fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Pada awal tahun 2017, lebih tepatnya yaitu pada 4 januari 2017 Bitcoin naik ke level tertinggi sepanjang masa yaitu $1129,87. Bitcoin terus meningkat dalam jumlah yang besar. Padahal satu tahun sebelumnya, Bitcoin hanya berada di level $434 saja, bayangkan. 🙂

Sejarah Bitcoin

Pengertian Dasar Bitcoin

Bitcoin adalah bentuk “mata uang” digital. Ini dibuat dan disimpan secara elektronik di komputer. Bitcoin bukan uang kertas seperti dolar, euro atau rupiah oleh bank sentral atau otoritas moneter. Bitcoin adalah contoh pertama dari cryptocurrency, yang diproduksi oleh orang-orang dan bisnis di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak komputer canggih yang memecahkan masalah matematika.

Satoshi Nakamoto pertama kali mengusulkan Bitcoin sebagai alat pembayaran berdasarkan matematika, meskipun masih belum jelas siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto dan belum pernah ada yang berhasil mengungkap siapa orang yang menemukan bitcoin tersebut.

Bitcoin adalah metode pembayaran atau transfer nilai yang independen dari otoritas pemerintah seperti bank sentral yang secara tradisional mengontrol jumlah uang beredar dan ketersediaan mata uang di pasar global. Dalam banyak hal, Bitcoin adalah alat pertukaran global. Transfer dilakukan via komputer dan diproses dengan sangat cepat dengan biaya transaksi yang rendah. Bitcoin tidak diproses melalui sistem perbankan tradisional, melainkan mengalir dari satu dompet komputer ke dompet yang lain (istilah dompet ini disebut sebagai Bitcoin Wallet).

Baca : 10 Layanan Dompet Bitcoin Terbaik Saat Ini

Bitcoin tidak dapat disimpan atau diletakkan di dalam saku atau dompet secara nyata seperti mata uang pada umumnya; itu murni alat pertukaran berbasis komputer, hanya mata uang digital yang terdiri dari angka tanpa wujud.

Bitcoin adalah sebuah aset tetap, maksudnya adalah hanya ada total 21 juta koin di seluruh dunia. Memecahkan masalah matematika lanjutan menghasilkan penambangan Bitcoin. Namun, Bitcoin dapat dibagi sehingga potensi pertumbuhan untuk media pertukaran tidak terbatas. Salah satu penemuan paling menarik yang datang bersama Bitcoin adalah blockchain atau Distributed Ledger Technology (DLT). DLT memiliki potensi luar biasa ketika datang ke operasi tradisional dan konsekuensi penyelesaian untuk bisnis di industri keuangan maupun lainnya.

DLT melacak kepemilikan dan memungkinkan transfer Bitcoin dengan segera dan efisien.

Bitcoin memiliki beberapa atribut yang membedakannya dari mata uang tradisional sebagai alat pertukaran global. Bank sentral atau otoritas moneter tidak mengontrol jumlah Bitcoin dan juga tidak mengontrol setiap aspek dari bitcoin; itu terdesentralisasi menjadikannya global. Siapa pun yang memiliki komputer dapat mengatur alamat Bitcoin untuk menerima atau mentransfer Bitcoin dalam hitungan detik. Bitcoin bersifat anonim; cryptocurrency memungkinkan pengguna mempertahankan beberapa alamat dan mengatur alamat tanpa perlu memerlukan informasi pribadi. Teknologi DLT membuat Bitcoin sepenuhnya transparan; itu menyimpan detail lengkap dengan alamat setiap transaksi yang pernah terjadi dalam buku besar atau yang disebut blockchain.

Transfer Bitcoin bersifat segera dan sekali dibuat, semuanya bersifat final. Pada saat yang sama, hanya ada biaya terbatas dan untuk biayar transfer internasional dan domestik tidak tunduk pada nilai tukar mata uang asing. Tidak ada batasan dalam hal Bitcoin.

Baca : 10 Mata Uang Digital atau Cryptocurrency Terbaik Selain Bitcoin

Apakah Bitcoin adalah Mata Uang?

Ada banyak perdebatan tentang apakah Bitcoin adalah mata uang. Kamus Merriam-Webster mendefinisikan mata uang sebagai:

  • Sirkulasi sebagai media pertukaran
  • Penggunaan umum, penerimaan, atau prevalensi
  • Kualitas atau keadaan hadir
  • Sesuatu (seperti koin dan uang kertas) yang beredar sebagai media pertukaran
  • Sebuah alat yang digunakan untuk barter
  • Media ekspresi verbal atau intelektual

Definisi resmi mata uang dapat membuat Anda lebih bingung tentang apakah Bitcoin adalah mata uang atau sesuatu yang lain. Lagi pula, itu pasti memenuhi beberapa karakteristik dalam definisi, tetapi tidak yang lain.

