vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

8 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah dari Blogger ke WordPress

Saat Anda ingin memutuskan untuk memulai membuat blog maka akan banyak sekali Anda temukan platform blogging yang bisa Anda pilih baik dari yang gratis maupun yang berbayar, diantaranya yang populer adalah WordPress dan Blogger. Untuk WordPress dibagi menjadi dua bagian yaitu WordPress.com dan WordPress.org, dimana yang benar-benar gratis untuk membuat blog adalah WordPress.com.

Banyak blogger baru di indonesia yang memilih untuk menggunakan platform Blogger untuk membuat blog nya dan saya sendiri di awal pertama membuat blog juga menggunakan platform milik Google ini. Disekolah-sekolah pun waktu ada pelajaran untuk membuat blog maka blogger selalu menjadi pilihan utama yang dipilih oleh pengajar untuk membuat blog, karena memang blogger sangat praktis dan gratis tentunya.

Alasan pindah dari Blogger ke WordPress

Tapi bagaiamana jika Anda ingin memulai untuk membuat blog yang serius dan lebih profesional, maka jawaban saya adalah gunakan WordPress dan tentu bukan WordPress gratisan di WordPress.com melainkan menggunakan WordPress dengan hosting sendiri yang platform nya bisa Anda download langsung di WordPress.org. Dan jika Anda adalah seorang pengguna platform Blogger maka saya sarankan untuk segera beralih ke WordPress. Saya mengatakan itu karena memang memiliki alasan yang kuat, dan berikut beberapa alasan kenapa Anda harus pindah dari Blogger ke WordPress.

1. WordPress dapat Anda miliki secara penuh

Ketika memilih WordPress, Anda akan mendapatkan perangkat lunak untuk blog Anda dan dapat melakukan semua apa yang Anda inginkan pada platform tersebut. Anda dapat meng-host perangkat lunak WordPress bersama dengan semua konten website Anda, di akun milik Anda sendiri. Berbeda dengan Blogger, dimana perangkat lunak Blogger dan semua konten Anda disimpan di server Google, jadi jika mereka (Google) memutuskan untuk menutup layanan Blogger, maka Anda kemungkinan akan kehilangan data Anda bahkan mereka tidak memberikan Anda akses ke data Anda. Dan karena Blogger adalah gratis baik dari sisi platform dan server hosting, maka kontrol penuh dipegang oleh Google dan bukan Anda sendiri.

2. Setup WordPress Mudah

WordPress terkenal dengan proses setup yang mudah, Anda bahkan dapat melakukan instalasi WordPress dengan software 1-klik installer yang sudah disediakan olehk penyedia layanan hosting Anda. Kurang dari 5 menit proses instalasi akan selesai dan Anda sudah siap untuk memulai blog Anda. Jika Anda kesulitan untuk proses setup WordPress, maka Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam tutorial untuk setup WordPress.

Baca : Tutorial Cara Install WordPress Lengkap

3. Domain Milik Sendiri

Dengan WordPress hosting sendiri Anda dapat memiliki nama domain sesuai keinginan Anda dan dengan ekstensi pilihan Anda sendiri (ex:domainanda.com) dan hasilnya nama domain lebih profesional dan terpercaya. Berbeda dengan blogger yang menggunakan sub-domain blogspot.com (ex:domainanda.blogspot.com) yang terlihat terlalu panjang dan sulit diingat.

Nama domain untuk blog WordPress Anda memang berbayar dan biasanya bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar $12 atau Rp. 130.000, tapi banyak penyedia layanan hosting memberikan Anda gratis domain selama 1 tahun pertama, contoh layanan hosting yang memberikan domain gratis satu tahun adalah iPage dan Bluehost.

