fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap – Penelitian Kata Kunci untuk SEO

Penelitian kata kunci adalah langkah pertama dalam proses copywriting SEO dan merupakan bagian penting dari setiap strategi SEO. Sebelum Anda menulis konten situs web Anda, Anda perlu memikirkan istilah pencarian yang ingin Anda temukan dan ini berarti masuk ke dalam pikiran orang untuk mengetahui kata-kata apa yang mereka gunakan saat mencari. Kemudian, Anda dapat menggunakan istilah yang tepat ini di konten Anda sehingga Anda mulai membuat peringkat untuk mereka. Ini adalah penelitian kata kunci, dan panduan utama yang akan membawa Anda melalui banyak langkah agar menghasilkan konten SEO dan dapat bersaing di mesin pencarian.

  • Apa itu riset kata kunci?
  • Mengapa penelitian kata kunci penting?
  • Bagaimana cara melakukan riset kata kunci
  • Langkah 1: Apa misi Anda?
  • Langkah 2: Buat daftar kata kunci
  • Langkah 3: Lihatlah maksud pencarian
  • Langkah 4: Bangun halaman arahan
  • Strategi kata kunci jangka panjang
  • Pentingnya strategi kata kunci ekor panjang
  • Apa yang dilakukan pesaing?
  • Sinonim dan kata kunci terkait
  • Kesimpulan penelitian kata kunci untuk SEO

Apa itu riset kata kunci?

Sebelum saya mulai menjelaskan proses penelitian kata kunci, mari kita lihat konsep paling penting di baliknya.

Penelitian kata kunci dapat didefinisikan sebagai pekerjaan yang Anda lakukan untuk menghasilkan daftar kata kunci yang ingin Anda peringkatkan dan menjadi bagian dari konten Anda.

Strategi kata kunci adalah tentang keputusan yang Anda buat berdasarkan penelitian kata kunci tersebut.

Kata kunci panjang long tail keyword

Frase unik adalah kata kunci yang mengandung banyak kata. Sebaiknya Anda cenderung menggunakan kata kunci kata setiap saat, tetapi tidak harus berarti hanya satu kata. [Layanan Hosting] adalah kata kunci, seperti halnya [Daftar Bank Terbaik Indonesia]. Kata kunci biasanya terdiri dari beberapa kata! Jadi, dalam panduan ini, ketika saya berbicara tentang kata kunci, kita biasanya mengartikan frasa, bukan satu kata. Pada penggunaan plugin Yoast SEO, kata kunci di istilahkan dengan keyphrase di lebih banyak tempat, dan telah mengganti istilah yang sebelumnya adalah “focus keyword” dengan “Focus Keyphrase”.

Sedangkan untuk Kata kunci ekor panjang lebih spesifik dan kurang umum karena mereka lebih fokus pada niche seperti halnya kata kunci berikut [Daftar Bank Terbaik Indonesia]. Semakin panjang (dan lebih spesifik) untuk istilah pencarian, kata kunci jenis ini akan semakin mudah mendapatkan peringkat. Kata kunci yang lebih spesifik (dan seringkali lebih panjang) biasanya disebut sebagai kata kunci ekor panjang.

Frase fokus (Focus Keyphrase) adalah kata atau frasa yang paling Anda inginkan dari halaman Anda. Anda harus meletakkan fokus keyprase Anda  ke dalam kotak meta plugin yang tersedia di pengaturan SEO dibawah editor WordPress dari Yoast SEO.

Maksud pencarian adalah semua tentang menemukan apa yang sebenarnya diinginkan oleh pencari. Ini bukan hanya kata kunci, tetapi tujuan yang mendasari apa yang ingin diketahui, dilakukan, atau dibeli oleh pencari.

Baca : 10 Manfaat SEO untuk Situs Web Bisnis Anda

Mengapa penelitian kata kunci penting?

