How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memulai Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit

Cara memulai membuat sebuah blog WordPress tidaklah sesulit kelihatannya, tapi Blogging juga bisa menjadi sangat rumit jika Anda tidak tahu bagaimana memulainnya. Tapi secara umum, blogging bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki seperangkat komputer atau laptop dengan koneksi internet.

Dan pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memulai membuat blog dengan WordPress dalam waktu hanya 30 menit saja.

Postingan artikel kali ini merupakan postingan yang panjang, karena saya akan membahas dari awal pembelian domain sampai situs blog Anda siap untuk digunakan. Ini merupakan artikel khusus yang saya buat untuk pemula yang baru ingin membuat sebuah blog dengan WordPress tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Dan mari kita mulai sekarang…! 🙂

Langkah 1: Dapatkan nama domain dan web hosting

Ada dua pilihan untuk penggunaan domain dan hosting :

  • Host di platform berbasis web seperti Blogger dan WordPress.com adalah (Gratis). ⇒ Cara Membuat Blog Gratis dengan WordPress Terbaru
  • Menjalankannya platform pada self-host (ini berarti Anda akan perlu membeli domain dan layanan web hosting Anda sendiri).

Saat ini platform blogging yang terbaik dan populer adalah Blogger.com, Tumblr, dan WordPress.com, dan ketiganya adalah gratis untuk digunakan, tapi apakah Anda yakin ingin membangun blog Anda di hosting yang gratis?

Kebanyakan blogger profesional selalu membuat blog mereka dengan nama domain pilihan mereka sendiri dan juga di hosting sendiri (bukan blog gratisan dengan nama domain dan hosting gratisan). Jika Anda serius untuk menjadi blogger yang serius dan profesional, maka Anda tentu akan memilih untuk membangun blog Anda dengan nama domain sesuai dengan pilihan sendiri dan host di layanan web hosting berbayar.

Dan disini saya hanya akan membahas secara lengkap bagaimana memulai sebuah blog khusus untuk membuat blog dengan platform WordPress untuk Self Hosted.

Untuk memulai blog WordPress self-hosted, Anda memerlukan dua hal:

  • Sebuah account web hosting (untuk menyimpan konten blog Anda) dan,
  • Sebuah nama domain (alamat blog Anda pada WWW).

Cara Mendapatkan Nama domain dan Hosting

Nama domain adalah alamat dari blog Anda, seperti facebook.com, twitter.com, dan centerklik.com itu adalah nama domain pilihan sendiri. Untuk memiliki sebuah nama domain, Anda bisa mendapatkannya di penyedia layanan hosting yang ingin Anda pakai.

Sedangkan Web hosting adalah tempat di mana Anda akan menyimpan seluruh konten blog Anda – teks, gambar, video, dan file-file web lainnya.

Rekomendasi saya untuk hosting pemula adalah untuk selalu memulai dari yang kecil dan biaya murah dengan memilih paket shared hosting atau hosting bersama. Anda bisa memilih salah satu dari layanan hosting terbaik yaitu di iPage, BlueHost, dan Siteground atau lihat 10 layanan hosting terbaik murah lainnya.

Dalam artikel ini saya akan menggunakan iPage sebagai contoh di posting ini. Saya mengambil iPage sebagai contoh karena perusahaan ini memiliki track record bisnis yang baik dengan pertumbuhan bisnis yang cepat dan menawarkan harga sangat terjangkau, perusahaan hosting ini juga sangat mirip dengan hosting murah milik Webhostingpad. Bukan itu saja, tapi karena centerklik.com juga menggunakan iPage sebagai hosting nya.

Untuk mempelajari lebih lanjut, periksa review detail tentang iPage hosting disini.

Dibawah ini saya akan memandu Anda untuk proses pemesanan hosting dan domain di iPage, Agar Anda mudah dalam prosesnya dan tidak salah langkah :

1. Memesan iPage hosting

ipage-hosting-website

Untuk memulai, kunjungi http://www.ipage.com dan tunggu beberapa saat agar harga berubah dari $3.39 menjadi $1.99/mo seperti gambar diatas, selanjutnya klik ‘Sign Up Now‘ di homepage. Harga saat ini untuk iPage adalah hanya $1.99 / mo – yang merupakan salah satu layanan hosting yang menawarkan harga termurah di antara semua perusahaan hosting terbaik lainnya.

2. Masukkan nama domain Anda

register domain baru di ipage

Tak lama setelah Anda klik “Sign Up Now“, Anda akan diarahkan ke halaman “Langkah 1: Pilih Domain”. Pilih “Register New Domain” jika Anda mendaftarkan nama domain baru atau belum punya nama domain, ini akan diberikan gratis untuk semua pelanggan iPage untuk satu tahun pertama, tapi jika Anda sudah punya domain sendiri dan tidak menginginkan domain gratis yang diberikan iPage Anda silahkan pilih “I plan to use a domain already own”. dan masukkan nama domain yang sudah Anda miliki (Anda bisa menggunakan domain yang Anda beli di tempat lain).

