How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Apa Bitcoin

Sudah dipastikan hampir semua penggiat teknologi dan internet bahkan orang awam yang sudah mengenal internet mengetahui atau setidaknya pernah mendengar tentang Bitcoin. Ya bitcoin adalah mata uang digital. Itu berarti bahwa bitcoin hanya ada secara elektronik tanpa adanya bentuk fisik. Untuk lebih tepatnya, bitcoin adalah jenis cryptocurrency – yang mana mata uang digital ini sangat aman dan di enkripsi dengan sangat kuat.

Dalam artikel ini, saya akan mencoba menjawab 10 pertanyaan penting tentang Bitcoin yang mana pertanyaan ini sering ditanyakan dan semoga dapat memberi Anda pemahaman yang lebih jelas tentang apa itu Bitcoin, apa yang dilakukannya, dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membeli produk atau layanan online.

Sejarah Bitcoin

1. Apa itu bitcoin?

Bitcoin (dikapitalisasi) mengacu pada perangkat lunak (software) atau jaringan (yaitu: Jaringan Bitcoin), sedangkan bitcoin (tidak dikapitalisasi) mengacu pada mata uang digital itu sendiri (yaitu: dua bitcoin).

Harga berfluktuasi, tergantung pada apa yang orang mau bayar untuk itu. Di awal kemunculan, bitcoin diperdagangkan dengan nilai sangat kecil hingga nilainya melambung sangat tinggi diluar kewajaran beberapa tahun kemudian, dimana bitcoin pernah mencapai $11.934 selama puncaknya pada 2017. Dan pada bulan berikutnya mengalami penurunan yang sangat drastis dan sekarang mulai kembali naik menjadi $11.289 per satu bitcoin.

2. Siapa yang mengembangkan gagasan tentang bitcoin?

Ide Bitcoin dikonsep oleh Satoshi Nakamoto, seorang tokoh anonim. Pada bulan Mei 2008, ia berbagi kertas putih [PDF] tentang Bitcoin, sebuah cryptocurrency peer-to-peer.

Tanpa mengungkapkan siapa dia, Satoshi menguraikan bagaimana mata uang itu akan bekerja: bitcoin akan “Ditambang” oleh perangkat lunak komputer atau dikenal sebagai “Bitcoin Mining”, bitcoin dapat ditransfer langsung di antara para pengguna dan dicatat dalam buku besar yang tidak dapat dipertahankan tanpa perlu pihak ketiga.

Lalu dia menghilang.

Bagian dari daya tarik Bitcoin adalah anonimitas Satoshi Nakamoto, yang banyak orang pandang sebagai tindakan tanpa pamrih menuju era baru revolusi keuangan. Detektif online telah mengidentifikasi beberapa kandidat, termasuk orang Jepang di dunia nyata yang memiliki nama yang sama. Beberapa bahkan berteori bahwa Satoshi Nakamoto adalah nama samaran untuk kolektif.

Pada Mei 2016, komunitas Bitcoin terkejut ketika pengusaha Australia Craig Wright mengakui bahwa dirinya sebagai Satoshi Nakamoto. Beberapa orang percaya klaimnya, beberapa tidak, tetapi secara keseluruhan komunitas Bitcoin tidak terpengaruh – ekosistem Bitcoin didesentralisasi, dan tidak dapat dikendalikan oleh siapa pun, termasuk pembuatnya.

Baca : 5+ Software Terbaik untuk Penambang Bitcoin Tahun 2019

3. Apa yang istimewa dari bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang peer-to-peer dan berjalan pada sistem yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima bitcoin tanpa pihak ketiga.

Sederhananya, mata uang fiat bergantung pada pihak ketiga, seperti bank atau pemroses pembayaran seperti Visa, untuk memverifikasi transaksi. Ini adalah bagaimana Anda dan saya dapat memastikan pembayaran yang dikirim memang diterima.

Namun, transaksi bitcoin dicatat dalam buku besar publik yang disebut bitcoin blockchain. Informasi ini permanen dan dapat dilihat secara publik di Blockchain.info dan tidak dapat diedit atau dihapus.

Ini berarti bahwa catatan transaksi bertindak sebagai bukti transaksi. Bitcoin juga diprogram untuk tidak dapat digandakan, yang berarti pengeluaran ganda sangat tidak mungkin.

4. Apa bitcoin mata uang yang didesentralisasi?

Bitcoin juga merupakan mata uang terdesentralisasi, karena tidak ada pemerintah, individu atau kelompok yang memegang otoritas atasnya. Ini membuat bitcoin dapat dihabiskan di mana saja di dunia selama penerima dapat menerima bitcoin sebagai pembayaran.

Mata uang terdesentralisasi adalah konsep yang unik. Mirip dengan internet, ia bebas dari batasan geografis – inilah mengapa bitcoin juga dijuluki ‘mata uang internet’.

Karena kurangnya kontrol dan peraturan, banyak negara yang secara umum mewaspadai bitcoin – dan cryptocurrency lainnya secara umum – tetapi beberapa negara progresif seperti Jepang sudah mulai mengenalinya sebagai mata uang.

