vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Merubah URL Affiliate Lebih Cantik di WordPress

Jika Anda adalah seorang intenet marketer yang menjalankan program afiliasi untuk menghasilkan uang dengan mendapatkan komisi dari menjualkan produk orang lain, maka penting bagi Anda untuk menutupi link afiliasi Anda dari pelanggan Anda. Karena ada sebagian orang yang kadang ragu-ragu ketika ingin melakukan klik karena tahu kalau itu adalah link afiliasi. Dan dengan menggunakan link langsung tanpa Anda sembunyikan kadang berakibat dapat menurunkan penjualan sebuah produk affiliasi.

Pada Tutorial WordPress kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara merubah URL Affiliate menjadi lebih cantik di WordPress menggunakan plugins Pretty Link Lite sehingga URL asli afiliasi tidak terlihat.

Baca : 6 Plugin Gratis Untuk Merubah Link Afiliasi di WordPress

Cara Merubah URL Affiliate Dengan Pretty Link

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan Plugin Pretty Links. Silahkan baca panduan Install plugin jika Anda belum memahaminya, silahkan baca disini ⇒ Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Setelah plugin terinstall, silahkan aktifkan plugin pretty link tersebut dan Anda akan melihat menu baru di sidebar admin WordPress dengan nama “Pretty Link”.

Silahkan klik menu Pretty Links » Options untuk melakukan pengaturan sederhana. Pada pengaturan ini Anda bisa memilih Redirect Type, Enable Tracking, Enable Nofollow dan Enable Permalink Fix. Pada bagian ini saya memilih 307 Temporary dan mencentang Enable Tracking dan Enable Nofollow. Dan untuk bagian menu tab “Reporting” Saya biarkan seperti pengaturan default. Jika sudah selesai melakukan konfigurasi, silahkan klik tombol “Update” untuk menyimpan perubahan.

Pretty Link

Selanjutnya klik Pretty Link » Add New Link untuk membuat link affiliasi Anda dirubah sesuai dengan link keinginan Anda.

Silahkan Masukkan URL Affiliate yang asli di bagian kolom “Target URL” dan buat url cantik di bagian kolom “Pretty Link”. Sebagai contoh :

URL Affiliate Hosting SiteGround : https://www.siteground.com/go/centerklik

URL diatas akan saya rubah menjadi lebih cantik dan agar tidak terlihat seperti link affiliasi sehingga terlihat seperti dibawah ini.

URL Pretty Link : https://www.centerklik.com/siteground

Jangan lupa untuk mengisi bagian Title untuk memudahkan pencarian pada bagian daftar pretty link yang sudah Anda buat.

Pretty Link

Pada bagian bawahnya terdapat pengaturan lanjutan yaitu di “Advanced Options”. Di bagian ini Anda bisa memilih Group dan mengaktifkan pengaturan yang sebenarnya ini sudah bisa Anda lakukan di bagian “Options”. Jika sudah silahkan klik “Update”.

Pretty Link

Bagian terakhir yaitu silahkan untuk menggunakan link baru yang sudah Anda buat untuk Anda pasang pada artikel atau dimana saja Anda ingin memasang link affiliate tersebut untuk berkampanye. Anda bisa men-copy link tersebut pada bagian “Links” seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Pretty Link

Pada bagian list pretty link Anda dapat melihat laporan berapa pengunjung yang melakukan klik pada link tersebut. Dan jika Anda menjalankan beberapa program afiliasi pada blog Anda, bisa Anda kategorikan dengan mengelompokkan setiap link pada Group yang sama. Untuk membuat group ini, silahkan masuk pada bagian menu Pretty Link » Groups.

Baca : Cara Menghasilkan Uang Dengan Program Afiliasi

Solusi lain yang bisa Anda gunakan jika tidak ingin menggunakan plugin adalah dengan memanfaatkan fasilitas pemendekan URL milik Google disini ⇒ https://goo.gl/. Caranya cukup mudah hanya dengan klik URL asli pada kolom yang tersedia dan klik tombol “Shorten URL”.

Google URL Shortener

Dan itulah panduan membuat link affiliate terlihat lebih cantik dan menjadi tak terlihat seperti link affiliasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin meningkatkan penjualan Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Gery Anggriawan

    Bang, boleh tanya?

    Cara menjadi affiliasi iPage itu gimana ya?

    Terutama pada syarat yang ngisi W-9 form itu, ngga mudeng ane.

    Terima kasih. 😀

    • langsung seach di google gan, cara ngisi w-9 form. ntar nemu banyak.

      • Gery Anggriawan

        Ok, terima kasih. Semoga Anda makin sukses. 😀

Must Read...!
Theme WordPress WP Store Responsive Free

WP Store adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang di desain sangat baik dan elegan....

Optimasi Gambar dan PDF Agar Lebih Ringan dengan ImageRecycle

Seperti yang Anda baca pada judul artikel ini yaitu cara optimasi gambar dan file...

Close