How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Website WordPress Multi Bahasa

Secara default, WordPress bukan platform multi-bahasa. WordPress tidak dirancang untuk mendukung lebih dari satu bahasa pada satu waktu. Tapi untungnya komunitas WordPress telah memecahkan masalah ini dengan mengembangkan plugin yang akan menerjemahkan website Anda atau konten ke dalam bahasa lain secara bersamaan.

Ada beberapa metode untuk membuat situs WordPress Anda mendukung multi-bahasa. Beberapa cara bisa diterapkan dengan cara yang lebih sulit daripada yang lain dan beberapa diantaranya mendapatkan cara penerapan yang cukup kompleks. Secara umum, membuat situs WordPress Anda agar mendukung multi bahasa dilakukan dengan memasang WordPress di lebih dari satu bahasa dan menggunakan plugin sehingga pengguna dapat beralih di bahasa sesuai dengan keinginan mereka. Kebanyakan plugin akan meminta Anda untuk menginstal .mo file bahasa secara manual. Banyak dari mereka membuat ini mudah dengan membiarkan Anda memilih bahasa dari daftar dan memilih untuk menginstal bahasa tersebut. Bahasa tersebut kemudian akan dipasang untuk situs Anda.

Ada beberapa plugin untuk membuat situs WordPress Anda mendukung multi-bahasa. Plugin-plugin tersebut bekerja dengan cara yang berbeda dan beberapa diantaranya mungkin lebih cocok dengan kebutuhan spesifik Anda daripada yang lain. Dan Anda bisa membaca pada WordPress codex yang sudah menjelaskan beberapa metode untuk membuat situs WordPress Anda  mendukung multi-bahasa.

Baca : Tutorial Membuat Web Lowongan Kerja dengan WordPress

Multilingual Plugin

Ada beberapa tipe dasar untuk plugin multibahasa. Plugin-plugin multibahasa dibawah ini menggunakan metode yang berbeda-beda untuk melakukan terjemahan pada situs WordPress, usahakan mencoba terlebih dahulu dan pilih yang paling sesuai sebelum Anda benar-benar menggunakan untuk tujuan jangka panjang. Dan berikut adalah beberapa plugin multi bahasa terbaik yang bisa Anda coba :

1. Weglot

Weglot Translator WordPress

Weglot adalah plugin yang diciptakan sebagai solusi untuk pengguna WordPress yang ingin menjadikan situs WordPress miliknya mendukung multi bahasa. Ini merupakan plugin terjemahan terbaik dan termudah untuk menerjemahkan situs WordPress tanpa perlu pengetahuan coding yang diperlukan. Plugin Weglot Translate ini dapat mendeteksi dan menerjemahkan semua konten Anda dalam bahasa apapun dan menyediakan dashboard unik untuk mengedit terjemahan. Plugin ini adalah gratis untuk digunakan tapi juga memiliki versi premium dengan harga €9.9 per bulan dan €99 per tahun untuk paket starter. Dengan plugin Weglot Pro Anda akan mendapatkan alat yang dapat menerjemahkan secara profesional dengan hasil terjemahan yang berkualitas. Weglot Translate juga sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan di berbagai bidang seperti E-commerce, SaaS, marketplace, website perusahaan, aplikasi halaman arahan mobile, web berita, blog, dan masih banyak lagi.

Weglot Translate mendukung lebih dari 60 bahasa dan mendukung pada semua tema WordPress yang tersedia. Plugin ini dapat membantu Anda menerjemahkan situs website Anda ke situs web multibahasa dengan beberapa bahasa dalam waktu menit saja dan tanpa melakukan kode apapun. Hal yang lebih penting lagi adalah bahwa Weglot Translate tidak hanya diciptakan untuk menerjemahkan saja tapi dibangun dengan mengedepankan SEO yang mengikuti praktek terbaik Google dalam hal situs multibahasa untuk melayani halaman web diterjemahkan dengan kode sumber yang bersih dan setiap versi terjemahan dari situs Anda akan diindeks oleh mesin pencari Google. Situs yang mendukung multi bahasa akan dipandang lebih baik di mata mesin pencari karena lebih user friendly.

