fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Tips Keamanan untuk Situs Web Toko Online

10 Tips Keamanan untuk Situs Web Toko Online – Ketika berbicara tentang melindungi informasi pelanggan, maka ini menjadi sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Cara tercepat untuk kelihangan pelanggan secara masal adalah karena adanya pelanggaran keamanan dan informasi mereka yang tidak terjamin.

Toko online benar-benar berkembang dan mengalami peningkatan yang sangat tajam saat ini.  Pada 2017, diperkirakan ada 1,66 miliar orang di seluruh dunia yang berbelanja online. Itu berarti ada banyak pelanggan yang mempercayai pemilik toko online untuk melindungi informasi mereka dan tetap mendapatkan informasi terbaru tentang keamanan situs mereka.

tips keamanan toko online

Untungnya bagi toko online, ada banyak opsi untuk dipilih dan cara-cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan situs. Dari mengenkripsi data hingga membuat backup, Dan berikut ini saya akan memberikan 10 kiat keamanan terbaik yang bisa dilakukan untuk toko online.

Baca : 10 Toko Online Terbaik dan Populer di Indonesia

Mari untuk terus membaca dan mempelajari lebih lanjut tentang cara mengamankan toko online Anda dan melindungi informasi pribadi pelanggan Anda.

1. Investasikan dalam Layanan Hosting yang Aman

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan situs Anda adalah berinvestasi dalam layanan hosting yang aman. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba memilih layanan hosting aman yang tepat.

Pastikan layanan hosting yang Anda pilih menyediakan platform yang aman dengan sistem backup yang berkala. Layanan hosting juga harus memberikan jaminan uptime yang tinggi, pusat data yang aman, perlindungan data RAID, dan reboot manual.

Jika layanan hosting tidak menyediakan hal-hal itu, akan sangat disarankan bagi Anda untuk mencari layanan hosting terbaik di tempat lain yang memiliki keamanan tinggi.

2. Perbarui ke SSL / TLS

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer dan TLS adalah singkatan dari Transport Layer Security. Kedua bentuk keamanan ini digunakan untuk mengenkripsi data antara aplikasi dan server.

Maksudnya adalah mereka memastikan data yang dikirim melalui jaringan tidak aman akan diamankan dengan benar. Anda dapat memastikan ini terjadi dengan memeriksa untuk melihat apakah situs Anda sudah memiliki sertifikat SSL.

Jika situs Anda belum mengandung protokol keamanan SSL dan TLS maka Anda perlu memutakhirkan situs Anda untuk ini. Anda bisa membaca panduan di artikel tersebut untuk meningkatkan keamanan situs Anda dengan sertifikat SSL – > Cara Memasang Sertifikat SSL dan HTTPS di cPanel dan WordPress.

3. Gunakan Beberapa Lapisan Keamanan

Satu solusi untuk keamanan website tidak cukup. Redundansi sangat penting ketika mendiskusikan dan secara aktif mengamankan toko online Anda.

Ini dapat dilakukan dengan membuat backup untuk semua titik masuk ke situs Anda dan kemudian membuat cadangan untuk backup tersebut. Teori di balik ini adalah untuk memperlambat peretas dan mencegah mereka.

Tidak ada protokol keamanan yang absolut, peretas adalah orang-orang yang ditentukan dengan hanya ada waktu untuk memecahkan protokol keamanan yang mereka hadapi.

Namun, meskipun peretas akan selalu menemukan lubang keamanan, beberapa lapisan keamanan akan memastikan bahwa ada tembok di balik lubang yang mereka temukan. Ini bisa menjadikan mereka frustrasi dan mencari di tempat lain.

4. Gunakan Sistem Pemrosesan Pembayaran Pihak Ketiga

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan situs dan melindungi informasi pelanggan Anda adalah menghapus informasi mereka dari situs Anda. Jangan menyimpan informasi keuangan pelanggan di situs Anda.

Selain itu, gunakan prosesor pembayaran pihak ketiga untuk menangani pembayaran antara Anda dan pelanggan Anda. Pastikan pemroses pembayaran yang memenuhi syarat kompatibel dengan situs Anda, menawarkan pencegahan penipuan terkemuka di industri, dan perlindungan pencurian identitas.

Server pemrosesan pembayaran yang Anda temukan yang tidak menawarkan salah satu dari hal-hal itu harus disingkirkan dan Anda harus menggunakan sistem pembayaran ditempat lain.

5. Backup Situs Anda Secara Reguler

Manfaat utama membuat backup situs Anda adalah untuk memudahkan Anda melakukan recovery dengan cepat dengan sedikit usaha. Karena membangun kembali sumber daya yang hilang dari awal bisa memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Itu merupakan waktu yang terlalu lama bagi pelanggan Anda dan mereka bisa saja mencari di tempat lain untuk kebutuhan belanja mereka.

Untuk memastikan backup Anda efektif, Anda harus melakukan backup setidaknya setiap 24 jam. Jika perlu buat cadangan dua kali sehari, sekali di tengah hari kerja dan sekali lagi di akhir hari kerja.

Baca : Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress

6. Otentikasi Dua Langkah

Otentikasi dua langkah menyediakan lapisan keamanan tambahan. Ini karena dua informasi diperlukan untuk setiap upaya login.