4. WordPress adalah Open-Source

WordPress merupakan platform Open source atau sumber terbuka dimana Anda dapat melihat kode WordPress secara keseluruhan sehingga Anda dapat mengubah dan menambahkan fungsi yang Anda inginkan secara leluasa. Berbeda dengan Blogger yang produk eklusif dimana pengguna tidak dapat melihat kode secara keseluruhan dan Anda hanya dapat melihat kode HTML untuk tampilan blog saja. Selain itu WordPress didukung oleh komunitas global dengan jutaan pengembang yang bekerja pada WordPress. Dan CMS ini selalu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan tren online. Tidak hanya itu, WordPress akan lebih cepat mendapatkan update platform dibanding Blogger karena memang selalu dikembangkan oleh para pengembang dari seluruh dunia.

5. WordPress memiliki Tema yang lebih keren

WordPress dalam direktori resminya sudah memiliki ribuan tema yang siap digunakan, sedangkan blogger hanya memiliki beberapa tema saja. Dan para pengembang banyak sekali yang membuat tema WordPress dengan pilihan gratis dan berbayar, untuk tema WordPress Anda juga akan lebih leluasa untuk melakukan kustom karena kode tema sepenuhnya terbuka untuk pengguna. Banyak hal lain lagi yang menakjubkan dapat Anda lakukan dengan tema-tema WordPress jika Anda mahir dalam coding.

6. WordPress mendukung eCommerce

WordPress dan Blogger sama-sama mendukung untuk dapat membuat toko online, tapi WordPress memiliki nilai lebih untuk hal ini karena WordPress memiliki WooCommerce yang dapat membantu Anda membuat toko online profesional dengan fitur sangat lengkap secara gratis. Dan WooCommerce sudah dikenal sebagai platform eCommerce paling populer di dunia dan dimiliki oleh perusahaan yang sama seperti WordPress. Dengan ini maka Anda akan dapat dengan mudah untuk menghasilkan uang melalui website Anda. Berbeda dengan platform Blogger yang mana jika Anda ingin menambahkan sebuah toko online, Anda harus menggunakan platform pihak ketiga seperti Ecwid atau Shopify.

7. WordPress Platform yang Aman.

Blogger merupakan platform yang juga aman dan bahkan mereka memiliki nilai plus untuk hal keamanan karena Blogger adalah miliki Google dan di operasikan di server hosting milik Google yang tentu saja terjamin keamananya, sedangkan WordPress akan dijalankan di perusahaan layanan hosting pilihan Anda sendiri. Tapi jangan khawatir tentang keamanan WordPress, Anda bisa memilih menggunakan layanan hosting dengan keamanan yang bagus, berikut beberapa ⇒ layanan hosting yang direkomendasikan oleh WordPress secara resmi.

Selain dari sisi server hosting, WordPress juga memiliki plugin-plugin populer untuk meningkatkan keamanan WordPress, back up informasi Anda, pemantauan serangan, dan mengotomatisasi update, dan ada plugin dengan layanan gratis dan juga berbayar. WordPress Codex juga menyediakan beberapa sumber daya yang besar untuk mengamankan, atau pengerasan, instalasi WordPress Anda.

8. WordPress Memiliki Plugin

WordPress memiliki ribuan plugin yang memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk menunjang kebutuhan untuk berbagai tujuan situs. Anda dapat dengan mudah menginstall plugin untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti plugin SEO, eCommerce, Social share, Security, Gallery, Portfolio dan masih banyak lagi.

Dan itulah beberapa alasan kenapa Anda harus mulai pindah dari platform Blogger ke WordPress, WordPress terbukti sebagai platform dengan kemampuan yang lebih dibanding blogger dan jika Anda sudah terlanjut menggunakan Blogger maka Anda dapat dengan mudah melakukan migrasi ke WordPress. Berikut tutorial ⇒ Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress Self Hosted.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda, dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Mengapa Anda Pindah Dari Joomla ke WordPress?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

How to whitelist website on AdBlocker?
Must Read...!
Theme WordPress Loose Responsive Free

Loose adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang sederhana, elegan & modern. Tema ini dapat...

Cara Mudah Menghapus atau Membersihkan Cache di WordPress

Sistem cache diciptakan untuk membuat pengguna mendapatkan waktu akses yang lebih cepat dari yang...

Close