3. Info pribadi dan fitur hosting tambahan

register ipage baru 5

Berikutnya, Anda akan perlu untuk memasukkan informasi pribadi Anda (nama, alamat, email, dll), informasi kartu kredit atau alamat akun paypal Anda, dan masa berlangganan (2 tahun secara default) dan Anda bisa menggantinya menjadi 1 tahun jika Anda merasa 2 tahun terlalu mahal.

Selanjutnya silahkan untuk scroll mouse ke bawah, Anda akan melihat sejumlah fitur tambahan yang akan ditambahkan ke akun Anda. Beberapa fitur ini sebenarnya tidak perlu atau dapat dilakukan secara gratis (misalnya Anda dapat selalu menggunakan W3 Total Cache untuk meningkatkan kinerja WordPress) jadi saran saya adalah untuk menghapus semua centang pilihan. Karena secara default iPage sudah mencentang beberapa fitur yang menjadikan harga menjadi terlihat mahal, Anda harus benar-benar memperhatikan bagian ini agar harga yang Anda dapatkan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Segera setelah Anda klik “Check Out“, iPage akan menagih pembayaran dari kartu kredit atau akun paypal Anda. Dalam situasi normal atau lancar, jika pembayaran Anda berhasil, account hosting Anda sudah siap untuk Anda gunakan. Anda akan menerima email selamat datang dengan semua rincian login ke account Anda. Dan Anda ditetapkan untuk login ke akun iPage Anda untuk pertama kalinya untuk melakukan setup blog Anda.

Langkah 2: Install WordPress

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, akun iPage Anda sudah siap untuk Anda gunakan setelah melakukan pembayaran. Sekarang saatnya untuk login ke admin area Control Panel Anda. Pada daerah Admin area atau yang sering disebut Control Panel ini Anda dapat mengontrol semua aspek account hosting Anda.

Ada dua cara untuk menginstal WordPress – platform di mana Anda akan men-setup blog Anda.

Pertama : Anda dapat melakukannya secara manual dengan men-download file dari WordPress.org dan meng-upload ke web hosting Anda dengan menggunakan software FTP Client. (baca : Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla]).

Kedua : Dengan menggunakan aplikasi auto-instalasi (one click Install) yang disediakan oleh iPage (Cara ini lebih cepat dan mudah untuk pemula).

Kedua metode tersebut cukup sederhana tetapi untuk pemula tentu menggunakan auto install adalah pilihan yang baik. Tapi saya akan membahas keduanya dibawah ini.

Install WordPress Secara Manual

Langkah demi langkah panduan install wordpress manual dapat anda baca disini. Dalam sekilas, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Download WordPress dari situs resminya WordPress.org
  • Upload file tersebut via FTP mengguakan software Filezilla (informasi FTP disertakan dalam email Anda)
  • Unzip atau ekstrak file WordPress
  • Buat database untuk WordPress di server web Anda, dengan pilihan pengguna MySQL memiliki semua hak untuk mengakses dan memodifikasi.
  • Ganti nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php.
  • Buka file wp-config.php dengan teks editor (notepad) dan isi rincian database Anda.
  • Tempatkan file WordPress di lokasi folder yang diinginkan di server web Anda.
  • Jalankan skrip instalasi dengan mengakses wp-admin/install.php di browser web Anda. Jika Anda menginstal WordPress di direktori root, Anda harus mengunjungi: http://namadomain.com/wp-admin/install.php , jika Anda menginstal WordPress dalam subdirektori sendiri disebut blog, misalnya, Anda harus akses dengan alamat:
  • http://namadomain.com/blog/wp-admin/install.php
  • Dan istalasi wordpress secara manual Anda sudah selesai.

Install WordPress Otomatis

Jika anda kesulitan dengan cara manual diatas, silahkan gunakan cara dibawah ini, karena ini adalah cara termudah dan tercepat untuk blogger pemula. 🙂

Cara termudah untuk setup WordPress di hosting account iPage Anda adalah untuk “auto installer” menginstalnya menggunakan app iPage built-in. Dengan dukungan dari jasa instalasi otomatis iPage itu, proses ini cukup dilakukan hanya dalam beberapa klik mouse. Anda dapat mengacu pada gambar dibawah ini untuk proses instalasi.

install wordpress di ipage

Ini adalah bagian dari control panel iPage Anda, anda akan melihat seperti ini. Di bagian “Website” , ada icon WordPress di baris kedua, klik icon WordPress tersebut untuk memulai instalasi.

ipage-mojo-install wp

iPage one-click instalasi sekarang didukung oleh Mojo Market Place – yang dapat membantu jika Anda ingin membeli produk mereka dan di instal ke WordPress Anda. Tapi untuk contoh ini, saya hanya akan fokus pada menginstal versi gratis dari WordPress. Cukup klik “Install” jika anda melihat halaman seperti dibawah ini (pilih domain anda untuk menginstal WordPress, masukkan alamat email Anda dan klik finish – itu saja).

