Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

8 Point Penting Untuk Kesuksesan Jualan Online

Saat ini semakin banyak pengguna internet yang mencoba melakukan bisnis online dalam bidang eCommerce, memang bisnis berjualan melalui media internet ini tidak begitu banyak mengeluarkan modal, bahkan banyak orang yang pada awalnya hanya melakukan bisnis secara real sekarang juga mengembangkan bisnisnya menjadi online untuk memperluas konsumen. Dan memang eCommerce merupakan media yang paling banyak digunakan oleh penjual dalam bisnis online. Keuntungan lain dari bisnis ini adalah sedikitnya biaya operasional dan mudahnya transaksi hanya beberapa klik dari depan computer, laptop, tablet bahkan smartphone selama perangkat tersebut terhubung dengan internet.

sukses jualan online

Meskipun menjadi penjual online relatif mudah namun faktanya masih banyak penjual online yang tidak mengerti langkah-langkah sukses dalam berjualan online, sehingga bisnis yang dikembangkan ke media online pun tidak ada peningkatan dan tidak terjadi peningkatan penjualan seperti yang diharapkan. Untuk sukses dalam berjualan online disini saya akan memberika 7 point penting untuk kesuksesan jualan online.

Baca : Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress

1.Ā  Desain Toko online

Desain toko online merupakan faktor penting dalam kesuksesan berjualan online, karena dengan desain yang menarik dan profesional maka seorang pembeli saat melihat toko online Anda akan merasa percaya bahwa toko online yang dikunjungi adalah toko online yang dapat di percaya, sehingga dapat memberikan rasa percaya bagi pembeli saat akan membeli produk di toko online Anda.

2. Penulisan Nama Produk

Penulisan nama produk akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian di mesin pencari seperti google. Semakin deskriptif judul yang Anda tuliskan akan semakin mudah ditemukan di hasil mesin pencarian untuk produk yang Anda jual. Pastikan jangan hanya menulis nama produk dengan lengkap tapi tidak berlebihan.

3. Penulisan Deskripsi

Dalam menulis deskripsi produk sebaiknya di tulis dengan jelas dan lengkap, tidak terlalu panjang dan tulislah deskripsi dengan unik atau tidak copy paste dari situs lain. Lebih baik membuat deskripsi produk dengan bahasa sendiri dan lebih mengutamakan untuk menulis manfaat produk tersebut, jika Anda menjual produk seperti gadget maka tuliskan spesifikasi dengan lengkap. Hal tersebut selain menjadikan pembeli merasa puas dengan deskripsi Anda juga akan menjadikan produk Anda mudah ditemukan di mesin pencarian.

4. Halaman FAQ

Halaman FAQ sangat penting bagi para pembeli untuk mengetahui informasi yang paling sering di pertanyakan, dengan adanya informasi FAQ pembeli menjadi tidak perlu banyak bertanya tentang bagaimana cara melakukan transaksi, berapa lama produk terkirim, bagaimana proses pembayaran dan masih banyak lagi. Tambahkan halaman FAQ yang lengkap dan jelas sehingga pembeli tidak kebingungan di situs toko online Anda.

Baca : 8 Plugins Toko Online (E-Commerce) WordPress Gratis

5. Tampilkan Testimonial

Testimonial positif dari konsumen merupakan aset penting bagi bisnis online Anda. Dengan menampilkan terstimonial positif dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen lain sebelum membeli. Tampilkan testimonial positif dari produk di toko online Anda. Selain itu testimonial juga dapat meningkatkan reputasi dari produk Anda

6. Fitur Social Share

Menambahkan fitur Social share di toko online Anda akan memudahkan bagi Anda dalam mempromosikan setiap produk Anda ke media social seperti facebook, twitter maupun media social lainnya. Bukan hanya Anda yang dapat membagikan produk Anda di media social tapi bagi pembeli yang merasa puas dengan produk tersebut juga secara otomatis dapat ikut mempromosikan produk Anda ke teman-temanya di media social.

7. Promosikan Toko Online

Sebagus apapun produk yang dijual, semurah apapun harga produk Anda tawarkan, tanpa Anda melakukan promosi tak akan berhasil menarik perhatian calon pembeli. Banyak media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda di media internet. Seperti, website atau blog yang sudah terkenal, forum jual beli, social media, maupun Google AdWords.

8. Pelayanan Maksimal

Para konsumen tidak hanya mau membeli karena produk Anda bagus, bisa jadi juga karena pelayanan terbaik yang menjadikan konsumen melakukan transaksi di toko online Anda Dengan pelayanan yang baik, dapat di pastikan konsumen baru akan tertarik dengan produk Anda dan konsumen lama Anda akan melakukan pembelian berulang ke situs Anda.

Memberikan pelayanan yang baik bisa dengan memberikan layanan customer service yang ramah, cepat dalam memberikan solusi jika terjadi masalah dan Anda berani memberikan jaminan uang kembali jika terjadi kesalahan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang tidak merugikan salah satu pihak. Dengan pelayanan maksimal seperti itu, maka konsumen akan merasa tenang dan mudah dalam berkomunikasi.

Baca : 10 Toko Online Terbaik dan Populer di Indonesia

Diatas adalah 8 point penting untuk kesuksesan berjualan online Anda, semua itu harus Anda terapkan jika Anda ingin mendapatkan hasil sesuai dengan harapan Anda saat terjun ke bisnis jual beli online, karena memang pada dasarnya membangun toko online tidaklah sulit, tapi ada beberapa hal penting yang juga harus Anda lakukan agar tercapai kesuksesan. Semoga bermanfaat dan berhasil. šŸ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Smart Magazine Responsive Free

Smart Magazine adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan baik untuk majalah...

Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Saat Anda ingin memulai bisnis online, salah satu hal yang harus Anda pikirkan adalah...

Close