How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di WordPress

Jika Anda memiliki website WordPress dan Anda gunakan website tersebut untuk berbisnis, maka ada cara yang sangat bagus untuk meningkatkan penjualan Anda dengan mudah. Selain beriklan di Google yaitu AdWords, Anda juga harus mencoba untuk beriklan dan mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Beriklan di Facebook akan memberikan Anda hasil maksimal jika Anda mengetahui caranya, sebenarnya tidak hanya di facebook, di media apapun juga jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat maka dapat mengakibatkan habisnya anggaran tanpa ada penjualan yang berhasil dilakukan.

Facebook menawarkan kemampuan periklanan yang menakjubkan kepada para pemilik website dari semua bentuk dan ukuran. Apapun jenis website yang Anda bangun, jika Anda ingin mendapatkan nilai penuh dari kemampuan iklan di Facebook untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan peningkatan penjualan Anda, maka Anda harus menambahkan Facebook pixel ke website Anda.

Facebook Pixel WordPress

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang Facebook Pixel, dan bagaimana memasang Facebook Pixel di WordPress maupun di website yang dibangun dengan platform lain.

Apa itu Facebook Pixel dan Mengapa Anda Harus Menggunakannya?

Facebook Pixel adalah sebuah kode JavaScript yang berfungsi sebagai alat analitik yang bertugas secara khusus untuk mengukur efektivitas iklan Anda dengan memahami dan merekam tindakan yang dilakukan oleh pengunjung di website Anda. Dengan facebook pixel ini, Anda dapat menggunakan untuk:

  • Memastikan iklan Anda ditampilkan ke orang yang tepat
  • Membangun pemirsa iklan
  • Membuka alat beriklan Facebook tambahan

Singkatnya, Facebook Pixel adalah Analytics untuk kampanye Iklan Facebook Anda yang memberi Anda banyak metrik dan data yang terkait dengan orang-orang yang mengunjungi website Anda melalui iklan Facebook sehingga Anda dapat menargetkannya dengan lebih baik untuk memaksimalkan konversi dan mendorong lebih banyak penjualan.

Baca : Facebook Marketplace : Cara Mudah Jual Beli Melalui Group Facebook

Kelebihan Menggunakan Facebook Pixel

Banyak kelebihan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika Anda memasang Facebook Pixel di website Anda, ini akan membuat anggaran iklan yang sudah Anda keluarkan di facebook akan benar-benar bekerja dengan maksimal. Berikut beberapa kelebihan menggunakan Facebook Pixel :

Lihat Lalu Lintas Situs Anda

Facebook Pixel memiliki dashboard yang dapat Anda gunakan untuk melihat semua lalu lintas ke website Anda, dan Anda dapat mempelajarinya untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda dan membuat khalayak khusus untuk melihat bagaimana kinerja Iklan Facebook Anda.

Lacak Konversi

Facebook Pixel memungkinkan Anda untuk memantau tindakan yang dilakukan pengunjung di website Anda setelah mengklik Iklan Facebook Anda, dan Facebook Pixel memungkinkan Anda mengukur tingkat konversi Iklan Facebook Anda. Selain itu, facebook pixel juga dapat melacak pelanggan Anda di berbagai perangkat sebelum mereka berkonversi.

Optimalkan Kampanye Iklan Facebook Anda

Dengan bantuan data yang dikumpulkan oleh pelacakan Facebook Pixel, Anda dapat memperbaiki strategi periklanan Facebook untuk meningkatkan kualitas iklan Anda sehingga iklan benar-benar dapat di konversi menjadi penjualan. Selain itu, Facebook pixel akan memastikan bahwa iklan Anda hanya ditampilkan kepada pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti melakukan pembelian.

Retarget Pengunjung Website Anda

Dengan menggunakan data pelacakan Facebook Pixel, Anda juga dapat menayangkan iklan yang relevan dengan orang-orang yang telah menyatakan ketertarikan mereka terhadap produk atau layanan Anda. Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan kepada pengguna untuk item yang sama dengan yang mereka lihat namun tidak mereka beli di website Anda karena iklan dinamis Facebook dibangun untuk memenuhi tujuan yang sama.

