How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

9 Bahasa Pemrograman Terbaik dan Populer untuk Dipelajari

Bahasa Pemrograman Terbaik dan Populer. Jika Anda saat ini sedang akan belajar untuk menjadi seorang programmer, tentu Anda akan merasa bingung dalam memutuskan mana yang akan Anda pilih, bagian paling sulit dari pembelajaran pemrograman adalah memutuskan apa bahasa pemrograman yang ingin Anda tekuni, bahkan pengembang perangkat lunak baru masih mengalami hal ini. Ini dikarenak terdapat ratusan bahasa pemrograman yang digunakan secara luas, masing-masing dengan kompleksitas dan keunikannya sendiri.

Programmer Profesional

Tapi, jika Anda sudah memulai perjalanan Anda sebagai pengembang perangkat lunak, Anda akan mulai menemukan bahasa pemrograman mana yang paling cocok untuk Anda, sesuai minat, dan tujuan karier Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa bahasa pemrograman yang berbeda lebih cocok untuk tujuan yang berbeda pula. Sebelum memilih bahasa yang tepat, Anda harus menjawab pertanyaan seperti:

  • Proyek apa yang ingin Anda kerjakan?
  • Kemana tujuan karir Anda dalam menjadi seorang programmer?
  • Apakah Anda memiliki latar belakang dalam matematika dan logika yang mungkin membantu Anda belajar?
  • Apakah Anda ingin mempelajari bahasa tingkat yang lebih tinggi yang sedikit lebih fleksibel dan memiliki konsep tertentu yang abstrak, atau apakah Anda merasa nyaman berfokus pada bahasa tingkat rendah yang memiliki sedikit abstraksi dan “dekat dengan perangkat keras”?
  • Jika Anda tertarik dalam pengembangan web, apakah Anda lebih suka bekerja di bagian depan (front end) atau belakang (back end)?
  • Apakah Anda ingin menjadi freelance, dapat dipekerjakan oleh perusahaan yang sudah mapan atau bekerja dengan startup? Atau, apakah Anda hanya berusaha lebih efisien dalam pekerjaan Anda saat ini?

Dalam daftar di bawah ini, kita membahas bahasa pemrograman terbaik dan paling banyak diminta untuk banyak kasus penggunaan yang paling umum termasuk pengembangan web, pengembangan mobile, pengembangan game dan banyak lagi. Pada akhir artikel ini, Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang bahasa pemrograman mana yang harus Anda pelajari dan dapat membantu meningkatkan karir Anda di masa mendatang dan seterusnya.

Baca : 10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

9 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari

Berikut adalah daftar bahasa pemrograman yang terbaik, paling banyak diminati, paling banyak lowongan kerja untuknya dan harus Anda pelajari jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang programmer. Pilih salah satu atau dua bahasa pemrograman ini untuk Anda seriusi, karena tidak mungkin untuk mendalami semuanya. Karena untuk menjadi ahli dalam bidang programmer, Anda harus fokus pada bahasa pemrograman tertentu.

1. JavaScript

Bahasa pemrograman Javascript

JavaScript benar-benar merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer hingga saat ini. Tidak mungkin menjadi pengembang perangkat lunak hari ini tanpa menggunakan JavaScript dalam beberapa cara. Menurut Survei Pengembang 2018 Stack Overflow, JavaScript adalah bahasa yang paling populer di kalangan pengembang untuk tahun keenam secara berturut-turut. Hampir 70 persen responden survei melaporkan bahwa mereka telah menggunakan JavaScript pada tahun lalu.

Seiring dengan HTML dan CSS, JavaScript sangat penting untuk pengembangan web front-end. Sebagian besar situs web paling populer, dari Facebook dan Twitter hingga Gmail dan YouTube, bergantung pada JavaScript untuk membuat halaman web interaktif dan menampilkan konten secara dinamis kepada pengguna.

Selain JavaScript “murni”, ada juga sejumlah pustaka dan kerangka kerja yang dimaksudkan untuk mempermudah pembuatan JavaScript. Beberapa kerangka kerja yang paling populer termasuk Angular, React, Vue, Ember dan jQuery. Pengembang JavaScript profesional kemungkinan akan membutuhkan pengalaman dengan satu atau lebih dari ini.

Meskipun JavaScript pada dasarnya adalah bahasa front-end yang dijalankan di browser, JavaScript juga dapat digunakan di sisi server melalui Node.js untuk membangun aplikasi jaringan yang skalabel. Node.js kompatibel dengan Linux, SunOS, Mac OS X dan Windows.

