Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Membuat Aplikasi iOS & Android untuk WordPress dengan Mobiloud

Jika Anda mempunyai situs WordPress dengan pengunjung yang banyak dan ingin memanjakan pengunjung setia situs website Anda agar mereka dapat mengakses dan membaca artikel dari berbagai perangkat seperti tablet, smartphone dan desktop tentu akan membuat pengunjung Anda senang. WordPress sudah berkembang dengan pesat dengan banyaknya muncul tema WordPress responsive, dengan tema responsive tentu menjadikan situs WordPress akan sempurna jika di akses di berbagai perangkat. Tapi jika Anda ingin mempunyai situs yang terlihat lebih profesional maka dengan membuat aplikasi khusus untuk iOS dan Android merupakan pilihan menarik yang harus Anda coba.

mobiloud wordpress apps ios android

Perlu Anda ketahui saat ini pengguna smartphone sudah tumbuh sangat pesat dan bahkan akses internet sudah di dominasi melalui smartphone. Dengan melihat kenyataan seperti itu, dengan membuat situs WordPress Anda dapat di akses dari berbagai perangkat merupakan suatu keharusan jika ingin mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi dan menghadapi persaingan di dunia online. Pengguna smartphone (2 Miliar di seluruh dunia pada tahun 2014) menghabiskan 85% waktu mereka pada perangkat mereka menggunakan aplikasi. Jika Anda tidak memiliki sebuah aplikasi untuk web Anda, Anda kehilangan kesempatan besar untuk membangun basis pengguna setia dan pertumbuhan lalu lintas.

Untuk menjadikan situs WordPress Anda lebih profesional, buatlah aplikasi untuk iOS dan Android khusus untuk situs Anda. Tidak perlu pengetahuan coding untuk membuat aplikasi iOS dan Android untuk situs WordPress Anda. Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda Cara Membuat Aplikasi iOS & Android untuk situs WordPress dengan Mobiloud. Sebelum masuk ke tutorial, mari kita simak dulu apa itu mobiloud dan fitur-fitur mobiloud.

Apa itu Mobiloud?

Mobiloud adalah plugin yang dapat mengkonversi blog WordPress atau situs berita WordPress menjadi aplikasi mobile asli untuk iOS (iPhone app dan iPad app) dan ponsel Android maupun tablet.

MobiLoud bukan hanya plugin, tapi layanan aplikasi mobile yang khusus dirancang untuk penerbit WordPress. Dengan MobiLoud, Anda benar-benar dapat membangun aplikasi mobile asli berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat, dan Anda tidak perlu keahlian pemrograman untuk membuat aplikasi mobile asli Anda. Dengan MobiLoud aplikasi mobile situs WordPress Anda akan benar-benar menjadi aplikasi yang tampak sempurna.

Visit Mobiloud

Apa Yang Menjadikan Mobiloud Berbeda?

Seperti yang sudah sering saya katakan di atas bahwa MobiLoud akan membuatkan Anda Aplikasi yang benar-benar “asli”. Aplikasi mobile asli yang terlihat dan merasa hebat di Android dan iOS, dan akan membuat situs Anda dengan cepat di load, berbeda dengan aplikasi lainnya yang lamban dan glitchy.

Dengan Mobiloud Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan warna situs Anda. Anda dapat meng-upload logo situs Anda, ikon milik Anda. Selain itu Anda juga dapat menawarkan push pemberitahuan saat posting baru dibuat, menyesuaikan menu aplikasi sesuai keinginan dan juga menggunakan jenis posting kustom, kategori, halaman dan masih banyak lagi.

MobiLoud dirancang khusus untuk blog WordPress dan situs berita. Tidak ada solusi aplikasi lainnya yang dapat memberikan tingkat integrasi dengan WordPress, konten dan plugin pihak ketiga Anda sebaik Mobiloud.

MobiLoud adalah layanan lengkap termasuk aplikasi membangun dan pengajuan dan dukungan premium. Anda tidak perlu belajar coding dan melakukan pekerjaan untuk mendapatkan aplikasi Anda diterbitkan.

