How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Alasan Mengapa Video Sangat Bagus Untuk Pemasaran

Anda mungkin berpikir membuat video itu rumit, mahal atau tidak perlu untuk bisnis Anda. Tentu itu sangat salah! Yang benar adalah, bisnis apa pun bisa mendapat manfaat dari menggunakan video ke strategi pemasarannya. Apalagi saat ini internet semakin cepat, dan orang  cenderung menyukai video daripada media presentasi lainnya. Dan berikut adalah lima alasan kuat mengapa video sangat bagus untuk pemasaran bisnis Anda.

video marketing pemasaran

1. Video Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Mengingat cara bisnis terus merangkul pemasaran video, jelas itu sangat menguntungkan. Studi kasus telah menunjukkan bahwa menggunakan video pada halaman arahan dapat menyebabkan peningkatan konversi yang signifikan, hingga 80%. Hasil ini tidak spesifik untuk industri apa pun, yang memperkuat kekuatan hanya dengan mengubah faktor tunggal.

Video juga dapat mendorong lebih banyak penjualan. Tidak peduli seberapa baik bisnis menggambarkan produknya secara tertulis atau memamerkannya di foto yang bagus, tetapi ketika demonstrasi produk itu menggunakan video, maka video dengan mudah mengalahkan dua bentuk media ini. Pengalaman bisa menonton seseorang menggunakan atau menguji suatu produk jauh lebih menarik bagi rata-rata konsumen daripada presentasi lainnya.

Tentu akan sangat masuk akal, jika dengan gambar saja sudah meningkatkan penjualan dan konversi, maka dengan menerima informasi video visual dengan cara yang dinamis pasti akan meningkatkan aktivitas konsumen.

Jika Anda tidak yakin bagaimana menerapkan video untuk meningkatkan penjualan dan konversi, coba strategi dasar ini:

  • Tempatkan video di dekat penjualan produk Anda.
  • Bagikan video Anda di beberapa media sosial untuk menarik perhatian pengguna sosial.
  • Optimalkan pemutaran video untuk perangkat seluler karena pengguna smartphone sangat banyak dan kebanyakan penikmat video menggunakan perangkat ini.
  • Buat video dalam waktu yang singkat dan sederhana, jangan terlalu panjang karena rata-rata pemirsa mulai kehilangan minat setelah beberapa menit.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

2. Video Meningkatkan Keterlibatan

Pernahkah Anda menemukan video yang sangat menarik minat Anda sehingga Anda tidak bisa mengalihkan pandangan dari layar? Sangat sedikit orang yang mengatakan tidak. Entah video tersebut menghibur atau membangkitkan semangat, visual yang kuat membangkitkan emosi para penonton.

Video yang bagus akan menarik perhatian penonton dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh teks atau gambar. Ini jelas terbukti bahwa kebanyakan orang dapat dengan mudah memproses informasi dari video lebih baik daripada jenis media lainnya. Orang-orang jauh lebih mengingat apa yang mereka tonton di video daripada apa yang mereka baca atau dengar.

Bahkan, salah satu bagian terbaik tentang konten video adalah betapa mudahnya dikonsumsi. Karena itu, pemasaran video dapat lebih dipercaya bahkan menjangkau konsumen paling malas yang menolak untuk membaca deskripsi produk, ulasan atau testimonial. Ini menjadi manfaat tambahan karena mereka akan lebih mungkin untuk membeli produk atau layanan Anda segera jika iklan Anda baik dan mengandung CTA.

Apa yang membuat video menarik? Pertimbangkan untuk menggunakan taktik umum ini:

  • Buat thumbnail video Anda menarik. Banyak orang akan melihat video yang tidak mereka minati jika mereka penasaran dengan gambar mini tersebut.
  • Bercerita. Meskipun Anda tidak ingin terlalu panjang atau terperinci, sebuah cerita yang bagus akan membuat pemirsa memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, yang merupakan kesempatan Anda untuk menggunakan CTA yang ditempatkan dengan baik untuk menjawab pertanyaan itu.
  • Dahulukan tujuan. Jangan membuat video yang menjadikan pemirsa bingung, buat video yang benar-benar jelas dan masukkan tujuan Anda.

