How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menghapus Cache DNS di (Mac, Windows, Linux, Chrome)

Pernahkah Anda diminta untuk menghapus atau membersihkan cache DNS Anda? Ini adalah tip pemecahan masalah yang membantu Anda mendapatkan versi terbaru dari tampilan situs web, terutama setelah perubahan DNS.

Informasi DNS memberitahu browser Anda di mana menemukan situs web. Komputer Anda menyimpan informasi ini dalam cache untuk mengarahkan browser dengan cepat ke arah yang benar.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menghapus cache DNS Anda di perangkat komputer Mac, Windows, dan Chrome. Ini akan memungkinkan Anda dengan mudah me-refresh catatan DNS yang tersimpan di perangkat Anda dan membantu Anda memecahkan masalah situs web Anda.

Menghapus cache DNS dengan mudah di macOS, Windows, Linux dan Chrome.

Baca : WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress

Apa itu Cache DNS?

Cache DNS seperti buku alamat yang disimpan di komputer Anda dengan informasi domain name system (DNS) dari setiap situs web yang Anda kunjungi.

DNS atau Domain Name Server adalah teknologi yang memberi tahu komputer Anda alamat IP yang terkait dengan nama domain.

Dengan menyimpan informasi DNS dalam cache DNS lokal membantu browser Anda menemukan situs web dengan cepat.

Setelah Anda memasukkan alamat situs web di browser Anda, itu akan mencari informasi DNS di cache lokal terlebih dahulu. Jika menemukan arah, maka ia menggunakan cache DNS untuk mengunjungi situs web.

Di sisi lain, jika informasi tersebut tidak ada dalam cache DNS lokal, maka browser akan mendapatkannya dari server DNS lain di internet.

Ini memastikan bahwa setiap kali Anda mengunjungi situs web apa pun, browser Anda akan mengambil rute terpendek untuk mendapatkan informasi DNS yang diperlukan untuk menemukan situs web di internet.

Namun, ini kadang-kadang dapat menyebabkan masalah. Misalnya, ketika Anda memindahkan website WordPress ke nama domain baru atau ketika Anda migrasi WordPress ke hosting baru.

Informasi DNS mungkin tidak diperbarui dengan cepat di komputer Anda, dan Anda kemungkinan masih mengunjungi situs web lama atau melihat kesalahan yang tidak ditemukan. Memang hal seperti akan di di perbarui dalam beberapa jam secara otomatis, tetapi mengapa Anda harus menunggu saat Anda dapat menghapus cache DNS sesegera mungkin.

Mari kita lihat cara menghapus cache DNS di berbagai platform.

1. Cara Menghapus Cache DNS di Windows

Jika Anda menggunakan komputer windows, maka ini adalah cara bagaimana Anda dapat menghapus cache DNS di perangkat komputer windows Anda.

Pertama, Anda perlu mengklik tombol start dan memilih tool CMD (command prompt).

start command prompt windows

Ini akan meluncurkan jendela command prompt. Silahkan ketikkan perintah berikut:

ipconfig /flushdns

Selanjutnya tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah dan sistem Windows akan membersihkan cache DNS Anda.

cmd flush dns windows

Itu saja, Anda sekarang dapat melanjutkan mengunjungi situs web Anda untuk mengambil informasi DNS yang diperbarui dan Anda akan melihat perubahan situs Anda dalam DNS yang baru.

2. Cara Menghapus DNS Cache di macOS

Jika Anda menggunakan komputer MacOS, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus cache DNS Anda.

Pertama, Anda perlu meluncurkan aplikasi Terminal. Anda dapat menemukannya di Launchpad di bawah folder ‘Lainnya’. Anda juga dapat meluncurkannya dengan membuka Finder dan masuk ke folder Applications »Utilities.

buka terminal mac os

Ini akan meluncurkan jendela terminal di mana Anda harus memasukkan perintah berikut.

sudo killall -HUP mDNSResponder

Anda akan diminta memasukkan kata sandi akun macOS Anda. Ini adalah kata sandi yang sama yang Anda gunakan untuk login ke komputer Mac Anda.

mac terminal hapus dns cache

Setelah itu, komputer Anda akan membersihkan cache DNS. Anda sekarang dapat mengunjungi situs web untuk mendapatkan informasi DNS terbaru.

