fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Ada beberapa kisah sukses blogger yang menakjubkan dan kaya dari memulai sebuah blog atau istilahnya monetize blog. Contohnya adalah Peter Cashmore, pendiri blog Mashable yang menghasilkan sekitar $7.5 juta per tahun dan Michael Arrington dengan blog TechCrunch dapat menghasilkan sekitar $10 juta per tahun. Tentu saja, banyak blogger yang sukses dan juga ada jutaan blogger lain yang mendapatkan penghasilan kecil bahkan ada yang jatuh sebelum mendapatkan sedikitpun uang dari blog. Tapi anda jangan kawatir menjadi bagian dari orang-orang yang gagal dalam dunia bloging jika anda mempunyai niat yang kuat, kerja keras dan juga tahu cara bagaimana memulai blog untuk menghasilkan uang dari blog di kemudian hari. Karena kedua blogger tersebut juga menjadi kaya dari blogger bukan karena kebetulan atau karena keberuntungan semata, tapi mereka melakukan kerja keras yang ekstra untuk kesuksesan blog nya.

menghasilkan uang dari blog

Tidak peduli bagaimana Anda memulai blogging, karena setiap orang punya banyak cara yang berbeda untuk menghasilkan uang dari blog nya. Tapi disini saya akan sedikit memberikan pengetahuan buat anda apa yang harus anda ketahui sebelum anda memulai menguangkan blog anda. Langkah pertama adalah memutuskan apa batas-batas Anda.

  • Apakah Anda ingin menampilkan iklan di blog Anda?
  • Apa jenis iklan yang akan Anda terima?
  • Apa jenis iklan yang akan Anda larang di blog Anda?
  • Berapa persentase iklan terhadap konten yang Anda inginkan?

Hati-hati, karena jika pengunjung blog dan mesin pencari melihat blog Anda sebagai spam, Anda akan di tendang dari mesin pencari seperti google, hal terburuk yang akan menimpa adalah blog anda akan de-index atau tidak terdaftar dari haisl mesin pencari.

Baca : 5 Plugin WordPress Terbaik Gratis untuk Adsense

Sebelum saya bahas tentang cara menghasilkan uang dari blog, sebaiknya ketahui dahulu apa saja yang Anda butuhkan untuk membangun blog Anda sehingga mencapai kesuksesan dalam dunia blogging :

3 Hal Penting Untuk Membangun Blog

Ada tiga hal penting yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai menghasilkan uang dari blog. Tentu pada bagian ini Anda bisa memilih untuk menggunakan cara gratis atau dengan mengeluarkan sedikit uang Anda. Saya lebih menyarankan kepada Anda untuk memilih cara yang berbayar untuk menghasilkan pendapatan yang lebih banyak dan sebagai pemicu semangat dalam blogging.

1. WordPress

Cara Install WordPress

Untuk membangun blog Anda sebaiknya menggunakan platform yang sudah terjamin kualitasnya dan keunggulannya yaitu WordPress dan usahakan bukan WordPress.com atau WordPress gratisan, jika Anda serius dalam dunia blogging sebaiknya memilih platform yang mumpuni yang bisa melakukan banyak hal untuk blog jangka panjang Anda. Dengan menggunakan WordPress tentu Anda akan mempunyai keleluasaan dalam pengembangan blog Anda, berbeda dengan jika Anda menggunakan blogspot atau WordPress.com yang sangat memiliki keterbatasan dalam pengembangan yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa mempelajari di blog centerklik ini untuk mempelajari WordPress sehingga Anda menjadi ahli dalam membangun situs dengan WordPress.

Download WordPress Gratis

2. Hosting & Domain

bluehost hosting

Setelah point diatas Anda perlu untuk menentukan nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, nama domain akan menjadi brand dari bisnis Anda sehingga tentukan dengan baik terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. Selain domain Anda harus memilih hosting terbaik untuk kelancaran situs Anda saat sudah online nantinya. Domain bisa Anda beli saat Anda menyewa hosting, setiap jasa hosting tentu juga menyediakan domain untuk Anda. Banyak penyedia hosting yang memberikan kepada Anda gratis domain di tahun pertama, hosting terbaik yang saya sarankan untuk bisnis Anda adalah Siteground, Bluehost atau iPage. Atau Anda bisa memilih salah satu dari hosting terbaik yang sudah di ulas lengkap oleh centerklik disini.