5. Apa bitcoin anonim?

Anonimitas Bitcoin adalah mitos. Atau lebih tepatnya, sekarang jauh lebih sulit untuk melakukan transaksi anonim dengan Bitcoin. Karena seiring ekosistem dewasa, banyak penyedia layanan bitcoin telah mulai menerapkan peraturan KYC / AML.

KYC / AML adalah singkatan untuk mengenal pelanggan Anda atau anti pencucian uang. Ini mengharuskan pengguna untuk menyerahkan bukti identitas dan bukti kependudukan.

Juga cukup mudah untuk melacak bitcoin. Bitcoin biasanya dibeli dari pertukaran bitcoin, diterima sebagai pembayaran, atau disumbangkan. Dengan detail transaksi yang dapat dilihat secara online untuk umum, adalah mungkin untuk melacak dari mana bitcoin berasal.

6. Bagaimana Anda menggunakan bitcoin?

Bitcoin dapat digunakan untuk pengeluaran, mirip dengan uang. Beberapa orang juga menyimpannya untuk tujuan investasi, sementara yang lain lebih suka menggunakannya sebagai metode untuk melakukan transfer uang internasional.

Bitcoin ada secara elektronik dan disimpan di “dompet bitcoin”. Ada banyak jenis dompet bitcoin: dompet desktop, dompet ponsel, dompet online / berbasis web, dompet perangkat keras dan bahkan dompet kertas.

Untuk membaca lebih lanjut tentang penyimpanan bitcoin, lihat artikel ini oleh CoinDesk. Anda dapat memiliki sebanyak mungkin dompet dan alamat bitcoin (tempat Anda menerima uang dari orang lain) sesuka Anda.

Baca : 10 Layanan Dompet Bitcoin Terbaik Saat Ini

7. Berapa banyak orang yang menggunakan bitcoin?

Perkiraannya bervariasi – sulit untuk mengetahui jumlah pasti orang yang menggunakan Bitcoin. Salah satu cara untuk mengukur jumlah pengguna bitcoin adalah dengan mengukur jumlah dompet bitcoin.

Menurut laporan State of Bitcoin dan Blockchain 2016 CoinDesk, dompet bitcoin berlipat dua kali lipat menjadi 12,77 juta dalam satu tahun, dari akhir 2014 hingga akhir 2015. Meskipun banyak pengguna bitcoin memiliki lebih dari satu dompet (biasanya memiliki beberapa dompet bitcoin), ini merupakan indikasi bahwa jumlah pengguna bitcoin di seluruh dunia meningkat.

Cara lain untuk memperkirakan penggunaan bitcoin adalah dengan jumlah transaksi bitcoin, yang terus meningkat. Meskipun ini bisa berarti bahwa orang yang sama hanya melakukan lebih banyak transaksi bitcoin, adalah adil untuk mengasumsikan bahwa ada pengguna bitcoin baru dalam campuran juga.

8. Bagaimana cara saya mendapatkan bitcoin?

Ada tiga cara utama untuk mendapatkan bitcoin: menambang mereka, membelinya, atau bekerja untuk mendapatkan bitcoin.

Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining)

Penambangan Bitcoin dulu benar-benar menguntungkan. Namun pada saat ini tidak lagi efektif untuk rata-rata individu. Hal ini karena seseorang harus membeli peralatan penambangan Bitcoin khusus, mendapatkan / menyewa ruang khusus untuk penambangan, dan membayar biaya terkait (biaya sewa, listrik, dan pendingin).

Baca : 5+ Hardware Komputer Terbaik untuk Bitcoin Mining

Beli Bitcoin

Anda dapat membeli bitcoin dari banyak pertukaran online. Ada lebih banyak pilihan sekarang daripada sebelumnya – ada pertukaran bitcoin global dan juga pertukaran bitcoin spesifik negara. Anda juga dapat membelinya dari.

Baca : 5+ Tempat Terbaik untuk Membeli Bitcoin tahun 2019

Bekerja untuk Bitcoin

Beberapa orang dibayar dalam bitcoin, bukan dengan mata uang tunai. Situs web seperti XBTFreelancer dan Coinality mendaftar pekerjaan dengan pembayaran bitcoin.

Ada cara lain yang kurang efektif untuk memperoleh bitcoin. Anda bisa mendapatkan sejumlah (sangat) kecil bitcoin dari faucet bitcoin, yang membayar Anda untuk melihat iklan. Anda bisa mendapatkannya sebagai sumbangan.

Ada juga bitcoin bit investasi ’tetapi jika Anda tidak ingin kehilangan uang, hindari perusahaan yang terdaftar dalam Daftar Badbitcoin.

9. Bagaimana cara saya mengirim / menerima / membelanjakan bitcoin?

Dompet Bitcoin datang dengan alamat bitcoin, yang mewakili tujuan, mirip dengan alamat email. Alamat Bitcoin bersifat alfanumerik, dengan panjang antara 27-34 karakter.

