fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Tips Aman Buat Anda dalam Belanja Online

10 Tips Aman Buat Anda dalam Belanja Online – Toko online saat ini tumbuh begitu cepat, banyak sekali bermunculan toko online baik itu toko online yang dimiliki oleh perusahaan maupun toko online milik perseorangan. Dengan mudahnya akses internet dari berbagai perangkat dari desktop, tablet maupun smartphone menjadikan para pebisnis memanfaatkan momen kemajuan teknologi ini dengan membuka peluang bisnis berjualan secara online untuk mendongkrak penjualannya, dan sebaliknya merubah kebiasaan orang pada umumnya yang melakukan belanja di toko konvesional beralih ke toko online.

Memang belanja online memberikan kemudahan bagi pembeli karena tidak perlu repot keluar rumah dan barang yang dibeli pun juga akan diantar langsung kerumah tanpa repot.

Belanja Online Aman

Dibalik banyaknya kelebihan yang didapat dari belanja online terdapat juga kekurangan yang perlu Anda waspadai yaitu tentang keamanan saat ingin melakukan belanja online. Simak 10 Tips Aman Belanja Online di bawah ini sebelum Anda melakukan belanja online agar tidak tertipu dan aman dari kejahatan online yang dapat merugikan Anda, apalagi saat ini adalah sedang momen mendekati lebarang yang mana banyak sekali orang yang ingin berbelanja untuk kebutuhan mereka:

Baca : Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress

1. Teliti Website Toko Online

Saat akan berbelanja di situs toko online, telitilah terlebih dahulu situs web tersebut. Lihat bagaimana tampilan situs apakah mempunyai desain yang profesional atau hanya asal-asalan dibuat. Toko online terpercaya tentu akan membuat situs toko onlinenya terlihat menarik dan terpercaya, bahkan untuk marketplace ternama dan terpercaya akan memiliki aplikasi khusus yang bisa Anda download di Playstore.

Selain dari melihat tampilan Anda juga perlu melihat apakah produk tersebut update, dari stok, biaya pengiriman, perubahan harga dan lihat juga deskripsi produk apakah dibuat secara detail dan sesuai dengan produk. Lihat juga nama domain dari toko online tersebut apakah menggunakan domain berbayar atau hanya domain gratisan seperti terdapat embel-embel nama blogspot.com, wordpress.com atau yang lainnya.

Baca : 10+ Toko Online Terbaik dan Terbesar Di Dunia

2. Kelengkapan Informasi

Cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik perseorangan, Lihat secara detail apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger atau live chat. Cari juga informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. Buat semuanya menjadi jelas, jika tidak terdapat informasi ini maka jangan lakukan pembelian di toko online tersebut.

3. Baca Kebijakan Toko Online

Jika toko online terpercaya pasti akan mempunyai kebijakan situs, tapi meskipun Anda menemukan halaman kebijakan situs, Anda tetap harus membaca dengan teliti, dan jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.

Baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena belanja online tentu saja barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik, maka di kebijakan tersebut harus ada tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, semisal barang cacat atau berbeda ukuran.

4. Cek Keamanan Situs Web

Untuk melihat keamanan situs web tersebut, lihat tanda berupa gambar gembok di bagian alamat situs di url browser Anda. Biasanya sebelum Anda memasukkan informasi pribadi, periksa tanda gembok tersebut apakah ada atau tidak. Dan ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi nomor kartu kredit, lihat alamat situs web tersebut apakah berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Jika Anda melihat alamat menjadi https maka informasi pembayaran itu dienkripsi dan itu aman buat Anda dan itu berarti bahwa situs web tersebut sudah menggunakan Sertifikat SSL.

5. Manfaatkan Google

Untuk memastikan situs Toko online tersebut benar-benar terpercaya Anda harus melakukan penelitian juga melalui mesin pencarian seperti google, ketikan pertanyaan-pertanyaan di google terkait toko online tersebut. Misal : Toko A penipu, Toko A Scam, Toko A Terpercaya. dll. Dengan begitu jika ternyata Anda menemukan informasi dari pembeli lain yang ternyata memiliki pengalaman buruk tentang toko online tersebut Anda harus waspada dan jangan melakukan transaksi.

