How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

7 Perbedaan Antara Proxy dan Layanan VPN

7 Perbedaan Antara Proxy dan Layanan VPN – Saat Anda ingin mengakses internet atau semua situs web secara online atau ingin berutujuan untuk menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya, Anda dapat menggunakan “VPN Proxy”, “Server Proxy” atau “Layanan Proxy” yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet melalui mesin pencari.

Cara kerja VPN

Berbeda untuk layanan VPN, sebagian besar penyedia VPN juga menyediakan layanan proxy. Atau Anda dapat menggunakan server proxy gratis. Tetapi banyak orang yang menggunakan VPN atau layanan proxy bertanya-tanya tentang apa perbedaan di antara mereka yaitu Proxy dan VPN?

Baca : Cara Mengatur Koneksi VPN di Komputer Windows 10

Apa itu Server Proxy?

Server proxy seperti mediasi antara Anda dan Internet. Secara umum, dalam dua kasus, saya akan menggunakan server proxy.

Loading...

1. Server proxy yang terletak di router lokal dan akan mengotentikasi pengguna di jaringan. Proxy semacam ini biasanya digunakan sebagai hotspot Wi-Fi hotel, cafe, bandara atau tempat umum lainnya yang tersedia jaringan internet publik. Mereka tidak mengharuskan pengguna untuk mengkonfigurasi sendiri.

2. Web proxy server, pengaturan proxy web digunakan pada browser Anda, entah itu web browser Chrome, Firefox, Opera atau Safari. Web browser Anda akan dimediasi oleh server jarak jauh. Saat menggunakannya, alamat IP Anda akan diubah di browser yang Anda atur, tetapi itu tidak akan diterapkan ke seluruh koneksi jaringan Anda yang berarti bahwa itu hanya terjadi di browser Anda saja. Anda juga dapat mengatur proxy secara terpisah untuk aplikasi lain, tetapi hanya untuk setiap aplikasi. Dan yang penting lagi, bahwa server proxy tidak memberikan perlindungan enkripsi sebagaimana VPN.

Baca : 7 Web Server Proxy Anonim Gratis Terbaik

Loading...

Apa itu VPN?

VPN menciptakan jaringan pribadi yang berfungsi sebagai titik untuk menunjukkan jaringan antara komputer atau perangkat Anda dan server VPN Anda.

Ketika Anda meminta situs web dari perangkat komputer Anda yang menggunakan VPN, klien VPN Anda mengenkripsi permintaan Anda dan kemudian mengirimkannya ke server VPN.

Server VPN kemudian meminta informasi dari situs web tujuan dan mengenkripsi sebelum mengirimnya kembali ke komputer Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk menjaga koneksi internet Anda selalu aman dan jauh dari mata-mata para hacker, penyedia layanan internet Anda, dan bahkan pemerintah.

Baca : Apa itu VPN? #10 Layanan VPN Gratis dan Berbayar Terbaik

Perbedaan Antara Proxy dan VPN

Dibawah ini adalah penjelasan lengkap tentang 7 perbedaan yang bisa Anda pelajari tentang Proxy server dan VPN. Jadi, ketika Anda ingin memutuskan untuk menjadikan diri Anda anonim di jaringan internet yang Anda akses, Anda memiliki beberapa cara seperti penggunaan VPN atau Proxy. Dan ketika Anda ingin benar-benar aman, Anda harus mengetahui apa perbedaan antara keduanya.

Akses ke internet

  • VPN: Layanan VPN memungkinkan Anda mengakses semua situs web yang di blokir di internet. Baik itu di blokir oleh pemerintahan, ISP atau tempat Anda tersambung ke internet
  • Proxy: Server proxy tidak dapat mem-bypass firewall, oleh karena itu, masih ada banyak batasan dalam penggunaan server proxy.

Anonimitas

  • VPN: Penyedia layanan VPN dapat sepenuhnya menyembunyikan alamat IP asli Anda, tidak ada yang dapat mencuri informasi privasi Anda dan mengintip lalu lintas internet Anda.
  • Proxy: Pemilik server proxy mengetahui alamat IP asli Anda dan dapat memantau lalu lintas di situs web non-HTTPS, sehingga Anda tidak sepenuhnya anonim.

Kecepatan koneksi

  • VPN: VPN dapat memberikan kecepatan koneksi jaringan yang yang cepat bahkan sangat cepat untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman online Anda.
  • Proxy: Berbeda ketika menggunakan server proxy, perutean lalu lintas yang terus menerus dari komputer Anda ke server perantara dapat menyebabkan kecepatan Internet Anda menurun.

Pilih Lokasi

  • VPN: Layanan VPN menawarkan ratusan alamat server yang bisa Anda pilih.
  • Proxy: Proxy server tidak memiliki fungsi pemilihan lokasi geografis.

Privasi dan Keamanan

  • VPN: VPN mengenkripsi semua informasi, data, dan menyembunyikan alamat IP asli Anda, sehingga VPN dapat sepenuhnya melindungi privasi dan keamanan Anda.
  • Proxy: Tidak semua server proxy menggunakan koneksi SSL, jadi ada risiko serangan cyber dan kemungkinan besar keberadaan Anda masih dapat di lacak.

Kompatibilitas Perangkat

  • VPN: Aplikasi VPN dapat berjalan di semua sistem baik komputer maupun smartphone, seperti windows, Android, iOS, Mac, dll.
  • Proxy: Proxy hanya tersedia untuk acara-acara tertentu atau hanya berfungsi dengan browser web seperti Chrome, Firefox, Opera, dll.

Stabilitas

  • VPN: Setelah data dienkripsi, VPN tidak akan sering terganggu, sehingga VPN stabil.
  • Proxy: Proxy server sering terputus karena lalu lintas di server perantara.

Baca : 4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menggunakan VPN

Singkatnya, VPN dapat digunakan untuk akses Internet gratis, melindungi privasi dan keamanan Anda, ini memang 100% dapat diandalkan. Secara relatif, server proxy kurang dapat dipercaya dan kebanyakan dari mereka memiliki koneksi yang sangat lambat, ditambah lagi penggunaan yang terbatas hanya bisa digunakan melalui web browser atau pada aplikasi tertentu.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mengubah Password User di Ubuntu

Cara Mengubah Password User di Ubuntu - Seperti sistem operasi lainnya, untuk masuk ke...

6 Smartphone Terbaik untuk Pengguna Orang Tua di 2020

6 Smartphone Terbaik untuk Pengguna Orang Tua di 2020 - Dengan munculnya internet dan...

Close