Banyak penyedia layanan bitcoin memiliki antarmuka pengguna yang ramah pengguna yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan alamat bitcoin, mengirim dan menerima bitcoin.

Untuk mengirim bitcoin, pengguna hanya perlu memastikan keseimbangan positif dalam dompet bitcoin mereka, memasukkan alamat bitcoin penerima, dan menekan tombol kirim. Ada biaya penambang kecil untuk memproses transaksi – biaya penambang diberikan sebagai hadiah dan insentif bagi penambang Bitcoin karena memelihara peralatan.

Transaksi Bitcoin biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk sampai, tetapi dapat memakan waktu lebih lama atau lebih pendek tergantung pada jumlah biaya dan penyedia layanan bitcoin.

Anda dapat menghabiskan bitcoin di mana saja yang menerima bitcoin sebagai pembayaran. Anda juga dapat menggunakan kartu debit bitcoin yang terhubung dengan Visa / Mastercard yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti Wirex atau Coinbase.

Baca : 5+ Software Terbaik untuk Penambang Bitcoin Tahun 2019

10. Apa kerugian bitcoin?

Bergantung pada siapa Anda bertanya, Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda. Coders dan programmer mungkin berpendapat bahwa bitcoin sudah menjadi jaringan yang sudah ketinggalan zaman, dibandingkan dengan beberapa jaringan cryptocurrency baru yang tersedia.

Di sini saya akan berkonsentrasi pada kerugian bitcoin bagi pengguna baru:

Harus Memiliki Pengetahuan mata uang digital

Bitcoin dapat dicuri dengan berbagai cara. Adalah tanggung jawab pemilik bitcoin untuk menjaga mereka tetap aman, dan ini berarti menerapkan lapisan keamanan tambahan seperti otentikasi 2-faktor. Menyimpannya di dompet web bisa berbahaya.

Jika Anda memiliki jumlah bitcoin yang signifikan, Anda disarankan untuk menyimpannya di dompet perangkat keras seperti Trezor atau Ledger.

Penyedia layanan Bitcoin mungkin sulit dipercaya

Nama-nama terbesar di komunitas Bitcoin telah gagal. Siapa yang bisa melupakan Mt. Gox Insident pada tahun 2014. Itu adalah penukar bitcoin terbesar pada saat itu dan praktis menghilang semalam bersama dengan hampir 745.000 bitcoin.

Baru-baru ini pada tahun 2016, pencuri mencuri hampir 120.000 bitcoin selama peretasan Bitfinex – dan para ahli masih tidak tahu bagaimana mereka melakukannya.

Kurangnya penerimaan

Cold hard cash masih merupakan bentuk pembayaran terluas dan paling banyak digunakan – dimana penerimaan bitcoin tidak ada duanya. Sebaliknya, bitcoin hanya diterima di beberapa toko. Namun, kartu debit bitcoin membantu mengatasi masalah ini – terkait dengan pemroses pembayaran, kartu bitcoin membantu membuat pengeluaran bitcoin sedikit lebih mudah.

Kurangnya perlindungan

Secara umum, bitcoin tidak dianggap legal di sebagian besar negara di dunia, termasuk di indonesia. Oleh karena itu, korban pencurian atau penipuan hampir tidak memiliki pilihan untuk meminta bantuan atau tidak dapat melakukan pelaporan pada pihak pemerintah atau terkait. Namun, lanskap hukum selalu berubah dan salah satu tempat terbaik untuk memperbarui diri Anda tentang bitcoin yang dapat diterima atau tidak adalah Bitlegal.io.

Sementara banyak negara di dunia terutama memperingatkan publik terhadap sifat berisiko Bitcoin, beberapa politisi atau partai politik memiliki pandangan ekstrem tentang bitcoin. Anggota parlemen Rusia dan Perancis sedang mempertimbangkan untuk melarangnya bitcoin.

Baca : Apa itu Bitcoin Mixer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kesimpulan

Bitcoin memang keren, tetapi teknologi yang mendasari di belakangnya – blockchain – bahkan lebih keren. Ternyata, memiliki metode untuk merekam data dengan cara yang tidak dapat dirusak atau dihapus adalah hal yang baik. Ini juga merupakan metode yang hemat biaya untuk menyimpan informasi. Banyak perusahaan termasuk bank-bank besar telah menyatakan minatnya pada teknologi blockchain.

Dan itulah penjelasan lengkap tentang apa itu bitcoin dan beberapa pengetahuan berkaitan dengan bitcoin. Semoga artikel ini menjawab pertayaan Anda seputar bitcoin dan selamat menambang bitcoin. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Halaman Download Plugin BackupBuddy WordPress Premium Gratis

WordPress BackupBuddy iThemes merupakan plugin backup WordPress yang sangat populer, plugin yang akan Anda...

Inilah Alasan Mengapa Anda Perlu Asuransi?

Asuransi apakah itu penting? dan Apakah Anda perlu asuransi? Pertanyaan itu sering muncul bagi...

Close