Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Menambahkan Fitur Formulir Feedback di WordPress

Form feedback atau formulir umpan balik biasanya dipasang pada situs web digunakan untuk mendapatkan masukan dan untuk perbaikan, feedback sangat diperlukan bagi sebagian besar situs web yang baru dan bahkan situs web yang sudah besar masih menggunakan form feedback ini seperti situs wikihow, Anda dapat menemukan fitur feedback di wikihow pada setiap bagian akhir artikel. Memasang fitur form feedback merupakan sebuah cara yang bagus untuk mengumpulkan umpan balik secara sederhana dengan meminta langsung kepada pembaca Anda untuk memberitahukan apa masalah yang mereka temui dari situs maupun artikel Anda atau yang mereka nikmati di website Anda.

form feedback wikihow

Dalam artikel ini, saya terlebih dahulu akan memberikan penjelasan kepada Anda melalui pemahaman singkat tentang penggunaan dan manfaat dari form feedback atau formulir umpan balik. Setelah itu saya akan memberikan tutorial cara menambahkan fitur formulir feedback untuk WordPress.

Baca : Cara Memasang Komentar Facebook di WordPress

Mengapa Perlu Menambahkan Form Feedback?

Situs web berkembang sudah memiliki sistem komentar yang matang sebagai cara untuk berhubungan dengan pembaca. Bahkan, situs web mungkin telah terintegrasi dengan Facebook, Twitter, Google+, dan media sosial populer lainnya untuk lebih meningkatkan interaksi antara pengguna dan situs.

Namun, dengan menambahkan form feedback, Anda dapat mendorong pembaca untuk berbicara, mengekspresikan apresiasi, mencerminkan masalah, atau memberikan saran. Jika Anda membuka diri untuk beberapa saran yang berguna serta beberapa kritik membangun dari pembaca Anda, itu berarti Anda sudah dekat dengan kesuksesan.

Cara Menambahkan Formulir Feedback di WordPress?

Setelah Anda mengetahui secara singkat mengapa perlu menambahkan form feddback, sekarang saatnya Anda mengetahui cara bagaimana menambahkan fitur form feedback ke dalam situs WordPress Anda. Kita tahu bahwa wordpress memiliki sangat banyak sekali plugin yang bisa digunakan dengan berbagai macam kegunaan. Untuk menambahkan form feedback Anda bisa menggunakan plugin Article Feedback. Jika Anda belum tahu cara menginstall plugin, Anda bisa membaca artikel cara lengkap install plugin WordPress.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstall dan mengaktifkan plugin Article Feedback melalui dashboard WordPress Anda. Ketika plugin diaktifkan, Anda akan melihat menu baru ditambahkan dengan nama “Article Feedback” di bawah menu “Settings” di admin area. Klik menu “Article Feedback” tersebut untuk melakukan konfigurasi Plugin.

pengaturan feedback foorm

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, Anda dapat memasang form feedback pada posisi sebelum atau sesudah artikel dan dapat Anda tampilkan di homepage, post, page dan archive. Secara default form feedback ini akan ditampilkan sebelum artikel dan pada post dan page. Anda juga bisa memasang form feedback ini sesuai dengan keinginan Anda dengan menggunakan shortcut [selection_prompt]. Silahkan pilih posisi untuk umpan balik yang cepat sesuai dengan keinginan Anda. Dan jangan lupa untuk mengisi bagian “Thumbs down email” dengan email Anda, ini digunakan untuk menampung feedback dari pembaca Anda.

Jika Anda sudah selesai dengan semua pengaturan. Sekarang, klik tombol “Save Changes” dan mengunjungi situs web Anda untuk melihat plugin sudah dapat digunakan. Seperti yang Anda lihat dari screenshot berikut, Fitur feedback di tampilkan dengan sangat baik, cepat dan ringkas. Untuk mengisi form feedback sangat mudah, hanya klik icon jempol like atau dislike.

feedback share sosial

Jika pengguna mengklik tombol jempol like, maka akan muncul pemberitahuan untuk menyuruh pengguna berbagi konten ke media sosial pengguna.

feedback formulir

Dan jika para pengguna memilih untuk menekan tombol jempol ke bawah atau dislike, maka sistem akan menampilkan formulir umpan balik meminta pengguna untuk mengirimkan alasan kenapa mereka tidak cukup puas dengan artikel yang sudah dibuat.

Baca : Cara Tambahkan Tombol Facebook Like Reaksi di WordPress

Diatas merupakan cara menambahkan fitur formulir feedback di situs WordPress, plugin yang digunakan di tutorial ini sangat mudah digunakan dan memberikan fungsi yang maksimal. Anda dapat memanfaatkan plugin ini untuk mendapatkan umpan balik dari pembaca Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress SKT Charity Responsive Free

SKT Charity adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang dikhususkan untuk penggalangan dana amal, jadi...

30+ Font Sans Serif Terbaik Untuk Heading Website

Dalam web desain font berperan sangat penting, karena meskipun desain web Anda sudah elegan...

Close