How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

Cara Membuat Email di Gmail. Google Play, Gmail, dan masih banyak aplikasi lain miliki Google yang hebat dan perlu Anda miliki dan dimana ketika Anda ingin memulainnya diharuskan untuk memiliki Akun Google. Entah apapun alasan Anda, jika Anda bermain dengan internet maka akan sangat di perlukan sebuah alamat email dan saya sangat menyarankan kepada Anda untuk memiliki akun Google seperti Gmail.

Google Account

Kenapa Gmail?

Gmail merupakan email milik Google yang sangat bagus, hampir tidak ada layanan email yang dapat menandingi Gmail untuk saat ini. Dengan interface yang sederhana, tidak pernah mengalami gangguan, mudah digunakan dan dengan satu akun Google sudah bisa digunakan untuk mengakses semua layanan-layanan Google lainnya. Selain itu, dari segi keamanan juga tidak bisa diragukan lagi, karena semua produk yang dikeluarkan oleh Google merupakan layanan yang sangat aman.

Baca : Cara Daftar dan Memasang Google Analytics [Terbaru]

Cara Membuat akun Google dan Gmail di Smartphone

Jika Anda saat ini sedang menggunakan ponsel Android, maka pengaturan akun Google dibuat sangat nyaman untuk memudahkan pengguna Android, karena perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi Android adalah milik Google.

Sekarang mari kita mulai

  • Buka “Settings”.
  • Gulir ke bawah kebagian “Account”.
  • Ketuk “Add Account”, ikon plus di sudut kanan atas layar Anda.

Buat Akun Google Gmail 1

  • Ketuk “Google”
  • Ketuk “Or Create New Account”
  • Ketik “Name” yang terkait dengan akun. Meskipun Anda tidak harus menggunakan nama asli Anda, Anda disarankan untuk menggunakan nama asli jika ini akan menjadi akun utama Anda.

Buat Akun Google Gmail 2

  • Ketuk “Berikutnya” atau “Next”
  • Masukkan tanggal lahir Anda. Catatan: Google mengharuskan semua pengguna akun Google setidaknya berusia 13 tahun dan beberapa negara memiliki persyaratan usia yang lebih tinggi, tetapi untuk memiliki akun yang dapat menggunakan Google Wallet (atau menggunakan kartu kredit di Google Play), pemegang akun harus berusia 18 tahun.
  • Pilih jenis kelamin. Jika Anda tidak ingin diidentifikasi berdasarkan jenis kelamin Anda, Anda dapat menolak untuk memberitahukan jenis kelamin Anda. Ada juga opsi jenis kelamin khusus untuk mereka yang mengidentifikasi di luar biner cisgender.

Buat Akun Google Gmail 3

  • Ketuk “Next”.
  • Ketikkan “Username” Anda. Nama pengguna atau username ini akan menjadi alamat Gmail Anda sekaligus sebagai username dari akun email untuk masuk ke akun Google.
  • Ketuk “Next”.

Buat Akun Google Gmail 4

  • Jika “username” atau nama pengguna yang Anda inginkan telah digunakan oleh orang lain, Anda akan diminta untuk memilih nama pengguna yang lain dan google akan memberikan saran untuk Anda. Pilih salah satu dari nama pengguna yang disarankan atau ketik yang baru sampai Anda mendapatkan nama pengguna yang belum digunakan oleh orang lain.
    Ketuk Berikutnya.
  • Ketikkan “Password” atau kata sandi baru untuk akun Anda. Kata sandi minimal adalah 8 karakter, tapi untungnya Google tidak mengharuskan Anda untuk mengkombinasikan kata sandi Anda dengan nomor atau karakter khusus, Anda bisa menggunakan huruf biasa.

Buat Akun Google Gmail 5

  • Ketik ulang “Password” atau kata sandi baru Anda di kotak “Confirm Passowrd”. Anda akan diberi tahu seberapa kuat atau lemah kata sandi yang Anda pilih.
  • Anda akan diminta untuk menambahkan nomor telepon “Add Your Phone Number”. Nomor telepon ini dapat digunakan untuk memverifikasi identitas Anda, membantu masuk ke akun Anda dan membantu orang menemukan Anda jika mereka memiliki nomor telepon Anda. Jika Anda ingin menambahkan nomor telepon, masukkan nomor ponsel Anda.
  • Ketuk “Next” untuk memverifikasi nomor Anda atau Lewati jika Anda tidak ingin memasukkan nomor ponsel Anda sekarang.

Buat Akun Google Gmail 6

  • Google akan menyajikan persyaratan penggunaan mereka. Setelah menggulir dan membaca bagian yang menarik bagi Anda, ketuk Saya setuju “I agree”.
  • Akun Google Anda sekarang sudah siap, dan nama pengguna serta panjang kata sandi Anda akan ditampilkan. Dengan akun Google ini, Anda dapat mengakses aplikasi google seperti Gmail, Google Doc, Google Analytics, Google Drive, Google My Business dan masih banyak lagi.

