How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

GTranslate – Solusi Mudah untuk Membuat Website Multibahasa

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis agar jauh lebih berkembang dan mendapatkan pasar yang lebih luas adalah dengan memperkenalkan bisnis Anda secara online. Seperti yang kita semua tahu bahwa saat ini jika Anda hanya menjalankan bisnis dengan cara tradisional maka lambat laun pasti akan mengalami kemunduran dan akan kalah bersaing dengan pesaing Anda. Kemajuan zaman dan teknologi memang tidak bisa kita tolak, dan cara yang paling bijak adalah mengikuti perkembangan tersebut agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

Dengan membawa bisnis Anda ke ranah online, itu akan memberikan dampak manfaat yang besar bagi kelangsungan bisnis Anda. Dan cara yang sangat umum dilakukan adalah membuat website untuk bisnis Anda, melakukan pemasaran sehingga bisnis bisa lebih dikenal secara luas dan mudah bagi pengguna.

Apabila Anda saat ini sudah mencoba membawa bisnis ke ranah online dengan membuat website untuk bisnis Anda dan sudah merasakan manfaat serta kesuksesan dari bisnis tersebut, mungkin ada rasa masih kurang puas karena hanya berhasil menjalankan bisnis untuk pangsa pasar lokal saja. Jika Anda merasakan hal tersebut dan berfikir untuk mengembangkan bisnis Anda agar lebih dikenal di seluruh dunia, maka cara yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah dengan menjadikan website bisnis Anda mendukung berbagai bahasa sesuai dengan negara yang Anda targetkan.

Untuk membuat website multibahasa tidaklah sulit, karena ada alat yang dapat dengan mudah menjadikan website mendukung multibahasa dengan cepat dan prkatis yang bernama GTranslate. Pada artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang plugin GTranslate untuk menjadikan website WordPress Anda mendukung multibahasa. Memang banyak plugin WordPress maupun layanan lain yang dapat membantu untuk menjadikan website mendukung multibahasa, tapi GTranslate bisa menjadi pilihan yang lebih mudah karena tidak memiliki pengaturan dan penggunaan yang rumit.

Visit GTranslate

Apa itu GTranslate ?

GTranslate adalah plugin multibahasa gratis yang dapat dengan mudah menerjemahkan website Anda ke berbagai macam bahasa hanya dengan satu klik. GTranslate tidak hanya bisa digunakan untuk WordPress saja melainkan GTranslate bisa digunakan untuk berbagai macam website baik itu WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, Magento maupun HTML. Tapi khusus untuk pembahasan di artikel ini saya akan berfokus pada WordPress dikarenakan saya adalah pengguna WordPress dan WordPress merupakan platform paling populer saat ini.

GTranslate Plugin Multibahasa WordPress

GTranslate bekerja dengan memanfaatkan mesin terjemahan yang canggih dan populer yaitu Google Terjemahan, tapi seperti yang kita semua tahu bahwa Google Translate belum bisa menerjemahkan bahasa secara sempurna, namun Anda tidak perlu khawatir karena kelebihan menggunakan GTranslate adalah Anda dapat mengedit hasil terjemahan pada bagian yang kurang sempurna sehingga hasil terjemahan menjadi lebih baik dan sesuai dengan keinginan Anda.

Kelebihan lain ketika Anda menggunakan GTranslate adalah tidak akan memperlambat kinerja situs Anda karena setiap versi terjemahan dari situs Anda tidak diambil dari server website Anda sendiri melainkan GTranslate dapat menghosting konten terjemahan secara mandiri dan mengirimkan ke situs Anda ketika dibutuhkan.

Fitur-Fitur Unggulan GTranslate

Fitur Utama GTranslate WordPress

Sebelum kita membahas tentang bagaimana mengkonfigurasi dan menerjemahkan situs web menggunakan GTanslate, mari kita membahas beberapa fitur unggulan dari GTranslate.

  • Search engine indexing : Mesin pencari akan mengindeks halaman terjemahan Anda. Orang akan dapat menemukan produk yang Anda jual dengan mencari dalam bahasa asli mereka.
  • Search engine friendly : Anda akan memiliki URL terpisah untuk setiap bahasa. Misalnya . Ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki strategi SEO multibahasa yang lebih baik.
  • Machine translation : Anda akan memiliki websiste yang diterjemahkan langsung saat instalasi. Google dan Bing menyediakan terjemahan otomatis secara gratis.
  • Translation editing : Anda dapat mengedit terjemahan secara manual dengan editor inline GTranslate langsung dari konteksnya. Hal ini memudahkan Anda karena tidak perlu pindah ke pengaturan lain.
  • Usage statistics : Anda dapat melihat lalu lintas terjemahan dan jumlah terjemahan di dasbor Anda.
  • Language hosting : Anda dapat memiliki domain terpisah untuk setiap bahasa. Misalnya domain.id akan berperingkat lebih tinggi pada hasil search engine di indonesia.
  • URL Translation : URL situs Anda juga akan diterjemahkan dan ini sangat penting untuk SEO multibahasa. Anda dapat memodifikasi URL yang diterjemahkan.
  • Seamless updates : Tidak perlu memeriksa pembaruan perangkat lunak dan menginstalnya. Kami peduli dengan pembaruan lebih lanjut. Anda hanya menikmati layanan up to date setiap hari.

