How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

6 Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa

6 Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa – Siapa bilang mahasiswa tidak dapat menghasilkan uang sendiri, di usia yang sudah bukan anak kecil lagi sudah seharusnya para mahasiswa tak lagi membuat orang tua repot mencari uang. Tetapi mahasiswa juga harus sadar diri dan mencari uang sendiri untuk bisa meringankan beban orang tua. Bagaimana caranya?

bisnis untuk mahasiswa dan pelajar

Salah satunya adalah dengan berbisnis. Tak perlu khawatir bila kamu belum mempunyai modal yang besar. Sebab beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa pemula tergolong tidak terlalu banyak. Bahkan, untuk usaha online seseorang hanya membutuhkan modal smartphone atau laptop saja.

Baca : 5 Bisnis Minuman Online yang Menguntungkan

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Menjalani bisnis secara daring tidaklah sulit untuk dilakukan, namun tak bisa dibilang juga terlampau mudah. Yang paling penting, kamu bisa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan juga menjual produk atau jasa yang benar-benar profesional. Jangan lupa selalu utamakan kejujuran dalam setiap transaksi yang kamu lakukan dengan pelanggan.

Sebagai seorang mahasiswa, kamu bisa memilih diantara beberapa rekomendasi bisnis online yang akan saya jelaskan pada konten berikut ini. Apa saja itu? Mari simak langsung pembahasannya berikut ini :

1. Jualan Pulsa Elektrik

Jual pulsa sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu hanya perlu modal smartphone saja dan uang 200 ribuan untuk memulai bisnis yang satu ini. Pulsa adalah kebutuhan, jadi tak perlu khawatir karena kamu tak akan pernah kehilangan pelanggan. Selain mempromosikan secara online, kamu bisa langsung menawarkan kepada teman-teman yang ada di kos ataupun di kampus. Dan juga bisa mempromosikan melalui Grup WhatsApp yang Anda miliki.

2. Jasa Penulisan Artikel

Bila kamu memiliki kemampuan di bidang penulisan artikel, bisa mencoba peruntungan dengan membuka jasa penulisan artikel untuk blog-blog atau website yang sudah mapan. Ada banyak target konsumen yang bisa kamu incar seperti blogger, internet marketer, pemilik toko online, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan jasa satu ini, diantaranya yaitu melalui Facebook, Forum online, Fastwork, projects, sribulancer dan masih banyak lagi.

Baca : 5 Fitur Instagram Yang Bagus Untuk Bisnis Anda

3. Jasa Design Grafis

Bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya yaitu membuka jasa desain grafis. Hal ini bisa dilakukan apabila kamu memang memiliki keahlian mendesain dan menghasilkan sebuah gambar berkualitas dan bernilai estetika tinggi, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa desain seperti desain membuat logo perusahaan misalnya. Tak cukup sampai di situ, seorang desainer grafis juga harus bisa menggunakan software seperti Corel draw atau Adobe Photoshop.

Kamu bisa mempromosikan jasa ini di media sosial untuk menarik banyak pelanggan. Selain itu, kamu bisa menawarkan jasa di situs-situs marketplace seperti sribulancer, freelancer, Fastwork, dan projects.

4. Jasa Pembuatan Website

Memiliki website memberikan banyak sekali benefit. Selain bisa dijadikan sebagai media berbagi informasi, website juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa. Hingga saat ini, website masih banyak kebutuhan bagi sebagian besar orang. Karena hal inilah kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa pembuatan website.

Pastikan kamu benar-benar memiliki keahlian di bidang ini. Pasalnya membuat website membutuhkan keahlian khusus terutama programming, tapi saat ini tidak begitu memerlukan keahlian programming secara penuh, Anda bisa memanfaatkan CMS seperti WordPress untuk membuat website  dengan cepat untuk berbagai macam website, selain itu WordPress juga merupakan platform web terbaik saat ini dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Kamu juga harus memiliki portofolio berupa website yang telah jadi untuk dapat meyakinkan pelanggan.

5. Jasa Penerjemah

Punya kemampuan berbaha asing terutama bahasa Inggris, bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis jasa penerjemah atau jasa translator. Bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini, dapat menghasilkan keuntungan yang begitu besar. Terlebih lagi jika kamu berhasil mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

Kamu bisa menawarkannya kepada siapapun baik teman-teman ata perusahaan sekalipun yang membutuhkannya. Silakan kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk menjual jasa ini kepada orang lain. Tak hanya di Indonesia, tapi juga untuk orang asing. Anda bisa menawarkan jasa semacam ini di situs freelance terbaik seperti Fiverr.

6. Dropshipper

Bisnis daring selanjutnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan menjalankan dropshipper. Apabila kmu ingin menjual sesuatu namun tidak mempunyai modal sama sekali, cara satu ini bisa dilakukan. Dropshipper sendiri tidak sepenuhnya menjual barang, tetapi hanya memasarkannya saja. Berbeda dengan reseller dimana kamu harus menjual barang tersebut. Dropshipper bisa menjadi salah satu alternatif bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan.

Baca : Apa itu Bisnis Dropship? Semua Tentang Dropshipping

7. Menjadi Blogger

Menjadi blogger adalah salah satu bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, untuk memiliki blog tidak dibutuhkan modal yang besar, Anda hanya perlu membeli domain seharga 150 ribuan. Sedangkan untuk hosting dan lainnya Anda bisa membuat blog di blogger.com yang gratis. Dengan menyempatkan waktu untuk menulis artikel yang berkualitas di blog Anda, maka lama-lama pengunjung akan berdatangan dan ketika sudah memiliki banyak pengunjung Anda bisa mendaftarkan blog di AdSense untuk mendapatkan uang dari program iklan Google AdSense. Selain itu, jika blog banyak pengunjung, Anda bisa melakukan bisnis apa saja melalui blog Anda seperti menawarkan jasa, menjual produk dan masih banyak lagi.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai beberapa bisnis online yang dapat dijalani oleh seorang mahasiswa. Dengan modal yang tidak terlalu banyak, mahasiswa bisa mendapatkan keuntungan besar bahkan hanya dari ponsel cerdas saja.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Perusahaan Unicorn Terbaik di Dunia

Istilah perusahaan unicorn digunakan untuk menggambarkan perusahaan swasta yang bernilai setidaknya $1 miliar. Amerika...

MGID: Program Iklan Alternatif Google Adsense Terbaik

Disaat badai pembatasan iklan yang dilakukan oleh AdSense beberapa bulan terakhir ini, tentu akan...

Close