Penelitian kata kunci yang tepat adalah penting karena akan memperjelas istilah pencarian yang digunakan audiens Anda. Di Yoast, saya sering menjumpai klien yang menggunakan satu set kata ketika menjelaskan produk mereka, sementara audiens target mereka menggunakan serangkaian kata yang sama sekali berbeda. Akibatnya, pelanggan potensial tidak menemukan situs web tersebut, karena ketidakcocokan dalam penggunaan kata.

Terkadang seorang pemasaran digital memutuskan untuk memberikan produk mereka nama tertentu. Dan, itu bisa menjadi keputusan pemasaran yang cerdas. Ini bisa menjadi cara untuk membuat orang mengingat produk Anda. Misalnya, Anda tidak menyewakan rumah liburan, tetapi [pondok liburan]. Tetapi: ketahuilah bahwa sangat sedikit orang yang mencari [pondok liburan]. Jadi, jika Anda mengoptimalkan teks Anda untuk istilah-istilah ini, Anda mungkin akan mendapat peringkat bagus pada istilah-istilah khusus ini. Namun, Anda tidak akan menghasilkan banyak lalu lintas dengan persyaratan ini dan Anda akan kehilangan sebagian besar audiens potensial Anda.

Jadi, Anda akan mengerti bahwa tidak masuk akal untuk mengoptimalkan kata-kata yang tidak digunakan orang. Penelitian kata kunci yang baik memastikan bahwa Anda menggunakan kata-kata yang sama dengan audiens target Anda dan ini membuat seluruh upaya mengoptimalkan situs web Anda jauh lebih bermanfaat. Selain itu, dengan melihat maksud pencarian, Anda mengetahui pertanyaan mana yang dimiliki pelanggan Anda. Pertanyaan-pertanyaan itu harus mendapatkan jawaban dalam bentuk konten berkualitas.

Baca : 15 Sumber Backlink Gratis Berkualitas untuk SEO dan Mendongkrak Pengunjung

Bagaimana cara melakukan riset kata kunci

Bagi saya, ada empat langkah untuk melakukan riset kata kunci. Pertama, Anda menuliskan misi bisnis Anda. Selanjutnya, Anda membuat daftar semua kata kunci yang ingin Anda temukan. Kemudian Anda melihat maksud pencarian dan akhirnya, membuat halaman arahan untuk masing-masing kata kunci tersebut. Panduan utama ini akan membawa Anda melalui langkah-langkah ini dengan lebih detail.

SEO keyword WordPress

Langkah demi langkah, kami akan memandu Anda melalui seluruh proses penelitian kata kunci, dan saya akan memberikan tips praktis untuk memulai penelitian kata kunci Anda sendiri dengan mudah.

Langkah 1: Apa misi Anda?

Sebelum memulai sesuatu, pikirkan misi Anda. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti: Siapa kamu? Tentang apa situs web Anda? Apa yang membuat Anda istimewa? Siapa yang ingin Anda jangkau? Dan janji apa yang Anda buat di situs web Anda?

Pastikan kata kunci sesuai dengan situs Anda

Ketahuilah bahwa situs web Anda harus ditemukan untuk persyaratan yang cocok atau sesuai dengan situs Anda. Sebagai contoh jika situs web Anda membahas tentang WordPress, maka jangan memasang kata kunci tentang jual pakaian. Hal ini akan membuat orang kecewa ketika menemukan situs Anda. Mereka mungkin akan langsung kembali ke Google dan melakukan pencarian lagi dan ini akan mengakibatkan tingkat bouncing besar. Dan rasio pentalan tinggi memberi tahu Google bahwa orang tidak menemukan apa yang mereka cari berdasarkan istilah pencarian mereka. Ini pasti akan mengarah ke peringkat yang lebih rendah pada jual pakaian untuk situs Anda – dan itu akan sepenuhnya dibenarkan karena kita tidak tahu apa-apa tentang jual beli pakaian, atau tentang fashion dalam hal ini.