2. WPML

WPML WordPress Multi bahasa

Plugin ini memungkinkan Anda mengatur posting multibahasa dalam satu posting per bahasa. Ini akan menerjemahkan halaman, posting, jenis kustom, menu, dan teks dalam theme Anda. Plugin multibahasa ini berjalan di situs WordPress instalasi tunggal. Anda dapat memilih lebih dari 40 bahasa dan menambahkan varian bahasa Anda sendiri. Anda juga dapat mengatur isi bahasa yang berbeda dalam domain yang sama di bawah direktori bahasa yang berbeda, di sub-domain, atau domain yang berbeda. Ini benar-benar kompatibel dengan semua tema WordPress yang tersedia. Tapi ini merupakan plugin premium atau berbayar, Anda bisa menggunakan plugin ini dengan harga $29 untuk tahun pertama.

3. Polylang

Polylang WordPress Multi bahasa

Ini adalah plugin lain yang akan memungkinkan Anda mengatur posting multibahasa dalam satu posting per bahasa. Ini adalah salah satu plugin multibahasa paling banyak di download dan diberi rating dengan nilai tertinggi, dan itu merupakan alasan yang tepat untuk anda gunakan dalam membangun situs multi bahasa. Ini merupakan plugin dengan fitur yang lengkap dan gratis. Plugin ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak pilihan penerjemahan. Anda menulis posting, halaman, kategori, dan tag seperti biasa, dan kemudian menentukan bahasa untuk itu harus diterjemahkan ke dalam bahasa lain yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan banyak bahasa yang Anda inginkan.

Ini akan menerjemahkan tulisan, halaman, media, kategori, posting tag, menu, widget, jenis posting kustom, taksonomi kustom, posting lengket, format pos, dan RSS feed. Bahasa dapat diatur oleh konten atau kode bahasa dalam URL. Anda juga dapat menggunakan domain yang berbeda untuk setiap bahasa jika anda menginginkannya. Bahkan termasuk switcher bahasa disesuaikan yang dapat digunakan sebagai widget atau dalam menu navigasi.

Menggunakan itu cukup mudah. Anda menambahkan bahasa yang Anda inginkan dengan memilih mereka dari menu dropdown dan memilih tombol Add New Language. Kemudian Anda dapat mengatur semua pengaturan default Anda, yang menentukan apa bahasa default dan apa yang akan diterjemahkan dan apa yang tidak ingin anda terjemahkan. Kemudian Anda drag dan drop widget yang menyediakan menu pilihan bahasa. Ini menempatkan nama-nama bahasa yang telah Anda pilih di sidebar bagi pengunjung sehingga pengunjung dapat memilihnya.

Baca : Cara Membuat Website Multibahasa dengan Polylang

4. Xili Language

wordpress multi bahasa

Plugin yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengelola posting multibahasa dalam satu posting per bahasa. Anda dapat menerjemahkan konten Anda ke dalam beberapa bahasa dan menyediakan widget sebagai menu perubahan bahasa sehingga pembaca dapat memilih bahasa yang mereka inginkan.

Anda menambahkan bahasa dengan memilih mereka dari daftar di dashboard. Anda dapat mengatur agar muncul dalam daftar. Setelah Anda menambahkan bahasa Anda harus memilih server untuk memperbarui file .mo.

Setelah Anda menginstal bahasa yang Anda inginkan, Anda hanya menulis posting Anda seperti biasa dan mempublikasikan. Kemudian Anda dapat kembali ke sana dan pilih menyalin posting ke dalam bahasa lain. Post akan diterjemahkan ke dalam bahasa baru dan disimpan sebagai draft. Anda dapat mempublikasikan bahwa posting untuk pembaca dalam bahasa tersebut. Anda dapat merefresh daftar bahasa dan menerjemahkan lagi ke dalam bahasa lain.