Baca : 5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt

3. Hapus Cache DNS di Linux

Secara default, Linux Ubuntu tidak membuat catatan atau menyimpan cache DNS. Namun, jika Anda menginstal layanan DNS secara manual seperti name service caching daemon (nscd), maka Anda harus menghapusnya secara manual untuk melihat DNS Anda diperbarui.

Berikut adalah langkah-langkah yang akan menunjukkan kepada Anda cara membersihkan atau menghapus cache DNS di Linux.

Tekan Ctrl + Alt + T secara bersamaan untuk membuka jendela terminal.

Masukkan perintah berikut untuk menghapus file cache DNS pada subdirektori init.d:

sudo /etc/init.d/nscd restart

Sekarang cache DNS di sistem operasi Linux Anda telah dihapus dan Anda bisa melihat perubahan DNS pada website Anda. Atau menggunakan perintah versi lengkap seperti pada gambar berikut :

flush-dns-in-linux-commands

4. Hapus Cache DNS di Chrome

Google Chrome juga menyimpan cache DNS-nya sendiri, dan terpisah dari cache DNS yang disimpan oleh sistem operasi komputer Anda.

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai browser utama, maka Anda harus menghapus cache DNS di Google Chrome juga untuk mendapatkan DNS Cache baru.

Pertama, Anda harus memasukkan alamat berikut di kolom alamat browser Anda dan tekan enter pada keyboard Anda.

chrome://net-internals/#dns

Ini akan memuat halaman pengaturan internal net Chrome. Dari sini Anda perlu mengklik tombol ‘Clear Host Cache’, dan Chrome akan menghapus cache DNS-nya.

hapus chrome dns cache

Sekarang ingatlah bahwa cache DNS terpisah dari cache browser.

Browser Anda menyimpan banyak data situs web dalam cache sementara untuk dengan cepat memuat halaman pada kunjungan berikutnya.

Jika Anda mengalami masalah melihat halaman yang Anda perbarui tetapi tidak dapat melihat perubahan Anda, maka Anda dapat menghapus cache browser.

Saya juga memiliki panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus cache pada semua browser populer yang dapat Anda baca.

Cara Memeriksa Pembaruan DNS

Saat Anda memindahkan atau migrasi website WordPress Anda ke hosting baru atau mentransfer nama domain Anda ke registrar domain baru, Anda harus mengubah pengaturan DNS dan mengarahkannya ke lokasi baru.

Setelah Anda menerapkan perubahan ini di bawah pengaturan domain Anda, perlu beberapa saat agar perubahan menyebar di internet. Ini bisa memakan waktu antara beberapa jam hingga beberapa hari.

Selama waktu ini, domain Anda kadang-kadang akan menunjuk ke lokasi lama dan kadang-kadang itu akan menunjuk ke lokasi baru. Ini tergantung pada lokasi geografis Anda dan server DNS mana yang diminta oleh browser Anda.

Anda dapat memeriksa bagaimana perubahan DNS ini disebarkan ke seluruh dunia menggunakan alat online seperti DNS Checker.

Cukup masukkan nama domain Anda, dan itu akan mengambil DNS dari berbagai lokasi geografis yang tersebar di seluruh dunia.

Jika semua lokasi menunjukkan alamat IP yang sama dengan tanda centang hijau, maka ini berarti perubahan DNS yang Anda buat sekarang telah diperbarui di seluruh internet.

Saya harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menghapus cache DNS dengan mudah pada beberapa perangkat yang berbeda seperti Windows, MacOS, Chrome. Anda mungkin juga ingin melihat panduan saya tentang cara menghapus cache pada WordPress.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Rekomendasi Bisnis Anak Kosan yang Menjanjikan

Menjadi seorang perantauan memang bukanlah perkara yang mudah, harus berjuang keras dan hidup sendiri...

Cara Konfigurasi Ubuntu Server Sebagai Router (18.04.1 LTS)

Cara Konfigurasi Ubuntu Server Sebagai Router (18.04.1 LTS) - Ketika Anda belajar sistem jaringan...

Close