vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Order atau Beli Hosting dan Domain di BlueHost

Hosting dan nama domain merupakan bagian penting dari website. Tapi bagi pemula yang memulai membuat website atau blognya dari platform web gratis seperti WordPress.com atau Blogger.com tentu tidak familiar dengan kedua hal tersebut karena memang platform web gratis tersebut memberikan hosting dan nama domain secara gratis.

Memiliki website atau blog gratis memang tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, tapi sesuatu yang gratis pasti memiliki banyak keterbatasan seperti nama domain yang tidak profesional dan keterbatasan dalam mengelola websitenya. Jika Anda ingin memiliki situs web atau blog profesional maka sangat disarankan untuk membeli hosting dan domain sendiri.

  • Domain: Nama untuk situs Anda, ini biasanya ditawarkan dengan harga berkisar antara $10- $15. Ex: centerklik.com
  • Hosting: Web hosting adalah di mana semua file dari situs Anda disimpan dan dapat diakses di seluruh dunia (harga bervariasi sesuai dengan ketentuan perusahaan hosting dan paket yang ditawarkan).

Pada artikel kali ini saya akan memandu Anda dalam membeli hosting dan domain di layanan web hosting BlueHost. Tutorial ini tentu ditujukan bagi pemula yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan hosting dan nama domain untuk situs nya.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

Cara Membeli Hosting di BlueHost

Bluehost merupakan perusahaan layanan web hosting terkenal yang bisa Anda pilih untuk host website Anda dan dengan Bluehost Anda akan mendapatkan satu nama domain gratis selama satu tahun, sehingga membuat lebih mudah bagi pemula untuk memulai website atau blog nya. Silahkan ikuti langkah ini demi langkah panduan ini, Anda akan belajar bagaimana Anda dapat membeli Web hosting dan nama domain hanya dalam waktu 5 menit.

Langkah demi langkah tutorial untuk membeli Hosting & Domain dari Bluehost

bluehost hosting

Silahkan untuk mengunjungi situs www.bluehost.com dan klik tombol “Get Started Now” pada halaman depan situs bluehost.

Paket shared hosting bluehost

Anda akan melihat 3 buah paket shared hosting ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Anda bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika situs Anda baru dan hanya membutuhkan untuk satu website saja maka silahkan memilih paket basic dengan harga $3.9/mo (harga bisa berubah-ubah jika terdapat promo) dan klik tombol “Select”.

pilih domain bluehost

Pada halaman berikutnya Anda akan melihat dua pilihan:

  • New domain : Bluehost menawarkan satu nama domain gratis, sehingga Anda dapat menambahkan nama domain yang Anda ingin beli sekarang atau jika Anda sudah memiliki nama domain yang ada, Anda dapat memanfaatkan nama domain gratis Anda nanti.
  • I have a domain name : Jika Anda ingin menggunakan nama domain yang ada yang sudah Anda miliki, Anda harus memasukkannya di sini dan itu akan menjadi nama domain utama Anda.

Dalam tutorial ini saya memasukkan nama domain baru dan jika Anda sudah memiliki nama domain yang Anda beli di tempat lain, silahkan memasukkan nama domain Anda pada kolom sebelah kanan.

Beli hosting bluehost

Pada halaman berikutnya Anda harus memasukkan rincian informasi kontak Anda. Pastikan Anda memasukkan detail informasi yang benar, karena Bluehost kadang-kadang akan melakukan verifikasi dengan meminta (scan copy dari identitas seperti KTP). Hal ini berguna untuk menghindari spammer dan pengguna lain yang berusaha menyalahgunakan layanan bluehost.

beli hosting bluehost

Langkah berikutnya dibagian bidang informasi dan yang paling penting adalah untuk memilih paket yang Anda ingin membeli. Karena Anda telah menggunakan link di atas (Itu link diskon khusus), Anda akan mendapatkan potongan harga untuk hosting. Saya akan menyarankan pilih masa 24 atau 36 bulan untuk menghemat uang, karena semakin lama Anda memilih paket hosting yang ditawarkan, harga yang Anda dapatkan terbilang murah.

Dan jangan lupa untuk menghapus centang pada semua add-on yang ditawarkan seperti add-on (Domain Privacy Protection, Site Backup Pro, Search Engine Jumpstart dan Sitelock Security). Hal ini untuk menjadikan harga yang Anda bayar murah dan benar-benar hanya paket hosting saja. Jika Anda membutuhkan add-on tersebut, Anda bisa menambahkannya nanti saja pada cPanel Bluehost.

payment bluehost

Langkah terakhir adalah untuk melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal. Secara default pembayaran bluehost terlihat menggunakan kartu kredit. Jika Anda ingin menggunakan kartu kredit, silahkan untuk langsung mengisinya sesuai dengan informasi kartu kredit Anda. Tapi jika Anda ingin membayar dengan metode lain yaitu PayPal maka klik tulisan “More payment option” untuk memunculkan pembayaran melalui PayPal dan centang pilihan tersebut.

Klik pilihan centang “I have read and agree to Bluehost’s Privacy Policy and Terms of Service. “ dan klik tombol “Submit”.

Silahkan untuk menyelesaikan pembayaran dengan PayPal sesuai yang ditagihkan. Dan selanjutnya Anda harus memasukkan password untuk login Anda, Anda dapat menggunakan password generator pada halaman yang sama untuk membuat password yang kompleks. Ini akan memakan waktu sekitar 5-10 menit dari Bluehost untuk mengirimkan rincian login dari akun hosting baru Anda di Email Anda. Anda dapat login dan mulai melakukan setup website atau blog Anda di cPanel Bluehost. Anda dapat melihat panduan yang sudah saya buat untuk Panduan Cara Install WordPress di Hosting Bluehost.

Beli Hosting Bluehost

Dan itulah cara mudah untuk melakukan order pembelian hosting dan domain di layanan web hosting Bluehost. Dan jika Anda ingin berencana untuk membuat lebih dari satu situs, Anda dapat menggunakan account hosting yang sama untuk hosting lebih dari satu situs. Tidak perlu membeli paket hosting terpisah untuk situs web baru Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membeli hosting di BlueHost. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Marketeer Responsive Free

Marketeer adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang ditujukan untuk situs toko online atau eCommerce...

Cara Mudah Mengelola Tabel di WordPress dengan Plugin wpDataTables

Website yang dibangun untuk tujuan bisnis, analisis, keuangan, perusahaan maupun berbagai macam web seperti...

Close