Atau Anda bisa melihat versi lebih lengkapnya di artikel berikut : Cara Install WordPress di cPanel Hosting iPage

Perhatikan bahwa hal-hal yang mungkin terlihat berbeda jika Anda melakukan hal ini (auto-instalasi) pada host web lain namun proses ini umumnya sama. Selama Anda menggunakan aplikasi auto-instalasi seperti Fantastico atau Softaculous atau Simple Script, proses instalasi tidak lebih dari 5 menit.

Baca : Panduan Cara Install WordPress di Hosting Bluehost

Langkah 3: Menulis Artikel Pertama Anda

Setelah WordPress selesai terinstall, maka Anda akan diberikan sebuah URL untuk login ke halaman administrator WordPress Anda.

Pada umumnya URL akan menjadi seperti ini (tergantung dimana folder Anda menginstal WordPress):

http://www.namadomain.com/wp-admin

Tip : Lakukan bookmark pada URL ini, karena Anda akan sangat sering masuk wp-admin untuk mengelola blog Anda.

Tip Keamanan : Akan lebih baik jika Anda mengubah URL login ini dengan yang lain untuk tujuan keamanan (seperti – namadomain.com/login). Akan lebih mudah jika Anda menggunakan plugin keamanan seperti iThemes Security.

Sekarang, pergi ke URL admin ini dan login dengan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya (salah satu yang Anda masukkan ketika Anda menginstal WordPress Anda sebelumnya) dan di sana, Anda sekarang berada di wilayah Dashboard WordPress. Pada admin area WordPress ini Anda dapat melakukan pengaturan, menulis, mengedit, install tema dan plugin, upload gambar dan masih banyak lagi.

Berikut adalah tampilan Admin WordPress terbaru (versi 4.1.1) dashboard terlihat seperti gambar dibawah ini dan terlihat cukup keren, bukan? Dan Anda siap untuk mempublikasikan posting pertama kami.

dashboard wordpress

Untuk menulis dan mempublikasikan artikel baru, Anda bisa menggunakan navigasi atau menu pada sidebar kiri, klik ‘Posts » Add New‘ dan Anda akan diarahkan ke halaman untuk menulis artikel. Klik ‘Preview‘ untuk melihat hasil dari tulisan anda sebelum anda publish, dan jika anda sudah yakin untuk mempublikasikan tulisan anda, maka langsung saja klik ‘Publish‘, anda juga bisa menerbitkan tulisan anda dengan waktu yang anda inginkan dengan menschedule, ganti tanggal dan bulan diatas tombol ‘Publish‘.

Dan sekarang anda sudah mempunyai tulisan yang sudah diterbitkan. Dan 30 Menit membuat blog anda sudah selesai, waktu selebihnya bisa anda gunakan untuk Mendesain Blog atau menginstall tema WordPress yang lebih keren, Menambahkan Plugins dan buat situs WordPress anda menjadi SEO Friendly.

Baca : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari BLog Anda?

30 Menit Selanjutnya.

Ya, Anda sudah menghabiskan 30 menit untuk melakukan semua hal diatas, dari membeli domain dan hosting, install WordPress dan membuat postingan baru.

Tapi sebelum saya mengakhiri posting ini, saya akan menggali sedikit lebih dalam untuk rincian untuk melengkapi kebutuhan blog Anda dalam memulai sebuah blog. Semoga situs Anda nantinya menjadi blog yang sukses dan lakukan belajar secara perlahan namun bertahap sampai Anda berhasil membuat blog WordPress Anda menjadi blog yang profesional.

Bagaimana Theme WordPress bekerja & Dimana menemukan theme yang Bagus?

plugin themes dan core

Secara umum, blog WordPress didukung oleh 3 unsur inti:

  • WordPress Core :  Dibangun dengan PHP, JS, CSS, dll file yang membangun sistem inti blog WordPress Anda.
  • Plugin WordPress : File Addon dan fungsi yang memberikan fitur tambahan untuk blog Anda.
  • Theme WordPress : Desain blog Anda.

Keindahan WordPress adalah Dari desain blog Anda, yang dikenal sebagai Theme, dipisahkan dari sistem backend.

