fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Cara Monetisasi YouTube

Ada banyak sensasi dalam menghasilkan uang melalui YouTube dan seiring berjalannya waktu telah berevolusi dan saat ini YouTube menjadi lebih matang seperti platform lainnya. Tentu saja hal yang paling utama dan paling banyak dicari dari para YouTuber adalah cara Monetisasi channel mereka agar bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Konsep di balik Program Mitra YouTube sederhana: Anda membuat konten yang bermanfaat yang mendapat pemirsa dan pada saat sudah mencapai persyaratan maka video Anda dapat menampilkan iklan dan setiap iklan yang dilihat oleh pemirsa pada konten video Anda – YouTube berbagi 55% dari pendapatan.

Berita baiknya adalah bahwa sebelumnya Anda harus melalui banyak rintangan untuk menjadi mitra (dan Anda bisa ditolak beberapa kali) tetapi sekarang, YouTube telah membuatnya lebih mudah.

Baca : Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke Youtube

Pelajari Monetisasi YouTube

Langkah-langkah berikut akan memungkinkan monetisasi pada saluran atau channel YouTube Anda:

1. Buka tab “Monetization” di Pengaturan Akun
2. Klik “Enable My Account” (seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar)

enable-youtube-monetization

Jika Anda tidak melihat halaman, mungkin ada banyak alasan – Google membahas kriteria untuk kelayakan di sini. Dan dijelaskan secara ringkas dan jelas, berikut adalah empat kriteria yang harus Anda jalani:

1. Program mitra seharusnya diluncurkan di negara Anda dan tentu ini berlaku bagi negara indonesia

2. Anda tidak mengklik iklan Anda sendiri atau mencoba mempermainkan sistem (sebagai Adsense, pemegang akun)

3. Anda tidak melanggar hak cipta apa pun – acara TV, film, komposisi musik (bebas royalti tidak apa-apa), lukisan, poster, perangkat lunak (kecuali diberikan hak) – semua ini tidak menjadi masalah jika itu adalah:

a. Berada di domain publik
b. Dilisensikan untuk penggunaan komersial atau
c. Dilisensikan sebagai Creative Commons di YouTube
d. Memenuhi Syarat untuk Penggunaan Wajar

Jika Anda khawatir di mana Anda akan menemukan musik untuk video Anda, YouTube sudah menyediakan untuk Anda. Ini tersedia secara gratis di Audio Library.

4. Konten Anda ramah Pengiklan. Maksudnya disini adalah konten Anda layak untuk di tonton oleh semua orang dan tidak melanggar aturan atau konten yang bersifat negatif. Konten positif akan sangat berpotensi mendapatkan iklan dari YouTube dan pengiklan.

5. Video Anda sudah ditonton sebanyak 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan sudah mendapatkan 1.000 subscriber atau subscriber.

Selanjutnya, Jika semua sudah memenuhi syarat diatas, Anda perlu mengaktifkan monetisasi untuk video. Anda dapat melakukannya satu per satu atau beberapa video sekaligus. Dan selanjutnya, Anda harus menautkan akun Adsense Anda ke akun YouTube Anda.

Sekarang setelah Anda mengatur akun, Anda memiliki beberapa video yang memenuhi syarat untuk dimonetisasi dan telah menautkan akun Adsense dan YouTube Anda, sekarang saatnya untuk memecahkan beberapa mitos umum tentang Monetisasi YouTube.

Baca : 6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Cepat dan Mudah

Mitos # 1: Lebih Banyak Subscriber = Lebih Banyak Uang

Itu Tidak benar. Sama sekali tidak ada hubungan antara jumlah subscriber dan jumlah pendapatan yang Anda hasilkan di YouTube. Yah, tidak sepenuhnya tetapi YouTube tidak membayar Anda per subscriber. Anda bisa memiliki 100 ribuan subscriber tetapi hanya menghasilkan sedikit sekali uang sementara seseorang dengan subscriber dibawah 50 ribuan bisa menghasilkan uang jauh lebih banyak dari Anda. Tapi subscriber banyak juga memungkinkan video Anda ditonton lebih banyak.

Mitos # 2: Tampilan lebih banyak = Lebih Banyak Uang

Hampir sama! Anda lihat bahwa PSY menghasilkan lebih dari $5,9 juta untuk 2,52 miliar lebih viewer untuk Gangnam Style dan tampaknya ada korelasi kuat dengan viewer dan uang. Dan itu benar! Ada korelasi tetapi YouTube TIDAK membayar Anda per tampilan!

Untuk menyelesaikan kedua mitos ini, kita perlu memahami Model Pendapatan YouTube. Anda lihat, sebagai Mitra YouTube – Anda menghasilkan melalui Adsense.

Inilah yang dikatakan YouTube di halaman Dukungan:

“Penghasilan dihasilkan berdasarkan bagian dari pendapatan iklan yang dihasilkan ketika orang melihat video Anda – sehingga lebih banyak penayangan dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan.”

Lebih mudah untuk memahami bagaimana hal ini dilakukan setelah Anda mendekatinya dari perspektif pengiklan. Dan berikut adalah perkataan yang di ambil dari Google sendiri:

“Iklan Adsense yang ditampilkan di video Anda ditentukan secara otomatis oleh sistem kami berdasarkan sejumlah faktor kontekstual yang terkait dengan video Anda. Faktor-faktor ini termasuk tetapi tidak terbatas pada metadata video Anda dan apakah kontennya ramah pengiklan. “

Menurut Anda mengapa faktor kontekstual ada pada tempatnya? Sehingga pengiklan dapat menentukan penargetan mereka! Mereka dapat menargetkan berdasarkan Demografis, Kategori, Topik, Kontekstual atau bahkan halaman tertentu (Penempatan Terkelola).