Layanan Hosting Bluehost

3. Theme WordPress

Centerklik Themes Grid

Untuk membuat blog Anda terlihat profesional dan SEO friendly gunakan tema dengan desain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang akan Anda jalankan dalam blogging. WordPress menyediakan banyak tema gratis untuk Anda gunakan, meskipun gratis banyak tema WordPress sudah mempunyai desain yang baik dan juga SEO friendly, bahkan jika Anda mau mencari dengan sabar dan teliti akan menemukan tema WordPress gratis dengan fitur-fitur seperti yang dimiliki oleh tema WordPress premium. Anda bisa mendapatkan tema gratis WordPress disini. Atau jika Anda merasa kurang puas dan membutuhkan support dan Anda mempunyai sedikit uang untuk membeli tema, maka saya menyarankan untuk membeli tema di tempat yang sudah tidak diragukan lagi yaitu mythemeshop, Saya sudah mengulas banyak tema yang bisa anda gunakan untuk membangun blog yang sukses untuk berbagai kebutuhan, silahkan di cek melalui link dibawah ini.

Direktori Theme WordPress

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda terapkan namun disini saya hanya memberikan beberapa saja yang termudah dan bisa Anda jalankan ketika umur blog Anda masih baru. Dan untuk memaksimalkan pendapatan Anda dari blog tentu masih dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sebentar. Terus buat artikel yang bermanfaat agar pengunjung semakin banyak seiring berjalannya waktu, karena kesuksesan blog sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung.

1. Iklan Mandiri

Jika blog Anda masih belum mempunyai lalu lintas yang baik, maka pengiklan kemungkinan besar tidak akan tertarik untuk menempatkan iklan di situs Anda. Jadi, bangun situs anda dengan sabar dan konsisten sampai blog Anda mendapatkan lalu lintas yang lumayan, dengan begitu anda bisa menawarkan beberapa jenis iklan secara langsung disitus anda, berikut beberapa jenis iklan langsung yang bisa anda tawarkan sehingga blog Anda dapat menghasilkan uang.

  • Iklan banner
  • Iklan teks
  • Artikel sebagai iklan
  • Ulasan / Review

Ketika anda ingin menerima iklan dan menempatkan iklan di blog Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa iklan tersebut menarik, bermanfaat dan anda juga tertarik terhadap iklan tersebut untuk ditempatkan disitus anda. Ingat bahwa Anda memiliki tanggung jawab untuk pembaca Anda untuk memberi mereka informasi yang terbaik dan itu termasuk iklan yang terpampang disitus anda. Jangan hanya karena uang anda menerima semua jenis iklan tanpa peduli dengan isi iklan tersebut. Karena itu akan berpengaruh buruk pada citra blog yang sudah susah payah anda bangun.

Baca : Cara Memulai Sebuah Blog dalam Waktu 30 Menit

2. Afiliasi Penjualan

Kelebihan dari menjadi afiliasi adalah Anda tidak harus membuat produk untuk ditawarkan di blog Anda. Anda hanya perlu menjual produk orang lain dan anda mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang terjual melalui situs anda, dan ini juga merupakan salah satu cara yang saya gunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Namun, perlu di ingat, Anda harus memilih produk yang mempunyai kualitas bagus, jangan menawarkan produk-produk berkualitas rendah atau hal-hal yang pembaca Anda akan menjadi tidak puas dengan produk tersebut. Dengan produk buruk akan berisiko kehilangan para pembaca untuk selama-lamanya dan mungkin merusak reputasi Anda.

Seperti yang dikatakan Tom Crawford Seorang Blogger Freelance berpengalaman :

“Jangan pernah mempromosikan produk kecuali Anda secara pribadi telah menggunakannya dan akan bangga memiliki nama Anda dikaitkan dengan produk itu.”

Kata-kata dari Tom Crawford adalah saran yang sangat baik. Sebelum Anda mempromosikan sesuatu, maka cobalah. Pastikan itu bernilai dan pantas untuk di promosikan.

Baca : Cara Memasukkan Iklan dalam Konten Posting WordPress

3. Google AdSense

Tema WordPress Gratis untuk Google AdSense

Adsense merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para blogger dalam menghasilkan uang dari blog. Tapi Ada beberapa hal yang harus diingat dengan AdSense:

  • Google sangat ketat tentang kebijakan AdSense. AdSense merupakan 1/3 dari pendapatan Google, sehingga mereka tidak akan memasang iklan mereka pad blog Anda jika melanggar aturan mereka. Anda mungkin akan kehilangan akun AdSense Anda jika Anda mencoba melanggar aturan itu.
  • Tidak lebih dari tiga iklan per halaman. Ini bagus untuk Anda juga, karena akan menjaga situs Anda dari iklan yang bertebaran di situs anda, dan orang akan jadi malas melihat situs anda.
  • Anda haru membuat konten berkualitas untuk menarik pembaca.
  • Anda akan membutuhkan banyak pembaca untuk menghasilkan uang dan para pembaca perlu untuk melihat dan mengklik iklan adsense Anda.