3. Video Ramah SEO

Ketika datang ke konten video, YouTube adalah platform paling populer di web. Untungnya bagi pemasar adalah bahwa YouTube adalah milik Google, dan hampir tidak ada internet marketer yang lebih terbiasa daripada mengoptimalkan konten untuk mesin pencari web Google. Dan hal yang sama juga terjadi pada beberapa mesin pencari lainnya.

Video marketing memudahkan menerapkan pengetahuan SEO sebelumnya. Judul, tajuk utama, deskripsi, dan kata kunci yang ramah SEO apa pun yang biasanya Anda gunakan dalam posting blog dapat digunakan untuk judul, deskripsi video, dan sebagainya. Lebih baik lagi, Google memprioritaskan konten video, kita bisa membuktikan bahwa dalam hasil pencarian, Google sering menunjukkan halaman yang berisi video, 50 kali lebih mungkin mendapat peringkat teratas daripada konten tulisan di hasil pencarian Google.

Lebih penting lagi, kemampuan video untuk “meledak” atau menjadi viral sangat mungkin terjadi. Dengan video yang menjadi viral dapat mengumpulkan banyak sekali traffic, backlink, dan kebutuhan terkait SEO lainnya dengan cara yang jauh lebih mudah daripada taktik seperti memasang posting tamu ke blog-blog populer.

Untuk mendapatkan tambahan SEO dari video Anda, gunakan tips berikut:

  • Lakukan riset kata kunci. Meskipun YouTube dimiliki oleh Google, kedua platform beroperasi secara berbeda. Pahami persaingan di kedua platform. Gunakan Alat penelitian kata kunci untuk mendapatkan kata kunci yang bagus untuk persaingan.
  • Sematkan video. Ini tidak hanya membantu peringkat halaman Anda, tetapi juga membuat pengunjung di situs Anda berlama-lama tinggal di situs Anda.
  • Hindari clickbait. Imbalan jangka pendek mungkin baik, tetapi banyak platform mencegah hal ini dan menghukum pemasar yang melakukannya, yang merusak peringkat mereka. Ini juga cenderung mengarah pada reputasi negatif di antara pemirsa.

Baca : Manfaatkan Strategi Pemasaran Digital untuk Kesuksesan Bisnis Anda Sekarang Juga!

4. Video Serbaguna

Video dapat melakukan lebih dari sekedar menjual, menjual, menjual. Seiring semakin populernya pemasaran video, bisnis menghasilkan cara yang semakin kreatif untuk menyampaikan pesan mereka, apakah itu untuk meningkatkan keterlibatan, membangun kepercayaan merek, atau menangkap arahan berkualitas.

Apakah Anda mempromosikan produk atau layanan baru? Buat demonstrasi video. Apakah Anda perlu menjelaskan konsep yang rumit dalam waktu singkat? Buat animasi pendek yang mendidik. Apakah bisnis Anda mencoba membangun reputasinya sebagai pemimpin komunitas?

Sebagian besar platform media sosial memungkinkan pemutaran video. Meskipun pemasaran video dapat efektif sendiri, ia menghasilkan hasil yang lebih baik bila digabungkan dengan strategi pemasaran konten yang lebih luas, terutama karena video dapat berisi teks dan gambar statis, yang membuatnya ideal untuk repurposing teks dan gambar yang ada sebagai konten video.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk mencocokkan jenis video dengan tujuan Anda. Beberapa video yang paling berguna untuk pemasaran adalah:

  • Video “Penjelajah”: Video ini dimaksudkan untuk menjadi cepat dan informatif, dan mereka pandai mendorong calon pelanggan untuk bertindak dengan informasi baru. Banyak animasi dan fitur cerita animasi atau latar belakang papan tulis.
  • Video merek: Ini adalah produksi berkualitas tinggi yang berfokus pada membangun kesadaran merek dan menangkap misi, budaya, visi perusahaan, dll.
  • Peragaan produk: Daripada memberi tahu pelanggan potensial tentang fitur utama produk atau layanan Anda, Anda dapat menunjukkannya secara langsung melalui video.
  • Testimoni: Menampilkan pelanggan yang berhasil menggunakan produk atau layanan bisnis Anda adalah taktik pemasaran klasik dan berharga.
  • Video halaman arahan: Menempatkan video singkat di halaman arahan Anda akan menarik pengunjung yang mengabaikan salinan tertulis Anda. Yang terbaik untuk menyertakan ajakan bertindak (CTA) di akhir karena alasan ini.
  • Video acara: Jika ada acara populer (mis., Festival musik, parade, atau konferensi) yang relevan dengan bisnis Anda, Anda dapat memfilmkan bagian-bagiannya dan mengeditnya hingga ke sorotan sorot singkat dengan pesan pemasaran. Ini memungkinkan Anda menumpang promosi di sekitar acara.

Baca : 5 Strategi Pemasaran Email dan Cara Mempercantik Email Anda

5. Video Bangun Kepercayaan

Bagian yang tak ternilai dari pemasaran konten adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Orang suka berbagi video, dan itu termasuk berbagi video dari merek favorit mereka. Membangun kepercayaan melalui video yang menghibur atau informatif mendorong pelanggan untuk mencari bisnis Anda. Dengan memicu respons emosional, Anda mengundang pemirsa untuk membentuk koneksi ke konten Anda.

Nilai pemasaran berbasis kepercayaan meluas lebih jauh. Pikirkan tentang popularitas YouTuber dan influencer media sosial lainnya yang membuat video. Konsumen elit ini dapat memulai dan melakukan percakapan tentang produk atau layanan Anda. Jika Anda bisa mendapatkan kepercayaan mereka, Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan dari ribuan, ratusan ribu atau bahkan jutaan pengikut mereka. Pengesahan semacam itu merupakan meterai persetujuan yang serius.

Selain itu, dalam ranah bisnis e-Commerce, menumbuhkan kepercayaan adalah suatu keharusan. Terlepas dari berapa banyak kemajuan yang telah dilakukan dalam cybersecurity dan metode pembayaran yang aman, banyak orang masih merasa tidak nyaman melakukan pembelian online, takut akan penipuan dan jenis penipuan lainnya. Video pemasaran informal yang dibuat dengan baik dapat sedikit membuat mereka rileks dan meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan pembelian online.

Pertimbangkan beberapa hal saat membuat video untuk membangun kepercayaan konsumen:

  • Target audiens. Siapakah pemirsa tipikal yang Anda coba sambungkan?
  • Emosi target. Apa yang spesifik yang Anda ingin pemirsa rasakan saat menonton video? Apa yang harus mereka rasakan ketika sudah berakhir?
  • Memanusiakan merek. Apakah video Anda terhubung dengan pemirsa di tingkat pribadi melalui kisahnya?

Kesimpulan

Dunia pemasaran berubah dengan cepat. Akses internet yang meluas dan popularitas media sosial semakin mengubah strategi menuju pemasaran konten. Khususnya, pemasaran video menjadi alat yang ampuh untuk menjangkau jutaan pelanggan potensial, serta mempertahankan hubungan dengan yang sekarang.

Meskipun pada awalnya tampak terlalu rumit, kemajuan teknologi telah menjadikan pemasaran video pilihan yang terjangkau bagi sebagian besar bisnis. Ada juga banyak alat pemasaran video yang tersedia. Bisnis dapat meningkatkan penjualan, konversi, dan keterlibatan dengan berbagai konten video yang ramah SEO dan membangun kepercayaan.

Baca : 5 Strategi Digital Marketing Ampuh Pada Tahun 2019

Dengan sedikit pengetahuan, kreativitas, dan tips dalam artikel ini, bisnis apa pun dapat menerapkan strategi video pemasaran dengan sukses.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 E-Wallet Dompet Digital Terbaik di Indonesia

5 E-Wallet Dompet Digital Terbaik di Indonesia - Semakin pesatnya perkembangan teknologi ponsel pintar...

Tips Cara Membuat Password atau Kata Sandi yang Kuat

Tips Cara Membuat Password atau Kata Sandi yang Kuat - Kata sandi atau password...

Close