How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke Youtube

Di era modern seperti saat ini, hampir semua tentu mengetahui tentang YouTube dan bahkan memiliki akunnya. YouTube merupakan sebuah situs web berbagi video yang dibuat pada Februari 2005. Perusahaan YouTube berkantor pusat di San Bruno, negara bagian California, dan menggunaka teknologi Adobe Flash Video dan HTML5. Setahun setelah kelahirannya, tepatnya pada November 2006, Google membeli saham YouTube dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube didirikan oleh tiga mantan karyawan Paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley merupakan mahasiswa desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim menempuh jurusan ilmu komputer dUniversity of Illinois at Urbana-Champaign. Hurley dan Chen mulai mengembangkan ide YouTube sekitar awal bulan di tahun 2005. Ide tersebut timbul setelah datang ke sebuah pesta, mereka berpikir tentang bagaimana metode pemasaran yang tepat dengan menciptakan cerita yah mudah dicerna oleh konsumen.

Baca : 3 Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa IDM

Awal Mula YouTube

Pada awalnya, YouTube merupakan perusahaan teknologi rintisan yang dibiayai dengan investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertamanya berlokasi BRI atas sebuah Pizzeria yang ada di dalam restoran Jepang di San Mateo, California. Domain www.youtube.com mulai bisa digunakan pada tanggal 14 Februari 2005 dan terus mengalami perkembangan di bulan-bulan berikutnya.

youtube

Sebagai informasi, video pertama yang diupload ke YouTube pada saat itu berjudul ‘Me at the zoo’ tepat pada tanggal 23 April 2005 d Adapunideo tersebut menampilkan salah seorang pendiri YouTube yaitu Jawed Karim di Dan Diego Zoo. Anda pun masih bisa melihat videonya hingga saat ini.

YouTube kini menjadi situs yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, youtube menawarkan beberapa kegunaan kepada penggunanya. Selain untuk mengunduh video, situs berbagi video yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu streaming, pemasaran melalui video, sebagai industri hiburan, branding, dan masih banyak lagi. Beragam manfaat itulah yang membuat masyarakat Indonesia banyak yang kepincut untuk menggunakannya.

Bahkan jumlah pengguna youtube di Indonesia kini telah mencapai 50 juta orang dan sekitar 1,5 miliar lebih pengguna dari seluruh dunia. Berdasarkan pernyataan google bahwa 57 persen pengguna YouTube mencari konten hiburan. Tak hanya itu web video yang satu ini perannya mulai menggantikan televisi yang sudah terlebih dahulu hadir ditengah-tengah kita. Tak hanya masyarakat urban, masyarakat rural pun juga tertarik untuk menonton video di YouTube. Apalagi akses internet di berbagai daerah kini semakin baik.

YouTube, dahulunya hanya bisa diakses melalui PC karena smartphone belum terlalu berkembang pesat seperti sekarang. Namun saat ini, dengan bermodalkan android saja anda sudah bisa menggunakan youtube secara maksimal. Untuk bisa mengupload video, pengguna diharuskan untuk membuat channel YouTube. Dengan adanya channel tersebut membuat pengguna bisa melakukan banyak hal seperti mengupload video, berkomentar, subscribe, disucribe, like, dislike atau membuat playlist. Sebelum melangkah ke cara menggugah video, kita bahas dulu bagaimana cara membuat channel youtube.

Baca : 3 Langkah Cara Membuat Video Tutorial Yang Profesional

Cara Membuat Channel Youtube

Berikut ini adalah panduan membuat akun YouTube dan bagaimana Anda upload video ke akun YouTube Anda melalui komputer dekstop dan smartphone, dan juga panduan bagaimana Anda membuat channel YouTube.

1. Buat Akun Google

Sebagaimana yang kita ketahui, youtube telah menjadi salah satu dari anak perusahaan google, tentu saja akses login harus melalui google juga. Saya rasa mayoritas dari anda sudah tau bagaimana cara melakukannya sehingga tidak perlu menyampaikannya supaya tidak memakan waktu banyak. Membuat akun Google ini sama seperti dengan membuat akun email di Gmail, jadi jika Anda sudah memiliki email Gmail maka itu berarti Anda sudah memiliki akun Google dan Anda bisa menggunakan itu untuk mulai membuat channel di YouTube.