Alat yang bisa Anda gunakan

Membuat daftar istilah pencarian yang mungkin sulit. Hingga beberapa tahun yang lalu Anda hanya dapat memeriksa Google Analytics dan melihat istilah yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda, tetapi sayangnya, itu tidak mungkin lagi. Jadi, Anda tidak akan tahu istilah mana yang digunakan orang di mesin pencari untuk berakhir di situs web Anda. Untungnya, masih ada beberapa alat lain yang membuat riset kata kunci Anda sedikit lebih mudah seperti Google Adwords Keyword Planner.

Langkah 3: Lihatlah maksud pencarian

Strategi SEO hari ini sebagian besar harus berkisar menjawab pertanyaan orang. Setiap kali seseorang memasukkan permintaan pencarian ke mesin pencari, mereka sedang mencari sesuatu. Setiap jenis pertanyaan membutuhkan jawaban spesifik. Dalam artikel dasar-dasar SEO dari para pakar seperti Yoast SEO tentang maksud pencarian, mereka berkata:

“Maksud pencarian terkait dengan alasan mengapa orang melakukan pencarian tertentu. Mengapa mereka mencari? Apakah mereka mencari karena mereka memiliki pertanyaan dan ingin jawaban untuk pertanyaan itu? Apakah mereka mencari situs web tertentu? Atau, apakah mereka mencari karena mereka ingin membeli sesuatu? ”

Saat merencanakan konten Anda, selalu tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini. Ada empat jenis niat:

  • Niat informasi: Seperti yang tertulis di pikiran orang, orang berusaha mencari informasi tentang topik tertentu.
  • Maksud navigasi: Orang ingin mengakses situs web tertentu dengan memasukkan istilah di mesin pencari.
  • Tujuan komersial: Orang ingin membeli sesuatu dalam waktu dekat dan melakukan penelitian sebelum melakukan pembelian.
  • Niat transaksional: Orang mencari untuk membeli sesuatu setelah melakukan pencarian dari maksud komersial mereka.

Cari tahu jenis niat apa yang berlaku untuk Anda dan cobalah untuk mencocokkan maksud pencarian ini, benar-benar memberi orang apa yang mereka inginkan.

Langkah 4: Bangun halaman arahan

Langkah selanjutnya menuju strategi kata kunci jangka panjang adalah membuat halaman arahan yang mengagumkan. Di masa lalu, setiap kata kunci yang ingin Anda temukan memiliki halaman arahan sendiri. Namun, hari ini, mesin pencari sangat cerdas sehingga kebanyakan mereka menggunakan maksud pencarian untuk memberikan jawaban terbaik bagi para pencari atas pertanyaan mereka. Halaman yang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu akan menempati urutan teratas. Mesin telusur juga memahami perbedaan halus antara kata kunci sehingga Anda tidak perlu membuat halaman arahan untuk semua variasi kata kunci yang halus. Anda bisa mengoptimalkan halaman untuk beberapa frasa kunci, sinonim dan frasa kunci terkait.

Buat ikhtisar

Kami akan menyarankan Anda untuk membangun struktur halaman Anda dengan cara yang terstruktur dengan baik – menggunakan program spreadsheet seperti Excel atau Google Docs / Sheets adalah cara terbaik untuk melakukan ini. Buat tabel lalu tambahkan daftar kata kunci Anda. Menggunakan tabel memaksa Anda untuk mengatur struktur dan membuat halaman arahan yang relevan. Masukkan istilah pencarian di kolom pertama dan tambahkan kolom untuk berbagai tingkat struktur situs Anda.

Buat halaman arahan

Kemudian, Anda harus membuat halaman arahan untuk istilah pencarian Anda, tetapi Anda tidak harus segera membuat semua halaman ini – itu bisa menjadi hal jangka panjang. Semakin spesifik istilah pencarian Anda, semakin jauh ke dalam struktur situs milik halaman arahan pada istilah tersebut. Kata kunci yang paling penting akan mengarah ke artikel konten landasan Anda. Ini adalah kata kunci yang ingin Anda optimasi. Untuk melakukan ini, Anda membuat konten terbaik tentang kata kunci itu – berwibawa dan mencakup semua, seperti panduan pamungkas yang Anda baca sekarang. Semua artikel pendukung Anda akan ditautkan ke konten landasan ini. Ini harus menjadi bagian dari strategi tautan internal Anda, jika Anda menggunakan Yoast SEO Premium, maka Anda dapat menerapkan hal ini secara otomatis.

