fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Pengetahuan Dasar Wajib Tentang Affiliate Marketing

Apakah Anda baru dalam Affiliate Marketing? Jika iya, maka Anda berada disini itu sudah menjadi hal yang sangat penting untuk Anda. Karena di artikel ini saya akan membagikan pengetahuan dasar yang lengkap tentang Affiliate Marketing atau pemasar afiliasi. Anda bisa mengikuti program afiliasi tertentu dan menerapkan strategi digital marketing, maka Anda akan sukses dan meraih banyak komisi afiliasi.

affiliate marketing pemasar afiliasi

Sebelum Anda terlalu jauh dalam menjalankan program afiliasi atau menjadi seorang affiliate marketing, sebaiknya Anda memahami beberapa istilah dibawah ini, karena instilah umum yang akan saya jelaskan dibawah ini pasti akan Anda temui di dunia affiliate marketer.

Dan jangan lupa untuk bookmark halaman ini karena, siapa tahu Anda membutuhkannya ketika menemui istilah yang kurang Anda pahami dan kembali lagi kehalaman ini untuk menemukan jawaban dari istilah-istilah yang ada pada affiliate marketing.

Terminologi Affiliate Marketing

Afiliasi atau Affiliate : Marketer yang dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan untuk merek tersebut.

Affiliate Agreement : Perjanjian antara pengiklan dan afiliasi mengenai ketentuan layanan yang menentukan hubungan. Ini termasuk komisi, konversi, dan ketentuan pembayaran. Seorang Affiliate marketing harus membaca perjanjian dengan cermat untuk memahami metrik tujuan apa yang ingin mereka capai seperti penjualan, klik, atau metrik lainnya.

Affiliate Links : Tautan yang bertindak sebagai pengidentifikasi unik dengan kode khusus untuk membantu melacak aktivitas afiliasi dan konversi pengguna.

Afiliasi menggunakan tautan afiliasi dalam setiap upaya promosi untuk suatu merek mulai dari posting blog yang mempromosikan produk atau layanan merek, untuk memasang iklan banner di situs afiliasi Anda, atau status di media sosial.

Affiliate Marketing: model periklanan di mana merek membayar komisi kepada afiliasi berdasarkan hasil tujuan yang diinginkan. Misalnya, sebuah merek mungkin membayar persentase kepada afiliasi untuk setiap rujukan yang mereka lakukan untuk pembelian.

Affiliate Network: Jaringan afiliasi terdiri dari beberapa perusahaan atau merek yang menawarkan produk yang kompatibel atau komplementer yang dapat Anda promosikan untuk mendapatkan uang.

Affiliate Program: Ketika satu merek menawarkan produk untuk ditawarkan dengan imbalan mendapatkan komisi karena mempromosikan produk mereka. Misalnya, Bluehost Affiliate adalah program Afiliasi bluehost, dimana marketer dapat mempromosikan layanan hosting mereka.

Affiliate Tracking: Pelacakan afiliasi ini mengacu pada pelacakan dan pengukuran yang disediakan dari hasil tautan afiliasi, memungkinkan pemasar melacak dan memantau jumlah penjualan, klik, atau prospek yang mereka hasilkan dan menentukan pembayaran yang sesuai.

Banner ads: Iklan grafis atau iklan spanduk yang digunakan untuk menarik pengunjung ke situs web perusahaan.

Click ID : Setelah pengunjung mengklik tautan afiliasi, nomor unik atau ID Klik akan dihasilkan. Ini digunakan sebagai metode identifikasi untuk melacak pelanggan potensial yang berasal dari properti afiliasi.

Click-Through Rate (CTR): Persentase pengunjung situs web yang melihat dan mengklik iklan atau tautan afiliasi Anda.

Commission: Uang yang Anda bayarkan setelah penjualan, petunjuk, atau tindakan yang diinginkan. Persyaratan ini biasanya sudah ditentukan sebelumnya dalam perjanjian afiliasi.

Contextual Links: Teks yang dapat diklik yang terletak di dalam halaman web atau posting blog. Tautan editorial ini dapat meningkatkan SEO Anda, meningkatkan lalu lintas, dan meningkatkan peringkat situs.

Conversion: Tindakan bernilai tinggi untuk suatu merek. Ini bisa berupa tindakan mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membayar, tetapi juga ada konversi yang lebih ringan seperti download ebook, atau isi formulir lead.

Conversion Rate: Persentase orang yang telah mengklik tautan afiliasi Anda, dan juga telah menyelesaikan tindakan atau konversi yang diinginkan.

Cookie: Data yang melacak aktivitas pengguna, dan informasi sesi. Ini memungkinkan program afiliasi untuk melacak pengguna kembali ke upaya afiliasi. Dalam banyak penyedia program afiliasi, setiap tautan afiliasi mencakup cookie pelacakan minimal 3 bulan. Ini berarti bahwa jika pengguna mengklik tautan afiliasi Anda, maka Anda akan dikreditkan sebagai rujukan, selama pengguna terdaftar dan melakukan pembelian dalam 3 bulan.

