banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Menggunakan All In One SEO WordPress [New]

Panduan Tutorial Menggunakan AIOSEO WordPress. Bagi Anda pengguna WordPress akan dimanjakan dengan Ada banyaknya plugin SEO gratis yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada optimasi SEO website WordPress yang Anda miliki.

Namun, dari sekian banyak plugin SEO yang terdapat pada library WordPress, Anda akan menemukan dua plugin SEO yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress diseluruh dunia, kedua plugin tersebut adalah :

  • All in One SEO
  • SEO by Yoast

Memang kedua plugin tersebut memiliki versi premium, namun bagi saya versi gratis dari keduanya sudah lebih dari cukup untuk membuat website maupun blog Anda lebih SEO friendly dan memudahkan untuk di indeks dan mendapatkan peringkat di mesin pencari.

all in one seo

Loading...

Seperti pada judul dari artikel ini saya khusus akan membahas secara lengkap panduan cara install dan konfigurasi plugin All In One SEO.

Jika Anda pecinta SEO Yoast, Anda bisa membaca artikel yang membahas secara lengkap cara install dan konfigurasi SEO by Yoast.

Untuk blogger dan pengguna pemula, melakukan konfigurasi plugin All in One SEO bisa sangat rumit, dan tanpa mengkonfigurasi plugin Anda dengan tepat, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat lebih dari plugin ini. Apalagi saat ini plugin AIOSEO memiliki antarmuka dan pengaturan yang baru.

Baca : Cara Migrasi Dari Plugin All In One SEO ke Yoast SEO

Apa itu All In One SEO (AIOSEO)?

All in One SEO atau AIOSEO adalah plugin SEO (Search Engine Optimization) WordPress yang akan membantu Anda mengoptimalkan pengaturan berbagai macam indikator SEO yang dibutuhkan oleh website Anda agar memudahkan untuk di indeks dan mendapatkan peringkat di mesin pencari.

WordPress memang sudah diciptakan sebagai platform yang ramah dengan mesin pencari dan sudah dioptimalkan untuk SEO secara default, tapi dengan menambahkan penggunaan plugin SEO seperti AIOSEO ini akan membuat website WordPress Anda jauh lebih dioptimalkan yang akan membuatnya lebih solid untuk mesin pencari.

Berikut adalah panduan konfigurasi yang lengkap untuk All in One SEO WordPress Plugin, yang akan membantu blog Anda lebih SEO friendly.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Cara Konfigurasi All in One SEO WordPress

Untuk menggunakan plugin All in One SEO Pack ini Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut. Anda bisa melihat artikel Panduan Lengkap Install Plugin WordPress jika belum tahu cara install plugin di WordPress.

Install AIOSEO 1

Loading...

Setelah plugin Anda aktifkan, Anda akan melihat halaman Wizard “All in One SEO” yang bisa Anda konfigurasi dengan cepat dengan 6 langkah. Silahkan klik Let’s Get Started ->

aioseo setup wizard

Wizard Step 1

Pada langkah pertama ini Anda harus memilih apa jenis website Anda, apakah itu blog, toko online, korporasi, situs berita online dan masih banyak lagi.

Dibagian bawahnya Anda harus menentukan Judul dan deskripsi situs Anda, ini adalah yang akan ditampilkan di mesin pencari ketika pengunjung melakukan pencarian dengan nama situs Anda. Pastikan Anda mengisi judul dan deskripsi yang sesuai dengan tujuan situs Anda, jangan lupa untuk memasukkan kata kunci pada bagian judul dan deskripsi.

Aturanya untuk judul maksimal 60 karakter dan untuk deskripsi 160 karakter, manfaatkan jumlah karakter tersebut untuk menuliskan judul dan deskripsi yang mengandung kata kunci utama Anda.

Wizard AIOSEO 1

Wizard Step 2

Pada langkah kedua ini Anda harus memasukkan informasi situs, pilih jenis situs milik perorangan atau organisasi. Masukkan user, upload gambar default social Anda dan masukkan beberapa URL username dari akun media sosial Anda seperti Facebook, twitter, IG, YouTube dan lainnya jika ada.

Wizard All In One SEO 2

Wizard Step 3

Pada langkah ini Anda diharuskan mengaktifkan beberapa fitur-fitur SEO tambahan seperti Sitemaps, Analytics, Image SEO dan masih banyak lagi.