MobiLoud dirancang untuk situs dengan lalu lintas tinggi dan mendukung sejumlah iklan, analisis dan semua hal yang Anda butuhkan untuk menguangkan situs Anda dan tumbuh lalu lintas dari aplikasi Anda.

Fitur-Fitur Mobiloud

Berikut beberapa fitur yang Anda dapatkan menggunakan MobiLoud untuk membangun aplikasi mobile untuk situs berita WordPress Anda :

  • Aplikasi Sangat Mudah di sesuaikan sesuai dengan desain situs dan merek Anda sendiri.
  • Membuat Aplikasi iOS dan Android yang menakjubkan dalam waktu singkat
  • Update konten secara otomatis
  • Dapat di Monetize dari lalu lintas mobile seperti Unit HTML / Javascript / iklan iframe, Google Adsense, Google DFP atau server iklan MoPub, banner dan juga Unit iklan AdMob untuk iOS dan Android
  • Membawa orang kembali ke konten Anda dan meningkatkan pertumbuhan pengunjung
  • Push Notifications
  • Antarmuka yang mengagumkan dan mempunyai akses yang sangat cepat
  • Share artikel ke sosial media sangat mudah
  • Terintegrasi dengan komentar WordPress, Disqus, facebook. Sistem komentar sangat mudah di gunakan.
  • Artikel Favorit, memudahkan pengguna menyimpan artikel favorit dengan mudah.
  • Mendukung Multi bahasa
  • Dukungan RTL untuk Arab dan Israel
  • Menampilkan posting, halaman, URL, dan semuanya.
  • Image Gallery yang Indah
  • Pengguna dapat mengakses konten saat offline
  • MobiLoud bekerja baik dengan kebanyakan plugin pihak ketiga
  • Tambahkan HTML kustom, PHP, CSS dan kode Javascript Anda sendiri
  • Mendukung Postingan Kustom
  • Layanan Submission ke App Store dan Google Play
  • Akses cepat tanpa masalah
  • Mendukung Google Analytics
  • Mendukung video Youtube, Vimeo dan pemutar video lainnya, SoundCloud dan pemutar music lainnya

Diatas adalah deretan daftar fitur yang Anda dapatkan dari mobiloud. Untuk lebih jelasnya mengenai fitur MobiLoud, Anda dapat mengunjungi situs Mobiloud.

Membuat App iOS & Android WordPress Mobiloud

Untuk membuat aplikasi iOS dan Android untuk situs WordPress Anda sangatlah mudah. Ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstall dan mengaktifkan plugin MobiLoud, Anda dapat mendownload plugin mobiloud disini. atau langsung masuk ke menu Plugins » Add New dan ketikan “mobiloud” pada kolom pencarian.

Setelah Anda aktifkan plugin mobiloud, Anda akan langsung dibawa menuju halaman desain. Akan terdapat pop up untuk pengisian nama, email dan URL situs Anda. Jika sudah Anda isi semua kolom tersebut, silahkan klik tombol “Continue your design app“.

popup
Selanjutnya Anda dapat melakukan membuat aplikasi mobil Anda pada menu Design agar sesuai dengan situs web Anda.

tutorial mobiloud wordpress

Pada menu Design seperti gambar diatas terlihat Anda dapat mengupload logo, dan merubah warna navigasi agar serasi dengan warna situs WordPress Anda. Pada bagian sebelah kanan Anda dapat melihat preview secara live setiap Anda melakukan perubahan, sehingga Anda dapat segera melakukan perubahan jika terjadi ketidak sesuaian pada desain. Pada home screen settings, Anda dapat memilih Artikel, halaman atau URL untuk ditampilkan pada halaman depan (Sangat disarankan untuk memilih Article List). Bagian Article List Style terdapat 2 pilihan Extended dan Compact, saya pribadi lebih menyukai tampilan Extended. Untuk Date display Anda dapat mengatur sendiri bagaimana tanggal postingan Anda ditampilkan, secara default pengaturan dipilih Show pretty dates.

