How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Sumber Penghasilan Dari Membuat Video YouTube Selain AdSense

Beda dahulu beda sekarang, saat dua dekade lalu mungkin televisi masih menjadi satu-satunya sarana informasi paling berpengaruh di tanah air. Mulai dari iklan, berita, program televisi seakan menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun kondisinya kini berubah drastis 180°. Seiring dengan majunya koneksi internet di Indonesia, masyarakat mulai beralih ke media sharing video YouTube. Di televisi hanya bisa melihat program itu-itu saja, sedangkan pada YouTube beragam video mulai dari berita, informasi, hiburan dan lain sebagainya bisa kita akses sesuai keinginan kita.

Dunia YouTuber kini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa saat ini sudah bisa mengakses video YouTube bahkan banyak yang sudah mempunyai channel sendiri. Seperti apa yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa konten video yang anda upload bisa menjadi ladang pemasukan untuk menambah uang saku bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda yang jauh lebih besar dibanding Anda bekerja di kantoran. Namun untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah suatu perkara yang mudah.

Video yang dihasilkan harus benar-benar mempunyai kualitas tinggi dengan tingkat keorganilitas mencapai 100%. Dalam arti lain, jangan sampai anda hanya melakukan repuload (mengupload ulang video orang lain tanpa izin) hanya demi uang, uang, dan uang. Tak hanya itu video anda harus benar-benar unik dan memiliki nilai lebih yang bisa diunggulkan dan bisa menarik perhatian pemirsa YouTube. Dengan begitu peluang mendapatkan banyak subscribers dan penonton video Anda menjadi lebih terbuka. Mungkin sebagian dari pembaca menganggap hanya Google AdSense satu-satunya sumber penghasilan dari YouTuber yang sudah memiliki nama besar.

Sumber penghasilan dari youtube

Padahal tidak sepenuhnya benar, memang kita tidak bisa menampik jika jaringan periklanan dari Google tersebut masih menjadi sumber pendapatan utama bagi seorang YouTuber bahkan kebanyakan para YouTuber mengharapkannya. Tapi perlu Anda ketahui bahwa banyak jalan yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan penghasilan dari konten video YouTube yang anda buat. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain Memanfaatkan Google Adsense

Perlu untuk diketahui, sebelum kita melangkah lebih jauh mengenal bagaimana cara mendapatkan uang tersebut Anda diharuskan memiliki channel atau kanal YouTube sendiri. Apakah wajib? Tentu saja, tanpa Channel seorang pemain YouTube tidak akan mungkin bisa mengunggah video. Bagaimana cara membuat channel YouTube? Anda bisa melihat di postingan saya sebelumnya disni → Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke Youtube.

Untuk mempercepat waktu, langsung saja simak hal-hal berikut ini yang dapat dilakukan sebagai jalan bagi anda untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube :

1. Afiliasi

Cara pertama yang bisa dilakukan bagi anda seorang vloger yang bertemakan beauty atau fashion yang mengulas alat-alat make up yang sedang digunakan untuk disodorkan ke beberapa vendor ternama. Dari sinilah para endorse memasukkan link YouTube anda pada halaman resminya. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan peluang channel anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung bahkan subscribers. Untuk pengguna Google AdSense, sudah pasti hal ini memberikan dampak yang positif. Tak hanya itu saja, anda pun bisa mendapatkan bagian dari hasil keuntungan penjualan produk sebesar 5 – 20%.

Baca : Cara Menghasilkan Uang Dengan Program Afiliasi

2. Jual Beli Channel YouTube

Meski sering menjadi perdebatan mengenai jual beli channel yang dianggap suatu tindakan ilegal, tetapi pada kenyataannya banyak yang melakukan hal ini. Anda hanya perlu menjual channel youtube kepada orang lain yang membutuhkan. Pemasukannya pun tak kalah banyak dengan mereka yang mengandalkan Google AdSense, dalam sehari total 500 ribu hingga 1 juta bisa masuk ke dalam rekening. Wow, banyak sekali bukan? Semakin banyak subscribers dan jam tayang yang anda miliki, apalagi ditambah dengan isi video yang benar-benar berkualitas, maka nilai jual channel semakin tinggi.

3. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Bila anda juga bekerja pada suatu perusahaan, anda dapat menjadikan saluran youtube sebagai kesempatan untuk meningkatkan conversion rate. Apaan itu conversion rate yang dimaksud dalam hal ini? Tingkat konversi atau conversion rate merupakan tindakan mengkonversi pengunjung channel menjadi pelanggan yang membayar. Caranya, anda harus membuat konten yang menunjukkan bagaimana kualitas produk perusahaan dan promosikan secara halus. Selanjutnya buatlah link pada poduct page di kolom deskripsi akun YouTube anda. Jika produk tersebut laki keras, pasti anda akan mendapatkan pembagian hasil nantinya.

4. Sponsorship

Pihak sponsor bisa saja tertarik bekerja sama dengan channel anda, apabila video yang ada di dalamnya memang menarik dan memiliki nilai yang tinggi. Selain itu faktor jumlah subscriber menjadi pertimbangan pihak sponsor apakah ingin mengajak YouTuber bekerja sama yang saling menguntungkan dua belah pihak. Kerja sama tersebut bisa pemasangan iklan ataupun yang lainnya. Sudah banyak bukti dari para YouTuber terkenal yang melakukan hal ini guna menambah pundi-pundi uang dari video yang mereka buat. Yuk buat video semenarik mungkin! Agar channel kita semakin sering dilirik oleh para sponsor.

5. Melakukan Live Speaking

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin rutin anda mengupload video berkualitas maka otomatis subscribers bakal bertumbuh dengan pesat. Bahkan para subscribers ini mungkin tidak mungkin menjadi fans setia anda. Apabila sudah memiliki fan base sendiri, anda bisa mengadkaan meet and great secara rutin agar komunitas bisa berkembang. Di komunitas tersebut, anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada ketika acara sedang berlangsung. Adanya meeting dan greeting dapat meningkatkan engagement anda dengan para subscriber.

Memang tidak ada salahnya apabila anda ingin bergabung ke jaringan periklanan Google AdSense dan mendapatkan uang. Tetapi jika ada cara lain yang lebih mudah dilakukan mengapa tidak? Sebagaimana yang kita ketahui seorang YouTuber yang ingin menampilkan iklan pada videonya diwajibkan terlebih dahulu mempunyai minimal 1000 jam tayang dan 4000 subscribers. Tentu, tidak bisa hanya satu dua hari saja untuk mendapatkan itu semua. Apabila channel belum memenuhi syarat tersebut jangan harap bisa didaftarkan ke Google AdSense.

Selama belum memenuhi persyaratan tersebut, anda bisa melakukan cara lain untuk mendapatkan uang. Ibaratkan pedagang, jika kita hari ini belum bisa menjual beras karena modal yang belum cukup bisa menjual tepung terlebih dahulu. Yang jelas selalu ada jalan untuk bisa mendapatkan uang sebagai seorang YouTuber. Jangan khawatir, kerja keras anda dalam membuat video berkualitas pasti akan terbayarkan dan bukan hal yang mustahil juga jika suatu saat bisa menjadi YouTuber terkenal dengan penghasilan yang besar.

Baca : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Penutup

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari video YouTube yang bisa Anda dapatkan. Hal utama yang perlu Anda ingat ketika dalam membuat video YouTube adalah konten yang menarik yang memberikan manfaat bagi orang atau menghibur orang, jangan pikirkan uang terlebih dahulu karena hal itu akan membuat Anda kecewa bahkan merasa lelah, jika Anda melakukan itu berdasarkan hobi maka akan membawa kesenangan pada Anda dan ketika channel YouTube Anda sudah mulai banyak peminat, maka saat itulah Anda baru memikirkan tentang uang.

Baca : Cara Tampilkan Video Terbaru Dari Channel YouTube di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke Youtube

Di era modern seperti saat ini, hampir semua tentu mengetahui tentang YouTube dan bahkan...

10 Tema WordPress Terbaik Untuk Bisnis Pernikahan

Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis jasa layanan pernikahan atau wedding services, maka...

Close