How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Cara Menonaktifkan Kolom Komentar WordPress

Komentar memiliki banyak manfaat untuk blog, banyak alasan mengapa blog harus mengaktifkan kolom komentar. Komentar dapat mengubah monolog menjadi diskusi dan membangun komunitas. Selain itu, komentar juga dapat memberikan sedikit dorongan untuk SEO sebagai indeks untuk mesin pencari.

Jadi, apa alasan Anda ingin menonaktifkan komentar di WordPress?

Sebagian besar komentar hanya berisikan sebuah promosi, spam, pencari backlink dan terkadang berisikan kata-kata rasis. Bahkan lebih dari itu, dengan adanya kolom komentar juga bisa menghabiskan waktu produktif Anda karena harus membalas komentar dan memilah-milah mana komentar yang perlu untuk di publish atau di masukkan dalam kolom spam maupun sampah.

Tetapi juga benar bahwa postingan yang tidak berisi komentar terasa kurang lengkap dan tidak menarik, oleh karena itu banyak blog yang membiarkan adanya kolom komentar.

Alasan baik dan buruk untuk menonaktifkan komentar di WordPress

Beberapa situs web populer sering menerima banyak komentar. Mereka telah mengatasi masalah volume komentar dengan mengalihkan komentar ke platform sosial atau platform khusus komentar pihak ketiga. Ini dapat membantu Anda juga dan dalam banyak cara – komentar kontroversial diambil dari blog Anda dan tidak berdampak langsung. Terlebih lagi, media sosial juga mengatur diri sendiri dan dapat mengurangi komentar yang tidak pantas dengan sendirinya.

Alasan lain untuk menonaktifkan komentar dapat meningkatkan waktu muat blog Anda. Jangan lupa bahwa setiap komentar membutuhkan permintaan dan ruang database baru yang akan berdampak pada waktu muat blog Anda. Tapi untuk masalah ini banyak solusi untuk mengatasinya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang waktu muat blog Anda gara-gara mengaktifkan kolom komentar.

Baca : Cara Menambahkan Checkbox GDPR di Contact Form dan Komentar WordPress.

Nonaktifkan komentar di WordPress menggunakan pengaturan Dashboard standar

Secara default, WordPress memungkinkan adanya kolom komentar pada semua posting, dan menonaktifkan komentar pada semua halaman. Anda dapat mengubah ini untuk menonaktifkan atau mengaktifkan kolom komentar sepenuhnya (semua bagian situs), atau secara selektif memilih pada beberapa posting dan halaman tertentu. Anda dapat mengatur komentar dalam beberapa cara di halaman Pengaturan atau ‘Settings’.

Untuk mulai mengelola komentar silahkan masuk pada Settings » Discussion di Dasboard WordPress Anda.

1. Menonaktifkan komentar pada semua posting (dan halaman) yang baru

Hapus centang opsi “allow people to post comments on articles“. Anda juga dapat menonaktifkan pingback dan trackback di sini. Ini akan menghentikan komentar dan ping sepenuhnya pada semua postingan di situs Anda. (Halaman dinonaktifkan secara default).

Nonaktifkan komentar WordPress 1

Jika Anda ingin memperbolehkan komentar pada posting atau artikel individu, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan di bawah ‘Discussion’ di setiap posting atau halaman. (Lebih lanjut baca di bawah).

2. Menonaktifkan komentar pada semua posting (atau halaman) yang diterbitkan

Hanya menonaktifkan komentar seperti cara nomor 1 tidak akan menghentikan aliran komentar pada posting dan halaman yang sudah ada sebelumnya. Untuk membuang semua komentar di semua pos yang ada, kunjungi Dashboard » Comments.

Di sini, Anda dapat memilih komentar yang Anda inginkan, klik ‘Bulk Actions’, pilih “Move to Trush”, lalu klik tombol ‘Apply’.

Nonaktifkan komentar WordPress 2

3. Menonaktifkan komentar pada posting (atau halaman) yang dipilih

Kali ini mari kita pergi ke bagian ‘All Posts’. Pilih semua posting yang Anda ingin hapus komentarnya. Kemudian klik ‘Bulk Actions » Edit » Apply’. Opsi baru, Pengeditan Massal akan terbuka di mana Anda dapat memilih opsi ‘Do Not Allow‘ untuk komentar.

Nonaktifkan komentar WordPress 3

Anda akan dibatasi untuk memilih dari 20 postingan pada satu waktu karena itu adalah pengaturan default untuk tampilan posting di layar ‘All Posts’. Untuk menampilkan nomor yang lebih besar di setiap layar, buat perubahan di bawah ‘Screen Options’.