Google terus melakukan perubahan algoritma mereka dan ini bisa berdampak pada lalu lintas situs dan tentunya pendapatan AdSense. Kembali pada tahun 2012, Google meluncurkan algoritma bernama Panda. Beberapa situs yang menghasilkan ribuan dollar per bulan tiba-tiba menurun drastis dari Google AdSense. Selain itu juga banyak situs yang tumbang karena dampak dari algoritma tersebut.

Google melakukan update algoritma seperti itu bertujuan untuk memusnahkan situs-situs yang memuat konten yang tidak berkualitas. Maka solusi terbaik untuk menghidari itu adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat buat orang banyak.

Baca : Cara Pasang Google AdSense di WordPress

Penting :

Bagi sebagian blogger pemula atau yang masih baru tentu akan sulit diterima oleh Google AdSense, namun masih ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog melalui iklan PPC sejenis AdSense dengan bayaran yang juga tinggi, bahkan untuk blog baru juga akan diterima dengan mudah. Salah satu contoh jaringan iklan PPC yang bagus adalah Propeller Ads Anda bisa mengunjunginya dan daftar langsung disini → https://www.propellerads.com/ dan baca juga penjelasan lengkap tentang Propeller Ads di artikel berikut →Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Propeller Ads .

Selain Propeller Ads, Anda juga bisa mendaftar di tempat lain dengan format iklan yang sama. Silahkan baca ulasan saya tentang Iklan Alternatif selain AdSense di artikel berikut → 7 Alternatif Google Adsense Terbaik Yang Membayar Tinggi.

4. Review Produk

Cara lain Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan review produk atau bisa di sebut paid review. Dengan paid review, perusahaan mengirimkan produk untuk anda coba dan kadang-kadang membayar Anda juga. Anda kemudian memberikan review yang jujur dari produk tersebut dan memposting di situs Anda. Beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mendapatkan uang dari blog dengan review produk:

  • Jangan menerima review produk yang buruk, karena selain akan menyesatkan pengunjung anda, itu juga akan merusak reputasi anda.
  • Beritahu pembaca bahwa Anda dibayar untuk meninjau produk. Sehingga pembaca tahu bahwa anda juga bertanggung jawab dengan apa yang anda tawarkan di situs anda, dan itu merupakan ulasan yang jujur.
  • Beri informasi di situs anda bahwa anda menerima iklan untuk mengulas produk. Biarkan para pengiklan tahu bahwa Anda menerima iklan dalam bentuk review, sehingga anda mendapatkan uang dari blog dengan cara tersebut.

5. Berjualan Online

Jual beli online WordPress

Menghasilkan uang dari blog juga bisa Anda lakukan dengan cara berjualan online, Anda bisa menjual produk atau layanan yang Anda miliki untuk dijual secara online. Karena dengan blog WordPress Anda bisa menambahkan berbagai macam produk dan memiliki toko online dengan proses pejualan yang mudah.

Dengan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa menarik pembeli dengan tulisan Anda. Dan mengulas produk yang Anda jual dengan sebaik mungkin sehingga ulasan produk tersebut dapat bersaing di mesin pencari dan membawa pengunjung ke produk yang Anda jual.

Membuat toko online di WordPress sangatlah mudah, terdapat banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online baik toko online sederhana maupun yang kompleks seperti toko online besar dengan menggunakan plugin WooCommerce. Selain menjual produk pada umumnya, Anda juga bisa menjual barang-barang digital. Dengan memanfaatkan teknologi blog, menghasilkan uang dari blog menjadi sangat mudah asal Anda bisa membaca peluang dari berusaha.

6. Jual Sponsored Blog Post

Beberapa blogger tidak tertarik menampilkan iklan kepada pengunjung mereka dan bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tanpa iklan.

Dengan jaringan iklan, Anda kehilangan kontrol atas konten yang ditampilkan di situs Anda. Beberapa pembaca akan merasa terganggu dan tidak nyaman dengan iklan, dan hari ini semakin banyak orang menggunakan pemblokir iklan yang memengaruhi potensi penghasilan Anda.

Cara alternatif untuk memonetisasi blog adalah melalui sponsor.

Sebuah sponsor bekerja seperti halnya dalam olahraga, acara TV, atau industri lainnya. Pada dasarnya, perusahaan membayar Anda untuk mewakili produk mereka, membicarakannya, dan mempromosikannya kepada pembaca Anda.

