How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Terbaik #1 Pemula dalam Memahami Google Analytics

Jika Anda memiliki situs web dan menginginkan situs web Anda sukses, maka ada alat penting yang harus Anda gunakan untuk analisis data pengunjung yang komprehensif seperti Google Analytics. Dengan menganalisis lalu lintas situs web Anda, ini akan membantu Anda memahami bagaimana pengunjung situs web berinteraksi dengan konten Anda dan membiarkan Anda melihat bagaimana kinerja situs Anda dari waktu ke waktu.

Google Analytics merekam banyak data dan mengumpulkan berbagai macam data pengunjung, selanjutnya data tersebut akan ditampilkan pada akun Analytic Anda agar Anda bisa menganalisis semua data penting untuk kemajuan situs web Anda. Antarmuka Google Analytic penuh dengan data yang bermanfaat dan wawasan yang berharga. Namun, pada pandangan pertama, banyaknya tabel dan bagan dapat menjadikan pengguna pemula kesulitan dalam memahami Google Analytics.

Jika saat ini Anda belum memasang atau mengintegrasikan situs web Anda dengan Google Analytics, baca artikel saya tentang Cara Daftar dan Memasang Google Analytics [Terbaru].

Berikut Antarmuka Google Analytics dijelaskan

Google Analytics adalah alat analisis web yang gratis dan populer, alat ini disediakan oleh Google. Faktanya, lebih dari 65% dari semua situs web yang ada di dunia ini menggunakan teknologi analitik menggunakan Google Analytics.

Google Analytics bekerja dengan merekam data situs web dan kemudian menyajikannya di tabel, bagan, dan grafik yang mendalam. Di sini Anda dapat melihat antarmuka beranda Google Analytics.

Panduan Google Analytics

Menu Reports

Menu “Report” berada di sisi kiri halaman Google Analyitics memungkinkan Anda mengakses pelaporan yang lebih dalam untuk bidang-bidang tertentu:

  • (A) Real-time – Lihat bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan situs web Anda secara real-time. Cari tahu dari mana mereka berasal, konten apa yang mereka lihat, dan banyak lagi.
  • (B) Audiens – Pelajari tentang audiens Anda. Lihatlah demografi pengunjung Anda, bagaimana mereka terlibat dengan konten Anda, dan perangkat apa yang mereka gunakan untuk mengakses situs Anda.
  • (C) Acquisition – Cari tahu dari mana lalu lintas Anda berasal, bagaimana orang menjangkau situs Anda, dan bagaimana setiap sumber lalu lintas berperilaku di situs web Anda.
  • (D) Behavior – Pelajari bagaimana orang-orang berperilaku dan bergerak di situs Anda. Lihat data pada rasio pentalan, tampilan halaman, waktu yang dihabiskan di situs, dan banyak lagi.
  • (E) Conversions – Memungkinkan Anda melacak tindakan tertentu yang dilakukan pengunjung Anda – dan seberapa efektif situs web Anda membuat orang mengambil tindakan tersebut.

Aspek penting lainnya dari antarmuka Google Analytics termasuk …

  • (F) Search – Gunakan fungsi ini untuk menemukan laporan dan dokumentasi bantuan dengan cepat.
  • (G) Customizations – Siapkan dasbor laporan Anda sendiri, laporan kustom, dan banyak lagi.
  • (H) Discover – Baca di Google Analytics dan rangkaian alatnya.
  • (I) Admin – Akses akun Google Analytics Anda, ubah pengaturan Anda, dan banyak lagi.

Laporan Google Analytics Homepage: Tampilan cepat di situs Anda

Di beranda Google Analytics Anda, Anda akan melihat tampilan dasar yang menampilkan beberapa data yang lebih dalam yang dapat Anda temukan di berbagai area menu “Reports”.

