How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mengatur Minimum dan Maksimum Panjang Komentar WordPress

Cara Mengatur Minimum dan Maksimum Panjang Komentar WordPress – WordPress setelah Anda install maka secara default sudah membawa fitur sistem komentar yang canggih dengan tampilan yang sederhana. Sistem komentar bawaan WordPress ini juga terdapat pengaturan untuk moderasi yang mudah langsung melalui area admin WordPress pada menu “Comments” dan untuk pengaturan komentar terdapat pada menu Settings ⇒ Discussion. Namun, pada halaman pengaturan tersebut tidak terdapat pilihan untuk mengatur minimum maupun maksimum panjang karakter komentar yang di ijinkan pada pengguna.

Bagi kebanyakan pengguna WordPress mungkin tidak begitu memerlukan adanya pengaturan ini, tapi ada beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna WordPress untuk menerapkan batasan panjang komentar ini.

Baca : Panduan Lengkap Cara Menonaktifkan Kolom Komentar WordPress

Sebagai contoh, kadang komentar yang terlalu singkat sangat menjengkelkan dan sebagian besar komentar yang ditinggalkan tidak berguna untuk tulisan maupun pengguna lainnya. Sementara kita menghargai semua pengguna berterima kasih karena menulis artikel yang luar biasa, komentar-komentar ini TIDAK menambahkan nilai jangka panjang. Jika Anda melihat di forum-forum online, Anda akan melihat mereka juga menerapkan batasan minimal atau maksimal untuk melakukan posting forum.

Alasan kedua menerapkan batas maksimal adalah kadang pengguna tidak meninggalkan komentar yang mengacu pada point penting, mereka biasanya mengambil kutipan dari blog lain dan menaruh di komentar sehingga komentar terlihat sangat panjang dan menutupi komentar pengguna lain. Komentar yang terlalu panjang juga akan berpengaruh buruk dikemudian hari karena komentar disimpan di database situs WordPress Anda.

Dengan melihat dua alasan diatas, maka perlu bagi Anda untuk menerapkan batasan pada komentar WordPress. Dan pada artikel ini, Saya akan menunjukkan bagaimana Anda dapat mengatur atau membatasi minimum maupun maksimum panjang komentar di WordPress untuk meningkatkan kualitas komentar.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Komentar WordPress

Mengatur Maksimum Panjang Komentar WordPress

Untuk mengatur dan membatasi panjang komentar WordPress ini Anda perlu menginstall plugin Greg’s Comments Lenght Limiter. Setelah itu silahkan aktifkan plugin.

Greg's Comment Limiter

Selanjutnya Anda masuk ke menu Settings » Min Comment Lenght Limiter. Kemudian mengatur panjang karakter maksimal yang bisa di ketik oleh pengguna pada bagian kolom “Upper Lenght Limiter”, secara default adalah 3000 karakter. Silahkan rubah nilai tersebut sesuai dengan keinginan.

Setting Greg's Comment Limiter

Setelah itu silahkan klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan. Dan lihat hasilnya.

Display Greg's Comment Limiter

Cara berikutnya yaitu menggunakan cara manual tanpa plugin, Anda hanya perlu menambahkan kode dibawah ini pada file functions.php di tema WordPress yang sedang Anda gunakan, dengan cara dibawah ini maka Anda tidak perlu menginstall plugin seperti diatas dan jika plugin diatas hanya membatasi panjang karakter maka dengan script dibawah ini Anda bahkan dapat mengatur minimal karakter yang harus di ketik oleh pengguna blog Anda.

add_filter( 'preprocess_comment', 'maxmin_preprocess_comment' );

function maxmin_preprocess_comment($comment) {

if ( strlen( $comment['comment_content'] ) > 3500 ) {
wp_die('Please keep your comment under 3500 characters.');
}

if ( strlen( $comment['comment_content'] ) < 30 ) {
wp_die('Please use at least 30 characters for your comment.');
}

return $comment;
}

Dengan kode diatas maka pengguna diharuskan untuk mengetik komentar lebih dari 30 karakter dan tidak boleh lebih dari 3500 karakter. Untuk mengganti jumlah nilai karakter, silahkan ganti angka pada kode tersebut sesuai keinginan Anda.

Baca : wpDiscuz – Menyulap Komentar WordPress Jadi Lebih Keren

Dan itulah cara mudah untuk membatasi jumlah panjang komentar di WordPress, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
8 Software Pembuat Animasi Gratis Terbaik 2019

Salah satu format terbaik untuk konten Anda adalah animasi, yang dibuat lebih mudah dengan...

Penjelasan Lengkap Kontrak Cerdas atau Smart Contract

Hampir satu dekade yang lalu, blockchain meletakkan dasar untuk mengubah keuangan global melalui cryptocurrency....

Close