fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com Lengkap

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com – Membuat blog lebih mudah daripada yang Anda pikirkan di Blogger.com. Jika Anda sudah lama ingin memulai membuat blog tetapi merasa takut untuk memulainya, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian, karena diluaran sana ada begitu banyak orang yang berpikiran sama dengan Anda. Cara terbaik untuk melangkah untuk menjadi seorang blogger adalah dengan mempublikasikan blog pertama Anda dengan salah satu layanan platform blog gratis yang ada dan mencoba sebaik mungkin dengan layanan tersebut. Salah satu layanan blog gratis yang bisa Anda coba adalah layanan blog milik Google yaitu Blogger.com.

Sebelum Anda mendaftar untuk blog baru di Blogger.com, pikirkan beberapa jenis topik pembahasan apa yang Anda rencanakan untuk dibahas di blog Anda (sebagai contoh : teknologi, mobil atau asuransi). Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah nama blog, karena ini yang pertama akan diminta oleh blogger. Dan nama itu penting karena dapat menarik pembaca ke blog Anda. Jadi pastikan nama blog Anda unik, mudah di ingat, mudah dibaca dan terkait dengan topik utama Anda.

Baca : WordPress vs Blogger, Mana yang lebih baik?

1. Mulai

cara membuat blog gratis di blogger.com

Buka browser terbaik kesayangan Anda di komputer, dan kunjungi Blogger.com dan klik tombol “Buat Blog” untuk memulai proses memulai membuat blog baru Anda di Blogger.com.

2. Buat atau Masuk Dengan Akun Google

akun gmail untuk blogger

Jika Anda belum masuk ke akun Google Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi login akun Google Anda (akun Google ini bisa berupa akun Gmail Anda), saya rasa Anda pasti sudah memilikinya karena setiap pemegang smartphone android pasti diharuskan untuk memiliki akun Gmail. Namun, Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang → Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone.

3. Masukkan Nama Blog Anda di Layar Buat Blog Baru

cara membuat blog gratis di blogger.com 3

Masukkan nama yang Anda pilih untuk blog Anda, nama blog ini akan menjadi alamat blog Anda dan nama tersebut akan di ikuti dengan domain .blogspot.com di URL blog baru Anda di bidang yang disediakan.

Misalnya: Masukkan judul blog Anda di kolom “Title“, judul ini akan menjadi topik pembahasan Anda. Pada contoh ini saya mengisi “Kamera DSLR” sebagai judul. Dan kemudian saya menggunakan nama kamerashoot.blogspot.com di bidang Address. Jika alamat yang Anda masukkan tidak tersedia, blogger akan meminta Anda untuk memasukkan alamat lain yang serupa sampai nama tersebut tersedia.

Catatan : Anda dapat menambahkan domain khusus nanti. Domain khusus menggantikan .blogspot.com di URL blog baru Anda.

4. Pilih Tema

Di layar yang sama, pilih tema atau “Theme” untuk blog baru Anda. Beberapa desain tema akan ditampilkan pada layar. Gulir daftar dan pilih salah satu untuk saat ini hanya untuk membuat blog. Anda dapat mengganti tema dan memiliki kesempatan untuk mengganti banyak tema sesuai keinginan Anda nanti.

Klik pada tema pilihan Anda, di contoh ini saya memilih tema “Emporio” dan klik tombol “Create blog!“.

5. Tawaran untuk Domain Personalisasi (Opsional)

cara membuat blog gratis di blogger.com 4

Anda mungkin diminta untuk segera menemukan nama domain yang dipersonalisasi untuk blog baru Anda. Jika Anda ingin melakukan ini, klik tombol “Search” dan gulir ke seluruh daftar domain yang disarankan, lihat harga per tahun, dan tentukan pilihan Anda. Kalau tidak, lewati opsi ini dengan tekan tombol “No thanks”.

Anda tidak perlu membeli nama domain yang dipersonalisasi untuk blog baru Anda. Anda dapat menggunakan .blogspot.com gratis tanpa batas. Dan Anda bisa mengganti nama domain tersebut dengan nama domain khusus kapan saja Anda mau.

6. Tulis Postingan Pertama Anda

buat posting blog blogger

Anda sekarang siap untuk menulis posting blog pertama Anda di blog Blogger.com baru Anda. Jangan terintimidasi oleh layar kosong.

Klik tombol “New Post” untuk memulai membuat postingan. Anda bisa mulai menulis artikel pertama Anda dengan mengetikkan judul artikel dan pada “Post title” dan menulis isi konten Anda pada layar putih besar dibawahnya.

Setelah menulis, Anda bisa menekan tombol Pratinjau atau “Preview” untuk melihat bagaimana tulisan Anda akan ditampilkan dalam blog Anda. Sekarang tutup tab Preview dan kembali ke tab tempat Anda menulis posting untuk menyempurnakan tulisan Anda.

7. Tentang Pemformatan

menulis posting blog di blogger

Anda tidak harus melakukan pemformatan berlebihan pada tulisan Anda, tetapi perhatikan ikon-ikon dalam satu baris di bagian atas layar. Mereka mewakili menu-menu untuk memformat tulisan yang dapat Anda gunakan dalam posting blog Anda. Arahkan kursor Anda ke masing-masing ikon untuk melihat penjelasan tentang apa kegunaan format tersebut. Seperti yang mungkin Anda harapkan, Anda memiliki format standar untuk teks yang menyertakan jenis huruf tebal, miring, dan bergaris bawah, format font dan ukuran font, dan opsi perataan. Cukup sorot kata atau bagian teks dan klik tombol yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menambahkan tautan, gambar, video, dan emoji, atau mengubah warna latar belakang. Gunakan pemformatan sesuai yang Anda butuhkan untuk mempersonalisasi postingan Anda. Lakukan beberapa percobaan dengan format-format tersebut untuk belajar dan klik “Preview” untuk melihat bagaimana format tersebut berpengaruh pada konten Anda.

Semua yang Anda lakukan dalam halaman posting tersebut tidak ada yang disimpan sampai Anda mengklik tombol “Publish” di bagian atas layar (atau sejajar dengan tombol “Preview”).

Jika Anda sudah merasa tulisan Anda sudah benar dan sesuai keinginan, Klik “Publish“. Dan sekarang Anda telah meluncurkan blog baru dan juga posting artikel pertama Anda, dan Anda bisa mengakses alamat blog Anda untuk melihat bagaimana blog Anda ditampilkan. Selamat!

Baca : Cara Memulai Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit

Dan itulah panduang singkat cara membuat blog gratis di blogger.com, masih ada banyak hal yang bisa Anda pelajari untuk memaksimalkan blog Anda seperti mengganti tema, optimasi SEO blogger dan masih banyak lagi. Belajarlah terus agar blog Anda sempurna dan banyak mendapatkan pengunjung. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Upload File Microsoft Word ke Google Docs

Cara Upload File Microsoft Word ke Google Docs - Google Docs adalah salah satu...

Panduan Cara Berjualan di Instagram dengan Shoppable

Setelah akun Instagram terhubung ke toko Facebook, produk dapat ditandai secara individual di dalam...

Close