Jangkau Orang yang Tepat

Selain membantu Anda menargetkan pelanggan Anda yang ada dan yang paling terlibat, Facebook Pixel juga memperluas basis pelanggan potensial Anda dengan membantu menemukan pelanggan baru di Facebook. Anda dapat menggunakan data pelacakan tersebut untuk menciptakan pemirsa serupa dari orang-orang yang menyukai atau memiliki minat serupa dengan pelanggan terbaik Anda.

Baca : Cara Memasang Video Facebook di Situs WordPress

Bagaimana cara kerja Pixel Facebook?

Prinsip kerja Facebook Pixel pada dasarnya sangat mirip dengan bagaimana Google Analytics bekerja. Facebook pixel sebenarnya adalah file gambar unik dengan ukuran 1×1 pixel yang Anda masukkan ke dalam website Anda dengan bantuan kode JavaScript yang disediakan oleh Facebook.

Saat seseorang mengunjungi website Anda dan mengambil tindakan (seperti membeli sesuatu), Facebook Pixel terpicu dan melaporkan tindakan ini. Dengan cara ini, Anda akan tahu ketika seorang pelanggan mengambil tindakan, dan akan dapat menjangkau lagi pelanggan tersebut melalui iklan Facebook yang akan datang.

Jadi, Facebook Pixel ini memanfaatkan kekuatan cookie HTTP untuk menginstruksikan browser mendownload gambar tak terlihat dari server Facebook ke perangkat pengguna yang digunakan untuk mengakses website Anda.

Dengan cara diatas maka Facebook dapat dengan mudah melacak dengan tepat berapa kali gambar tak terlihat itu telah didownload, kapan, dan oleh siapa. Facebook bahkan bisa melacak browser, mesin, sistem operasi dan alamat IP yang digunakan untuk mendownload gambar transparan tersebut. Dengan menggabungkan semua detail ini, Facebook menghasilkan keseluruhan tanda tangan digital dari semua teknologi yang digunakan oleh pengunjung.

Saat pengguna masuk ke akun Facebook-nya menggunakan browser yang sama, Facebook memetakan gambar yang diunduh ke ID Facebook yang spesifik. Jadi, berdasarkan perilaku penjelajahan pengguna tertentu, Facebook Pixel memungkinkan Anda menayangkan iklan bertarget. Ini disebut sebagai pengoptimalan konversi.

Cara Menambahkan Facebook Pixel pada Website

Berikut saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk memasang Facebook Pixel di WordPress dan juga pemasangan pada website-website lain selain WordPress.

Memasang Facebook Pixel di WordPress

Langkah pertama dan terpenting untuk menginstal Facebook Pixel di situs WordPress Anda adalah mendapatkan kode Facebook Pixel. Silahkan masuk ke akun Facebook Anda dan masuk ke Pengelola Iklan / Ads Manager. Klik menu yang ada di pojok kiri atas dan kemudian klik tab Pixel di bawah menu “Events Manager”.

Facebook Pixel 1

Dan Anda akan melihat halaman seperti ini:

Facebook Pixel 2

Klik tombol ‘Create Pixel’, masukkan nama Pixel Anda dan klik “Create”. Setelah mendapatkan pesan sukses, maka akan muncul pop-up yang mengatakan ‘Install Your Pixel Code’.

Facebook Pixel 3

Seperti yang bisa Anda lihat, di sini Anda diberi tiga pilihan. Pilih yang pertama ‘Gunakan Integrasi atau Pengelola Tag’ dan Anda akan diminta memilih platform pasangan.

Facebook Pixel 4

Pilih WordPress dan klik link Download untuk mendownload plugin Facebook Pixel.

Facebook Pixel 5

Setelah plug-in Facebook Pixel Anda download, Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin melalui dashboard WordPress Anda. Masuk ke WordPress dan klik “Add New” di tab “Plugins” di panel admin WordPress Anda.

Klik ‘Choose File’ dan upload plug-in Facebook Pixel yang telah didownload. Kemudian klik ‘Install Now’ dan selesaikan set up dengan mengklik tombol ‘Activate Plugin’.

Facebook Pixel 6

Sekarang, setelah setidaknya 30 menit, buka “Ads Manager” di Facebook Anda dan klik tab “Pixel” dari menu paling atas. Jika statusnya aktif, maka Facebook Pixel Anda telah terpasang dengan benar.

Facebook Pixel 7

Pasang Facebook Pixel Secara Manual

Cara ini dapat Anda gunakan untuk semua jenis website baik WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, maupun website yang dibuat dari berbagai platform web lain.

