How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Strategi Digital Marketing Ampuh Pada Tahun 2019

Kesuksesan dalam menjalankan strategi digital marketing atau pemasaran digital adalah dengan mengikuti dan memahami tren yang muncul setiap tahun. Di era digital, tren cenderung berubah dan berputar dengan cepat, jadi penting untuk membuat strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan tern yang sedang berlangsung. Di artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada Anda daftar lima tren digital marketing yang diperkirakan akan populer ditahun ini yaitu tahun 2019 yang baru saja kita jalani.

Panduan digital marketing lengkap 6

Peran seorang marketer adalah untuk membangun pengalaman konsumen yang hebat dan untuk meningkatkan kesadaran merek. Salah satu cara paling efisien untuk melakukan ini adalah dengan media sosial.

Namun, dengan platform baru, kebiasaan konsumsi yang berbeda, dan algoritma yang selalu berubah, tidak mungkin untuk tetap diam terlalu lama. Bahkan, tahun ke tahun, tren ini cenderung berubah dan para marketer harus mengikutinya. Baik Anda sedang membangun profil Facebook, Instagram, atau Youtube Anda, bagian dari menjadi digital marketing yang sukses adalah memahami lanskap media sosial dan siap beradaptasi dengannya.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Untuk membantu Anda melakukan brainstorming strategi digital marketing di tahun baru ini, saya telah memperkirakan beberapa tren pemasaran terbesar yang dapat Anda jalankan dan media apa saja yang harus Anda pilih untuk menjalankan strategi digital marketing Anda di tahun 2019 untuk mendapatkan kesuksesan bisnis Anda.

1. Video langsung atau Live Video

Live Video sedikit lebih populer dan lebih lama ada di YouTube, tapi sekarang live video di Facebook dan Instagram juga mulai mendapatkan popularitas dari pengguna, ini bisa menjadi kesempatan yang sempurna bagi pemasar untuk terlibat dengan audiens mereka secara real time.

Dengan tujuan memberi audiens Anda pengalaman otentik, streaming langsung dapat memberi pengikut Anda tampilan tanpa filter atau tanpa adanya rekayasa di belakang layar Anda.

Kiat pemasaran: Jika Anda berencana membuat video siaran langsung, pastikan untuk mempromosikannya terlebih dahulu. Dengan memberi tahu terlebih dahulu kepada audiens beberapa hari atau jam sebelum video langsung Anda dimulai, ini memungkinkan akan meningkatkan keterlibatan.

2. Instagram Stories

Buat Instagram Stories Anda semenarik mungkin, karena banyak pakar digital marketer menempatkan taruhan mereka pada kenaikan yang konsisten dari montase video vertikal (seperti Instagram Stories, Facebook Stories.)

Platform manajemen media sosial Hootsuite telah meramalkan bahwa story akan terus berkinerja kuat dan tumbuh lebih jauh pada 2019.

Kiat pemasaran: Saat membuat Instagram Stories, rekam video pada aplikasi, dan unduh kembali ke perangkat Anda. Setelah semua rekaman yang Anda inginkan direkam, Anda dapat kembali dan meninjau setiap video sebelum memposting. Ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa kualitas rekaman Anda dan mengunggah semua video Anda bersama-sama sehingga Anda tidak membingungkan pengikut Anda dengan kisah video yang tidak berjalan dengan baik.

Berikan konteks pada Instagram Stories Anda dengan slide pembukaan dan penutupan untuk video rekaman Anda.

3. Aplikasi Messenger

Aplikasi Messenger adalah cara terbaik untuk membangun koneksi antara bisnis dan pelanggan Anda. Ini juga sebagai alat yang cepat ketika Anda dan pelanggan Anda ingin berkomunikasi.

Kiat pemasaran : Kumpulkan sebanyak mungkin kontak dari pelanggan Anda dan gunakan itu untuk membuat group chat agar mereka selalu mendapatkan informasi terbaru dari produk Anda secara langsung melalui aplikasi chat mereka dan juga sebagai jalan agar lebih dekat dengan mereka.

4. Grup Facebook rahasia

Saat ini, ada tiga jenis grup di Facebook: Publik, tertutup, dan rahasia. Untuk bergabung dengan grup tertutup, Anda harus disetujui oleh administrator atau diundang oleh anggota saat ini.

Untuk bisnis, sebaiknya Anda membuat grup Facebook rahasia untuk memberi penghargaan kepada pengguna atas kesetiaan mereka kepada produk Anda. Perusahaan sering menggunakan grup ini sebagai jalan untuk memberikan preview eksklusif kepada pengguna, kode diskon promosi dan respons langsung terhadap pertanyaan atau umpan balik.

Pada tahun 2018, perubahan algoritma yang dilakukan oleh Facebook memprioritaskan grup di atas halaman untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, itulah sebabnya Grup facebook diperkirakan akan menjadi strategi pemasaran yang signifikan di tahun 2019.

Grup Facebook rahasia juga memberi insentif kepada pengguna untuk tetap terlibat dengan produk dan memberikan umpan balik yang jujur — dengan komunitas yang dekat, mereka cenderung akan membagikan gagasan dengan lebih bebas.

Facebook juga baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan Stories to Groups, yang menegaskan kembali fokus raksasa sosial media ini dalam membangun komunitas Facebook melalui grup.

Baca : Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di WordPress

Kiat pemasaran: Sebelum mengundang pengguna untuk bergabung dengan grup Anda, pastikan untuk merancang jaminan produk atau layanan yang sesuai untuk ditambahkan ke halaman grup. Ini akan langsung memberikan tampilan yang dipoles pada grup Anda dan membuatnya terasa seperti entitas yang sah dan menarik perhatian audiens Anda.

5. Konten Buatan Pengguna

Salah satu strategi pemasaran yang akan membawa pelanggan secara organik adalah melalui konten yang dibuat pengguna. Tahun lalu, dilaporkan bahwa posting yang dibuat pengguna mendapatkan keterlibatan 28% lebih tinggi daripada postingan standar.

Saat pengguna mencari keaslian dari produk maupun layanan Anda, maka ulasan dari pengguna lain dan pakar tepercaya berfungsi sebagai tambahan yang sempurna untuk strategi pemasaran. Dalam penelitian yang dilaporkan di Social Media Today, ditemukan bahwa 48% profesional pemasaran percaya bahwa konten yang dibuat oleh pelanggan dapat membantu upaya pemasaran mereka.

Kiat pemasaran: Sebagai pusat untuk konten yang dibuat pengguna, Instagram adalah platform yang sempurna untuk bereksperimen dengan jenis konten ini. Dengan tren regram, Instagram Explore dan hashtag, telah ada integrasi yang kuat antara produk dan konten dalam beberapa bulan terakhir. Dan jangan lupakan blog maupun forum, Anda bisa melakukan sponsored review atau guest posting di blog-blog yang terpercaya untuk menambah nilai kepercayaan dari calon pelanggan Anda.

Baca : Manfaatkan Strategi Pemasaran Digital untuk Kesuksesan Bisnis Anda Sekarang Juga!

Dan itulah 5 strategi digital marketing yang ampuh perlu Anda lakukan untuk sukses dalam bisnis Anda. Pastikan Anda selalu mengikuti tren yang sedang berlangsung agar strategi Anda berjalan dengan baik.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Bank Terbesar dan Terbaik Di Dunia dan Asetnya

Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang daftar bank terbesar di Indonesia, kali ini saya...

5 Langkah Untuk Menjadi Seorang Ahli WordPress

Apakah Anda telah menggunakan WordPress dan juga cukup familiar dengan WordPress? Atau mungkin Anda...

Close