Pada September 2015, Commodity Futures Trading Commission (CFTC) di Amerika Serikat secara resmi menetapkan Bitcoin sebagai komoditas.

Apakah Bitcoin adalah Komoditas?

Penunjukan CFTC datang sebagai tanggapan atas pertukaran Bitcoin yang menawarkan kontrak atau opsi turunan pada nilai mata uang kripto. Namun, Bitcoin adalah salah satu aset yang tidak cocok dengan definisi dan pemahaman historis tentang apa itu mata uang dan komoditas apa yang menjelaskan argumen tersebut.

Sepanjang perjalanan sejarah, banyak komoditas dan bahkan beberapa produk manufaktur berfungsi sebagai mata uang. Mungkin contoh terbaik adalah emas dan perak. Emas dan perak tidak hanya digunakan sebagai alat tukar, atau mata uang selama ribuan tahun, mereka mendukung banyak mata uang kertas di seluruh dunia hingga baru-baru ini saja. Bank-bank sentral dan otoritas moneter di seluruh dunia terus memiliki cadangan emas yang besar dan mengkategorikan kepemilikan mereka sebagai “cadangan devisa.” Oleh karena itu, baik emas dan perak dapat dianggap dalam kelas yang sama dengan Bitcoin. Namun, seperti yang kita tahu bahwa nilai emas cenderung naik namun perlahan sedangkan bitcoin bisa naik berkali-kali lipat dengan cepat dan juga turun dengan sangat cepat.

Selain itu, selama sejarah garam berfungsi sebagai media pertukaran di zaman kuno. Baru-baru ini, rokok atau blue jeans telah digunakan sebagai mata uang di wilayah tertentu di dunia selama beberapa dekade terakhir. Seperti yang Anda lihat, klasifikasi Bitcoin sebagai komoditas yang meragukan dan sulit dipahami. Mata uang Bitcoin yang sulit dikategorikan karena sangat baru dan berbeda dari aset lain yang tersedia untuk peserta pasar. Satu hal yang tampaknya pasti, pertumbuhan minat dalam cryptocurrency selama beberapa tahun terakhir sangat tinggi dan itu berarti bahwa bitcoin adalah aset yang patut mendapat perhatian kita.

Baca : 10 Tema WordPress Terbaik Untuk Website BitCoin dan Cryptocurrency

Masa Depan untuk Bitcoin

Teknologi telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil selama beberapa tahun terakhir. Bitcoin adalah anak dari revolusi teknologi. Sebagai mata uang global (atau komoditas) yang dapat digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia sebagai media pertukaran tanpa melibatkan pemerintah, cryptocurrency akan terus menarik minat banyak orang sekaligus juga akan mendapat banyak perlawanan dari pemerintah. Hal ini dikarenakan banyak sekali Bitcoin ini digunakan sebagai alat pertukaran untuk transaksi yang terlarang, sebagai contoh transaksi narkoba dan senjata, dimana semua transaksi tersebut tidak terkontrol atau tidak terpantau oleh pemerintah.

Di negara-negara di mana aliran mata uang tunduk pada kontrol ketat pemerintah, Bitcoin menawarkan metode untuk mentransfer uang ke wilayah seluruh dunia di mana pembatasan tidak terlalu berat. Selain itu, karena transaksi Bitcoin bersifat anonim, cryptocurrency akan terus menarik transaksi yang terhubung dengan aktivitas jahat dan terlarang seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Jelas bahwa Bitcoin mulai menarik dan digunakan di seluruh dunia. Pada 2016, sebagian besar transaksi Bitcoin terjadi di Tiongkok. Bahkan, volatilitas besar-besaran dalam nilai Bitcoin pada awal 2017 yang mengambil harga dari $1129 menjadi di bawah $800 pada hari yang sama kemungkinan karena spekulasi dari Tiongkok. Bitcoin, dan anak operasionalnya, teknologi blockchain, memiliki masa depan di pasar dunia. Namun, ada kemungkinan bahwa pemerintah di seluruh dunia akan menolak aset global yang beroperasi di luar jangkauan mereka dan dapat memfasilitasi kegiatan yang bertentangan dengan hukum dan peraturan atau agenda politik mereka.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk tujuan investasi karena nilai bitcoin yang bisa melonjak sangat tinggi dan juga terjun bebas atau bisa menghindari untuk bermain dengan bitcoin sampai bitcoin benar-benar jelas dan di sahkan oleh pemerintah karena kapan saja uang Anda bisa hilang tanpa ada pertanggung jawaban sama sekali.

Baca : Apa itu Bitcoin Mixer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dan itulah panduan dasar dari Bitcoin atau mata uang digital (Cryptocurrency) yang bisa saya bagikan pada Anda, semoga bermanfaat dan salam sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Apa itu Bitcoin Mixer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bitcoin saat ini menjelma menjadi mata uang yang sangat diminati, begitu juga dengan mata...

10 Tips Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Baru

Manajemen keuangan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan hidupnya berjalan...

Close