Untuk memulai, merupakan ide bagus untuk mengumpulkan kit media satu halaman yang merinci statistik lalu lintas Anda, mengikuti media sosial, demografi audiens, dan data lainnya yang akan membuat situs Anda lebih menarik bagi pengiklan. Kemudian, Anda dapat mendekati perusahaan untuk menegosiasikan kesepakatan sponsor.

7. Jual Ebooks

Ebooks adalah pilihan yang jelas untuk membuat produk digital. Mereka relatif mudah untuk ditulis dan diproduksi. Jika Anda telah blogging dalam waktu yang lama, maka Anda dapat mengumpulkan beberapa posting blog lama Anda dan mengubahnya menjadi bab-bab buku.

Setelah buku Anda ditulis, Anda dapat merancang sampul menggunakan alat seperti Canva dan membuat PDF dari ebook Anda.

Menjual produk digital di WordPress mudah dengan sebuah plugin. Untuk unduhan digital, saya merekomendasikan untuk menggunakan Easy Digital Download. Ini relatif mudah digunakan dan mencakup semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat toko online produk digital Anda.

8. Kursus Online

Menjual kursus online adalah cara hebat lain untuk menghasilkan uang secara online.

Kursus biasanya menjual untuk titik harga yang jauh lebih tinggi daripada ebooks. Anda dapat mengenakan biaya premium untuk keahlian Anda.

Anda harus mempersiapkan pelajaran dengan baik dan mudah dimengerti untuk kursus online Anda, ditambah materi pendukung yang ingin Anda sertakan seperti unduhan, slide, checklist, template, dll.

Anda juga perlu memutuskan apakah Anda ingin menawarkan dukungan yang disesuaikan untuk kursus Anda. Beberapa situs menawarkan dua tingkatan setiap kursus: versi dasar tanpa dukungan, dan versi premium dengan dukungan email.

Setelah kursus Anda siap, Anda dapat menggunakan plugin learning management system (LMS) untuk mengirimkan kursus ke audiens Anda.

Saya merekomendasikan penggunaan LearnDash dengan MemberPress.

9. Jasa Freelance

wordpress plugin development

Sebagai seorang blogger, Anda sudah menjadi ahli dalam niche Anda. Anda dapat mulai mendapatkan penghasilan dengan menawarkan keterampilan dan keahlian Anda sebagai freelancer.

Freelancing adalah cara populer untuk menghasilkan uang secara online karena tidak perlu memerlukan investasi waktu atau uang di muka. Anda bisa mulai menawarkan layanan kepada audiens Anda saat ini.

Setelah Anda mulai freelance, Anda perlu cara untuk menagih dan menagih pembayaran dari klien Anda. Kami sarankan untuk menggunakan FreshBooks, tetapi ada juga plugin faktur lainnya untuk WordPress.

10. Jasa Konsultasi Bisnis

Konsultasi adalah cara lain untuk menghasilkan uang secara online dari blog Anda dan membagikan keahlian Anda.

Alih-alih menawarkan layanan Anda, konsultan menawarkan saran dan strategi sehingga klien mereka dapat menjadi lebih efektif.

Seperti halnya freelancer, tidak ada investasi awal. Anda dapat mulai menawarkan layanan konsultasi di blog yang ada. Yang Anda butuhkan hanyalah membuat halaman dengan formulir sehingga pengguna dapat meminta informasi lebih lanjut.

Untuk membuat formulir profesional, ramah seluler, dengan mudah, Anda bisa menggunakan berbagai macam plugin seperti contact form 7. Anda dapat melihat tutorial ini tentang cara membuat formulir dengan di WordPress dengan contact form7.

Kesimpulan :

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, mengembangkan beberapa aliran pendapatan adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan sebagai seorang blogger. Jika salah satu jenis pendapatan mengering atau sepi, Anda akan memiliki pendapatan lain yang masih mengalir. Ide-ide di atas akan membantu Anda memulai untuk menghasilkan uang dari blog. Sebuah blog juga dapat berfungsi sebagai platform untuk memulai bisnis karir atau konsultasi.

Baca : Plugins Terbaik untuk Management Iklan di WordPress

Diatas adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Dan selamat mencoba dan sukses menghasilkan uang dari blog yang melimpah.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Travel Agency Theme – Tema WordPress Gratis untuk Tour and Travel

Travel Agency Theme - Tema WordPress Gratis untuk Tour and Travel - Bisnis dibidang...

Solusi Web Hosting yang Tepat untuk Usaha Kecil

Semakin banyak usaha kecil saat ini yang menggunakan website atau blog sebagai alat pemasaran...

Close