How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Cepat Menerjemahkan Email Pada Gmail

Menerjemahkan Email Pada Gmail. Email merupakan layanan yang mempunyai peran sangat penting dan membantu setiap orang untuk mengirim surat secara online. Alamat email juga sering diminta untuk disertakan saat kita melakukan pendaftaran pada layanan lain, misal Anda ingin mendaftar facebook, tentu saat pendaftaran Anda harus memasukkan alamat email Anda.

Pentingnya Google Translate

Jika Anda saat ini sedang menjalani bisnis online tentu saja email akan sering Anda gunakan dalam keseharian Anda sebagai alat komunikasi dengan klien atau rekan bisnis online Anda. Kita mungkin juga akan sering menerima email dari orang asing dengan bahasa inggris, dan sering kita kesulitan mengartikan karena bahasa inggris yang pas-pasan sehingga memanfaatkan layanan penerjemah seperti Google translate.

google translate

Hal yang kita lakukan untuk menerjemahkan text biasanya membuka tab baru pada browser dan mengetik alamat : translate.google.com dan menyalin isi email yang ingin kita terjemahkan dan kemudian menaruh isis email tersebut pada Google Translate untuk menerjemahkan email tersebut sehingga kita mengerti apa maksud dari isi email tersebut. Tentu langkah tersebut sangat tidak praktis dan memakan waktu lebih lama.

Jika Anda menggunakan Gmail maka menerjemahkan email akan menjadi sangat mudah dan cepat. Jika Anda tidak mempunyai akun email di Gmail maka saatnya Anda mulai untuk menggunakan layanan email milik google ini karena memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan dibanding layanan email lainnya.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips cepat untuk menerjemahkan email di Gmail tanpa perlu mengunjungi halaman Google Translate. Namun, Sebelum kita masuk kepembahasan utama sebaiknya Anda ketahui dulu beberapa kelebihan dari Gmail dibawah ini.

Baca : Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

Berikut beberapa kelebihan Gmail

Ini adalah pertanyaan pertama bagi kebanyakan orang yang ingin menggunakan Gmail. Ternyata, ada cukup banyak hal besar yang Gmail tawarkan. Untuk layanan email gratis, mungkin Gmail adalah yang terbaik dibanding yang lain.

Minim Iklan

Gmail disponsori oleh iklan AdSense. Iklan ini muncul di panel samping mail ketika Anda membukanya dari dalam Gmail. Iklan tidak mengganggu dan iklan akan cocok dengan kata kunci dalam pesan email. Tidak seperti beberapa kompetitor lain, Gmail tidak menempatkan iklan dalam pesan atau menambahkan apa-apa untuk email keluar Anda. Google juga meyakinkan semua orang bahwa iklan ditempatkan oleh komputer, bukan oleh manusia.

Spam Filtering

Kebanyakan layanan email menawarkan semacam penyaringan atau filter spam, tapi Spam Filtering Google adalah salah satu yang lebih efektif. Anda akan melihat pesan spam yang lebih sedikit di inbox, dibandingkan dengan akun email lain.

Proteksi Virus

Google juga menawarkan virus filtering. Anda tidak dapat menonaktifkan layanan ini, dan itu menghalangi Anda untuk mengirim file executable sebagai lampiran. Hal ini tentu akan menjadikan akun email Anda akan sangat aman dari virus.

Integrasi Dengan Google Talk.

Gmail menampilkan daftar kontak Google Talk di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat memberitahu yang sedang online dan menggunakan layanan ini untuk berbicara dengan pesan instan mereka daripada mengirim email, jika Anda ingin. Anda bahkan dapat mengirim suara atau video chat menggunakan layanan ini.

Space Besar

Gmail memberikan setiap pengguna 15 GB, tentu ini ruang yang besar ditawarkan oleh google daripada sebagian besar layanan email berbasis web lainnya. Bahkan, beberapa pengembang perangkat lunak pihak ketiga telah menciptakan cara untuk menggunakan penyimpanan Gmail lebih dari menyimpan email dan pesan chat. Rata-rata pengguna tidak akan pernah menghapus pesan lama untuk memberikan ruang bagi yang baru.