Setelah menyelesaikan penelitian kata kunci untuk SEO, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang istilah yang digunakan orang dan istilah yang Anda inginkan untuk menemukan halaman di situs Anda. Tinjauan umum ini akan memandu Anda dalam menulis konten untuk situs web Anda.

Strategi kata kunci jangka panjang

Tidak ada situs web yang harus bergantung pada satu kata kunci tunggal atau satu frasa sandi untuk lalu lintasnya. Anda harus menggunakan misi Anda sebagai titik awal, kemudian mengambil langkah-langkah ini dalam melakukan penelitian kata kunci yang tepat dan bekerja menuju basis yang kuat: strategi kata kunci. Bagian panduan lengkap ini menjelaskan mengapa penting untuk memiliki strategi kata kunci jangka panjang.

grafik long tail keyword

Berapa banyak kata kunci?

Saya tidak dapat memberi tahu Anda jumlah kata kunci yang tepat yang harus Anda miliki, tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa Anda membutuhkan banyak kata kunci – sebanyak yang dapat Anda pikirkan. Namun, lebih dari 1000 kata kunci mungkin terlalu banyak!

Bahkan jika Anda adalah bisnis yang cukup kecil, Anda mungkin akan berakhir dengan beberapa ratus kata kunci. Tapi tidak perlu langsung membuat halaman untuk semua ini. Hal yang hebat tentang memiliki Sistem Manajemen Konten (CMS) seperti WordPress adalah Anda dapat menambahkan konten sedikit demi sedikit. Pikirkan kata kunci apa yang ingin Anda rangking untuk saat ini, dan kata kunci mana yang tidak penting saat itu juga. Pahami prioritas Anda dan rencanakan pembuatan konten Anda.

Pentingnya strategi kata kunci ekor panjang

Berfokus pada kata kunci ekor panjang harus menjadi bagian penting dari strategi penelitian kata kunci jangka panjang. Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci atau frasa kunci yang lebih spesifik (dan biasanya lebih panjang) daripada kata kunci yang lebih umum, yang sering disebut kata kunci ‘head’. Kata kunci ekor panjang mendapatkan lebih sedikit lalu lintas pencarian, tetapi biasanya akan memiliki nilai konversi yang lebih tinggi, karena mereka lebih fokus pada produk atau topik tertentu. Baca postingan saya tentang pentingnya kata kunci ekor panjang jika Anda ingin tahu mengapa Anda harus fokus pada kata kunci ekor panjang saat mengoptimalkan situs Anda.

Baca : Apa itu Long Tail Keyword (kata kunci) di SEO?

Apa yang dilakukan pesaing?

Selalu awasi kompetisi Anda. Apakah Anda harus mencari kata kunci ekor panjang, yang spesifik dan terdiri dari beberapa kata, atau setelah istilah kepala, sebagian besar tergantung pada pesaing Anda. Jika persaingan di ceruk Anda tinggi, Anda akan kesulitan menentukan peringkat berdasarkan persyaratan kepala kompetitif. Jika Anda memiliki sedikit kompetisi, Anda bahkan akan dapat menentukan peringkat untuk persyaratan kepala. Jadi, bagaimana Anda menentukan pesaing Anda? Apa yang harus Anda cari? Ada dua langkah yang harus diambil untuk menilai dengan benar bagaimana Anda dibandingkan dengan pesaing Anda:

  • 1. Google dan analisis pesaing Anda
  • 2. Coba, evaluasi dan coba lagi.