Ada beberapa fitur premium dan gratis, jika Anda tidak ingin mengaktifkan fitur SEO premium, silahkan tinggalkan halaman ini dengan masuk ke tahap berikutnya.

Wizard All In One SEO 3

Wizard Step 4

Pada langkah ini Anda akan ditunjukkan bagaimana situs Anda ditampilkan di mesin pencari Google, dan pilih salah satu pilihan untuk menunjukkan apakah situs Anda sedang dalam perbaikan atau sudah live. Dan centang pengaturan lain seperti terlihat pada gambar dibawah.

Wizard All In One SEO 4

Wizard Step 5

Pada langkah ini Anda hanya perlu memasukkan alamat email Anda untuk mendapatkan informasi tentang beberapa tips optimasi dari AIOSEO yang akan dikirimkan ke email Anda. Cukup lanjutkan ke tahap berikutnya dan konfigurasi Wizard AIOSEO telah selesai Anda konfigurasi.

Wizard All In One SEO 5

Selamat, Anda telah berhasil menginstal dan mengatur plugin All in One SEO untuk WordPress di situs Anda. Anda sekarang siap untuk memanfaatkan sepenuhnya plugin yang sangat kuat ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Optimasi SEO Halaman dan Posting Menggunakan AIOSEO

Mengoptimalkan posting blog Anda untuk SEO adalah tugas rutin dan bagian penting dalam membuat konten di situs web Anda.

AIOSEO untuk WordPress menunjukkan skor TruSEO untuk setiap posting dan halaman blog Anda dengan tip praktis untuk meningkatkan skor tersebut dan mengoptimalkan postingan maupun halaman Anda untuk kinerja yang lebih baik dalam pencarian.

Cukup edit setiap posting atau halaman di situs Anda dan gulir ke bawah ke bagian “AIOSEO Settings” di bawah editor konten.

Pengaturan AIOSEO di Postingan

Dari sini, Anda akan melihat cuplikan bagaimana posting atau halaman Anda itu akan muncul di hasil pencarian. Di bawahnya, Anda bisa memasukkan judul dan deskripsi meta SEO.

AIOSEO dapat secara otomatis membuat judul dan deskripsi SEO untuk Anda. Anda juga dapat memasukkannya secara manual untuk setiap artikel agar Anda bisa menuliskan judul dan deskripsi paling sesuai dengan artikel Anda agar menarik pengunjung dan tentunya sesuai dengan kata kunci Anda.

Pastikan judul dan kolom deskripsi Anda menggunakan kata kunci fokus utama untuk posting atau halaman Anda.

Apa itu Focus Keyword?

Focus Keyword atau Kata kunci fokus adalah kata kunci utama yang ingin Anda targetkan untuk mesin pencari. Ini biasanya frasa yang paling mungkin diketik pengguna Anda di mesin pencarian untuk mencari informasi yang Anda miliki di artikel Anda.

focus keyword All In One SEO

Menambahkan kata kunci fokus tidak secara otomatis meningkatkan peringkat situs Anda. Namun, ini membantu Anda mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci fokus menggunakan fitur analisis konten.

Selanjutnya, Anda perlu beralih ke tab ‘Social’ di bawah pengaturan AIOSEO. Di sinilah Anda dapat mengontrol bagaimana posting / halaman ini akan muncul di platform media sosial dengan pratinjau Facebook dan Twitter.

social settings post page

Dari sini, Anda dapat memilih variasi judul dan deskripsi yang berbeda. Anda juga dapat memilih gambar mana yang ingin Anda gunakan saat tautan dibagikan.

Ini memastikan bahwa gambar media sosial Anda tidak rusak, dan Anda dapat memilih gambar yang sempurna untuk ditampilkan dengan tautan Anda.

Menggunakan Analisa Skor TruSEO di WordPress

Salah satu fitur paling keren dari All in One SEO adalah analisis konten dan skor TruSEO. Anda dapat melihatnya di bagian bawah bagian ‘AIOSEO Settings‘ dan juga dengan mengklik tombol AIOSEO di sudut kanan atas layar.

All In One seo score

Fitur analisis konten merupakan sekumpulan indikator yang komprehensif untuk menetapkan nilai konten Anda dengan skor SEO. Ini memungkinkan Anda memiliki daftar periksa SEO praktis yang dapat Anda lalui saat membuat konten untuk situs web Anda.