  • Pada gambar di atas, grafik (J) menunjukkan berapa banyak pengguna yang telah mengunjungi situs Anda dalam 7 hari terakhir:
    • Users – Menampilkan jumlah pengunjung unik.
    • Sessions – Menampilkan berapa banyak kunjungan ke situs Anda – satu pengguna dapat mengunjungi beberapa kali sehingga jumlah ini akan selalu sama dengan atau lebih tinggi dari Users.
    • Bounce Rate – Menampilkan berapa banyak pengunjung yang meninggalkan situs Anda tanpa mengunjungi halaman kedua atau yang lain.
    • Session Duration – Menampilkan berapa lama rata-rata pengunjung tetap berada di situs Anda.
  • Pada gambar (K), Anda akan menemukan tampilan yang menunjukkan pengunjung real time Anda dan juga beberapa cuplikan URL situs web Anda yang dikunjungi.

Lebih jauh ke bawah homepage, Anda akan menemukan snapshot lebih bermanfaat.

Baca : Cara Memasang Google Analytics di WordPress Dengan Google Analytics WD

Traffic Reports

Laporan Lalu Lintas memberi Anda gambaran langsung dari mana lalu lintas situs web Anda berasal. Ini kemudian dapat Anda gunakan untuk membantu menginformasikan strategi pemasaran Anda:

Panduan Google Analytics 2

Audiens Report

Panduan Google Analytics 9

Tiga laporan Pengunjung dapat membantu menginformasikan strategi konten Anda. Mengetahui di mana mayoritas audiens Anda hidup akan membantu Anda melokalisasi dan mempersonalisasi artikel blog Anda. Dan data tentang kapan audiens Anda mengunjungi situs Anda akan membantu Anda merencanakan kapan harus memposting konten baru.

Behavior Report

Panduan Google Analytics 8

Behavior Report adalah Laporan Perilaku ini akan menunjukkan kepada Anda halaman teratas Anda dan memberi Anda gambaran cepat tentang apa yang konten lakukan dan halaman mana yang tidak.

Baca : SEO Tools Gratis untuk Blogger dalam Meningkatkan Peringkat Google

Halaman apa yang dikunjungi pengguna Anda?

Sekarang, Mari kita lihat beberapa laporan yang lebih dalam. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab oleh laporan:

Dari mana lalu lintas situs web Anda berasal?

Memahami dari mana lalu lintas situs web Anda berasal akan membantu Anda menumbuhkan pengunjung atau pemirsa di masa mendatang. Idealnya, Anda ingin lalu lintas tiba di situs Anda dari berbagai sumber, bukan satu aliran lalu lintas.

Acquisition → Overview dari menu kiri antarmuka Google Analytics. Laporan-laporan ini akan memberi Anda wawasan yang baik tentang apakah strategi pemasaran Anda bekerja.

Panduan Google Analytics 7

Misalnya, jika Anda telah berfokus pada media sosial, Anda harus mencari jumlah lalu lintas yang baik dari kunjungan yang bersumber dari Media Sosial.

Jika lalu lintas ‘organik’ rendah, Anda perlu menghabiskan waktu untuk meningkatkan SEO situs web dan meneliti kata kunci untuk konten Anda. Atau jika lalu lintas ‘Redirect’ naik, maka Anda akan tahu dorongan Anda pada posting tamu telah terbayar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang dari mana pengunjung Anda berasal dan bagaimana lalu lintas ini dari setiap sumber terlibat dengan situs Anda, pilih Acquisition → All Traffic → Channel.

Halaman mana yang menarik pengunjung Anda?

Untuk mengetahui bagaimana masing-masing halaman di situs Anda tampil atau berapa banyak mereka dikunjungi maka masuklah pada menu Behavior → Site Content → All Page.

Panduan Google Analytics 10

Di sini Anda dapat :

  • Menganalisis halaman mana yang menerima jumlah penayangan tertinggi
  • Lihatlah waktu rata-rata yang dihabiskan di setiap halaman
  • Pelajari halaman mana pengunjung Anda bergabung dengan Anda dan meninggalkan halaman Anda.

Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk menginformasikan strategi manajemen konten Anda dan mempublikasikan lebih banyak konten yang sama yang menarik bagi audiens Anda.

Bounce Rate

Panduan Google Analytics 3

Jika tingkat bouncing Anda tinggi maka Anda perlu melihat halaman yang menyebabkan orang segera meninggalkan situs Anda. Bisa jadi bahwa kata kunci halaman ini peringkat untuk tidak relevan dengan konten yang sebenarnya ditampilkan. Atau mungkin juga tidak jelas bagi pembaca ke mana berikutnya mereka harus pergi di situs Anda setelah mereka menyelesaikan sebuah artikel.