Muncul dengan tiga widget:

  • Daftar bahasa
  • Daftar posting terbaru
  • Daftar Komentar terbaru

Anda dapat menggunakan salah satu atau semua dari mereka di sidebar Anda.

Daftar bahasa termasuk tag HTML sehingga Anda dapat menandai mereka dengan cara apapun yang Anda inginkan. Nama-nama bahasa muncul di sidebar sebagai link. Mengklik pada perubahan link ke konten yang ditulis untuk bahasa tersebut.

Baca : Cara Memasang Google Translate di WordPress

5. Bogo

wordpress multi bahasa

Bogo memungkinkan Anda membuat blog multi-bahasa dari WordPress instalasi tunggal dengan menggunakan kemampuan built-in lokalisasi WordPress. Anda dapat mengatur posting multibahasa dalam satu posting per bahasa. Ini menambah daftar dropdown di bagian atas situs Anda yang pengguna dapat memilih bahasa mereka. Anda juga dapat menyertakan switcher bahasa dalam posting, halaman, atau widget sebagai shortcode. Pengguna juga dapat memilih bahasa mereka di dashboard atau di halaman profil mereka. Ini akan menerjemahkan tulisan dan halaman.

Untuk menggunakannya Anda harus menginstal bahasa di situs Anda. Bogo memiliki daftar panjang bahasa yang dapat anda instal. Anda klik pada yang Anda inginkan dan itu akan menginstalkan untuk Anda. Ini akan mengubah dashboard Anda untuk menyesuaikan bahasa yang Anda pilih. Anda dapat mengubahnya dengan mudah dari switcher bahasa di bagian atas layar.

Ini adalah salah satu yang paling mudah untuk digunakan dari semua plugin multi-bahasa. Anda tinggal memilih bahasa yang Anda inginkan dan mereka muncul sebagai pilihan dalam switcher bahasa.

6. qTranslate X

qTranslate X

Plugin gratis ini memungkinkan Anda menyimpan semua alternatif bahasa untuk setiap postingan di posting yang sama. Plugin ini juga menyediakan menu widget pemilih bahasa. Pembaca Anda dapat memilih bahasa yang mereka inginkan dan itu mengubah konten Anda (atau setidaknya konten yang diciptakan setelah install) untuk bahasa tersebut.

Bila Anda menambahkan posting, plugin ini akan memberikan bidang sehingga Anda dapat mengetikkan judul untuk setiap bahasa, dan tab sehingga Anda dapat membuat konten untuk setiap bahasa. Jika Anda hanya memposting judul dalam satu bahasa, ketika pembaca beralih ke bahasa yang berbeda judul akan menunjukkan bahasa aslinya.

7. Transposh

wordpress multi bahasa

Plugin yang satu ini memungkinkan Anda mengatur terjemahan pada halaman yang dihasilkan daripada menggunakan konteks post. Ini memiliki banyak fitur-fitur canggih. Plugin ini akan secara otomatis menerjemahkan 92 bahasa. Plugin ini juga memungkinkan pengguna Anda untuk membantu dalam proses penerjemahan. Hal ini juga akan diintegrasikan dengan layanan terjemahan profesional. Selain itu juga memiliki widget yang dapat Anda tempatkan di sidebar Anda. Pengunjung Anda dapat memilih bahasa dari kotak dropdown.

Plugin ini nemiliki dashboard yang bagus dengan banyak fitur. Untuk memulai, Anda terlebih dahulu memilih bahasa yang Anda inginkan. Selanjutnya, tempatkan widget di mana Anda inginkan. Pengunjung Anda dapat memilih dari kotak dropdown dan setiap elemen situs Anda diterjemahkan ke dalam bahasa yang mereka pilih.

Plugin gratis ini sangat mudah untuk anda gunakan. Satu hal yang saya suka tentang plugin ini adalah Anda tidak perlu membuat konten dalam setiap bahasa. Juga, semua konten sebelumnya akan diterjemahkan.