Anda dapat memperluas bagian yang berbeda untuk melihat pemeriksaan dan rekomendasi. AIOSEO akan memberi Anda detail tentang setiap rekomendasi yang memerlukan perhatian Anda dan memberi tahu Anda cara memperbaikinya.

Pastikan artikel Anda mendapatkan skor yang bagus atau berwarna hijau sebelum di publish, selalu perbaiki dan pastikan sebagian besar indikator SEO sudah terpenuhi, hal ini akan sangat membantu konten Anda untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Menghubungkan Google Search Console dan Webmaster Tools Lainnya

Google Search Console adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau keberadaan situs web mereka di hasil penelusuran Google.

Loading...

All in One untuk WordPress memungkinkan Anda menghubungkan situs WordPress Anda ke Google Search Console dengan mudah.

Pertama, Anda perlu menambahkan situs web Anda ke Google Search Console. Selama proses tersebut, Anda akan mencapai titik di mana Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan situs web dengan menambahkan tag HTML.

html tag method Google search Console

Salin tag HTML dan alihkan kembali ke area admin WordPress Anda.

Sekarang, cukup masuk ke halaman All in One SEO » General Settings dan beralih ke tab Webmaster Tools. Dari sini Anda bisa klik Google Search Console lalu masukkan kode verifikasi yang kamu salin tadi.

webmaster tools All In One SEO

Selain itu, plugin juga memungkinkan Anda menambahkan kode verifikasi untuk layanan lain seperti Bing Webmaster Tools, Yandex, Baidu, dan verifikasi situs Pinterest.

Faktanya, jika layanan pihak ketiga meminta Anda untuk menambahkan beberapa kode ke tajuk situs Anda, Anda dapat menambahkan kode tersebut ke halaman ini di bawah kotak ‘Miscellaneous Verification’.

misc verification aioseo

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Save Changes‘ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Search Console

Menggunakan Sitemap XML di All in One SEO

Sitemap XML adalah file yang mencantumkan semua konten situs web Anda dalam format XML, sehingga mesin pencarian seperti Google dapat dengan mudah menemukan dan mengindeks konten Anda.

Sitemap atau sitemap sangat penting untuk SEO, dan AIOSEO secara otomatis menyiapkannya untuk Anda. Anda dapat menemukan Sitemap XML Anda dengan menambahkan sitemap.xml di akhir nama domain Anda.

https://example.com/sitemap.xml

xml sitemap

Anda dapat membuka halaman All In One SEO » Sitemap untuk melihat pengaturan Sitemap.

enable sitemap in all in one seo

Anda dapat menggulir ke bawah ke bagian Sitemap settings. Dari sini, Anda dapat mengelola indeks Sitemap, memasukkan atau mengecualikan jenis posting, taksonomi (kategori dan tag). Anda juga dapat mengaktifkan Sitemap XML untuk arsip berbasis tanggal dan arsip penulis.

sitemap settings1

Plugin ini juga memungkinkan Anda menambahkan halaman ke Sitemap XML Anda secara manual. Misalnya, jika Anda memiliki formulir kontak mandiri, halaman arahan, atau halaman toko Shopify.

pasang pages sitemap

Buat Sitemap XML Video

All in One SEO memungkinkan Anda membuat Sitemap tambahan seperti Sitemap video atau Sitemap berita.

Jika Anda menyematkan video ke konten Anda, kemudian menambahkan Sitemap video akan menampilkan thumbnail video dengan tombol putar di hasil mesin pencari.

example video search result

Anda dapat mengaktifkan Sitemap XML video dengan beralih ke tab ‘Video Sitemap‘ dan mengalihkan tombol ‘Enable Sitemap‘.

video sitemap enabled

Catatan: Anda memerlukan setidaknya paket PRO dari plugin untuk mengakses fitur Sitemap video.

Buat Sitemap Berita di WordPress

Jika Anda menjalankan situs web berita, Anda perlu membuat Sitemap XML berita untuk muncul di laman hasil Berita Google penelusuran.