1. Google dan analisis pesaing Anda

Kata kunci Google yang keluar dari penelitian kata kunci Anda. Mulailah dengan istilah ‘kepala’ terbanyak Anda. Yang paling umum. Lihat halaman hasil mesin pencari (SERP). Ini adalah situs web yang akan Anda lawan setelah Anda mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci tersebut. Untuk memeriksa apakah Anda dapat bersaing dengan situs web pada halaman hasil itu, menganalisis hal-hal berikut:

Apakah situs web situs web profesional? Apakah itu situs web perusahaan? Tanyakan pada diri Anda apakah Anda ‘setara’ dengan perusahaan-perusahaan ini. Apakah situs web Anda termasuk di antara situs-situs ini? Apakah perusahaan Anda memiliki ukuran yang sama dan apakah perusahaan Anda memiliki pengaruh yang sama besar?

Apakah SERP menunjukkan merek-merek terkenal? Lebih sulit untuk menentukan peringkat ketika Anda bersaing dengan situs dengan nama merek yang kuat. Jika merek diketahui dari iklan TV atau radio, peluang Anda untuk menentukan peringkat akan semakin kecil.

Bagaimana dengan konten situs web ini? Apakah konten ditulis dengan baik dan dioptimalkan dengan baik? Berapa lama artikel di situs? Jika pesaing Anda memiliki konten yang buruk, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mengungguli mereka!
Apakah ada iklan di Google? Dan berapa bayar per klik di Google adwords? Istilah pencarian yang memiliki bayaran per klik tinggi biasanya juga lebih sulit untuk diperingkatkan dalam hasil organik.

Bagaimana Anda dibandingkan dengan pesaing?

Semuanya bermuara pada satu pertanyaan: bagaimana situs web saya bertahan, dibandingkan dengan situs web di SERPs? Apakah Anda memiliki ukuran dan anggaran pemasaran yang sama: maju dan fokuslah pada istilah-istilah utama itu. Jika tidak: coba kata kunci ekor yang lebih panjang.

Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis yang sama dengan kata kunci yang sedikit lebih panjang. Istilah pencarian yang lebih panjang dan lebih spesifik akan menghasilkan lebih sedikit lalu lintas, tetapi peringkat pada istilah tersebut akan jauh lebih mudah. Berfokus pada sejumlah besar kata kunci ekor panjang yang digabungkan bisa sangat menarik banyak lalu lintas. Setelah berhasil menentukan peringkat untuk kata kunci ekor panjang itu, membidik lebih banyak istilah kepala akan menjadi sedikit lebih mudah.

2. Coba, evaluasi dan coba lagi

Setelah Anda melakukan analisis menyeluruh terhadap peluang Anda untuk menentukan peringkat pada istilah tertentu, langkah selanjutnya adalah menulis artikel yang luar biasa dan mengoptimalkannya. Dan tekan publish. Pastikan Anda akan menarik beberapa backlink yang bagus. Dan tunggu sebentar. Lihatlah peringkat Anda. Apakah artikel Anda muncul? Apakah itu mengenai halaman pertama SERP Google? Atau disembunyikan di halaman 2 atau 3? Pastikan untuk mengevaluasi artikel Anda di SERPs. Istilah Google yang Anda optimalkan untuk artikel Anda. Periksa apakah SEO Anda berhasil atau tidak!

Jika Anda tidak dapat peringkat di halaman pertama, cobalah untuk menulis artikel lain, fokus pada kata kunci ekor yang lebih panjang. Buat sedikit lebih spesifik, lebih khusus. Dan lihat bagaimana hasilnya. Evaluasi lagi. Lanjutkan proses ini hingga Anda menekan halaman pertama SERPs!

Strategi penelitian kata kunci ad hoc

Di dunia yang ideal, Anda akan melakukan penelitian kata kunci Anda, membuat tabel yang indah dan membuat halaman arahan untuk masing-masing. Struktur situs Anda akan sempurna dan Anda akan menulis setiap hari untuk blog Anda dan membuat peringkat situs Anda lebih tinggi dan lebih tinggi di Google. Sayangnya, kita hidup di dunia nyata.