Untuk pengaturan penerjemahan Anda dapat terhubung ke API MSN, Google API, dan layanan penerjemahan profesional bernama One Hour Translation.

8. Google Language Translator

wordpress multi bahasa

Plugin gratis ini terhubung ke layanan eksternal Google Translate. Plugin ini menyediakan terjemahan sampai 81 bahasa. Untuk melakukan penerjemahan situs, terdapat kotak kecil di situs yang pengguna dapat mengklik untuk melakukan terjemahan. Anda juga dapat menampilkan tombol terjemahan di halaman, posting, dan di sidebar dengan shortcode.

Dengan plugin ini Anda bisa memilih bahasa yang Anda inginkan di menu settings. Bendera bahasa ini akan menunjukkan bila pengguna mengklik pada widget yang di tunjukkan pada sudut kanan bawah halaman Anda. Ini akan menampilkan Google Translate toolbar di bagian atas setelah melakukan terjemahan.

Ada banyak penyesuaian dalam pengaturan. Anda dapat menyesuaikan ukuran bendera, menerapkan style CSS, mengubah bagaimana dan di mana widget ditampilkan, mengubah bendera atau menonaktifkan, penggunaan manajemen terjemahan, menerapkan Google Analytics, dan banyak lagi. Anda dapat menempatkannya di header atau footer dari tema yang anda gunakan. Anda juga dapat menyimpan bahasa tunggal dalam navigasi, posting, dan halaman situs anda.

Untuk plugin ini sangat mudah untuk di install dan mudah digunakan. Ada juga terdapat versi premium sebesar $15 yang menambahkan modul terjemahan manual, memungkinkan Anda untuk mengecualikan konten dari yang diterjemahkan, memungkinkan Anda untuk drag dan drop bendera ke dalam urutan yang berbeda, dukungan penuh, dan banyak lagi.

9. Multisite Switcher Language

wordpress multi bahasa

Plugin ini digunakan untuk membuat situs multibahasa untuk WordPress (multisite), instalasi untuk setiap bahasa dengan melakukan ping bolak-balik. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan instalasi multisite, Multisite Switcher Language adalah pilihan yang paling populer. Plugin ini memungkinkan Anda mengatur terjemahan dari Postingan, halaman, jenis posting kustom, kategori, tag, dan taksonomi kustom. Ini akan bekerja dengan WordPress Plugin MU Domain Mapping untuk mengatur beberapa situs di beberapa domain pada server yang sama.

Anda dapat menggunakan widget, shortcode, atau content_filter yang menampilkan petunjuk kepada pengguna jika terjemahan tersedia. Ini menempatkan switcher pada situs yang pengguna dapat gunakan untuk mengubah dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini merupakan plugin gratis dan hanya bekerja dengan instalasi multisite.

Tips

Luangkan waktu anda untuk mengevaluasi pilihan plugin yang akan Anda gunakan sebelum menetapkan pilihan pada satu plugin. Ada beberapa plugin yang mudah untuk digunakan daripada plugin yang lain. Untuk plugin yang memerlukan posting baru untuk setiap bahasa, jika Anda mengubah ke plugin lain Anda mungkin harus memulai dari awal dengan membuat tulisan baru lagi.

Dan diatas adalah daftar dari beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat situs WordPress Anda mendukung berbagai bahasa atau multi bahasa, semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Tutorial Membuat Toko Online dengan WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Kusuma Dc

    Bang, ada tutorialnya yang sudah berhasil belum. Ane udah pake qqtranslate tapi enggak berhasil.

    • berhasil gan, nggak berhasilnya dimana? atau tunggu artikel ane tanggal 10, ane udah buat tutorial yang wordpress multibahasa menggunakan polylang.

Must Read...!
Theme WordPress Agama Responsive Free

Agama adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dapat digunakan untuk website berbagai tujuan dan...

Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Saat Anda ingin memulai bisnis online dan menjadikan media website sebagai sarana bisnis, salah...

Close