How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Melihat URL Yang Dipersingkat (URL Shortened) Tanpa Membukanya

Jika Anda pernah menemukan tautan atau link yang dikirim ke email atau website Anda, jangan lupa untuk selalu mencopy link tersebut dan paste pada kolom URL di browser Anda. Hal ini bertujuan agar Anda melihat terlebih dahulu kemana URL akan di arahkan dan pastikan URL tersebut aman untuk Anda akses, karena banyak link-link yang dikirimkan dan itu link yang mengarah pada website yang berbahaya bahkan bisa mengandung virus. Namun, jika Anda mendapatkan URL yang di persingkat atau yang sering dikenal sebagai URL shortener maka trik ini tidak berfungsi.

URL shortener pemendek URL

URL singkat atau URL shortener biasa digunakan untuk mempersingkat URL yang panjang menjadi lebih pendek agar enak dilihat dan mudah untuk di baca, tapi ada beberapa pengguna yang memanfaatkan pemersingkat URL ini untuk menyembunyikan link asli agar pengunjung tidak benar-benar tahu kemana mereka akan di arahkan dan juga mengurangi merasa curiga ketika melakukan klik.

Tapi untuk URL pendek, Anda juga tidak selalu diharuskan untuk mengecek setiap URL yang Anda terima. Dan jika Anda merasa perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap URL yang di persingkat tersebut untuk alasan keamanan dan ingin tahu kemana Anda akan di arahkan, maka disini saya akan membagikan beberapa cara untuk memeriksa dan mengetahui URL asli yang tersembunyi dibalik URL singkat tanpa membukanya. Dan di postingan ini, saya akan menunjukkan cara melakukannya di PC dan smartphone Anda.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Gunakan Preview Bawaan

Sebagian besar layanan pemendek URL populer memungkinkan Anda melihat pratinjau tautan dengan mengutak-atik URL singkat. Cukup hafalkan tweak sederhana ini, dan untuk sebagian besar layanan URL singkat menyediakan simbol khusus untuk melihat URL asli tanpa harus bergantung pada layanan pihak ketiga. Di bawah ini adalah daftar tweak untuk preview URL asli:

TinyURL

TinyURL

Tambahkan kata preview sebelum bagian tinyurl.com dari URL. Sebagai contoh:

https://tinyurl.com/yb24uln8 menjadi https://preview.tinyurl.com/yb24uln8

Goo.gl

Tambahkan + (tanda tambah) di bagian akhir URL asli. Sebagai contoh :

https://goo.gl/5zS2Sv menjadi https://goo.gl/5zS2Sv+

Bitly.com

Mirip dengan Goo.gl, cukup tambahkan tanda + di bagian akhir URL.

is.gd

Tambahkan - (tanda hubung) di bagian akhir URL. Sebagai contoh :

https://is.gd/VtLvjR menjadi https://is.gd/VtLvjR-

Tiny.cc

Tambahkan ~ (tilde) di bagian akhir URL. Sebagai contoh :

http://tiny.cc/qi1cty menjadi http://tiny.cc/qi1cty~

BudURL

Tambahkan ? (tanda tanya) di bagian akhir URL.

Gunakan Layanan Online Website

Jika Anda tidak sering menangani URL pendek dan mungkin kesulitan untuk mengingat beberapa tanda untuk melihat URL pendek dari masing-masing layanan pemendek URL, maka menggunakan layanan yang disediakan oleh website mungkin coock dan lebih mudah untuk Anda. Untuk website yang menyediakan layanan ini, saya suka GetLinkInfo karena lebih banyak mendukung situs web pemendek URL dan informasi rinci tentang tautan tersebut. Cukup tempelkan URL pendek di situs web tersebut dan tekan enter.

GetlinkInfo

GetLinkInfo akan memberi tahu Anda judul utama halaman, uraian awal, URL panjang yang tepat, dan link eksternal apa pun di halaman. Ini juga menggunakan Google untuk memeriksa keamanan konten situs web.

Gunakan Ekstensi Browser

Ada cara lain lagi yang lebih mudah untuk Anda selain cara-cara diatas untuk melihat URL asli dibalik URL pendek yaitu dengan menginstal ekstensi khusus untuk browser Anda. Unshorten.It! adalah ekstensi yang baik untuk melihat URL pendek dan ini tersedia untuk Chrome dan Firefox.

UnshortenIT

Yang keren tentang Unshorten.It adalah bahwa itu tidak bergantung pada API layanan pemendekan URL, oleh karena itu, ia dapat memperluas hampir semua jenis tautan pendek. Setelah ekstensi dipasang, klik kanan pada tautan pendek dan pilih Hapus sambungan dari menu. Ekstensi akan memperluas link di tab baru dan juga menampilkan informasi keamanan berdasarkan skor Web Of Trust.

Saya juga sangat menyukai sifat ekstensi yang tidak mengganggu karena memungkinkan Anda memilih tautan mana yang perlu Anda kunjungi dan mana yang harus ditinggalkan.

Periksa URL singkat di Android

Di smartphone dengan OS Android, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis yang bernama URL Manager. Ini sebenarnya adalah pengelola tautan all-in-one, tetapi saya hanya akan melihat fitur yang penting dari aplikasi.

URL Manager

Berikut cara melihat link atau tautan:

  • Salin URL singkat yang ingin Anda perluas.
  • Ketuk ikon + di antarmuka utamanya dan pilih Expand.
  • Sekarang tempelkan URL ke dalam kolom teks dan ketuk pada Expand. Maka URL asli akan ditampilkan di bawahnya.

Anda juga dapat membagikan URL langsung dari browser Anda untuk melihatnya di URL Manager.

Periksa URL singkat di iOS

URL X-ray

Di iOS, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis bernama URL X-ray. Meskipun URL X-ray sangat populer untuk layanan webnya, aplikasi iOS-nya melakukan pekerjaan yang baik untuk melihat URL. Setelah terinstal, Anda dapat menyalin / menempelkan URL pendek di antarmuka X-ray URL untuk memperluasnya. Ia juga menambahkan tombol di menu berbagi untuk memungkinkan Anda langsung membagikan URL dari aplikasi lain.

Kesimpulan

Ketika Anda menemui atau mendapatkan URL yang tidak jelas, maka Anda harus sangat berhati-hati saat membuka link pendek tersebut dan selalu memeriksa URL asli yang ada di sisi lain sebelum membuka, terutama jika Anda menerimanya melalui email atau pesan langsung. Menghafal tweak preview URL pendek mungkin memang tidak mudah dan jika tidak sering Anda gunakan maka akan sering lupa, tetapi itu akan terasa mudah jika Anda sering menangani URL pendek. Tetapi tentu saja, Anda selalu bisa mendapatkan bantuan dari layanan website maupun aplikasi pihak ketiga saat Anda tidak menghafal beberapa tweak diatas.

Baca : Cara Merubah URL Affiliate Lebih Cantik di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Rara Academic Responsive Free

Rara Academic adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dengan desain modern sebagai solusi sempurna...

Tutorial Cara Menggunakan Pengunci Konten atau Content Lockers WordPress

Siapapun yang ingin sukses di bisnis online tentunya membutuhkan trafik yang besar yang berasal...

Close