Karena JavaScript memiliki sintaks yang memaafkan dan fleksibel dan berfungsi di semua browser utama, ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah untuk pemula.

2. PHP

Pilihan lain bahasa pemrograman yang kuat untuk pengembang web adalah PHP. Bahasa skrip sisi server ini memperkokoh 83 persen situs web dan telah menjadi alat back-end penting bagi raksasa teknologi seperti Facebook, Wikipedia, dan Yahoo. PHP juga populer berkat perannya dalam sistem manajemen konten WordPress, yang membuat pengembangan situs web dapat diakses oleh massa.

PHP dapat disematkan dalam sistem template web atau digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas laman web HTML. Ini juga mentransfer data melalui database query seperti MySQL dan PostgreSQL.

Seperti halnya JavaScript, situs web menggunakan PHP untuk berbagai tujuan, termasuk mengumpulkan dan memverifikasi data formulir, membuat cookie, dan menampilkan konten dan gambar dinamis. Juga seperti JavaScript, PHP menawarkan sejumlah kerangka kerja, seperti Laravel dan Drupal, yang membantu pengembang membangun aplikasi lebih cepat dan membuatnya lebih kuat, terukur dan aman.

Jika Anda ingin bekerja sebagai pengembang web freelance, PHP adalah bahasa praktis untuk dipelajari. Dengan lebih dari 75 juta situs web yang menjalankan WordPress, akan selalu ada kebutuhan bagi pengembang yang dapat membuat plugin PHP khusus dan memberikan bantuan teknis.

3. Java

Java, bahasa tujuan umum, telah menjadi andalan di dunia pemrograman komputer selama lebih dari 20 tahun. Kunci popularitasnya adalah filosofi “menulis sekali, jalankan di mana saja”. Secara teoritis, Anda dapat menulis perangkat lunak Java di perangkat apa pun, mengompilasinya ke kode mesin tingkat rendah, lalu menjalankannya di platform apa pun yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti Java sangat kompatibel lintas platform.

Java juga menjadi dasar untuk sistem operasi Android dan bahasa yang paling umum untuk mengembangkan aplikasi Android. Bahasa ini disukai oleh perusahaan juga, dengan sekitar 90 persen dari 500 perusahaan Fortune menggunakan Java untuk membangun aplikasi dan sistem back end. Untuk melengkapi itu, sistem pengolahan data Apache Hadoop ditulis di Java dan dijalankan oleh Amazon Web Services dan Windows Azure.

Berkat keserbagunaan dan keunikannya, Java adalah bahasa yang umum bagi pemula untuk dipelajari, dan ini digunakan dalam banyak kursus pemrograman pengantar.

Dengan begitu banyak kasus penggunaan yang berbeda, Java adalah taruhan pasti untuk programmer yang mencari bahasa modular fleksibel dengan aplikasi bisnis yang mengakar, dan oleh karena itu prospek pekerjaan.

4. C / C++

C adalah bahasa pemrograman old-school yang masih hidup dan baik hari ini. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, C memiliki pengaruh yang kuat pada lanskap pemrograman komputer, meskipun kurva pembelajarannya yang curam.

Ada lusinan bahasa dalam keluarga C yang berasal dari C atau sangat dipengaruhi oleh sintaks, konstruk dan paradigma. Ini termasuk beberapa bahasa yang disebutkan dalam artikel ini, termasuk Java, Objective-C dan C #.

Karena ini memungkinkan Anda untuk menjadi sangat dekat dengan pekerjaan di dalam komputer, C tetap menjadi pilihan populer untuk membangun aplikasi khusus berkinerja tinggi. C adalah dasar untuk sistem operasi Linux dan sering digunakan untuk pemrograman embedded system.

Salah satu penerus paling langsung dari C adalah bahasa pemrograman C++. C++ dibangun di C, yang memberikan banyak keuntungan yang sama, tetapi C++ adalah bahasa berorientasi objek dan karena itu merupakan pilihan yang lebih baik ketika mengembangkan aplikasi tingkat yang lebih tinggi. C++ adalah pilihan yang sangat populer untuk grafik komputer, gim video dan virtual reality.

5. Swift

bahasa pemrograman swift

Jika Anda tertarik dengan produk Apple dan pengembangan aplikasi seluler, Swift adalah tempat yang baik untuk memulai. Pertama kali diumumkan oleh Apple pada tahun 2014, Swift adalah bahasa pemrograman yang relatif baru yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan macOS. Menurut Github’s State of the Octoverse Report, Swift telah berkembang pesat, sekarang peringkat ke-13 sebagai bahasa paling populer dengan menarik permintaan.

