Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tips Mudah Meningkatkan Keamanan WordPress [Best]

Dalam dunia online keamanan sistem begitu sangat penting untuk diperhatikan, begitu juga bagi Anda sebagai pemilik blog atau website juga harus memperhatikan kemanan dari situs Anda. Jika Anda pengguna WordPress maka ini penting untuk Anda terapkan. Karena pada artikel ini saya akan memberikan tips mudah meningkatkan keamanan WordPress, sehingga situs WordPress Anda tetap aman dan terlindungi dari serangan hack.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

5 Tips Meningkatkan Keamanan WordPress

keamanan-security-wordpress

Dalam posting ini, mencakup lima tips cepat dan mudah yang dapat Anda terapkan hari ini juga untuk mengamankan situs WordPress Anda.

1. Hapus username “admin”

Username “admin” adalah nama default yang digunakan oleh WordPress dan juga sangat sering digunakan oleh kebanyakan pemula WordPress. Username dengan nama “admin” sudah sering dikenal dan hal tersebut jika tidak Anda ganti akan memudahkan seseorang untuk berpotensi melakukan hack ke dalam situs WordPress Anda.

Berikut cara menghapus username “admin” :

  • Silahkan untuk membuat username baru pada menu “Users” dan buat nama yang unik yang sekiranya tidak mudah untuk di tebak oleh orang lain. Dan buat nama username Anda berbeda dengan nama user yang akan ditampilkan pada bagian frontend situs WordPress Anda. Karena jika Anda tidak membuat berbeda hal tersebut tidak ada gunanya karena orang lain dapat dengan mudah melihatnya di bagian Author setiap tulisan Anda.
  • Buatkan password yang kuat pada user baru tersebut dengan beberapa karakter unik dan perpaduan huruf, angka dan huruf besar kecil. Dan jangan lupa untuk menetapkan user baru ini dengan role user (peran pengguna) “admin”.
  • Setelah Anda selesai membuat pengguna baru Anda, silahkan untuk melakukan log out dan login dengan menggunakan username dan password yang baru saja Anda buat. Kemudian masuk lagi kebagian menu “Users” dan hapus username lama Anda dengan nama “admin” tersebut.

2. Selalu update WordPress inti dan Semua Plugin dan Themes

Jaga selalu untuk melakukan Update ke WordPress baru, Theme WordPress dan plugin WordPress. Kerentanan keamanan sering ditemukan dan diperbaiki secepat mungkin dalam versi rilis baru. Menjaga WordPress core, plugin dan tema selalu up to date akan membantu mencegah kerentanan keamanan pada situs Anda.

update-notifikasi-wordpress

Ketika Anda login ke dashboard WordPress Anda, selalu lihat apakah terlihat notifikasi atau pemberitahuan di bar admin di bagian atas layar yang memberitahukan jumlah update yang harus Anda lakukan untuk situs Anda. Pada contoh gambar di atas memperlihatkan bahwa terdapat 9 update yang tersedia untuk plugin dan tema di situs WordPress ini. Dan untuk melakukan update pada WordPress sangatlah mudah, Anda hanya perlu klik update dan semua akan selesai dengan sangat cepat.

3. Hapus Plugin dan Themes yang tidak terpakai

Hal ini juga penting untuk Anda lakukan, dengan menghapus plugin dan tema dari situs Anda yang tidak Anda aktifkan. Anda harus benar-benar memeriksa apakah setiap plugin yang Anda gunakan berguna untuk Anda. Dan jika menemukan yang tidak berguna segera hapus. Selain itu jangan juga mengoleksi plugin yang tidak bermanfaat di situs WordPress Anda, karena hal tersebut akan sangat buruk bagi kelancaran situs WordPress, dan hal ini sering sekali di lakukan oleh pengguna WordPress pemula.

