banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

30+ Font Terbaik Untuk Sertifikat dan Kriteria Desain

Sertifikat adalah penghargaan untuk sebuah pengakuan, ini berbentuk selembar kertas sederhana yang bertuliskan gelar dan nama penerima, selain itu juga terdiri dari beberapa bagian penting yang membentuk sebagian besar sertifikat dan dibalut dengan tulisan indah dari font khusus untuk sertifikat.

desain sertifikat

Pada artikel ini saya akan membahas tentang bagian-bagian penting dari sertifikat maupun ijazah dan juga font-font terbaik yang digunakan untuk membuat sertifikat baik itu sertifikat semacam ijazah, sertifikat partisipasi, sertifikat penghargaan, kursus dan masih banyak lagi.

Sebelum kita masuk ke bagian font terbaik untuk membuat sertifikat, mari kita simak terlebih dahulu tentang elemen-elemen penting dari bagian sertifikat tersebut.

Baca : 60 Font yang Digunakan Oleh Brand Merek Logo Terkenal

Elemen Teks Dalam Sertifikat

Loading...

Sebagian besar sertifikat informal mencakup item berikut:

  • Judul: Biasanya, di bagian atas sertifikat, judul adalah headline utama yang biasanya mencerminkan jenis dokumen. Judul bisa terdiri dari nama organisasi yang memberikan penghargaan atau beberapa judul menarik seperti Penghargaan Untuk … atau lain sebagainya.
  • Baris Presentasi: Baris teks pendek ini biasanya mengikuti judul dan dapat dikatakan diberikan kepada, dengan ini disajikan kepada atau variasi lain, diikuti oleh penerima. Sebagai alternatif, mungkin terbaca sesuatu seperti: Sertifikat ini diberikan pada [Tanggal] oleh [Pemberi] kepada [Penerima].
  • Penerima: Biasanya hanya berisikan nama orang atau kelompok yang menerima penghargaan. Penulisan nama ini biasanya dibuat lebih besar dan menonjol dan terletak dibagian tengah dari lembar sertifikat.
  • Dari: Unsur ini menampilkan nama orang atau organisasi pemberi penghargaan. Ini biasanya ditulis dalam sertifikat dan terletak dibagian bawah atau mungkin disertakan berikut dengan logo dari pemberi sertifikat.
  • Deskripsi: Alasan sertifikat dijelaskan di sini. Ini bisa berupa pernyataan sederhana (seperti skor tinggi atau prestasinya) atau paragraf yang lebih panjang yang menguraikan karakteristik atau pencapaian tertentu dari penerima penghargaan. Sertifikat ini menjelaskan secara singkat kenapa si penerima harus mendapat pengakuan.
  • Tanggal: Tanggal ini ditulis sebelum, di dalam, atau setelah deskripsi. Biasanya tanggalnya dieja seperti pada Hari ke-31 Oktober atau Hari 5 Mei 2017.
  • Tanda tangan: Sebagian besar sertifikat memiliki ruang di dekat bagian bawah di mana sertifikat ditandatangani oleh perwakilan organisasi yang memberi otorisasi penghargaan. Nama atau gelar penandatangan dapat juga dicantumkan di bawah tanda tangan. Biasanya juga terdapat dua tanda tangan atau mungkin cukup satu saja.

Elemen Grafis Sertifikat

Selain elemen teks, sebagian besar penghargaan dan sertifikat informal menyertakan beberapa motif visual yang umum:

  • Bingkai: Tidak setiap sertifikat memiliki bingkai atau batas di sekitarnya, tetapi itu adalah komponen umum yang biasanya terdapat pada sertifikat.
  • Logo: Beberapa organisasi mungkin menyertakan logo atau gambar lain yang terkait dengan organisasi atau subjek sertifikat. Misalnya, sekolah mungkin menyertakan logo mereka atau suatu daerah dengan logo pemerintah daerahnya.
  • Segel: Sertifikat mungkin memiliki segel yang ditempelkan (seperti segel starburst emas yang ditempelkan) atau memiliki gambar segel yang dicetak langsung pada sertifikat.
  • Baris: Beberapa sertifikat mungkin menyertakan spasi kosong sementara yang lain akan memiliki garis, seperti formulir isian yang berisi nama, deskripsi, tanggal, dan tanda tangan (untuk diketik atau ditulis tangan).

Baca : 21 Font Untuk Tato dengan Gaya Terbaik Gratis

Font Terbaik Untuk Sertifikat

Setelah Anda memahami beberapa bagian dari sertifikat seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekarang mari kita bahas font terbaik untuk sertifikat.