Cara Menggunakan Gtranslate di WordPress

Untuk membuat situs WordPress Anda mendukung multibahasa dengan GTranslate, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin GTranslate melalui dashboard WordPress Anda karena GTranslate tersedia di direktori plugin WordPress.org.

Caranya silahkan masuk ke menu Plugin » Add New dan ketikkan “GTranslate” pada form pencarian plugin yang terletak disebelah kanan atas sehingga muncul seperti gambar dibawah ini. Dan silahkan klik tombol “Install”.

Install Plugin GTranslate WordPress

Setelah plugin terinstall, silahkan untuk klik tombol “Activated” agar plugin bisa digunakan dan akan terdapat item menu baru ditambahkan dengan nama “GTranslate” yang menjadi sub-menu dari “Settings”. Selanjutnya silahkan melakukan konfigurasi plugin di menu Settings » GTranslate.

Settings GTranslate WordPress

Pada halaman ini Anda akan dihadapkan dengan halaman pengaturan yang sederhana. Dimana halaman konfigurasi memiliki 3 bagian utama:

  • Widget Option
  • Widget Code
  • Widget Preview

Anda juga akan melihat beberapa fitur untuk plugin GTranslate Pro, link ke halaman Facebook GTranslate, tur video GTranslate, beberapa link untuk dokumentasi GTranslate dan live chat serta jadwal waktu bantuan live chat.

Mari kita membahas masing-masing dari tiga bagian utama dari pengaturan GTranslate.

Widget Option

Widget Options GTranslate WordPress

Pada bagian inilah berbagai macam pengaturan dapat Anda lakukan.

Widget look : Anda akan melihat menu drop-down di mana Anda dapat memilih bagaimana switcher atau pengalih bahasa akan ditampilkan. Anda memiliki beberapa pilihan pengalih bahasa di bagian ini seperti :

  • Nice Dropdown with Flag
  • Flags and dropdown
  • Dropdown
  • Flags
  • Flags with language name
  • Flags with language code
  • Language name
  • Language code

Translate From : Menu drop down ini berisikan daftar bahasa dari berbagai negara, secara default bahasa yang digunakan adalah “English”. Anda dapat menyesuaikan pilihan ini dengan bahasa asli untuk situs Anda, sebagai contoh adalah “Indonesia”.

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Analytics terjemahan. Ini akan menampilkan lalu lintas versi terjemahan dari situs web Anda.

Structure URL : Pada pilihan ini hanya tersedia khusus untuk GTranslate versi Pro. Dimana pilihan ini sangat bermanfaat untuk SEO website Anda. Anda dapat memilih antara mengaktifkan atau menonaktifkan penerjemahan URL.

Jika Anda pengguna GTranslate Pro maka sebaiknya Anda mengaktifkan pilihan ini agar mesin pencari juga mengindeks konten terjemahan Anda. Anda juga akan memiliki pilihan untuk membuka versi terjemahan halaman di jendela baru. Menurut pendapat saya, ini bukan sesuatu yang saya lihat di situs web multibahasa manapun.

Analytics : Jika Anda memiliki kode Google Analytics di situs Anda. Anda dapat mengaktifkan pilihan ini dan Anda dapat melihat laporan terjemahan di Google Analytics » Content » Event Tracking.

Auto switch browser language : Ketika pengguna menerjemahkan situs WordPress Anda maka halaman hasil terjemahan akan dibuka pada tab baru.

Show in Menu : Anda dapat mengatur pengalih bahasa untuk ditampilkan di menu Anda dengan memilih opsi primary menu, secondary menu atau handled menu.

Show floating language Selector : ini berguna untuk mengontrol posisi pengalih bahasa Anda dari menu drop-down apakah mengatur pengalih bahasa agar berada di kiri Atas, kanan dan bawah, terdapat 8 pilihan pada bagian ini.

Flag Size : Anda juga bisa memilih ukuran bendera yang akan muncul pada pengalihan bahasa Anda. Anda bisa menggunakan ukuran default yaitu (24px) karena ini terlihat bagus jika dilihat di preview.

Flag Language : Pada bagian ini Anda dapat memilih beberapa bahasa yang ingin Anda terjemahkan ke dalam situs Anda dengan mencentang beberapa nama bahasa. GTranslate mendukung lebih dari seratus bahasa.

