How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

3 Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Anda

3 Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Anda – Jadikan aktivitas penelusuran web Anda pribadi dengan cara menyembunyikan alamat IP (IP Address) Anda. Internet hadir membawa banyak sekali keuntungan dan memudahkan banyak kegiatan kehidupan kita dan kita semua mengakui bahwa internet bagus dalam banyak hal. Namun, melindungi privasi online Anda di internet merupakan sebuah keharusan.

Apakah Anda tahu bahwa dari situs web yang dikunjungi, hingga barang-barang yang Anda beli secara online, mesin pencari, situs web, dan iklan melacak setiap klik dan perpindahan Anda. Hindari upaya ini untuk memantau aktivitas Anda dengan menyembunyikan alamat IP Anda. Berikut adalah tiga cara populer untuk menyembunyikan alamat IP Anda dan menutupi jejak Anda di web.

Baca : 10 Tips Aman Buat Anda dalam Belanja Online

Apa itu Alamat IP atau IP Address?

Alamat IP adalah nomor yang secara unik mengidentifikasi komputer atau perangkat seluler Anda saat terhubung ke jaringan internet. Anggap saja sebagai kotak surat atau alamat rumah untuk komputer Anda. Setiap permintaan web yang Anda buat dikirim dari alamat IP Anda, dan data yang dikirimkan kepada Anda dialihkan ke alamat IP Anda.

cara menyembunyikan alamat IP ganti ip address

Berbagai kategori alamat IP termasuk pribadi, publik, statis, dan dinamis. Sebagian besar alamat IP yang ditetapkan oleh ISP (penyedia layanan internet) bersifat dinamis, yang berarti alamat IP baru diberikan ke perangkat Anda setiap kali Anda masuk ke web. Namun, dinamis tidak berarti pribadi. Karena aktivitas online Anda dapat dilacak menggunakan alamat IP dinamis.

Mengapa Anda Harus Menyembunyikan Alamat IP Anda?

Alamat IP Anda ditautkan ke semua aktivitas online Anda. Aktivitas online Anda dapat mengungkapkan pencarian internet Anda, situs web yang Anda kunjungi, produk yang Anda beli, dan banyak lagi. Salah satu cara untuk menyembunyikan aktivitas online Anda adalah dengan menggunakan IP masking.

IP masking bertugas untuk menyembunyikan alamat IP dan lokasi Anda yang sebenarnya. Ini membuat aktivitas Anda lebih sulit untuk dilacak atau dilacak untuk Anda. Penyembunyian IP dilakukan dengan menggunakan layanan VPN terenkripsi, server proxy, atau Tor.

Catatan : Menyembunyikan alamat IP tidak sama dengan enkripsi. Tidak seperti VPN, proxy dan Tor tidak menawarkan enkripsi. Jadi pilih teknologi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Baca : Cara Aman Berselancar di Internet Dengan Hide All IP VPN

Sembunyikan Alamat IP Menggunakan VPN Tunnel

menyembunyikan alamat IP Cara kerja VPN

Menggunakan VPN (Virtual Private Network atau jaringan pribadi virtual) adalah salah satu cara terbaik untuk memblokir entitas luar agar tidak melacak alamat IP atau IP Address dan memata-matai aktivitas online Anda. Ini termasuk memata-matai yang dilakukan oleh ISP, mesin pencari, situs web, pemerintah, peretas, dan pemasar iklan.

VPN menyamarkan alamat IP dan mengirimkan lalu lintas internet melalui VPN Tunnel terenkripsi. Jika ada yang mencoba untuk melihat atau meretas data itu, mereka hanya akan melihat VPN Tunnel, bukan apa yang ada di dalamnya. Juga, VPN dapat terhubung ke server dari berbagai negara, sehingga Anda dapat mengakses situs web dan konten yang dibatasi secara geografis.

Untuk memanfaatkan VPN, Anda memerlukan klien atau layanan VPN. Ada banyak penyedia layanan VPN yang menawarkan berbagai VPN, paket layanan, dan fitur-fitur canggih untuk berbagai sistem operasi dan perangkat seluler.

Baca : Apa itu VPN? #10 Layanan VPN Gratis dan Berbayar Terbaik

Sembunyikan Alamat IP Dengan Proxy

proxy server 1

Proxy web berfungsi sebagai perantara antara Anda dan internet. Dengan proxy, permintaan internet dikirim dari server proxy dan informasi dikirim kembali kepada Anda dari proxy. Dengan kata lain, itu menambahkan lompatan ekstra untuk permintaan internet sehingga sepertinya mereka datang dari proxy, bukan dari alamat IP Anda.

Seperti VPN, proxy anonim menutupi alamat IP yang sebenarnya dan mencegah perangkat mengetahui dari mana lalu lintas berasal. Tidak seperti VPN, proxy tidak mengenkripsi lalu lintas internet. Juga, proxy hanya mengamankan lalu lintas browser, sementara VPN menggantikan perutean ISP lokal Anda untuk semua layanan. Proxy cepat dan nyaman digunakan, tetapi jika Anda menginginkan enkripsi, pertimbangkan untuk menggunakan VPN. Proxy juga tidak menyediakan enkripsi dan mungkin tidak seaman jenis teknologi lainnya.

Baca : 7 Web Server Proxy Anonim Gratis Terbaik

Blokir Alamat IP Anda Menggunakan Tor

menyembunyikan alamat IP tor browse browser paling aman

Jika tujuan Anda adalah sepenuhnya anonim dan menghindari dilacak secara online, maka Tor (The Onion Router) dapat menjadi alat lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi online Anda. Tor memantulkan lalu lintas web di berbagai server sehingga alamat IP Anda tidak dapat dilacak kembali kepada Anda. Siapa pun yang mencoba melacak permintaan data Anda hanya melihat node di jaringan Tor, bukan Anda.

Untuk menggunakan Tor, unduh Bundel Browser Tor dari torproject.org, situs resmi Tor. Sebagai software gratis dan open source, Tor tidak memerlukan biaya apa pun untuk digunakan dan mudah diatur. Seperti proxy, Tor tidak menawarkan enkripsi. Jika Anda ingin enkripsi, lebih baik menggunakan layanan VPN.

Tor tidak menyediakan enkripsi dan mungkin tidak seaman jenis teknologi lainnya. Jangan gunakan Tor untuk torrenting dan jangan gunakan plug-in pihak ketiga dengan Tor, karena ini juga dapat mengganggu privasi Anda.

Baca : 5 Browser Paling Aman Untuk Berselancar di Internet

Dan itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan alamat IP atau IP Address dan melindungi privasi Anda secara online sehingga aman dari pelacakan dan tindakan yang merugikan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Cara Instal Android Studio di Ubuntu 18.04

Panduan Cara Instal Android Studio di Ubuntu 18.04 - Android Studio adalah IDE lintas-platform...

Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android - Apakah Anda telah menghapus beberapa...

Close