Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Memasang Author Tag Facebook di WordPress

Jejaring sosial Facebook menyediakan banyak layanan bagi pemilik website untuk menjadikan situs terintegrasi dengan facebook, seperti menggunakan Komentar facebook, Likebox, tombol Like, dan juga terdapat fitur baru Facebook Author Tagging. Jika Author Tag dipasang di situs Anda, hal tersebut menjadikan artikel di tandai  bersama dengan profil Facebook si penulis.

Memang fitur Author Tag ini bukanlah hal yang baru, hanya saja telah dikembangkan lagi agar bisa untuk menampilkan nama penulis bersama dengan linkback ke profil artikel, jika disediakan.

Ini adalah kesempatan yang baik untuk situs berita atau beberapa menulis blog untuk meningkatkan kredibilitas mereka, penulis, dan blogger di Facebook. Disini, saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk mengintegrasikan Author Tagging ke situs WordPress Anda.

Baca : Cara Memasang Komentar Facebook di WordPress

1. Code Functions

Untuk memulainya, Anda perlu menambahkan sebuah field input tambahan di layar Edit Profile untuk memungkinkan Anda sebagai penulis untuk memasukkan profil URL Facebook.

Buka functions.php tema Anda, dan menempatkan kode berikut :

function facebook_profile_url($profile_fields) {
    $profile_fields['facebook_url'] = 'Facebook URL';
    return $profile_fields;
}
add_filter('user_contactmethods', 'facebook_profile_url');

Kode ini menambahkan bidang ekstra di bawah “Contact Info“. Masukkan URL Facebook, misalnya, https://www.centerklik.com/facebook.com/kliknetwork dan simpan perubahan tersebut.

facebook author

Sekarang, Anda perlu untuk menampilkan output URL di header dari tema wordpress yang Anda gunakan. Untuk menambahkannya, tambahkan kode berikut di functions.php tersebut.

function facebook_author_tag() {
    if ( is_single() ) {
        global $post;
        $author = (int) $post->post_author;
        $facebook_url = get_the_author_meta( 'facebook_url', $author );
        if ( ! empty( $facebook_url ) ) {
            echo '<meta property="article:author" content="'. $facebook_url .'" />';
        }
    }
}
add_action( 'wp_head', 'facebook_author_tag', 8 );

Kode ini mengambil URL, dan output dalam meta tag article:author sesuai spesifikasi Facebook Open Graph. Code ini ditampilkan dalam fungsi bersyarat yaitu is_single (), untuk memastikan bahwa meta tag hanya akan dihasilkan hanya dalam single post atau artikel.

Selanjutnya, kode juga memverifikasi jika URL telah di masukkan, jika tidak, kita tidak akan menampilkan meta tag. Refresh halaman artikel (single post) dan Anda harus menemukan tag pada tag header.

2. Menggunakan Plugin

Jika dengan coding diatas Anda merasa kesulitan, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan sebuah plugin sebagai gantinya. Jika Anda menggunakan Yoast SEO atau All in One SEO dalam optimasi SEO WordPress, Anda tidak membutuhkan plugin lain hanya untuk menampilkan author tag facebook. Kedua plugin tersebut adalah plugin yang baik yang dapat membantu optimasi untuk website Anda baik dalam mesin pencari dan situs sosial seperti Facebook di WordPress. Setelah plugin itu telah terpasang, Anda harus mencari masukan baru “Facebook Profile URL” ditambahkan dalam mengedit profil Anda jika Anda menggunakan SEO Yoast. Namun jika Anda menggunakan All in One SEO Anda perlu mengaktifkan di All In One » SEO Social Meta.

facebook author all in one seo

Masukkan URL Facebook Anda. Simpan untuk memperbarui profil, dan Anda siap. Anda tidak perlu mengubah tema Anda untuk menambahkan tag, karena plugin sudah melakukan itu semua untuk Anda.

Diatas ada dua cara yang bisa Anda gunakan salah satu dan sekarang Anda sudah memiliki artikel dengan tag author. Sekarang, jika Anda memiliki beberapa penulis yang berkontribusi ke situs Anda, silahkan buat pengumuman yang meminta mereka (penulis) untuk masukan URL Facebook mereka. Dan pastikan bahwa URL tersebut benar menunjuk ke profil yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan di coba. 🙂

Baca : Cara Menambahkan Login dengan Facebook di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Fyeah Responsive Free

Fyeah adalah ThemeWordPress responsif gratis yang mempunyai desain terinspirasi dari tumblr dengan format posting...

Cara Tambahkan Link Nofollow di Navigasi Menu WordPress

Seperti yang kita kehatui bahwa ada dua jenis link pada sebuah yaitu Link Eksternal...

Close