How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membatalkan Transaksi PayPal Yang Sudah Terkirim

Bagi orang yang sering menggunakan PayPal, tentu pernah mengalami kesalahan ketika mengirim pembayaran. Jika Anda telah mengirim pembayaran yang salah dari akun PayPal Anda, misalnya ke alamat yang salah atau jumlah yang salah, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat segera membatalkan transaksi yang sudah terlanjur terkirim tersebut.

paypal

Meskipun tidak semua transaksi dapat dibatalkan saat diajukan, dalam beberapa keadaan, membatalkan transaksi PayPal adalah suatu yang mungkin bisa Anda lakukan. Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana transaksi yang tidak diklaim PayPal dapat dibatalkan.

Jika pembayaran yang Anda kirim belum ‘diklaim’, ini umumnya terjadi jika email PayPal yang Anda kirimi uang tidak benar-benar ada, Anda mungkin memiliki opsi untuk membatalkan pembayaran dan dikembalikan kembali tanpa biaya terkait. Di sisi lain, jika pemegang akun belum mengonfirmasi alamat email PayPal mereka, Anda juga dapat membatalkan pembayaran yang telah Anda kirim melalui PayPal.

Baca : Penjelasan Paypal dan Cara Membuat Akun Paypal Terbaru

Sayangnya jika pembayaran telah diklaim, satu-satunya cara Anda dapat mendapatkan kembali dana adalah dengan menghubungi pemegang akun dan meminta pengembalian dana secara langsung pada pemiliknya.

Transaksi PayPal yang terlanjur dikirim tidak dapat dibatalkan. Satu-satunya pembayaran dapat dibatalkan adalah jika ditandai sebagai ‘Tertunda’ atau ‘Tidak diklaim’ (unclaimed).

Bagaimana Saya Bisa Tahu jika Pembayaran PayPal telah Diklaim?

Jika Anda yakin telah mengirim dana ke alamat email PayPal yang salah, maka berdo’alah jika tidak pemilik yang memegang akun PayPal tersebut. Anda dapat mengetahui apakah pembayaran telah dikonfirmasi atau belum karena semua pembayaran yang belum dikonfirmasi akan memiliki notifikasi untuk ‘Batalkan’ atau “Cancel” dalam kolom tindakan transaksi yang dimaksud.

Bagaimana Saya Bisa Membatalkan Pembayaran Berlangganan Berulang?

Tidak seperti pembayaran satu kali, Anda dapat membatalkan langganan dari akun PayPal Anda untuk mencegah penarikan lebih lanjut. Misalnya, Anda mungkin telah mendaftar ke situs web keanggotaan dan kemudian memutuskan bahwa Anda tidak mendapatkan nilai uang.

Dalam hal ini Anda dapat segera masuk ke akun PayPal Anda dan membatalkan berlangganan ke situs web tersebut. Meskipun membatalkan langganan mungkin terdengar seperti ide yang bagus, pastikan Anda siap untuk memberikan akses ke konten langganan atau keanggotaan karena banyak situs web akan menghentikan akses Anda setelah langganan PayPal dibatalkan.

Caranya:

  • Masuk ke “akun PayPal” Anda.
  • Klik menu “Settings” icon Gir.
  • Masuk ke “Pengaturan Rekening“.
  • Pilih “Produk dan Layanan” dan “Pembayaran melalui situs web“.
  • Pilih “Pembayaran otomatis saya” dan klik tombol “Kelola pembayaran” dan pilih tombol “Cancel“.

Baca : Cara Membuat Faktur atau Invoice di PayPal

Saya Tidak Dapat Membatalkan Transaksi PayPal. Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Uang Kembali?

Jika transaksi telah selesai, Anda harus mengirim email ke pemilik akun  tersebut dan meminta mereka mengembalikan uang. Apakah mereka mengembalikan uang atau tidak sepenuhnya terserah mereka. Jika mereka tidak mau mengembalikan uang itu, Anda dapat mengajukan sengketa pada PayPal tapi jika PayPal membuat keputusan yang menguntungkan pemegang rekening, maka dana tetap tidak akan dikembalikan kepada Anda.

Anda juga dapat memilih untuk menggunakan alat ‘Permintaan Uang‘ untuk meminta uang agar dikembalikan ke akun Anda. Dengan cara ini PayPal dapat melihat semua interaksi antara kedua pihak jika diperlukan.

Baca : Berapa Potongan Biaya PayPal dan Cara Menghindarinya?

Membatalkan Pembayaran PayPal Satu Kali (Tidak Diklaim)

Jika Anda yakin bahwa dana yang terlanjur terkirim tersebut itu berstatus ‘tidak diklaim’ atau “Unclaimed” artinya pemegang akun belum memverifikasi akun mereka atau akun itu tidak ada, Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah berikut untuk membatalkan pembayaran dan mengembalikan dana ke akun PayPal Anda.

  • Masuk ke akun ‘PayPal‘ Anda dan klik menu ‘Aktivitas‘.
  • Anda harus melihat daftar semua transaksi yang terjadi baru-baru ini. Anda harus menemukan transaksi yang ingin Anda batalkan melalui email, nama, atau cara lain.
  • Setelah Anda menemukan transaksi yang tidak diklaim atau menunggu keputusan yang ingin Anda batalkan, dalam kolom ‘Tindakan‘, jika transaksi dapat dibatalkan, Anda akan melihat tombol ‘Batal‘. Jika Anda tidak melihat opsi untuk membatalkan transaksi, ini berarti transaksi telah selesai dan Anda harus meminta pengembalian uang dari pemegang akun.
  • Untuk melanjutkan membatalkan transaksi yang tidak diklaim, cukup klik tombol ‘Batal‘ atau ‘Cancel‘.

Membatalkan transaksi paypal sudah terkirim

  • Ini akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi pembatalan transaksi sebelum melanjutkan. Pada tahap ini Anda juga dapat memilih ‘Jangan Batalkan‘. Untuk membatalkan pembayaran cukup klik ‘Batalkan Pembayaran‘ untuk melanjutkan.
  • Jika ‘Pembatalan‘ berhasil, Anda akan diberitahu pada langkah berikutnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Cara membatalkan transaksi PayPal

Apa Yang Terjadi Setelah Transaksi PayPal Dibatalkan?

Setelah Anda berhasil membatalkan transaksi PayPal, dana akan dikembalikan dan muncul kembali di akun PayPal Anda apakah pembayaran asli dibayarkan melalui dana bank atau dana PayPal. Dana harus dikembalikan segera jika tidak maka akan dikembalikan setidaknya dalam waktu 4 hari.

Baca : Tentang Limit PayPal dan Cara Menaikkan Limit PayPal

Dan itulah penjelasan lengkap tentang cara mengembalikan dana atau membatalkan transaksi yang sudah terlanjur dikirim melalui PayPal. Saya berharap setiap transaksi yang Anda lakukan selalu dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak terjadi kesalahan pengiriman. Karena mengirim uang melalui PayPal sangat mudah dan karena kemudahan itu mengakibatkan sering terjadinya kesalahan. Semoga aritkel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membuat Aplikasi iOS & Android untuk WordPress dengan Mobiloud

Cara Membuat Aplikasi iOS & Android untuk WordPress dengan Mobiloud - Jika Anda mempunyai...

7 Cara Mudah Mendapatkan Banyak Subscriber YouTube

Sebagai YouTuber, tujuan Anda tentu ingin cara mendapatkan banyak subscriber YouTube, menumbuhkan Channel YouTube...

Close