Ketika Anda menghapus plugin WordPress yang tidak terpakai, pastikan bahwa itu benar-benar dihapus, baik dari situs dan database Anda. Karena terdapat beberapa plugin meninggalkan informasi yang masih tertinggal dalam database WordPress Anda. Dan baca artikel dibawah ini tentang plugin terbaik WordPress yang wajib Anda install.

Baca : 10+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

4. Perbaharui Salt and Key secara berkala

WordPress menggunakan cookies (atau informasi yang tersimpan di browser Anda) untuk memverifikasi identitas login pengguna dan komentator.

WordPress juga memasukkan kunci keamanan otentikasi rahasia dan salt ke dalam file wp-config.php WordPress Anda. Salt WordPress adalah string acak data hash WordPress sebagai kunci keamanan yang di taruh pada file wp-config.php. Pada dasarnya, ini kunci keamanan WordPress adalah password tambahan untuk situs Anda yang panjang, acak dan rumit, membuat mereka hampir tidak mungkin untuk di tebak.

Jika Anda membuka file wp-config.php Anda, Anda akan melihat Authentication Unique Keys dan Salt dengan tujuh bagian kunci keamanan.

salt-dan-key-wordpress

Untuk membuat Salt and Key, silahkan untuk mengunjungi link disini.

Dan silahkan untuk copy salt and key tersebut untuk menggantikan salt and key yang sudah terpasang di dalam file wp-config.php Anda.

5. Pastikan penggunaan password yang kuat untuk setiap user

Password yang kuat adalah password yang terdiri dari beberapa karakter unik yang sulit bagi seseorang untuk menebak dan membuat serangan brute force lebih sulit untuk memecahkannya.

Ketika Anda membuat password Anda, pastikan untuk membuatnya seperti berikut :

  • Buat password dengan menyertakan karakter abjad dan angka, usahakan lebih dari satu.
  • Buat password dengan menyertakan karakter unik seperti (!@#$%^&*())
  • Buat password yang panjang, setidaknya minimal 10 karakter
  • Buat password dengan tidak menyertakan nama, tanggal lahir, nama situs atau nama-nama yang mudah di tebak.

Dengan memiliki password yang kuat memang sedikit sulit untuk di ingat, tapi hal tersebut lebih baik Anda buat daripada Anda harus kehilangan situs WordPress Anda.

Tambahan

Pertimbangkan untuk menggunakan Plugin Keamanan (security) WordPress. Dengan menggunakan plugin security yang baik dan kompeten menjadikan langkah-langkah diatas semakin mudah. Dan keamanan WordPress Anda juga semakin ampuh karena plugin security dibuat memang khusus untuk meningkatkan keamanan WordPress secara menyeluruh pada setiap bagian penting WordPress yang sering menjadi sasaran hacker. Sebagai contoh plugin yang saya sarankan adalah iThemes Security. Anda bisa menggunakan versi gratis dari iThemes untuk mencobanya, dan versi gratis saja sudah membuat situs WordPress Anda jauh lebih aman dari sebelumnya. Namun jika Anda merasa kurang, maka Anda bisa membeli versi pro dari iThemes security.

Baca : Cara Menggunakan iThemes Security (Better Wp Security) WordPress

Dan itulah beberapa tips mudah untuk meningkatkan keamanan situs WordPress Anda. Silahkan terapkan tips mudah diatas agar situs WordPress Anda tetap aman. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • agnas

    bang saya rencana buat blog wordpress TLD. apa saja langkah langkah yang yang harus sya lakukan dari awal sampai akhir?. saya dulu pengguna blogspot dan kemarin blog saya di hack/dicuri beserta akun adsensnya. trims. mohon bantuannya

Must Read...!
Theme WordPress Viral Responsive Free

Viral adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang dirancang khusus untuk majalah, koran, portal berita,...

Cara Menggunakan Font Awesome Pada Website WordPress

Font Awesome adalah jenis font yang berbeda dengan jenis font yang sering kita jumpai,...

Close