Untuk memastikan bahwa Anda berada di radar pengiklan, Anda harus mengisi meta-data sebanyak mungkin!

youtube video title description tags

Pastikan bahwa judul Anda menyatakan dengan tepat tentang video itu (bagus untuk membuat judul yang menarik perhatian – tetapi pastikan bahwa judul itu tidak menyesatkan).

Selanjutnya, tulis deskripsi. Orang biasa tidak menulis deskripsi yang rinci pada video mereka dan ini merupakan kesalahan. Memang jika channel Anda sudah populer hal ini tidak begitu berpengaruh, namun jika Anda masih baru maka menulis deskripsi yang bagus adalah keharusan. Karena deskripsi yang bagus inilah yang digunakan Google untuk memahami konteks video Anda. Dan untuk mendapatkan uang melalui Adsense (YouTube), konteks adalah kuncinya.

Kiat Pro: Karena 120 karakter pertama adalah apa yang akan muncul dalam hasil pencarian, gunakan untuk memaksimalkan tingkat klik-tayang (CTR) pencarian Anda – jumlah orang yang mengklik video / jumlah pencari Anda

Terakhir, gunakan tag untuk memasukkan kata kunci yang relevan dengan video Anda.

youtube-video-tag

Akhirnya, dalam pengaturan lanjutan – jangan aktifkan video 3D (mereka TIDAK didukung iklan). Juga, jika relevan – tambahkan lokasi dan tanggal. Tanggal sangat bagus untuk konten yang bernilai berita! Dan keuntungan terakhir yang akan membantu Anda memberikan konteks – Keterangan! Jelas, pasang teks – seperti kata Google, Konteks adalah KUNCI!

Pengiklan kemudian memilih jenis iklan yang ingin mereka gunakan untuk kampanye – Menampilkan iklan dan iklan Video. Iklan bergambar dapat berupa iklan spanduk standar atau iklan overlay – dan ini biasanya bayar per klik. Jadi, komponen kunci dari pendapatan Anda adalah rasio klik per tayang iklan.

Iklan Video dapat in-stream, in-slate, in-search, dan in-display. Dari jumlah tersebut, yang akan dibayar adalah iklan video stream dan iklan video slate.

In-Stream adalah format iklan video paling populer, Ini adalah iklan yang mulai diputar sebelum atau selama video berputar. 5 detik pertama adalah wajib setelah pengguna memutuskan apakah mereka ingin terus menonton atau melewatkan. Pengiklan hanya membayar ketika pengguna menonton iklan selama 30 detik!

Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda pikirkan di Format Iklan dari Google:

“In-Stream ads dijual berdasarkan CPM, dan dapat menghasilkan CPM lebih tinggi daripada format iklan lainnya di YouTube. Harap perhatikan bahwa iklan in-stream yang tidak dapat diabaikan atau tidak dapat di skip dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi daripada format iklan lainnya, mereka juga memiliki tingkat pengabaian atau skip iklan yang lebih tinggi. Mengaktifkan format iklan ini di seluruh video Anda dapat menyebabkan tayangan video yang lebih rendah untuk di tonton. “

Jadi, apa yang paling berhasil? Kombinasi beberapa format iklan. Jangan hanya mengaktifkan iklan video in-stream saja.

Baca : 3 Langkah Cara Membuat Video Tutorial Yang Profesional

Berapa banyak uang yang dapat saya hasilkan?

Itu tergantung pada BANYAK faktor dan tidak bisa di hitung secara pasti namun hanya perkiraan saja.
“Berapa yang akan dibayarkan pengiklan untuk menjangkau pemirsa saya.”

Iklan banner dapat memberi Anda $0,5 hingga $ 1 untuk setiap 1000 tampilan. Iklan video pra-putar (iklan yang diputar sebelum video dimulai) dapat menghasilkan antara $2 – $5 untuk setiap 1000 tampilan.

Apakah angka-angka ini bervariasi? Tentu saja! Ada kemungkinan besar bahwa Anda akan memperoleh bayaran yang jauh lebih kecil untuk pengguna indonesia dibandingkan dengan pengguna dari AS? Mengapa? Karena pengiklan (secara umum) akan bersedia membayar lebih tinggi!

Berikut adalah Flowchart untuk Proses Monetisasi YouTube dari moneysupermarket.com!
(Perhatikan bahwa Anda tidak perlu lagi mencapai 1000+ subscriber / tampilan untuk menerapkan ke Program Mitra YouTube)

youtube-monetization-info

Dan itulah panduan lengkap tentang cara monetisasi akun YouTube Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba 🙂

Baca : 5 Sumber Penghasilan Dari Membuat Video YouTube Selain AdSense

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Apa itu Steemit & Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Steemit?

Hal terbaik yang terjadi pada Anda adalah ketika Anda mulai menikmati menghasilkan uang secara...

Prepaway – 5 Tips to Prepare for Microsoft 70-698 Exam in Order to Obtain MCSA Certification

Millions of computers are globally run with the Windows Operating System. As organizations adopt...

Close