Pengembang menggunakan Swift untuk membuat aplikasi iOS, macOS, dan Linux yang kuat, berkinerja tinggi, dan asli. Swift dimaksudkan untuk menjadi lebih cepat, lebih ramping, dan lebih mudah untuk didebug daripada Objective-C pendahulunya. Setelah masuk untuk pengembangan iOS, Objective-C sekarang dianggap kikuk dan diberi tanggal oleh banyak pengembang. Sebaliknya, Swift telah dioptimalkan untuk kinerja dan dibangun dari bawah ke atas agar sesuai dengan realitas perkembangan iOS modern.

Mengembangkan keterampilan pemrograman Swift adalah investasi yang bijaksana untuk calon insinyur perangkat lunak. Tidak hanya iOS yang berjalan di setiap iPhone dan iPad, itu juga menjadi dasar untuk sistem operasi lain seperti watchOS (untuk Apple Watches) dan tvOS (untuk Apple TV). Selain itu, Apple tidak akan menjadi pemimpin industri teknologi dan aplikasi iOS terus menjadi yang paling menguntungkan di pasar aplikasi seluler.

6. Python

Python mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan di daftar ini. Sering dikatakan bahwa sintaks Python jelas, intuitif dan hampir mirip bahasa Inggris, yang, seperti Java, membuatnya menjadi pilihan populer untuk pemula.

Juga seperti Java, Python memiliki berbagai aplikasi yang membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna dan kuat ketika memilih bahasa pemrograman terbaik untuk kasus penggunaan Anda. Jika Anda tertarik dengan pengembangan web back-end, misalnya, maka kerangka kerja Django open-source, yang ditulis dengan Python, populer, mudah dipelajari, dan kaya fitur. Django telah digunakan dalam pengembangan beberapa situs populer seperti Mozilla, Instagram, dan Spotify.

Python juga memiliki paket seperti NumPy dan SciPy yang umum digunakan dalam bidang komputasi ilmiah, matematika, dan teknik. Perpustakaan Python lain seperti TensorFlow, PyTorch, scikit-learn dan OpenCV digunakan untuk membangun program dalam ilmu data, pembelajaran mesin, pemrosesan gambar dan visi komputer. Aplikasi sains dan data Python membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk bidang akademis.

7. Ruby

Ruby adalah bahasa scripting lain yang biasa digunakan untuk pengembangan web. Secara khusus, ini digunakan sebagai dasar untuk kerangka kerja aplikasi web Ruby on Rails yang populer.

Pemula sering tertarik ke Ruby karena memiliki reputasi memiliki salah satu komunitas pengguna yang paling ramah dan paling membantu. Komunitas Ruby bahkan memiliki pepatah tidak resmi, “Matz itu bagus dan kami sangat baik,” mendorong anggota untuk meniru perilaku baik dan perhatian mereka pada penemu utama Ruby, Yukihiro Matsumoto.

Selain komunitas yang aktif dan sintaksnya yang langsung, Ruby juga merupakan bahasa yang baik untuk diambil berkat hubungannya dengan bisnis teknologi yang hebat. Twitter, Airbnb, Bloomberg, Shopify, dan banyak startup lainnya telah membangun situs web mereka menggunakan Ruby on Rails di beberapa titik.

8. C#

Bahasa pemrograman C#

Seperti C++, C# (diucapkan C Sharp) adalah bahasa tujuan-tujuan, berorientasi objek yang dibangun di atas fondasi C. Awalnya dirancang oleh Microsoft sebagai bagian dari kerangka .NET untuk membangun aplikasi Windows.

Sama seperti Swift adalah bahasa pilihan untuk aplikasi iOS, C# adalah bahasa pemrograman terkemuka untuk membangun aplikasi asli platform Microsoft. C# menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa yang berasal dari C lainnya seperti C++, sehingga mudah diambil jika Anda berasal dari bahasa lain di keluarga C.

C# bukan hanya untuk pengembangan aplikasi Microsoft, tetapi juga digunakan oleh pengembang mobile bahasa untuk membuat aplikasi lintas platform di platform Xamarin. Alih-alih menulis aplikasi iOS Anda di Swift dan aplikasi Android Anda di Java, yang merupakan dua kali pekerjaan, Anda dapat menulis satu aplikasi menggunakan Xamarin dan C# dan menyebarkannya ke kedua platform secara bersamaan.

Akhirnya, siapa pun yang tertarik dengan pengembangan VR harus mempertimbangkan belajar C#. C# adalah bahasa yang direkomendasikan untuk membuat video game 3D dan 2D menggunakan mesin game Unity yang populer, yang menghasilkan sepertiga dari game teratas di pasar.