Ini paling baik dilakukan dengan memerlukan kata sandi dan kemudian kode khusus yang dikirim melalui email atau SMS untuk menyelesaikan upaya login. Jika seseorang mencuri kata sandi Anda atau mengetahuinya, mereka perlu memiliki ponsel Anda secara fisik untuk menyelesaikan prosesnya.

Ini harus dilakukan tidak hanya untuk diri sendiri atau karyawan Anda tetapi juga untuk pelanggan juga. Ini juga merupakan fitur yang baik untuk dicari saat berbelanja untuk layanan pemrosesan pembayaran pihak ketiga.

Baca : 2FAS – Tingkatkan Keamanan WordPress Dengan Otentikasi Dua Faktor

7. Software Enkripsi

Tidak hanya data yang dikirimkan oleh situs Anda akan dienkripsi dan diamankan dengan protokol SSL / TLS, tetapi situs Anda sendiri harus menggunakan algoritma terenkripsi untuk memastikan keamanan situs.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan HTTPS bukan hanya HTTP. HTTPS adalah versi HTTP yang aman, oleh karena itu “S” ditambahkan di bagian akhir.

Manfaat menggunakan HTTPS adalah bahwa itu termasuk penggunaan sertifikat SSL, dan jika itu tidak cukup itu juga direkomendasikan Google.

Banyak situs menggunakan HTTPS sebagai bagian dari software enkripsi mereka dan dipastikan semua toko online besar menggunakan ekripsi ini dengan level yang sangat tinggi.

8. Kepatuhan PCI

PCI adalah kependekan dari (Payment Card Industry) Security Standards Council. PCI SSC telah mengembangkan serangkaian praktik terbaik untuk melindungi data konsumen.

Sekarang, kepatuhan dengan PCI bukan pilihan opsional untuk pengecer online dan pada kenyataannya ditegakkan dengan ketat. Jadi sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda memenuhi PCI.

Namun, hal yang hebat adalah sebagian besar pemroses pembayaran dapat membantu atau sepenuhnya menangani kepatuhan PCI. Menghilangkan kekhawatiran sebagian besar keamanan situs untuk Anda.

Dapatkan kepercayaan dan bantuan dengan pelanggan Anda dengan memberi tahu mereka bahwa Anda memenuhi persyaratan PCI atau bahwa Anda bermitra dengan layanan pemrosesan pembayaran yang mematuhi PCI.

Baca : 5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

9. Membutuhkan CVV

Bagian dari praktik terbaik PCI mencegah retail online menyimpan CVV dengan nomor kartu kredit dan nama pemilik. Ini sebenarnya adalah hal yang baik.

Jika Anda meminta pelanggan untuk memasukkan CVV setiap kali mereka melakukan pembelian, maka siapa pun yang ingin mencuri informasi mereka tidak akan dapat menggunakannya dengan situs Anda jika mereka berhasil.

Sama seperti membutuhkan ponsel yang sebenarnya untuk menyelesaikan proses masuk dengan otentikasi dua langkah. Peretas secara fisik akan memerlukan kartu kredit untuk mendapatkan CVV.

Sebagian besar alat prosesor memerlukan CVV sebagai bagian dari template checkout mereka. Sangat disarankan agar Anda menggunakan persyaratan ini.

10. Peran Pengguna / Role User

Menetapkan peran untuk level pengguna yang berbeda akan menjaga data pribadi dari tangan yang salah. Level akses ini harus ditetapkan berdasarkan tanggung jawab karyawan dalam perusahaan.

Seseorang yang hanya berurusan dengan melacak inventaris tidak memerlukan tingkat akses yang sama dengan pemilik perusahaan, atau seseorang yang memproses dan memantau pembayaran pelanggan.

Kompartementalisasi bermanfaat untuk memastikan tidak semua orang memiliki akses ke semuanya, dan mereka yang memiliki akses ke semuanya terbatas dan diperlukan bagi mereka untuk melakukan pekerjaan mereka.

Keamanan Situs Toko Online Merupakan Faktor Penting untuk Sukses

Keamanan sangat penting untuk setiap ritel online jika ingin sukses dan meningkatkan pertumbuhan pelanggan. Ini membantu pelanggan untuk mempercayai Anda sebagai pedagang dengan memastikan data mereka akan tetap pribadi dan tidak mudah diakses oleh mereka yang memiliki niat jahat.

Semoga tips ini membantu menjelaskan cara untuk membantu meningkatkan keamanan situs Anda sendiri. Ada berbagai layanan yang dapat membantu meningkatkan keamanan situs Anda, lebih dari yang telah dibahas di sini.

Baca : 10+ Toko Online Terbaik dan Terbesar Di Dunia

Dan itulah beberapa tips keamanan yang bisa Anda gunakan untuk situs toko online Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10+ Situs Terbaik untuk Download Brush Photoshop Gratis

Adobe Photoshop adalah salah satu software atau perangkat lunak pengeditan gambar yang paling menakjubkan...

Toyota Agya Indonesia (Review Desain Eksterior Dan Interior)

Toyota Agya Indonesia (Review Desain Eksterior Dan Interior) - Toyota, pastinya brand otomotif yang...

Close