4. Menonaktifkan komentar pada posting yang ada secara individual

Pilih pos spesifik dari ‘All Posts’ dan klik ‘Edit Post’. Di bawah area penulisan, Anda akan melihat judul ‘Discussion’. Jika Anda tidak dapat melihat opsi ini, aktifkan “Discussion” pada menu “Screen Options”. Di kotak ‘Discussion’, hapus centang “Allow comments“.

Nonaktifkan komentar WordPress 4

Anda juga dapat mencapai hasil yang sama dengan memilih ‘Quick Edit’ pada setiap posting secara cepat.

Nonaktifkan komentar WordPress 5

5. Menonaktifkan komentar pada file media

File media seperti gambar masih dapat terus menerima komentar meskipun pada post sudah di nonaktifkan.

Saat Anda mengunggah gambar ke posting Anda, maka file lampiran dibuat. File ini akan terus menerima komentar, meskipun Anda telah menonaktifkannya di posting terkait. Untuk menonaktifkan komentar di WordPress untuk lampiran tersebut, kunjungi bagian ‘Media’, pilih file media dan klik ‘Edit’.

Nonaktifkan komentar WordPress 6

Anda akan menemukan kotak “Discussion” yang mirip dengan yang ada di editor teks untuk post, dan Anda dapat menonaktifkan komentar di sana.

Tidak mungkin melakukan pengeditan massal untuk file media menggunakan pengaturan di WordPress, tetapi Anda dapat melakukannya dengan menambahkan beberapa kode ke file tema Anda.

6. Selain menonaktifkan komentar, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak kontrol atas komentar dengan menyesuaikan hal-hal di Settings » Discussion.

Mari kita lihat sekilas pilihan yang tersedia:

  • Requiring moderator to approve the comment before it is published: Ini tidak hanya menangkap bot dan spam, tetapi juga membantu mencegah komentar muncul langsung di bagian depan situs Anda. Ini akan muncul di dasbor Anda di antrean komentar tempat Anda harus memoderasinya.
  • Blacklisting IP addresses, usernames or emails: Daftar hitam yang diketahui pelanggar, dan bahkan sebagian masuk ke daftar akan diblokir. Anda juga dapat menambahkan sedikit kode ke .htaccess untuk memblokir IP jahat yang diketahui.
  • Requiring the user to register: Dapat menurunkan baik spam dan volume komentar.
  • Approving comment authors: Hemat waktu dengan menyetujui penulis komentar. Komentar berikutnya akan dilewati dengan mudah.
  • Closing comments on older articles: Tentukan jumlah hari setelah mana komentar akan dihentikan. Spammer umumnya menargetkan posting yang lebih lama, jadi menutup komentar akan mengurangi spam.
  • Limiting links: Ini dapat menggagalkan spammer yang ingin meninggalkan tautan sebanyak mungkin dengan komentar mereka.
  • Be notified when you receive comments: Jika Anda tetap mengikuti komentar baru, Anda dapat bertindak cepat pada yang tidak diinginkan.

Menggunakan Plugin untuk Menonaktifkan Komentar WordPress

Dengan mengatur pengaturan WordPress manual untuk menonaktifkan kolom komentar seperti cara diatas, Anda juga dapat menggunakan plugin untuk mempermudah pekerjaan dan memberi Anda kontrol yang “lebih terkendali” atas komentar, sehingga lebih menghemat waktu dan lebih mudah, Anda bisa menggunakan plugin gratis yang bernama ‘Disable Comments’, dimana plugin ini sangat populer dan selalu mendapatkan update.

Berikut cara penggunaanya :

1. Download plugins Disable Comments, Silahkan download disini.

2. Install dan Aktifkan

3.  Klik menu Settings » Disable Comments , dan konfigurasi seperti gambar dibawah ini, dan klik tombol ‘Save’ jika sudah.

disable comment wordpress tutorialPenjelasan :

Everywhere : Digunakan untuk menutup seluruh kolom komentar di WordPress baik di postingan maupun halaman dan bahkandi file media secara keseluruhan.

On Certain Post Type : Sebaiknya anda memilih ini, karena anda bisa menentukan pilihan untuk menutup seluruh kolom komentar di Post, atau hanya diseluruh Halaman atau File Media saja.

Baca : Panduan Lengkap Tentang Komentar WordPress.

Dan itulah beberapa cara menonaktifkan kolom komentar di WordPress, Anda bisa memilih mana cara yang cocok untuk Anda terapkan dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
SpicePress – Theme WordPress Keren Untuk Bisnis Anda

Website merupakan alat pemasaran online yang dahsyat yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis...

Theme WordPress My Music Band Responsive Free

My Music Band adalah tema WordPress responsive gratis yang sederhana, bersih, dan mudah digunakan....

Close