9. Rust

Rust sedikit baru di antara bahasa lain di daftar ini, tetapi itu tidak berarti itu bukan bahasa yang berharga untuk dipelajari. Survei Pengembang 2018 Stack Overflow menemukan bahwa Rust adalah bahasa pemrograman yang paling disukai di kalangan pengembang untuk tahun ketiga berturut-turut, dengan 78 persen pengembang Rust mengatakan bahwa mereka ingin terus bekerja dengannya.

Dikembangkan oleh Mozilla Corporation, Rust, seperti C dan C++, ditujukan terutama untuk pemrograman sistem tingkat rendah. Apa yang Rust tambahkan ke campuran, bagaimanapun, adalah penekanan pada kecepatan dan keamanan. Rust menekankan menulis “kode aman” dengan mencegah program mengakses bagian memori yang seharusnya tidak boleh mereka lakukan, yang dapat menyebabkan perilaku tak terduga dan sistem crash.

Keuntungan dari Rust berarti bahwa perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Dropbox dan Coursera, sudah mulai menggunakannya secara internal. Meskipun mungkin sedikit lebih sulit untuk dikuasai daripada bahasa pemula lainnya, keterampilan pemrograman Rust cenderung melunasi dengan gemilang karena popularitas bahasa hanya akan terus meningkat dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Saat memutuskan bahasa pemrograman mana yang akan Anda pilih untuk dipelajari, penting untuk tidak terjebak dalam tren mencolok dan kontes popularitas. Bahasa pemrograman terbaik untuk belajar bahasa pemrograman saat ini masih sama dengan bahasa pemrograman terbaik di tahun-tahun sebelumnya, dan bahasa pemrograman diatas saya kira masih akan tetap menjadi bahasa pemrograman terbaik dan populer untuk beberapa tahun mendatang.

Meskipun bidang pemrograman komputer berubah dengan cepat, bahasa pemrograman yang telah saya sebutkan diatas masih memiliki potensi untuk tetap merajai bahasa pemrograman. Dengan mempelajari satu atau beberapa bahasa ini, Anda akan berada dalam posisi yang sangat baik tidak hanya untuk tahun ini, tetapi di tahun-tahun mendatang.

Ketika memulai perjalanan Anda ke dalam pengkodean, hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan tentang bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari. Buatlah pilihan Anda berdasarkan minat Anda dan jenis pengembangan perangkat lunak atau software yang Anda inginkan. Berikut adalah ringkasan singkat tentang berbagai kemungkinan yang telah kami bahas:

  • Pengembangan web front-end: JavaScript
  • Pengembangan web back-end: JavaScript, Java, Python, PHP, Ruby
  • Pengembangan mobile: Swift, Java, C#
  • Pengembangan game: C++, C#
  • Aplikasi desktop: Java, C++, Python
  • Pemrograman sistem: C, Rust

Tidak ada satu cara yang pasti ketika belajar membuat kode dengan satu bahasa pemrograman, dan itu akan terlihat semakin mudah dalam menentukan pilihan yang tepat ketika Anda sudah mulai mencobannya. Belajar satu bahasa pemrograman akan membantu Anda membangun landasan pengetahuan yang akan mempermudah belajar bahasa pemrograman selanjutnya.

Jika Anda menemukan bahwa bahasa pemrograman tertentu tidak cocok, itu bukan berarti Anda tidak mendapatkan apa apa melainkan Anda dapat menggunakan apa yang sudah Anda pelajari untuk mengambil bahasa pemrograman yang lainnya. Untuk secara aktif menerapkan keahlian Anda dan meningkatkan kemampuan Anda sebagai programmer, yang paling penting untuk Anda lakukan adalah memulai.

Baca : Penjelasan Lengkap Tentang Distro Linux, dan Apa Perbedaanya?

Dan itulah 9 bahasa pemrograman terbaik dan populer yang perlu Anda pelajari untuk menjadi seorang programmer profesional dan agar mendapatkan pekerjaan yang lebih mudah karena banyak dibutuhkan seorang ahli yang menguasai bahasa pemrograman diatas. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat belajar.  🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Migrasi Dari Plugin All in One SEO Ke Yoast SEO

Cara Migrasi All In One SEO ke Yoast SEO. Di WordPress Anda akan menemukan...

5 Tema WordPress untuk eCommerce Terbaik Gratis

Tema WordPress gratis untuk eCommerce. Dalam era smartphone seperti saat ini, banyak pengguna yang...

Close