Alasan lain untuk rasio pentalan tinggi dapat bersifat teknis, seperti waktu pemuatan yang lambat, atau pengalaman pengguna yang buruk pada perangkat mobile. Setelah Anda mengubah konten, tata letak, atau fungsi laman Anda, pantau rasio pentalan Anda dari waktu ke waktu untuk melihat apakah konten tersebut berkurang.

Exit Page

Panduan Google Analytics 4

Hal yang sama pentingnya untuk melacak data halaman keluar atau pengunjung meninggalkan halaman dengan cepat. Beberapa halaman yang Anda harapkan memiliki angka keluar yang tinggi. Misalnya saat transaksi selesai – halaman ‘terima kasih’ atau ‘transaksi selesai’.

Namun, laman lain mungkin memiliki angka keluar tinggi yang tidak Anda saksikan sebelumnya. Bandingkan halaman ini dengan jenis halaman serupa lainnya yang memiliki angka keluar rendah. Ini akan membantu Anda memahami aspek apa dari laman ‘keluar tinggi’ ini yang perlu diubah.

Siapa audiens Anda?

Mendapatkan wawasan tentang audiens Anda, dari mana mereka berasal, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs web Anda, akan membantu Anda merencanakan dengan tepat untuk kebutuhan mereka. Untuk melihat apa yang Google Analytics miliki untuk Anda, mulailah dengan pergi ke Audiens → Overview dari menu utama.

Google Analytics Centerklik

New vs Returning Visitor

Penting untuk memahami campuran pengunjung baru dan pengunjung yang kembali yang diterima situs web Anda. Pengunjung yang kembali adalah pelanggan setia Anda. Mereka memberi Anda audiens kepada siapa Anda dapat mempromosikan konten, layanan, dan produk Anda. Namun, untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda juga harus selalu terlibat dengan orang baru, dan mendorong lalu lintas baru ini ke situs Anda.

Panduan Google Analytics 5

Jika jumlah pengunjung baru Anda rendah, Maka Anda harus meningkatkan SEO situs web Anda, untuk membantu Anda memberi peringkat yang baik di Google. Dapatkan sibuk di media sosial dengan berbagi konten Anda dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Dan pertimbangkan iklan agar nama bisnis Anda terkenal lebih luas lagi.

Jumlah pengunjung kembali yang rendah berarti audiens Anda tidak suka situs web Anda, sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk untuk kembali. Ini mungkin karena desain yang buruk, konten berkualitas rendah, pengalaman pengguna yang buruk, atau hal lain. Temukan masalah dan perbaiki masalah tersebut, jika tidak ini dapat membahayakan bisnis Anda.

Apa perangkat terbanyak pengunjung situs Anda?

Memahami teknologi yang digunakan oleh audiens Anda untuk mengakses konten Anda juga penting. Statistik lebih lanjut tentang perangkat yang digunakan dapat ditemukan di bawah Audiens → Mobile → Overview.

Panduan Google Analytics 6

Jika penggunaan seluler menurun dibandingkan perangkat lain, Anda mungkin perlu meningkatkan fungsionalitas versi seluler situs Anda.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, Google Analytics dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk melacak kinerja situs web Anda secara luas. Google Analytics tidak hanya menunjukkan jumlah pengunjung tapi memberikan data yang sangat penting dan lengkap yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan situs web Anda ke arah yang lebih baik dan tentu untuk kemajuan bisnis Anda. Dengan terbiasa dengan antarmuka Google Analytics, Anda dapat memahami apa yang data katakan kepada Anda dan kemudian menggunakan data ini untuk membuat keputusan tentang cara meningkatkan situs web Anda.

Baca : Analytify – Plugin Google Analytics Terbaik Untuk WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Penjelasan Lengkap Tentang Front-End vs Back-End Developer

Mungkin Anda baru saja mulai mempelajari bidang pemrograman, atau mungkin Anda sudah siap untuk...

5 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Stres Dalam Aktivitas Blogging

Banyak orang beranggapan bahwa menjalankan aktivitas Blogging adalah hal yang selalu menyenangkan, tapi hal...

Close