POP dan IMAP Gratis

POP adalah protokol Internet yang digunakan sebagian besar pembaca email desktop untuk mengambil pesan email. Itu berarti Anda dapat menggunakan program seperti Outlook atau Apple Mail untuk memeriksa layanan email Gmail account. Layanan email serupa biasanya menarik biaya untuk layanan seperti ini.

Pencarian

Anda dapat mencari email dengan cepat seperti saat Anda mengetikkan kata kunci di mesin pencari google. Google secara otomatis mencari lebih dalam melalui spam dan folder sampah, sehingga Anda memiliki hasil yang mungkin lebih relevan.

Akses Offline

Jika Anda men-download Google Gears, ekstensi browser, Anda dapat mengakses akun Gmail Anda dari jendela browser Anda bahkan ketika komputer Anda tidak terhubung internet. Pesan baru akan diterima dan dikirim saat komputer Anda terhubung lagi.

Diatas adalah beberapa kelebihan layanan Email Gmail yang bisa Anda dapatkan jika ingin menggunakan Gmail sebagai layanan email Anda. Selanjutnya mari kita pelajari cara cepat menerjemahkan email di Gmail.

Baca : Liburan Lebih Mudah Dengan Google Destinations

Menerjemahkan Email di Gmail?

Saat Anda menerima email dari orang lain dan menggunakan bahasa inggris misalnya, Anda cukup klik more dengan tanda panah kebawah “” disamping tanggal email dan pilih “Translate Message“.

translate email gmail

Setelah itu akan muncul menu translate di atas email Anda, sekarang pilih bahasa untuk hasil terjemahan, misal Anda ingin menerjemahkan email bahasa inggris ke bahasa indonesia maka cukup pilih English » Indonesian. Dan otomatis email Anda akan di terjemahkan.

translate email gmail 2

Jika Anda ingin mengembalikan email ke bahasa sebelumnya cukup klik text link “View original message” di samping menu pemilihan bahasa.

Baca : 15 Fitur Google Search Mungkin Belum Anda ketahui

Tips Cepat Menerjemahkan konten di Smartphone

Untuk pembahasan kedua ini, saya akan menambahkan sebuah tips mudah ketika Anda ingin menerjemahkan berbagai macam konten yang berbahasa inggris di smartphone Anda dengan cepat.

Untuk melakukan ini, hal yang paling penting adalah Anda harus menginstal aplikasi Google Translate di Smartphone Anda.

Selanjutnya, silahkan pilih tulisan atau konten yang ingin Anda terjemahkan. Anda bisa menerjemahkan semua teks di smartphone Anda dengan mudah. Caranya,

Anda hanya perlu untuk menyeleksi teks yang ingin Anda terjemahkan. Selanjutnya akan muncul menu yang berisikan seperti Coyp, Share, Select All dan icon tiga titik.

Terjemahkan tulisan di smartphone

Silahkan ketuk icon tiga titik tersebut untuk memunculkan menu Web Search, Translate dan ketuk menu “Translate”.

Terjemahkan tulisan di smartphone 2

Sekarang otomatis teks yang Anda seleksi atau blok tadi akan diterjemahkan oleh aplikasi Google Translate seperti gambar dibawah ini. Anda bisa membaca terjemahan dengan mudah dengan scroll menggunakan ibu jari Anda.

Terjemahkan tulisan di smartphone 3

Diatas adalah panduan cara cepat menerjemahkan email di Gmail tanpa perlu membuka alamat Google translate dan juga cara menerjemahkan konten teks di smartphone dengan cepat dan mudah. Semoga artikel diatas bermanfaat dan membantu pekerjaan sehari-hari Anda menjadi lebih cepat dalam menggunakan email dan smartphone Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Alasan Anda Harus Install Plugin Jetpack

Plugins jetpack adalah plugins yang sangat powerfull, plugins ini merupakan ibu dari beberapa plugins,...

Theme WordPress Education Hub Responsive Free

Education Hub adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk pendidikan yang mempunyai desain bersih dan...

Close