Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Gmail adalah layanan email milik google yang sangat mudah digunakan dan paling banyak digunakan, banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan email di Gmail ini. Gmail juga mempunyai fitur Arsip, dimana pesan email lama Anda dapat Anda arsipkan sehingga pesan-pesan email tersebut tidak lagi mengacaukan kotak masuk atau inbox Anda atau tidak di tampilkan dalam inbox.

email gmail tutorial

Pesan email yang sudah Anda arsipkan ini akan disembunyikan, namun Anda masih dapat melihat email tersebut bahkan mengembalikan ke kotak masuk atau inbox Anda.

Untuk mengarsipkan email Anda sangatlah mudah, Anda hanya tinggal mencentang email yang akan Anda arsipkan lalu akan muncul menu baru dan klik tombol menu “arsip” atau “archive” tersebut seperti gambar dibawah ini.

email archive 1

Namun bagi penguna baru yang tidak mengetahui tentang arsip gmail ini kadang mereka tidak sengaja menekan tombol arsip dan mereka kesulitan untuk menemukan email yang sudah terlanjut masuk kedalam arsip Gmail. Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk dapat menemukan arsip pesan email Anda. Tutorial ini penting karena tidak ada cara secara visual untuk mengetahui apakah pesan telah diarsipkan atau tidak, dan tidak ada menu kotak “Arsip” atau “Archive” di bagian dari kotak masuk email di Gmail Anda.

Baca : Cara Cepat Menerjemahkan Email Pada Gmail

Metode 1: Melalui Gmail di Website

Login ke akun Gmail Anda di web browser.

Untuk mencari pesan yang diarsipkan, pesan yang diarsipkan akan tetap muncul sebagai hasil pencarian, jadi jika Anda tahu pengirim, subjek, bagian body pesan, atau bagian lain dari pesan. Untuk melakukan pencarian email dengan cara ini Anda bisa menggunakan bar pencarian di bagian atas halaman dengan mengetik nama pengirim, subjek email atau body pesan.

email archive 2

Lihat melalui label Anda. Jika label diterapkan untuk pesan yang diarsipkan, pesan tersebut akan masih bisa ditemukan dan diurutkan berdasarkan label tersebut. Untuk menelusuri label, Anda bisa melihat dibagian sisi kiri halaman.

Cara lain yaitu dengan klik “More” di menu kiri dan Anda akan menemukan menu All mail dan pilih “All Mail” seperti gambar diatas. Ini akan menampilkan semua pesan email di akun Gmail Anda, begitu juga dengan email yang diarsipkan juga akan muncul di daftar All Mail ini. Pesan yang diarsipkan tidak diindikasikan oleh label atau indikator lainnya. Pesan yang diarsipkan hanya memiliki label “Inbox” yang dihapus sehingga tidak lagi muncul di kotak masuk.

archive email 3

Untuk memunculkan email yang di arsipkan ke kotak masuk atau inbox akun gmail Anda, Klik “Move to Inbox”. Dengan cara tersebut maka email Anda yang di arsipkan akan kembali ke kotak masuk Anda dan diurutkan berdasarkan tanggal aslinya.

Metode 2: Menggunakan App Mobile

Membuka aplikasi Gmail Anda. Dan login ke akun Gmail Anda.

Pesan yang diarsipkan akan tetap muncul sebagai hasil pencarian, jadi jika Anda harus tahu pengirim, subjek, bagian body atau isi email, atau bagian lain dari pesan, mencarinya dengan mengetuk icon kaca pembesar di bagian atas layar dan Anda akan menemukan email Anda kembali.

Lihat melalui label Anda. Jika label diterapkan untuk pesan yang diarsipkan, itu masih bisa ditemukan dan diurutkan berdasarkan label tersebut. Tekan tombol Menu di pojok kiri atas layar dan gulir ke bawah untuk menelusuri label Anda.

Tekan tombol Menu dan tekan menu “All mail”. Ini akan menampilkan semua surat di akun Gmail Anda, terlepas dari label atau apakah itu diarsipkan atau tidak. Pesan yang diarsipkan tidak diindikasikan oleh label atau indikator lainnya. Pesan diarsipkan hanya memiliki label “Inbox” yang dihapus sehingga tidak lagi muncul di kotak masuk.

Tekan tombol Menu di pojok kanan atas pesan dengan icon “panah kebawah” sehingga pesan yang diarsipkan terbuka. Tekan “Move to Inbox” untuk mengembalikan pesan diarsipkan kembali ke kotak masuk.

Baca : WordPress Popup – Plugin Untuk Membangun Daftar Email dan Media Sosial

Diatas adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan atau menemukan pesan di email akun Gmail Anda yang di arsipkan. Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara diatas dan dari berbagai perangkat baik melalui browser atau dari aplikasi gmail di perangkat mobile Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dan bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Tuto Responsive Free

Tuto adalah Theme Wordpress  Responsive Gratis yang di ciptakan untuk situs majalah, tema mengusung...

Cara Menambahkan Link Otomatis ke Postingan pada Thumbnail

Pada kebanyakan blog yang dibangun dengan Wordpress mempunyai gambar thumbnail yang di tampilkan melalui...

Close