Flag GTranslate WordPress

Pada bagian ini Anda juga dapat memilih berbagai flag untuk ditampilkan pada bahasa switcher untuk beberapa bahasa. Misalnya, Anda dapat memilih bendera USA untuk mewakili bahasa Inggris dan bukan bendera Inggris.

Widget Preview

Widget Preview GTranslate WordPress

Di bagian Widget Preview ini Anda akan melihat bagaimana pengalih bahasa akan terlihat ketika ditampilkan pada front-end. Anda bebas memilih gaya apa pun yang sesuai dengan situs web Anda.

Widget Code

Widget code GTranslate WordPress

Ini adalah kode di balik widget pengalih bahasa. Anda dapat mengedit ini untuk menyesuaikan pengalihan bahasa Anda. Misalnya, memiliki bendera yang berbeda untuk bahasa tertentu. Tapi perlu di ingat bahwa sangat diharuskan Anda untuk memahami kode, jika Anda seorang pemula WordPress maka biarkan bagian ini secara default.

Menambahkan pengalih bahasa ke widget

Selain menambahkan bahasa switcher ke menu navigasi utama, Anda juga bisa menambahkannya ke sidebar Anda sebagai widget atau widget area widget mana pun yang disediakan tema Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan kode pendek GTranslate untuk menampilkan pengalih bahasa pada halaman atau posting manapun.

Untuk memasang Switcher bahasa, silahkan masuk ke menu Appearance » Widget.

Widget GTranslate WordPress

Cari widget dengan nama “GTranslate” dan tambahkan ke area widget dengan cara drag and drop pada area yang Anda inginkan atau pada sidebar Anda. Dan berikut tampilan switcher GTranslate pada sidebar blog.

Demo GTranslate WordPress

Anda juga dapat memasang switcher bahasa pada bagian halaman dan posting dengan shortocoe [gtranslate] dan juga bisa menambahkan GTranslate pada berbagai tempat seperti footer atau header maupun bagian manampun pada situs Anda dengan menambahkan kode PHP pada file tema WordPress Anda.

<?php echo do_shortcode('[gtranslate]'); ?>

Dokumentasi dan dukungan

GTranslate adalah plugin yang memiliki kemampuan bagus namun tetap sederhana untuk digunakan. Anda juga dapat melihat dokumentasi lengkap tentang GTranslate disini ⇒ Documentations GTranslate.

Selain itu, GTranslate memiliki halaman vidoes yang menjelaskan cara menggunakan plugin; tidak hanya untuk WordPress tapi juga untuk platform lainnya.

Untuk pengguna Versi gratis dari GTranslate juga bisa mendapatkan dukungan di forum support WordPress.org. Team GTranslate juga terlihat memberikan dukungan secara baik untuk pengguna versi gratis.

Harga GTranslate

GTranslate adalah plugin gratis yang bisa Anda download melalui direktori WordPress.org, Namun GTranslate juga menyediakan versi premium dengan fitur-fitur tambahan yang sangat bermanfaat untuk Anda seperti dapat mengedit hasil terjemahan dan menghosting konten terjemahan Anda.

Price GTranslate WordPress

Berikut beberapa rencana harga dari GTranslate :

  • Free $0 : All Language, Machine Translation, SSL Security
  • Custom $3.99 / month : Bilingual, Neural Translation, Search Engine Indexing, Edit Translation
  • Startup $9.99 / month : All language, Neural Translation, Search Engine Indexing, Edit Translation
  • Business $19.99 / month : Bilingual, Neural Translation, Search Engine Indexing, Edit Translation, URL Translation
  • Enterprise $29.99 / month : All language, Neural Translation, Search Engine Indexing, Edit Translation, URL Translation, Language Hosting, SSL Security.

Diatas adalah beberapa rencana harga untuk GTranslate, dan Anda bisa menggunakan masa percobaan selama 15 hari untuk melihat bagaimana plugin bekerja untuk situs Anda. Dan terdapat pilihan untuk membayar secara tahunan.

Buy GTranslate

Kesimpulan

GTranslate adalah alat yang sangat sederhana namun memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk menerjemahkan website, tidak hanya mendukung untuk WordPress tapi GTranslate bisa digunakan untuk berbagai macam website dan platform website.

Untuk memaksimalkan fitur dari GTranslate, Anda bisa menggunakan plugin versi pro dengan harga mulai $3,99 / bulan. Ini adalah anggaran yang rendah untuk memiliki situs multibahasa. Untuk setup dan pengaturan plugin sangat mudah dan sederhana, dan pemula pun akan bisa menggunakan GTranslate dengan mudah.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Newspapers Responsive Free

Newspapers adalah tema WordPress gratis yang sangat sesuai dengan situs majalah, blog pribadi, penerbit...

10 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Oleh Cloud Provider Anda

Layanan cloud computing banyak memberikan manfaat diantaranya mampu meningkatkan efektifitas operasional, menunjang cash flow serta berbagai...

Close