How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

7 Cara Mudah Mendapatkan Banyak Subscriber YouTube

Sebagai YouTuber, tujuan Anda tentu ingin cara mendapatkan banyak subscriber YouTube, menumbuhkan Channel YouTube Anda, meningkatkan pandangan Anda, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan Anda melalui Channel Anda.

Sepertinya membuat video dan meningkatkan subsriber itu mudah. Tapi pada kenyataannya, dibutuhkan waktu untuk membangun merek dan basis penggemar Anda. Anda tidak bisa hanya memulai dengan mempromosikan produk, sebaliknya, Anda harus membangun pengaruh Anda terlebih dahulu baru kemudian menumbuhkan bisnis Anda melalui channel YouTube Anda. Cara tercepat untuk mengatasi hal ini adalah mendapatkan lebih banyak penayangan pada konten video dan pada akhirnya subscriber Anda akan meningkat.

Cara mendapatkan banyak subscriber YouTube

Sekarang, bagaimana cara Anda bisa mendapatkan banyak subscriber di Channel YouTube dengan cepat? Bagaimana Anda menganalisis YouTube Analytics? Pada artikel ini, saya akan menjelajahi beberapa kiat pemasaran YouTube untuk membantu Anda meningkatkan jumlah subscriber dan menumbuhkan channel YouTube Anda.

Baca : 5 Sumber Penghasilan Dari Membuat Video YouTube Selain AdSense

1. Buat Video Yang Menarik

Channel bisa tumbuh besar dan mendapatkan banyak subscriber tentu faktor utama adalah video yang menarik, maka hal pertama yang harus Anda buat adalah video yang menarik dan bermanfaat. Karena apapun alasan orang mengunjungi YouTube adalah untuk melihat video yang mereka cari. Jadi pastikan video Anda dibuat dengan menarik, kualitas video yang bagus, suara yang terdengar jelas dan memiliki runtutan yang tepat sehingga mudah di pahami pemirsa.

Anda bisa menggunakan berbagai macam alat untuk kebutuhan pembuatan video agar hasil video yang Anda buat maksimal dan disukai oleh pemirsa Anda. Dan jangan lupa, selalu edit video Anda sebaik mungkin sebelum di upload video ke channel YouTube Anda.

Baca : 7 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepatt

Sebelum Anda mengklik tombol publikasikan video, pastikan Anda sudah mengoptimalkan video Anda untuk pencarian. Pikirkan kata kunci dan frasa yang akan digunakan orang untuk memudahkan dalam menemukan video Anda. Gunakan Perangkat Kata Kunci atau YouTube Studio untuk menemukan kata kunci populer dengan lalu lintas pencarian yang tinggi.

Anda kemudian dapat menyesuaikan bidang-bidang berikut untuk meningkatkan kemampuan pencarian di Channel YouTube Anda:

  • Judul: Buat judul Anda tidak lebih dari 70 karakter, karena jika terlalu panjang itu akan terlihat terpotong dan kurang maksimal dalam hasil pencarian, ini sama seperti ketika Anda membuat judul untuk blog Anda, dimana judul terlalu panjang tidak akan terlihat sepenuhnya oleh mesin pencari. Dan pastikan judul video Anda menarik perhatian tetapi jangan lupa untuk juga memasukkan kata kunci yang Anda targetkan.
  • Deskripsi: Sertakan CTA, tautan, tagar, dan kata kunci target untuk meningkatkan kemampuan pencarian. Jika diinginkan, Anda juga dapat menambahkan tautan ke halaman media sosial dan situs web Anda sehingga pemirsa dapat berlangganan Channel lainnya. Jangan lupa menambahkan tautan afiliasi Anda untuk meningkatkan penghasilan dari sumber lain selain dari YouTube!
  • Kategori & Tag: Karena konten YouTube diorganisasikan ke dalam kategori (mis. Mode, pendidikan, perjalanan) dan tag, penting untuk memberi tag dan mengidentifikasi kategori yang terkait dengan konten Anda dengan benar. Anda dapat memilih tag atau kata kunci tertentu yang menggambarkan video. Anda juga dapat memilih dari tag yang disarankan secara otomatis oleh YouTube.
  • Thumbnail: Buat thumbnail yang menarik sehingga dapat menarik minat pemirsa untuk membuka video Anda.

3. Berkolaborasi dengan YouTuber lain

Untuk mendapatkan lebih banyak subscriber dan tampilan pada konten Channel Anda, dan juga mendapatkan banyak subscriber, Anda bisa berkolaborasi dengan YouTuber lainnya yang sesuai dengan niche Anda. Tapi, karena Anda masih baru, tidak perlu untuk memaksakan diri berkolaborasi dengan YouTuber lain dengan subscriber yang sudah jutaan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan YouTuber lain yang masih memiliki sedikit pengikut yang mana mereka juga membutuhkan Anda. Karena seperti yang kita lihat bahwa banyak YouTuber yang sudah terkenal dan mereka saling berkolaborasi, hal itu juga merupakan strategi yang digunakan untuk saling menumbuhkan channel YouTube mereka.

Caranya, Anda bisa mengirimkan pesan ke calon mitra kolaborasi Anda melalui email atau media sosial. Diskusikan Channel Anda, video, gagasan kolaborasi, tenggat waktu, dan manfaat dari kolaborasi tersebut. Pastikan Anda bertujuan untuk tumbuh bersama bukan memanfaatkan untuk diri sendiri.