Tentu saja, riset kata kunci Anda tidak akan selalu berhasil. Dan beberapa posting atau artikel tidak ditulis sebagai bagian dari strategi yang luar biasa, tetapi hanya karena topiknya ada di berita atau sesuatu yang menginspirasi Anda untuk menulisnya. Begitulah cara kerjanya. Tetapi ini tidak harus jadi masalah.

Jika Anda menulis sesuatu yang tidak sesuai dengan strategi Anda, ini tidak berarti Anda tidak boleh mencoba membuat peringkat konten itu. Anda masih dapat menggunakannya untuk menentukan peringkat untuk sesuatu yang terkait dengan istilah dalam daftar strategi kata kunci Anda. Gunakan alat seperti Google Trends untuk memilih kata kunci yang Anda inginkan untuk mendapatkan peringkat. Setidaknya luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana membuat artikel atau blog Anda sesuai dengan strategi Anda. Lagipula, jika Anda menulis konten yang berharga, Anda bisa membuatnya mendapatkan peringkat!

Sinonim dan kata kunci terkait

Plugin Yoast SEO Premium memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan konten Anda untuk sinonim dan frasa kunci terkait. Sinonim adalah kata-kata pengganti langsung untuk frasa kata kunci fokus Anda, sedangkan frasa kunci terkait adalah kata-kata dan konsep yang bukan pengganti langsung tetapi istilah dan frasa yang memperdalam dan memperluas pemahaman tentang frasa sandi fokus Anda. Dengan menggunakan sinonim dan frasa kunci terkait dalam teks Anda, Anda dapat melukis gambar lengkap frasa kunci fokus Anda di artikel Anda. Ingat, jangan gunakan kata kunci fokus Anda lebih dari sekali.

Fokus Kata kunci tunggal atau jamak?

Haruskah Anda menargetkan kata kunci tunggal atau jamak? Yah, ini tergantung pada permintaan. Karena Google mempelajari lebih lanjut tentang maksud pencarian dari kueri Anda, Google dapat menebak dengan lebih baik apa yang Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari kata kunci “book”, Anda mendapatkan hasil yang berbeda daripada jika Anda mencari “books”. Tampaknya Google berpikir bahwa dalam kasus pertama Anda sedang mencari definisi atau cerita tertentu, dalam kasus kedua ia yakin Anda sedang mencari buku untuk dibeli. Jadi, pastikan Anda tahu apa yang Anda tawarkan di halaman Anda dan itu sesuai dengan permintaan dan hasil yang Google berikan pada permintaan itu.

Yoast SEO Premium memiliki dukungan formulir kata, sehingga secara otomatis mendeteksi semua bentuk yang berbeda dari frase kunci fokus Anda. Sekarang, Anda tidak perlu lagi memilih posting Anda untuk bentuk kata tertentu. Mengoptimalkan posting Anda menjadi proses yang lebih alami. Namun, ada alasan mengapa Anda masih ingin mengoptimalkan untuk bentuk kata kunci yang sangat spesifik. Dalam hal ini, Anda dapat memfokuskan kata kunci Anda ke dalam tanda kutip: “bank terbaik indonesia”. Yoast SEO sekarang hanya akan mengambil fokus kata kunci yang tepat ke akun ketika memeriksa konten Anda.

Kesimpulan penelitian kata kunci untuk SEO

Penelitian kata kunci harus menjadi awal dari strategi SEO tingkat lanjut. Hasilnya akan berupa daftar panjang kata kunci yang ingin Anda temukan. Tetapi bagian tersulit masih ada yaitu menulis semua konten Anda. Anda harus menulis artikel dan posting blog di setiap kata kunci yang Anda inginkan. Dan itu merupakan sebuah tantangan!

Baca : Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang SEO Untuk Situs Bisnis Anda

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Zakra – Tema WordPress Gratis Mendukung Editor Gutenberg

Zakra - Tema WordPress Gratis Mendukung Editor Gutenberg. Apakah Anda saat ini sedang mencari...

Daftar Update Services URL Ping WordPress dan Kegunaanya

Kegunaan dari Update Services yang harus di isi dengan Daftar URL Ping adalah sebagai...

Close