Theme WordPress hanyalah sekelompok file yang berbeda (biasanya php, css, js, dan format gambar) yang mengontrol tampilan blog WordPress. Meskipun beberapa theme WordPress saat ini dapat digunakan untuk mengendalikan lebih dari sekedar prospek bagian dari blog Anda.

Pertanyaan berikutnya mungkin “Apakah saya perlu membuat Theme WordPress sendiri?”.

Tentu saja, jika Anda menginginkannya. Tapi tentu saja tidak harus Anda lakukan karena ini membutuhkan pengetahuan coding dan untuk belajarnya tentu membutuhkan waktu yang lama.

Alasannya adalah, kebanyakan blogger WordPress secara individu tidak membuat theme blog mereka sendiri. Sebaliknya, apa yang paling sering dilakukan adalah memilih tema WordPress yang siap pakai dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kita. Ada puluhan ribu themes WordPress gratis yang bisa anda download dan gunakan sesuka Anda. Jika ini merupakan pertama kalinya Anda membangun blog WordPress, saran saya kepada Anda adalah untuk memulai dengan tema siap pakai dan lakukan kustom pada theme WordPress yang Anda gunakan seiring berjalanya Anda ngeblog.

Berikut adalah beberapa sumber daya tema terkait untuk Anda gunakan.

Direktori Themes WordPress Resmi

Ini adalah di mana Anda bisa mendapatkan semua tema gratis WordPress. Tema yang tercantum dalam direktori ini mengikuti standar yang sangat ketat yang disediakan oleh pengembang WordPress, maka menurut saya ini adalah tempat terbaik untuk mendapatkan tema gratis. Namun, karena ini adalah direktori gratis, Anda mungkin tidak mendapatkan jenis desain profesional dan fungsi tema yang komprehensif yang Anda inginkan.

themes directory wordpress

Kunjungi Direktori Themes WordPress disini.

Direktori Themes WordPress Gratis Centerklik

Anda juga dapat melihat banyak sekali themes WordPress pilihan dari centerklik yang bisa anda download dengan gratis yang di kumpulkan dari berbagai sumber dan pengembang. Anda bisa melihat demo dan download theme sekaligus.

Direktori themes centerklik

Terdapat Ratusan themes WordPress gratis dan responsive pilihan centerklik yang bisa anda gunakan secara bebas (gratis). Lihat Direktori Themes WordPress Centerklik disini.

Direktori Themes WordPress Premium

Ketika datang ke tema direktori berbayar, Elegant Themes adalah jelas favorit saya. di Elegant Themes, anda akan mendapatkan banyak sekali themes WordPress premium dengan harga yang murah yaitu $69/tahun untuk 87 themes WordPress profesional (jumlahnya selalu meningkat karena mereka terus menambahkan tema baru, juga jika Anda membandingkan ini dengan Woo dan Mojo, harga Elegant themes selalu lebih murah), dan yang paling penting, tema di Elegant selalu diperbarui sesuai dengan tren desain terbaru dan juga untuk menjaga keamanan.

direktori themes elegant

Untuk referensi Anda, berikut adalah beberapa tema WordPress yang tersedia di Elegant Themes. Anda dapat mengunjungi situsnya dan lihat semua tema desain mereka di direktori ini. Kunjungi Elegant Themes.

Selain Elegant Themes, saya juga sangat merekomendasikan kepada Anda untuk membeli tema WordPress di MyThemeShop, disitus Anda akan menemukan banyak sekali tema dengan desain terbaik dan memiliki fitur-fitur unggulan.

Baca : Cara Install Themes Baru pada WordPress

Plugin Penting untuk WordPress Pemula

Salah satu alasan besar mengapa WordPress begitu diterima secara luas adalah kemudahan penggunaan plugin. Plugin (Apa itu Plugin?) adalah fungsi tambahan yang dapat Anda tambahkan ke blog WordPress Anda, seperti situs cadangan atau tombol share media sosial. Plugin tidak hanya membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dalam mengelola blog, plugin juga dapat meningkatkan blog Anda dan melindungi pekerjaan Anda. Banyak sekali plugin yang diciptakan untuk fungsi yang berbeda, ada plugin untuk meningkatkan SEO, Share Social, toko online, Mempercepat Loading WordPress dan masih banyak lagi.

Lihat Daftar Plugins Rekomendasi Centerklik disini. atau baca artikel rekomendasi dibawah ini

Baca : 10+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

Berikut adalah tutorial lengkap yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk memulai membangun blog dengan WordPress di hosting sendiri. Semoga Anda sukses mempraktekan dan blog Anda berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Apa itu Backlink dan Apa Pentingnya Backlink?

Apa itu backlink? Backlink adalah link dari suatu website ke situs web lain, yang...

Theme WordPress Integral Responsive Free

Integral adalah Theme wordpress responsive gratis di desain dengan paralaks satu halaman yang sangat...

Close