Baca : Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

2. Membuat Akun YouTube

Ingat membuat akun YouTube, bukan channel youtube. Meskipun keduanya dianggap sama tetapi fungsi dan kegunaannya berbeda. Akun YouTube berguna panel admin yang digunakan untuk login dan mengakses ke dalam channel YouTube anda. Sedangkan, channel YouTube merupakan nama saluran yang berisikan konten video anda di YouTube. Dari channel inilah, anda bisa mengatur video sesuai dengan keinginan anda. Untuk membuatnya, anda harus login terlebih dahulu dengan username dan password dari akun Google Anda.

Bukalah situs resmi youtube (www.youtube.com) lalu klik login yang terletak di pojok kanan atas. Langkah selanjutnya, masukkan akun Google anda. Secara otomatis, anda telah masuk ke dalamnya akun YouTube. Jika sudah sampai tahap ini anda sudah bisa membuat channel youtube dengan cara :

Cara membuat akun youtube 1

Setelah login ke akun YouTube anda, klik “My Channel” yang terletak di pojok kanan atas (biasanya berupa foto profil kita di akun google). Selanjutnya, akan muncul detail mengenai profil dan menu My Channel akan muncul dibawahnya.

Cara membuat akun youtube 2

Selanjutnya Anda akan dibawa pada dashboard akun YouTube Anda. Dan Anda akan melihat bahwa semua masih kosong karena akun Anda yang masih baru. Sekarang Anda bisa klik tombol “Customize Channel”.

Cara membuat akun youtube 3

Sekarang untuk memulai membuat channel, Anda diharuskan untuk mengupload video pertama Anda ke akun YouTube Anda dengan klik tautan “upload a video”.

Cara membuat akun youtube 4

Selanjutnya Anda bisa mengupload Video Anda ke akun YouTube Anda dengan klik link “Upload Video” dan mengunggah video dari komputer Anda atau dengan cara drag and drop video Anda ke area yang sudah di tentukan. Dan setelah itu Anda baru bisa membuat Channel di YouTube.

Cara membuat akun youtube 5

Setelah video pertama Anda sudah terupload di YouTube, maka kemudian muncul laman ikhtisar atau dashboard dan di bagian bawah anda akan menemukan tulisan “buat channel baru” atau “add new channel”. Klik tombol tersebut.

Aturlah nama Channel anda sesuai dengan keinginan. Kemudian klik buat atau create untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Selamat, kini anda sudah mempunyai channel youtube sendiri. Anda dapat menambahkan foto profil, foto sampul, serta deskripsi channel tersebut. Mulai saat ini anda sudah bisa mengupload video ke channel YouTube.

Baca : 5 Sumber Penghasilan Dari Membuat Video YouTube Selain Google AdSense

Cara Mengupload Video ke Youtube Melalui Smartphone

Jika anda memilik ponsel cerdas atau smartphone bisa langsung mengunggah video melalui perangkat tersebut. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut.

Buka aplikasi YouTube (apabila tidak ada, silakan download terlebih dahulu di google play store). Kemudian klik menu tab ikon akun Anda di sisi paling kanan untuk login ke akun Google Anda.

Cara membuat akun youtube smartphone

Lalu tekan tanda ikon kamera video di sebelah icon pencarian. Dan Anda akan dibawa pada layar untuk memilih video dari smartphone Anda atau melaukan perekaman video atau membuat video live streaming.

Cara membuat akun youtube smartphone 2

Selanjutnya beri judul video, deskripsi dan privasi kemudian tap tombol panah di kanan atas layar smartphone anda. Selanjutnya anda bisa mengedit video tersebut dan menambahkan background musik. Klik tombol panah yang berada di pojok kanan atas.

Selamat, anda sudah berhasil mengupload video. Selanjutnya, anda bisa mempromosikan konten video tersebut supaya makin banyak yang menontonnya.

Tapi perlu Anda ingat bahwa Anda tidak bisa membuat channel video Anda dari smartphone jika Anda belum mengkonfigurasi channel Anda melalui perangkat komputer desktop.

Penutup

Bagaimana mudah bukan? Bahkan bisa dilakukan hanya modal android saja. Tak hanya itu, dari konten tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang, tetapi anda diharuskan untuk rajin untuk membuat dan mengunggah konten video yang unik dan berkualitas ke channel youtube. Apakah benar dan bagaimana caranya? Semua akan saya bahas pada artikel berikutnya. Sekian informasi mengenai cara upload video ke YouTube, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Baca : Cara Memasang Embed Video Youtube di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Tema WordPress Terbaik Untuk Bisnis Pernikahan

Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis jasa layanan pernikahan atau wedding services, maka...

Cara Mengonversi DVD untuk Perangkat Android

Banyak orang menikmati menonton film atau video di perangkat android. Anda cukup mudah mengunduh...

Close