Baca : 8 Tips Sukses Dalam Menjalankan Toko Online

6. Optimalkan keamanan PC Anda

Selain melihat keamanan dari situs toko online yang Anda kunjungi, jangan lupa untuk mengoptimalkan kemanan PC atau perangkat Anda. Selalu lakukan update software antivirus dan antispyware secara rutin. Banyak program jahat secara eksplisit dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi dan browser web. Anda harus tetap menjaga browser dan sistem operasi yang Anda gunakan selalu up-to-date. Dan jangan pernah menggunakan software layanan VPN gratisan untuk mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan Anda, karena ini bisa berakibat fatal pada kehilangan informasi atau bahkan uang Anda.

7. Cetak dan Simpan Bukti Pesanan Anda

Mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan dan bukti pembayaran setiap Anda melakukan pembelian adalah cara yang baik, karena dengan menyimpan dokumentasi pembelian online dapat menyelamatkan Anda jika terjadi permasalahan di belakang. Kebanyakan sistem penjualan online akan mengirimkan link ke email Anda yang berisikan rujukan ke halaman web untuk menyuruh Anda melakukan konfirmasi pembelian.

Pada halaman ini Anda harus melihat kwitansi pembelian dan juga nomor konfirmasi. Jika terdapat kedua hal tersebut silahkan untuk mencetak dan menyimpan bukti pembayaran dan konfirmasi sampai Anda menerima produk Anda. Sehingga jika terjadi ketidak sesuaian Anda bisa menggunakan hasil salinan pesanan dan informasi pembayaran tersebut sebagai bukti.

8. Gunakan Password yang kuat

Setiap keamanan yang berhubungan dengan akun online, maka salah satu langkah pengamanan dasar yang harus di ambil adalah membuat password yang kuat. Password merupakan pertahanan keamanan terbaik yang kita miliki, tetapi jika password atau kata sandi tidak Anda buat dengan tepat dan kuat, hacker dapat dengan mudah menebak password tersebut. Untuk setiap akun belanja online yang Anda miliki, pastikan Anda selalu membuat password yang kuat, unik dan lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password. Jangan pernah menggunakan password dengan nama anda, hari ulang tahun atau jenis password yang sangat mudah ditebak atau mudah dibaca, pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik yang ada pada keyboard Anda untuk membuat password yang sulit ditebak.

9. Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat menjadi pilihan yang lebih aman untuk belanja online, karena kartu kredit memiliki batas pengeluaran, sementara kartu debit akan secara langsung terkait dengan akun bank Anda.

Pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit dengan limit kredit yang rendah khusus untuk digunakan untuk belanja online Anda. Dan beberapa bank sekarang menawarkan kartu kredit “penggunaan satu kali” atau “virtual” kartu kredit yang dirancang khusus untuk aktivitas belanja online.

10. Belanja Di Toko Online yang Sudah Terkenal

Jika Anda ragu untuk melakukan pembelian di toko online yang masih belum Anda kenali dengan baik, Anda sebaiknya memilih untuk berbelanja di toko online yang sudah ternama dan familiar dengan Anda. Jangan tergoda dengan harga murah yang tidak wajar yang ditawarkan oleh toko online yang kurang dapat di percaya atau orang-orang yang mewarkan barang melalui akun media sosial seperti facebook maupun Instagram, dan bertanyalah pada forum-forum atau pada teman Anda yang lebih berpengalaman mengenai belanja online di toko online tersebut sebelum traksaksi.

Namun, hal yang paling aman adalah berbelanja melalui marketplace yang sudah ternama dimana mereka menggunakan sistem pembayaran menggunakan rekening bersama yang mana dana Anda akan di tahan oleh pihak marketplace dan baru di serahkan pada penjual ketika barang sudah Anda terima dan juga sesuai. Karena jika barang tidak sampai atau tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa melakukan retur dan dana akan dikembalikan pada akun Anda.

Selain itu, keunggulan belanja di marketplace adalah adanya ulasan dari pembeli lain dan peringkat penjual. Anda bisa mengecek ulasan dari pembeli lain untuk melihat apakah penjual dapat dipercaya, kualitas barang yang dijual, dan kecepatan pengiriman.

Baca : 10 Toko Online Terbaik dan Populer di Indonesia

Diatas adalah 10 tips aman belanja online yang bisa Anda terapkan sebagai panduan sebelum melakukan transaksi online, semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat berbelanja online 🙂 .

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membuat Sudo User dan Sudo Group di Ubuntu

Cara Membuat Sudo Users dan Sudo Group di Ubuntu - Perintah sudo adalah cara...

Cara Instal dan Konfigurasi Squid di Linux Ubuntu Server 18.04

Cara Instal dan Konfigurasi Squid di Linux Ubuntu Server 18.04 - Apakah Anda ingin...

Close