Caranya adalah saat Anda diminta untuk memilih opsi untuk memasang kode Facebook Pixel, silahkan pilih ‘Manual Install the Code Yourself’.

Facebook Pixel 8

Di sini Anda akan ditunjukkan di mana Anda perlu menempatkan kode di situs Anda. Cukup klik pada kode yang diberikan pada langkah 2 dan akan disalin ke clipboard Anda.

Facebook Pixel 9

Dari pop-up yang sama, Anda juga dapat mengirimkan lalu lintas uji ke piksel Facebook Anda untuk memeriksa statusnya – namun hanya setelah menginstal kode di website Anda.

Facebook Pixel 10

Berbeda dengan metode pertama, yang secara otomatis melacak tindakan orang yang diambil dari website Anda, penginstalan manual memberi Anda pilihan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan acara. Klik tombol ‘Lanjutkan’ yang ditunjukkan pada gambar di atas dan Anda akan melihat pop up baru untuk memilih acara yang ingin Anda lacak.

Facebook Pixel 10

Namun, Anda harus memasang kode dasar piksel terlebih dulu untuk membuat kategori acara pilihan Anda bekerja.

Caranya silahkan masuk ke Dashboard WordPress Anda Appearance » Editor dan Anda adalah file header.php tema Anda. Cari tag, tempelkan kode Pixel Facebook yang disalin setelah tag tersebut dan jika pengguna website dengan platform lain, silahkan juga letakkan kode tersebut pada header setelah tag. Dan silahkan Update file dan selesai.

Facebook Pixel 11

Untuk pengguna blogger, silahkan masuk pada Template dan cari tagdan letakkan kode Facebook Pixel setelah tag tersebut.

Menggunakan Google Pengelola Tag

Selain itu, jika Anda sudah menggunakan Google Tag Manager di situs WordPress Anda, memasang Facebook Pixel melalui Tag Manager juga bisa menjadi pilihan yang bagus. Dari pilihan yang diberikan untuk memasang kode Facebook Pixel, pilih yang pertama ‘Use an Integration or Tag Manager’ dan pilih Google Tag Manager.

Facebook Pixel 12

Anda kemudian diberi dua opsi, segera instal dengan masuk ke Akun Google dan pemasangan manual dengan memasukkan cuplikan kode piksel ke kode situs web Anda. Karena metode pertama cukup mudah, disini kita akan membahas pilihan kedua: Manual Installation.

Facebook Pixel 13

Klik ‘Manual Installation’ dan salin kode dasar piksel Anda dari langkah 1.2 yang diberikan pada layar berikutnya.

Facebook Pixel 14

Sekarang masuk ke akun Google Tag Manager, pilih “Container” website Anda dan buat tag baru dengan klik tombol “New”.

Facebook Pixel 19

Kemudian tempelkan kode facebook Pixel Anda di kolom HTML di bawah Configure Tag.

Facebook Pixel 16

Setelah itu, buka bagian Pengaturan Lanjutan / Advanced Settings dan pilih ‘Once per page’ di bawah “Tag firing options”.

Facebook Pixel 15

Klik ‘Continue’, pilih ‘All Pages’ di bawah ‘Fire On’ dan klik ‘Create Tag’ untuk menyelesaikan setup.

Facebook Pixel 16

Seperti penginstalan manual, metode ini juga memungkinkan Anda untuk secara manual membuat tag khusus tindakan untuk berbagai jenis halaman dan tindakan yang dilakukan di situs WordPress Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama seperti yang Anda pasang di Facebook Pixel menggunakan Google Tag Manager, dengan sedikit tweak kecil dalam pengaturan tag seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Facebook Pixel 18

Demikian juga, Anda dapat membuat tag khusus tindakan untuk acara lainnya (seperti menambahkan ke keranjang, pembelian, dll) di situs WordPress atau website Anda.

Facebook Pixel 17

Dan itulah pembahasan lengkap tentang Facebook Pixel dan bagaimana cara memasang Facebook Pixel di WordPress dan Website lain. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan kampanye iklan facebook yang Anda jalankan bekerja dengan baik sesuai dengan harapan Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Magazine Saga Responsive Free

Magazine Saga adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang memiliki desain bersih dan modern. Tema...

Cara Memasang Iklan Google AdSense Auto Ads [Terbaru]

Google AdSense merupakan program periklanan milik Google yang sangat populer dan sampai saat ini...

Close