Buat Akun Google Gmail 7

Jika tanggal lahir yang dikaitkan dengan akun Anda di atas 18 tahun, Anda dapat menambahkan kartu kredit atau debit ke akun Anda untuk digunakan untuk membeli aplikasi atau membayar layanan berlangganan seperti YouTube Red, tetapi Anda tidak perlu menetapkannya saat ini.

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster Tools

Cara Membuat Akun Google Email Gmail di Komputer

Mungkin lebih mudah untuk mengatur akun baru di desktop atau laptop Anda. Anda dapat membuka tautan ini di browser web apa pun milik Anda untuk memulai.

  • Silahkan kunjungi alamat berikut https://accounts.google.com/signup
  • Masukkan “First name” and “Last Name” atau nama depan dan belakang Anda.
  • Masukkan “Username” nama pengguna yang ingin Anda gunakan untuk akun tersebut. Anda mungkin perlu menambahkan angka atau menggunakan nama yang berbeda jika yang Anda inginkan sudah digunakan.
  • Masukkan dan konfirmasikan “Password” atau kata sandi yang akan Anda gunakan untuk akun tersebut.

Buat akun google gmail di komputer

  • Google perlu mengirimi Anda pesan teks untuk alasan keamanan. Masukkan “Phone Number” atau nomor telepon Anda.
  • Masukkan kode yang Anda terima melalui pesan teks.

Buat akun google gmail di komputer 2

  • Masukkan alamat email cadangan jika Anda memilikinya. Ini dapat digunakan untuk membantu Anda memulihkan akun jika Anda terkunci atau ketika Anda lupa kata sandi Anda.
  • Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin yang Anda sukai.

Buat akun google gmail di komputer 1

  • Baca dan terima persyaratan dan ketentuan. Anda juga dapat memilih data mana yang dikumpulkan oleh Google tentang Anda.

Buat akun google gmail di komputer 4

Sekarang Anda sudah selesai membuat akun Google atau Gmail melalui komputer Anda. Anda mulai saat ini bisa mengakses berbagai layanan milik Google.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Cara Membuat Akun Google dengan Email Selain Gmail

Membuat akun di Google tidaklah harus menggunakan akun email milik Google yaitu Gmail, tapi Anda juga bisa menggunakan email lain yang Anda miliki atau juga bisa menggunakan email dengan domain Anda, sebagai contoh admin@centerklik.com.

Mari kita mulai

  • Keluar dari akun Gmail atau akun Google lain jika Anda saat ini sedang dalam keadaan login, lalu buka https://accounts.google.com.
  • Klik tautan ‘Create Account’ di bawah kotak “Login with Google Account” berwarna abu-abu.

Daftar Akun Google Gmail

  • Di bawah bidang “Pilih nama pengguna Anda”, klik Saya lebih memilih untuk menggunakan tautan alamat email saya saat ini ata “User my current email address istead”.
  • Masukkan alamat email selain atau non-Gmail Anda yang ingin Anda daftarkan dengan Google sebagai contoh “admin@centerklik.com”.

Setelah Anda mengeklik tautan ini, Anda akan dapat memasukkan alamat email (non-Gmail) Anda saat ini untuk proses penyiapan. Ini adalah langkah paling penting dalam proses ini. Seperti yang sudah disebutkan, saya sangat menyarankan untuk menyiapkan atau mendedikasikan email yang sudah ada yang ada di domain Anda (contoh: admin@centerklik.com).

Daftar Akun Google Gmail step1

  • Selesaikan pengisian formulir akun baru. Pengisian formulir seperti pada umumnya yaitu :
    • Tanggal lahir
    • Jenis kelamin
    • Nomor Ponsel (gunakan nomor yang menerima pesan teks untuk tujuan pemulihan).

Buat akun google gmail di komputer 1

  • Silahkan centang untuk menerima “Privasi dan Persyaratan” Google. Privasi dan Persyaratan Google kemungkinan akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu karena peraturan yang selalu dikembangkan.
  • Verifikasi akun baru Anda melalui alamat email yang Anda berikan dengan mengikuti instruksi akhir yang diberikan (biasanya ini cukup klik tombol atau link yang disertakan pada email baru yang Anda terima ke alamat email yang baru saja Anda daftarkan).

Setelah mendaftarkan alamat email Anda kepada Google, Anda dapat memberikan akses / kepemilikan Google Analytics, Google Search Console, Google My Business, dan alat Google lainnya yang Anda gunakan ke akun email Anda selain Gmail.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Dan itulah panduan lengkap tentang cara membuat akun Google untuk mengakses email Gmail atau layanan produk google lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba : )

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Bakery Shop Responsive Free

Bakery Shop adalah tema WordPRess Responsive Gratis yang serbaguna dengan desain modern yang cocok...

Blockonomics: Sistem Pembayaran dengan Bitcoin di WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin paling populer untuk WordPress yang digunakan untuk berbagai macam bisnis eCommerce,...

Close