bahwa itu adalah iklan.

Untuk hasil terbaik dengan SEM dan PPC, Anda juga harus memperhatikan penargetan iklan, membuat filter, dan mengedit iklan untuk membuatnya lebih efektif. AdWords menyertakan analitik mendalam sehingga Anda dapat membuat strategi yang benar-benar berfungsi.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Kiat penting untuk menggunakan layanan SEM

  • Buat proses pembelian sesederhana mungkin, sehingga iklan Anda menghasilkan lebih banyak pelanggan yang membayar.
  • Ingat, Anda membayar per klik.
  • Tingkatkan laba atas investasi (ROI) Anda dengan memanfaatkan fitur pengujian AdWords yang ada di dalamnya.
  • Variasikan judul dan deskripsi secara bergilir untuk menentukan iklan mana yang berkinerja terbaik untuk bisnis Anda.

Langkah #5: Investasikan dalam Pemasaran Konten

Panduan digital marketing lengkap 9

Pemasaran konten adalah salah satu alat terpenting Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, iklan bertarget bisa sangat efektif, tetapi hari ini orang lebih tertarik pada konten yang memberikan informasi berguna dan membantu mereka memecahkan masalah mereka.

Baca : Cara Memulai Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit

Pemasaran konten memiliki banyak manfaat, termasuk menetapkan otoritas Anda, mendorong kesetiaan pelanggan, menciptakan sumber daya yang dapat dibagikan, memperluas pemirsa Anda, dan banyak lagi. Bahkan, menurut Content Marketing Institute, 85% pemasar mengatakan peningkatan kualitas konten telah membuat strategi pemasaran mereka lebih berhasil.

Ada begitu banyak konten pemasaran yang bisa kita tulis seluruh panduan tentang itu saja, tapi inilah beberapa informasi untuk membimbing Anda. Ada banyak jenis konten yang berbeda (artikel, posting blog, white papers, ebooks, infografis, berita, studi kasus, video, podcast, dan lainnya). Anda harus memahami audiens Anda (seperti yang telah disebutkan pada langkah 1) untuk mengetahui di mana mereka online dan jenis konten apa yang paling mereka sukai. Itu mungkin berarti mencoba berbagai bentuk konten untuk melihat mana yang membawa manfaat bisnis yang Anda butuhkan.

Kiat penting dalam menggunakan layanan pemasaran konten

  • Pastikan Anda mengoptimalkan konten Anda ke SEO karena data SEO yang Anda kumpulkan pada langkah 3 akan mempermudah orang untuk menemukan dan membagikan konten Anda. Baik Anda membuat konten tertulis atau video YouTube, SEO akan membantu konten menjangkau lebih banyak orang.
  • Situs web Anda harus selalu menjadi rumah utama untuk konten Anda, menjadikannya tujuan bagi calon pelanggan. Tetapi jangan hanya mempublikasikannya di sana dan menunggu lalu lintas tiba. Gunakan media sosial, PPC, pemasaran email (lihat langkah 6), dan kemitraan untuk memperluas jangkauannya.

Langkah #6: Buat Strategi Pemasaran Email

Panduan digital marketing lengkap 10

Pemasaran email adalah strategi mempromosikan bisnis Anda yang terhubung dengan pelanggan Anda melalui email. Dengan begitu banyak cara lain untuk menjangkau orang-orang (seperti media sosial dan aplikasi perpesanan), orang terus memprediksi kematian email.

Tapi sebenarnya, itu hidup dan masih merupakan cara yang baik dan kebanyakan orang lebih suka berkomunikasi dengan bisnis Anda. Banyak orang suka mendapatkan email promosi dan akan membeli item sebagai hasilnya. Jadi, Anda tidak bisa mengabaikan strategi pemasaran ini.

Untuk memulai, pilih platform email marketing dan masukkan formulir pendaftaran di situs web Anda. Ini akan memungkinkan Anda mengumpulkan alamat email dari calon pelanggan sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan mereka.

Platform mana yang harus Anda pilih? Ada ratusan, tetapi banyak orang mulai dengan MailChimp karena paket starter “selamanya gratis”. Anda dapat memiliki hingga 2.000 pelanggan email dan dapat mengirim 12.000 email per bulan. Itu tempat yang baik untuk memulai dari sebagian besar pelaku bisnis. Seperti kebanyakan platform pemasaran email, MailChimp menyediakan statistik pada tingkat buka dan klik-tayang untuk email Anda dan memiliki beberapa alat promosi lain yang dapat Anda gunakan.

Rahasia keberhasilan pemasaran email adalah menulis berita utama yang menarik dan salinan konversi tinggi yang membuat orang ingin mengambil langkah berikutnya. Semakin relevan email Anda dengan apa yang dibutuhkan pelanggan potensial, semakin baik mereka akan bekerja untuk membangun hubungan Anda dengan mereka, sehingga mereka memikirkan Anda ketika mereka siap untuk membeli.

Kiat orang dalam untuk menggunakan layanan pemasaran email

  • Ketahuilah bahwa ada pedoman ketat untuk pemasaran email. Pengguna harus dapat ikut serta, sehingga Anda tahu mereka ingin email Anda sebelum Anda mengirimi mereka apa pun; jika tidak, mereka akan melihat Anda sebagai spammer.
  • Saat menulis berita utama untuk email, hindari kata pemicu spam email atau apa pun yang tampaknya terlalu promosi. Ini memengaruhi pengiriman email. Jika mereka berakhir di kotak spam atau, dalam kasus Gmail, di tab “promosi”, orang mungkin tidak melihatnya pada waktu yang tepat – atau sama sekali tidak melihatnya!
  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, pastikan bahwa pemasaran email Anda relevan dengan pengguna yang Anda kirimi email. Ini akan meningkatkan baik tarif terbuka dan kredibilitas akun Anda.

Baca : MailOptin – Plugin WordPress Keren Untuk Mengumpulkan Daftar Email Pengunjung

Dan selesai!

Dengan enam langkah diatas, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mengatur kampanye pemasaran digital yang efektif untuk bisnis Anda dan menjadikan bisnis online Anda jauh lebih sukses dibanding sebelumnya. Membuat bisnis yang sukses memang tidak mudah dan tidak instan, banyak strategi penting yang harus Anda jalankan agar mendapatkan kesuksesan tersebut. Usaha besar pasti akan mendapatkan hasil yang besar, jadi pastikan Anda berusaha keras untuk membuat bisnis Anda sukses dan berkembang.

Baca : Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek yang Kuat

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadikan Anda lebih paham dalam strategi digital marketing. Selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Memasang Google Analytics di WordPress Manual Tanpa Plugin

Sebelumnya saya pernah membahas tentang cara daftar Google Analytics. Dan sekarang saya akan memberi...

Mana Yang Lebih Baik Antara Monstroid2 vs Divi vs Avada

Di dunia web, WordPress memiliki popularitas tertinggi. Ini menjadikan banyaknya pengembang tema bermunculan untuk...

Close