vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress #1

Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel yang lengkap buat Anda semua yang ingin membangun atau membuat toko online dengan menggunakan platform populer CMS WordPress. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa WordPress bukan hanya sekedar alat untuk membuat blog saja tapi dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk membuat website toko online.

Dengan menggunakan WordPress Anda dapat menghasilkan website toko online dengan berbagai fitur kebutuhan toko online dengan sangat lengkap dan tampilan desain toko online yang profesional. Bagi pemula yang baru mengenal WordPress tidak perlu khawatir mengenai WordPress, WordPress sangat aman dan selalu di perbaharui sehingga dengan menggunakan WordPress Anda tidak akan merasa sistem Anda ketinggalan zaman dan rentan terhadap serangan hacker yang mungkin dapat menggangu bahakan menghancurkan bisnis jualan online Anda nantinya.

Toko online WordPress WooCommerce

Untuk membuat toko online dengan WordPress tentu saja Anda akan membutuhkan sebuah plugin untuk menjadikan WordPress bisa memiliki fungsi untuk toko online. Karena secara default WordPress saat Anda install pertama kali hanya bisa Anda gunakan untuk blogging atau website dengan fungsi standart. Dan untuk tutorial membuat toko online dengan WordPress ini saya memilih menggunakan plugin WooCommerce. Banyak plugin lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online di WordPress seperti WP Ecommerce, Jigoshop dan lainnya. Tapi untuk mengikuti tutorial ini Anda harus menggunakan WooCommerce.

Baca : 8 Plugins Toko Online (E-Commerce) WordPress Gratis

Kenapa WooCommerce ?

Saya memilih WooCommerce karena plugin ini adalah plugin e-commerce gratis solusi untuk WordPress yang paling populer atau paling banyak penggunanya. Menurut BuiltWith, per Desember 2016, WooCommerce digunakan lebih dari 42% dari semua toko online yang ada diseluruh dunia! Sehingga pengembang WooCommerce akan selalu menjaga plugin tetap mendapatkan update dan selalu membuat fitur-fitur baru untuk lebih meningkatkan kemampuan plugin dalam menjalankan toko online. Jika Anda mencari untuk membuka toko online dengan WordPress maka memilih WooCommerce adalah salah satu keputusan terbaik yang Anda buat.

WooCommerce juga merupakan plugin gratis yang bisa download di library resmi WordPress.org. WooCommerce juga mempunyai fitur dalam proses pembayaran untuk mendukung pembayaran melalui Bank Transfer, Paypal, COD (Cash on Delivery), Pengiriman gratis dan juga kartu kredit. Pengembang tema WordPress juga lebih banyak mengutamakan plugin ini dengan membuat tema WordPress yang mendukung atau support dengan WooCommerce, jadi Anda akan dengan mudah menemukan tema WordPress baik gratis maupun berbayar yang support dengan plugin WooCommerce daripada dengan plugin toko online lainnya.

Tidak hanya pengembang tema yang banyak membuat tema WordPress support dengan WooCommerce tapi pengembang plugin juga banyak yang membuat plugin untuk menambahkan fitur yang kurang di WooCommerce. Selain itu WooCommerce dibangun menggunakan praktik terbaik WordPress baik dibagian front end maupun back end. Woocommerce adalah plugin yang efisien, kuat, mobile friendly dan intuitif. Halaman Dasboard yang keren dan menyajikan laporan secara lengkap sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Memulai Membuat Toko Online ?

Toko online WooCommerce Shop Isle

Untuk memulai pembuatan toko online dengan WooCommerce dan agar praktek Anda bisa sesuai dengan tutorial ini dan sesuai juga hasilnya seperti gambar di atas maka yang harus Anda siapkan tentunya adalah dengan download theme dan plugin yang sama. Pada tutorial ini saya menganggap Anda sudah menginstall WordPress pada hosting atau di komputer local Anda. Jika Anda belum tahu cara menginstall WordPress, Silahkan untuk membacanya disini Panduan Lengkap Cara Install WordPress.

Bahan yang harus Anda download:

Dan jangan lupa untuk menyiapkan nama domain dan hosting untuk toko online Anda, semua dapat Anda beli melalui layanan web hosting terbaik dan murah seperti :

Silahkan untuk mendownload semua file yang Anda butuhkan diatas. Saya pada tutorial ini memilih tema shop isle karena tema ini gratis dan terlihat menarik, sederhana dan sudah mendapatkan update untuk WordPress terbaru sehingga memiliki fitur menarik dengan desain mengacu untuk tahun 2017. Anda bisa melihat hasil akhir untuk toko online yang akan kita buat nanti dengan WooCommerce dan Tema Shop Isle adalah sebagai berikut » Demo Toko Online.

Dan untuk mengikuti panduan lengkapnya akan saya lanjutkan ke tutorial step ke 2 pada artikel update berikutnya.

WooCommerce Step 2

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • lafima

    saya sudah coba, terimakasih sharenya gan, salam sukses

    • Salam sukses juga gan, selamat belajar. 🙂

  • faqih

    gan cara install wordpress gmn ya?

    • klik aja tulisan how to start blogging with wordpress di atas tu gan. 🙂

  • odi

    saya install template virtue kok keluar pesan kaya gini
    An unexpected error occurred. Something may be wrong with WordPress.org or this server’s configuration. If you continue to have problems, please try the support forums.

    kenapa ya
    Terimakasih

    • itu cuman masalah koneksi aja gan. ane klo install offline juga sering gtu.

      • odi

        pas install saya lagi posisi online bro…..brarti pas lagi instal mungki koneksinya pas lagi turun ya

  • ipey rafael

    ini persi free atau premium gan soalnya ane masih newbie jadi belum tahu step bay step nya

    • Free Semua gan. dicoba aja dari awal sampai akhir. 🙂

  • Screenshot 8

    Terima kasih, lagi cari cari informasi ketemu juga deh, ijin coba dan semoga bermanfaat untuk kita semua, salam sukses

  • umar

    artikel yang menarik, dan hampir semua posting/artikel di blog ini oke oke..oh iya, untuk template blog centerklik ini menggunakan themes apa ya bang??terus themesnya di custom juga?

    • roodymus

      kalo punya nya centerklik ini beli mas jadi bisa di custom suka-suka, hehehe…

  • Yundar Setiawan S. Kom

    NICE POST gan ! terus berkarya ya..hehe 🙂

    Regards dari Jogjakarta..

  • Yundar Setiawan S. Kom

    Gan kalo mau ngiklan kayak otovista itu biayanya berapa ya?.. thnk you 🙂

How to whitelist website on AdBlocker?
Must Read...!
Cara Memberi Tombol Like Dislike di Post WordPress

Jika Anda ingin mengetahui apakah artikel yang Anda publish di blog mendapatkan respon baik...

Theme WordPress Aster Responsive Free

Aster adalah Theme WordPress Responsive Gratis dengan desain elegan, Trendy, Bersih dan Kreatif. Aster...

Close