All in One SEO membuatnya sangat mudah untuk menghasilkan Sitemap berita untuk situs web Anda. Cukup beralih ke tab ‘News Sitemap‘ dan aktifkan sakelar ‘Enable Sitemap‘.

new sitemap

Di bawahnya, Anda dapat mengatur nama publikasi Anda dan memilih jenis posting yang ingin Anda gunakan untuk Sitemap berita.

news sitemap settings

Catatan: Anda memerlukan setidaknya paket PRO dari plugin untuk mengakses fitur Sitemap video.

Buat Sitemap RSS

RSS Sitemap berbeda dengan XML Sitemap. Tidak seperti Sitemap XML, Sitemap RSS hanya berisi konten terbaru Anda.

Mesin pencari mengakses Sitemap RSS lebih sering daripada Sitemap XML penuh. Ini lebih kecil dan membutuhkan lebih sedikit sumber daya yang memungkinkan mesin pencari untuk mengaksesnya lebih sering.

All in One SEO memungkinkan Anda menambahkan Sitemap RSS ke situs web Anda dengan mudah. Cukup beralih ke tab Sitemap RSS dan kemudian hidupkan sakelar ‘Enable Sitemap‘.

rss sitemap

Menggunakan Schema Markup di All in One SEO untuk WordPress

Markup skema adalah kosakata khusus yang dapat Anda gunakan di kode HTML konten untuk memberi tahu mesin pencaru lebih lanjut tentang konten Anda.

Misalnya, Anda dapat memberi tahu mesin pencari bahwa konten yang mereka lihat adalah resep atau halaman produk. Ini memungkinkan mesin pencari menggunakan mikrodata untuk menampilkan rich snippet di hasil penelusuran.

rich snippet google

Schema markup juga membantu mesin pencari menampilkan hasil di panel informasi knowledge graph. Penempatan yang ditingkatkan dalam hasil pencarian ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik dan pengunjung ke situs web Anda.

SEO All in One untuk WordPress hadir dengan dukungan bawaan untuk markup Skema untuk semua konten Anda.

Mengatur Schema Markup Seluruh Situs di WordPress

Pertama, Anda perlu mengunjungi halaman Search Appearance » All In One SEO dan beralih ke tab Content Type. Dari sini, Anda dapat beralih ke tab ‘Schema Markup‘ untuk setiap jenis konten.

setting default schema types

Misalnya, Anda dapat memilih ‘Article’ untuk posting Anda dan kemudian memilih jenis artikel apa, mis. artikel, posting blog, artikel berita.

Demikian pula, untuk Produk WooCommerce Anda, Anda dapat beralih ke Schema Markup dan mengatur jenis markup default ke Produk.

Mengubah Markup Skema untuk Posting dan Halaman Individual

Sekarang, bagaimana jika Anda memiliki konten campuran yang Anda publikasikan sebagai posting blog. Misalnya, Anda terkadang dapat menerbitkan resep alih-alih artikel sebagai entri blog.

All in One SEO memungkinkan Anda mengontrol markup Skema untuk semua posting, halaman, dan produk individual. Cukup edit item yang ingin Anda ubah dan gulir ke bawah ke Pengaturan AIOSEO di bawah editor posting.

Dari sini Anda perlu beralih ke tab ‘Schema‘ dan memilih jenis Schema yang ingin Anda gunakan.

schema markup post

Bergantung pada jenis skema yang Anda pilih, Anda akan melihat opsi berbeda untuk memberikan microdata tambahan untuk digunakan dalam markup skema.

Misalnya, jika Anda mengubahnya menjadi ‘Recipe’ maka Anda akan diminta untuk memasukkan informasi seperti nama resep, deskripsi, gambar, jenis hidangan, masakan, waktu yang dibutuhkan, dan lainnya.

Schema markup adalah alat yang sangat kuat yang membantu Anda meningkatkan tampilan pencarian dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas gratis ke situs web Anda.

Baca : Rank Math – Plugin Untuk Optimasi SEO WordPress Terbaik dan Gratis

Diatas adalah Panduan menggunakan AIOSEO Pack di WordPress yang bisa Anda ikuti agar optimasi SEO situs web WordPress Anda lebih maksimal dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat. 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

123 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Memulai Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit

Cara memulai membuat sebuah blog WordPress tidaklah sesulit kelihatannya, tapi membuat blog WordPress juga...

Cara Install dan Konfigurasi Plugin SEO by Yoast [New]

Cara Install dan Konfigurasi Plugin SEO by Yoast [New] - Plugin SEO by Yoast...

Close