Jika Anda sudah merasa puas dengan pengaturan desain Anda dapat menekan tombol Preview agar Anda dapat melihat tampilan situs Anda pada smartphone iOS maupun Android seperti gambar dibawah ini.

preview mobiloud wordpress centerklik

Selanjutnya beralih ke menu tab di sebelah menu Design yaitu terdapat Menu configuration, pada bagian ini Anda dapat menyusun menu yang ingin Anda tampilkan di aplikasi Anda nantinya. Membuat menu pada pengaturan ini sama seperti saat Anda membuat menu di Admin WordPress. Semisal saya menjadikan kategori untuk menu situs saya, saya mengambil menu dari Categories dan memilih beberapa kategori dan tekan tombol Add untuk ditampilkan kategori sebagai menu seperti gambar dibawah ini. Anda juga dapat menggeser ke atas dan ke bawah untuk mengurutkan menu agar sesuai dengan keinginan Anda.

membuat menu mobiloud wordpress

Jika Anda sudah selesai membuat menu yang Anda inginkan, silahkan simpan pengaturan Anda dan lihat preview kembali sehingga terlihat hasil seperti gambar dibawah ini.

menu mobiloud preview

Untuk pengaturan lebih lengkap Anda dapat klik menu tab More Settings atau masuk melalui menu Mobilouds » Settings, pada halaman pengaturan ini terdapat banyak sekali menut pengaturan seperti General, Content, Advertising, Analytics, Editor, Membership dan License. Lihat gambar dibawah ini

menu settings mobiloud wordpress

General: Digunakan untuk melakukan pengaturan seperti email, copyright, pengaturan artikel, Custom Post type, Sticky post.

Content: Digunakan untuk mengatur Postingan dan halaman meliputi featured image dan author info, juga terdapat pengaturan komentar untuk menggunakan komentar default wordpress, facebook atau disqus comment.

Advertising: Digunakan untuk mengatur iklan Anda, baik dari Admob, Google DFP, Mopub atau Memasukkan script iklan dan pengaturan tempat iklan muncul.

Analytics: Digunakan untuk memasukkan Tracking ID Google Analytics dan Facebook Analytics.

Di atas adalah langkah-langkah membuat aplikasi iOS dan Android untuk situs WordPress Anda, tentu tutorial diatas sangat mudah untuk di ikuti dan Anda sudah memiliki Aplikasi mobile asli yang siap Anda gunakan.

Jika Semuanya sudah selesai saatnya untuk mempublikasikan aplikasi Anda secara nyata, dan untuk mempublikasikan aplikasi Anda tentu terdapat biaya yang terjangkau.

Berapa Biaya itu untuk membuat Website WordPress Anda menjadi Mobile App?

Memang untuk merancang aplikasi Anda adalah gratis. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan aplikasi Anda dibangun dan diterbitkan di salah satu toko aplikasi, Anda harus mendaftar untuk rencana harga. Berikut Rencana dan harga dari Mobiloud :

  • Starter: $49 per bulan
  • Professional: $99 per bulan
  • Publisher: $199 per bulan

Selain harga bulanan diatas, Anda dapat membeli lifetime license dengan harga $2,097. Harga termurah dari daftar diatas hanya terbatas untuk 2.000 download dan tidak terdapat Mobile ads: DFP, Admob, MoPub dan lainnya.

Harga rencana diatas sudah termasuk mengirimkan aplikasi Anda ke toko aplikasi yang sesuai sehingga penonton Anda dapat men-download aplikasi Anda tersebut. Proses ini dapat mengambil dari sekitar 6 sampai 20 hari kerja dan aplikasi Anda siap online dan di download oleh pengunjung setia situs Anda.

Plans & Princing

Di atas adalah artikel lengkap yang membahas tentang mobiloud secara lengkap dan Cara Membuat Aplikasi iOS & Android untuk WordPress dengan Mobiloud. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Afif Ridwan P

    centerklik pakai hosting ipage?bagaimana review nya mas?dan pilih paket apa?

Must Read...!
Theme WordPress Fukusawa Responsive Free

Fukasawa adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk blog minimalis dengan mansory style di ciptakan...

Cara Mengaktifkan User Registration di WordPress

Wordpress datang tidak hanya untuk digunakan satu pengguna saja dalam mengelola web, tapi Wordpress...

Close