4. Perhatikan analitik

YouTubers paling sukses dan memiliki banyak subscriber, mereka selalu memperhatikan metrik berikut dalam analisis YouTube, dan Anda jika ingin bersaing maka juga harus pintar dalam menganalisa channel Anda dari analytics:

  • Real-time – Menentukan jumlah orang yang mencari Channel Anda dan menonton video Anda dengan perkiraan waktu nyata.
  • Waktu tonton – Lihat jumlah total menit yang dihabiskan pemirsa untuk video Anda. Video YouTube diberi peringkat berdasarkan waktu menonton sehingga semakin lama pemirsa menghabiskan waktu menontonnya, semakin besar kemungkinan itu akan muncul dalam hasil pencarian dan rekomendasi.
  • Laporan interaksi – Mengidentifikasi bagaimana pemirsa berinteraksi dengan Channel YouTube Anda berdasarkan jumlah suka, tidak suka, klik, dan komentar.

5. Promosikan Channel Anda

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan banyak subsciber YouTube, yaitu adalah dengan mempromosikan channel atau video Anda melalui media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Selain itu, Anda juga bisa menaruh video dan tombol channel Anda pada blog atau website jika Anda memilikinya, dengan begitu pembaca blog Anda juga kemungkinan besar akan mengikuti channel Anda. Dengan cara tersebut, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan banyak subsciber dan juga penonton video Anda semakin banyak.

Menaruh video pada postingan blog juga merupakan tempat terbaik untuk mempromosikan channel YouTube Anda. Contohnya, konten video terbukti meningkatkan tingkat konversi dan menurunkan rasio pentalan atau bounce rate di blog Anda. Jika Anda ingin pengunjung bertahan lebih lama di halaman produk atau postingan blog, taruh video Anda pada halaman blog yang relevan dengan tulisan Anda. Karena setiap peluang yang Anda miliki untuk menyalurkan lalu lintas di tempat (atau sosial!) Ke YouTube adalah nilai tambah yang sangat bagus.

Baca : Panduan Lengkap Cara Monetisasi YouTube

6. Upload Video Secara Rutin

Membuat konten video memang tidak mudah, tapi jika tujuan utama Anda ingin mendapatkan banyak subscriber dan mendapatkan penghasilan dari YouTube, tentu membuat video secara rutin adalah kewajiban bagi Anda. Jadi pastikan untuk mengupload dua video baru dalam seminggu atau satu kali seminggu. Buat selalu konten yang menarik dan relevan dengan tujuan niche Anda.

Jika video Anda sudah mulai banyak penonton, pastikan Anda selalu membaca komentar mereka dan membuatkan video seperti yang apa mereka inginkan, karena sangat sering pemirsa Anda menyarankan ide untuk konten video Anda selanjutnya.

7. Buat Playlist untuk mengatur konten YouTube Anda

Semakin banyak video yang Anda buat, semakin sulit bagi orang untuk menavigasi atau mencari video melalui channel Anda.

Itu sebabnya daftar putar atau Playlist sangat penting. Playlist tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengelompokkan video Anda ke dalam kategori untuk mengatur channel Anda, tetapi juga menarik keinginan pemirsa Anda untuk menonton video Anda sebanyak-banyaknya, dan memudahkan mereka untuk mencari video yang mereka harapkan untuk di tonton.

Baca : 10 Laptop Terbaik untuk Video Editing di 2019

Tambahan :

Jalankan kampanye iklan YouTube berbayar, jika Anda ingin cara mudah untuk mendapatkan banyak subscriber dan penonton, namun cara ini harus mengeluarkan banyak modal untuk menumbuhkan channel Anda, maka Anda selalu memiliki opsi untuk mempromosikan channel YouTube Anda melalui iklan.

YouTube menawarkan beragam format iklan untuk dipilih:

  • Display ads: Iklan ini muncul di sidebar kanan video, dan hanya tersedia di desktop.
  • Overlay ads: Ini adalah iklan semi-transparan yang ditampilkan di bagian bawah video. Iklan ini hanya tersedia di desktop.
  • Skippable dan non-skippable video ads: Iklan ini muncul sebelum, selama atau setelah video. Iklan yang dapat dilompati dapat dilewati setelah lima detik, tetapi iklan yang tidak dapat dilompati harus ditonton sepenuhnya sebelum pemirsa dapat menonton video mereka.
  • Bumper ads: Ini adalah iklan yang tidak dapat diabaikan yang harus ditonton sebelum pemirsa dapat menonton video mereka. Iklan ini maksimal enam detik.
  • Sponsored Card: Ini adalah kartu yang ditampilkan dalam video yang relevan. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk Anda atau konten lainnya.

Untuk materi iklan Anda, Anda dapat menggunakan video yang ada atau membuat sesuatu yang baru untuk kampanye tertentu. Keuntungan menggunakan video yang ada adalah Anda dapat memilih klip yang Anda tahu telah efektif sebelumnya. Jika video sudah mendapatkan banyak penayangan dan keterlibatan secara organik, menjalankan iklan berbayar dapat memperkuat hasil Anda.

Di sisi lain, membuat video baru untuk iklan Anda akan memungkinkan Anda untuk membuat konten yang lebih bertarget yang lebih Anda kontrol. Misalnya, Anda dapat membuat iklan dengan ajakan melakukan tindakan tertentu di akhir untuk mengarahkan pemirsa ke halaman arahan atau video lain.

Dan itulah 7 cara mudah untuk mendapatkan banyak subscriber dan menumbuhkan channel YouTube Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan sukses menjadi YouTuber ternama dengan penghasilan yang besar dari YouTube.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Cara Mendapatkan Banyak Backlink Berkualitas

5 Cara Mendapatkan Banyak Backlink Berkualitas - Sebagai pemasar afiliasi berpengalaman, Anda mungkin menyadari...

Inilah Kecepatan Jaringan Internet 5G Dalam Angka

5G adalah generasi berikutnya dari internet nirkabel berkecepatan tinggi. Ini melampaui 4G dalam kecepatan...

Close