Cost Per Acquisition (CPA): Dalam Affiliate Marketing, BPA berarti biaya per tindakan. CPA adalah komisi yang dibayar perusahaan untuk tindakan tertentu.

Cost Per Click (CPC): Dalam Affiliate Marketing, CPC berarti biaya per klik atau BPK. Ini adalah komisi yang dibayar merek untuk setiap klik pada iklan atau tautan afiliasi Anda.

Cost Per Lead (CPL): Dalam Affiliate Marketing, CPL adalah biaya per lead. CPL adalah komisi yang dibayarkan merek untuk setiap prospek yang Anda hasilkan.

Biaya per 1000 Impressions (CPM): Dalam Affiliate Marketing, CPM adalah komisi yang dibayar merek untuk 1000 impresi pada tautan atau iklan afiliasi Anda.

Cost per Sale (CPS): Dalam Affiliate Marketing, CPS berarti biaya per penjualan. CPS adalah jumlah komisi yang dibayarkan perusahaan terhadap affiliate untuk setiap penjualan.

Cost per View (CPV): Dalam Affiliate Marketing, CPV berarti biaya per tampilan. CPV adalah jumlah komisi yang dihabiskan suatu merek untuk mendapatkan satu tampilan atau kesan pada tautan atau iklan afiliasi Anda.

Deep linking: Afiliasi yang menautkan ke halaman produk tertentu atau dalam halaman. Karena itulah namanya, deep linking.

Disclosure: Pemberitahuan di situs web atau email Anda yang memberi tahu pengunjung bahwa Anda mungkin dibayar atau diberi kompensasi karena mempromosikan produk atau layanan.

Hyperlink: Sering disebut sebagai hanya “link,” adalah elemen dalam dokumen HTML yang menghubungkan ke bagian lain dari dokumen atau ke dokumen lain sekaligus.

Impression: Jumlah berapa kali iklan telah ditampilkan.

Keywords: Kata kunci tertentu yang diketik pengguna di mesin pencari melalui browser mereka untuk menemukan informasi online.

Ambang Pembayaran: Jumlah minimum komisi yang harus diterima afiliasi sebelum mereka dapat menerima pembayaran dari Affiliate program.

Payout: Jumlah uang yang diterima Affiliate Marketing untuk setiap konversi.

Postback: URL target yang digunakan oleh platform jaringan afiliasi untuk melacak konversi.

Referral: Ketika seseorang mengklik link afiliasi, mereka “dirujuk” oleh afiliasi itu. Referensi adalah cara bagi pemasar untuk melacak siapa yang mengirimkan lalu lintas, klik atau konversi ke produk atau layanan tertentu.

Search Engine Optimization (SEO): Tindakan yang memudahkan mesin pencari untuk menemukan situs web Anda (dan dengan demikian produk atau layanan Anda) dengan meningkatkan visibilitas di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERPS).

Search Engine Results Page (SERP): Sekelompok hasil pada mesin pencari berdasarkan permintaan pencarian.

Social Media Marketing: Sering digunakan oleh afiliasi dan pemasar lain untuk mempromosikan penawaran dan mendistribusikan konten ke audiens mereka. Ini adalah penggunaan media sosial untuk meningkatkan kesadaran akan suatu merek, produk, atau layanan.

Subdomain: Bagian dari DNS (Domain Name System). Domain utama disebut sebagai “domain root” sedangkan subdomain adalah bagian dari domain primer. Misalnya, di https://demo.centerklik.com/ maka centerklik.com adalah domain root, sedangkan “demo.centerklik.com” adalah subdomain.

Tracking Code: ID yang dilampirkan ke tautan afiliasi yang memungkinkan Anda melacak lalu lintas yang dikirim ke produk atau layanan merek.

Traffic: Total pengunjung ke situs web atau halaman, biasanya dilacak dalam alat seperti Google Analytics.

Unique Click / Unique Conversion: Berapa kali sebuah tautan diklik atau mengarah ke konversi oleh seorang individu atau orang unik.

Unique User: Satu pengunjung yang dihitung sebagai satu pengguna terlepas dari berapa kali mereka mengunjungi situs.

Universal Resource Locator (URL): Alamat web, contoh https://www.centerklik.com/contact/

Viral Marketing: Jenis pemasaran yang mendorong pengguna untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, seringkali dengan pertumbuhan dan popularitas yang cepat.

Web hosting: Layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk meng-hosting situs web atau halaman web di internet.

Dan itulah beberapa istilah yang akan Anda temui ketika bergabung atau menjalankan program afiliasi, istilah-istilah diatas sangat penting untuk Anda ketahui agar mudah dalam memahami setiap program afiliasi yang Anda ikuti.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membatalkan Transaksi PayPal Yang Sudah Terkirim

Bagi orang yang sering menggunakan PayPal, tentu pernah mengalami kesalahan ketika mengirim pembayaran. Jika...

7 Cara Mudah Mendapatkan Banyak Subscriber YouTube

Sebagai YouTuber, tujuan Anda tentu ingin cara mendapatkan banyak subscriber YouTube, menumbuhkan Channel YouTube...

Close