Dalam pembuatan sertifikat, font kecil dan untuk penulisan deskripsi yang terbaik adalah menggunakan font sans serif lembut dan sering digunakan untuk penulisan pada umumnya karena ini sudah familiar bagi mata dan aman.

  • Kalibri
  • Times New Roman
  • Arial
  • Verdana
  • Cambria
  • Garamond
  • Book Antique
  • Trebuchet MS

Sedangkan untuk pembuata header atau tulisan besar, biasanya menggunakan font unik tradisional dan agak sulit dibaca. Tapi font untuk sertifikat ini sudah menjadi ciri khas dari puluhan tahun lalu dan masih tren hingga sekarang.

Canterbury

canterbury font untuk sertifikat

Loading...

Loading...

Menurut saya ini font terbaik untuk sertifikat karena Canterbury adalah font Gothic Abad Pertengahan akhir dengan tepi kasar dan sangat populer digunakan untuk teks sertifikat, ijazah, dan penghargaan di berbagai negara. Font blackletter ini tersedia dengan empat jenis huruf awal Kapital yang berbeda atau digabungkan menjadi satu font Opentype Pro dengan semua variasi ditambah ligatur bersejarah, alternatif, dan bahkan beberapa ornamen.

New Old English

new old english font untuk sertifikat

New Old English adalah font bagus untuk sertifikat yang menampilkan huruf kecil skrip gothic dengan tampilan yang cukup modern, ascender dan descender pendek yang memungkinkannya pas untuk header atau motif heraldik. Dengan sapuan garis rambut yang lebih tebal, nuansa yang kurang tajam, lebih terasa pas daripada tulisan yang ditulis dengan pena, dan tanda baca melingkar.

Hanse Textura

hense textura font sertifikat

Hanse Textura sepenuhnya digambar ulang dan didesain ulang sebagai font blackletter bergaya Inggris dengan sentuhan kaligraf dan bagus untuk sertifikat atau ijazah. Saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan kedua fitur OT, standar dan diskresioner, untuk mengakses semua pengikat yang ada di dalam font.

Schwabacher

font schwabacher sertifikat

Schwabacher adalah font untuk sertifikat, font ini memodifikasi bentuk huruf abad pertengahan Schwabacher sesuai dengan mode era fin-de-siècle, dan fontnya pertama kali dirilis oleh Genzsch & Heyse pada tahun 1876. Wajah font paling luas dari abad ke-19 ini baru digambar ulang dan dibuat sesuai untuk penggunaan saat ini. Untuk mendapatkan akses ke semua ligatur, disarankan untuk mengaktifkan ligatur Standar.

Lusitana

Lusitana

Lusitana adalah font terbaik juga untuk sertifikat, font ini terinspirasi oleh jenis yang ditemukan dalam edisi pertama 1572 “The Lusiads”, sebuah puisi epik Portugis oleh Luís Vaz de Camões. Jenis huruf ini dibuat untuk teks panjang dengan ukuran kecil maupun besar.

Certificate Font

font certificate

Certificate adalah jenis font dengan desain huruf elegan, cair dan romantis. Certificate adalah pilihan yang sempurna untuk penghargaan, undangan pernikahan, kartu ucapan – bahkan produk apa pun yang menginginkan tampilan canggih, kontemporer namun formal. Font yang sangat mudah dibaca (terutama penting untuk font undangan ke acara seperti undangan pernikahan dan acara formal di mana detail acara sangat penting dan tidak boleh salah dibaca).

Itulah beberapa jenis font untuk header atau judul sertifikat tradisional dan tingkat keterbacaan yang bagus dan sudah paten digunakan oleh beberapa organisasi yang sering menggunakan font diatas untuk pembuatan sertifikat mereka.

Anda bisa menemukan font diatas dengan mudah di 1001 font dan my fonts. Cukup ketikkan nama font diatas di fitur pencarian dan Anda akan menemukan font yang sesuai dan bisa di download secara gratis untuk kebutuhan proyek komersil maupun non komersil.

Baca : Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13

Saran ini bukan satu-satunya font yang mungkin Anda gunakan untuk sertifikat penghargaan, tetapi merupakan pilihan yang solid untuk tampilan tradisional, formal, atau semi-formal. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
4 Cara Mendapatkan VCC dan Membuat VCC Gratis (Virtual Credit Card)

Cara mendapatkan VCC dan membuat VCC gratis. Apakah Anda saati ini sedang membutuhkan VCC...

Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

Seringkali pengguna baru WordPress bertanya. Mengapa saya harus menggunakan WordPress? Tidak cukup situs lama...

Close