Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

10 Frameworks untuk Membuat Web Mobile Application

Bagi banyak pengembang web, yang mungkin hanya akrab dengan HTML, CSS, dan JavaScript, mengembangkan aplikasi mobile bisa menjadi wilayah yang asing. Secara teknis, aplikasi mobile di Android, iOS, dan Windows Phone dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sama sekali berbeda; sebuah aplikasi Android menggunakan Java, sebuah aplikasi iOS menggunakan Objective-C, sedangkan aplikasi Windows Phone menggunakan .NET.

Tapi sekarang, siapapun yang memiliki pengetahuan tentang HTML, CSS, dan JavaScript dapat membangun aplikasi mobile. Salah satu keuntungan utama menggunakan teknologi web untuk membangun aplikasi Anda adalah Portabilitas. Menggunakan packager/compiler, seperti PhoneGap, Anda akan dapat menginstal aplikasi Anda pada banyak platform yang berbeda.

Ada sejumlah Framework yang membuat ini mungkin. Mereka juga telah melakukan setengah dari kerja keras untuk menjembatani kesenjangan antara web dan platform mobile. Berikut 10 Framework untuk membangun mobile application terbaik yang bisa anda pilih.

1. jQuery Mobile

jquery-mobile framework mobilejQuery Mobile adalah framework pengembangan mobile yang kuat untuk membangun aplikasi lintas-mobile-platform. jQuery Mobile mendukung berbagai platform yang berbeda, dari desktop biasa, ponsel pintar, tablet, atau perangkat e-reader seperti Kindle atau Nook. Mirip dengan saudaranya, jQuery UI, jQuery Mobile terdiri dari sejumlah UI itu, dalam kasus ini, dioptimalkan untuk perangkat mobile touch enabled.

2. Cordova / PhoneGap

cordova-phonegap framework mobilePhoneGap basicnya dari Cordova. Cordova/Phonegap menyediakan satu set API JavaScript yang terhubung ke fungsi asli perangkat seperti kamera, Kompas, Contacts, dan Geolocation. Cordova / Phonegap memungkinkan kita membangun aplikasi mobile tanpa bahasa pemrograman asli; sebaliknya kita dapat menggunakan kerangka seperti jQuery Mobile. Ini akan mengkompilasi aplikasi Anda menggunakan SDK platform dan akan siap untuk diinstal pada platform mendukung termasuk iOS, Android, Windows Phone, Blackberry dan Web OS.

3. Sencha Touch

sencha framework mobileSencha Touch adalah framework mobile didukung oleh HTML5 dan CSS3, menyediakan API, animasi, dan komponen yang kompatibel dengan platform mobile saat ini dan browser. Sencha Touch mendukung Cordova dan PhoneGap; Anda dapat mengkompilasi aplikasi Anda, dan mengirimkan aplikasi Anda ke platform bersangkutan Toko App. Selain itu, Sencha Touch memberikan satu set tema untuk iOS, Android, Blackberry, Windows Phone, Tizen, dan berbagai platform lain untuk membantu aplikasi Anda merasa seperti aplikasi asli.

4. Ratchet

ratchet framework mobileRatchet awalnya digunakan oleh Twitter sebagai alat internal untuk membuat prototipe aplikasi mobile mereka yang kemudian dipublikasikan untuk umum sebagai proyek open source. Ratchet hadir dengan koleksi User Interface dan plugin JavaScript untuk membangun aplikasi mobile sederhana, menyediakan kelas HTML dapat digunakan kembali. Dalam versi 2.0, Ratchet juga dikirimkan dengan proprietary icon huruf set bernama Ratcheticon dan dua tema UI pra-dibuat untuk iOS dan Android.

5. Ionic

ionic framework mobileJika Anda khawatir dengan kinerja aplikasi Anda, ionik adalah framework yang tepat untuk Anda. Ionic adalah kerangka ponsel HTML5 dengan fokus pada kinerja, dengan memanfaatkan akselerasi hardware, dan tidak memerlukan pihak ketiga JS library. Ionic bekerja terbaik bersama-sama dengan Angular.js untuk membangun sebuah aplikasi interaktif. Mirip dengan ratchet, Ionic dikirimkan dengan baik dibuat icon huruf set, Ionicons, dan Set Class HTML dapat digunakan kembali untuk membangun UI mobile.

6.Lungo

lungo framework mobileLungo adalah Framework ringan mobile berbasis HTML5 dan CSS3. Memiliki gaya default bagus yang dapat Anda gunakan sebagai titik awal untuk merancang aplikasi mobile Anda. Selain untuk komponen UI mobile, Lungo membawa sejumlah JavaScript API untuk mengontrol aplikasi Anda. Lungo mendukung platform berikut: iOS, Android, Blackberry dan Firefox OS.

7. jQT

jqtouch framework mobileJQT adalah plugin Zepto untuk Framework mobile terutama dirancang untuk browser WebKit. JQT mudah disesuaikan dan extensible. Muncul dengan tema yang dapat diubah dengan menggunakan Sass/Compass, transisi 3D keren yang dapat disesuaikan melalui CSS3, ditambah pengembang juga bisa memperpanjang JQT dengan fungsionalitas yang diperlukan mereka sendiri.

8. Junior

junior  framework mobileJunior juga plugin Zepto untuk membangun aplikasi mobile yang mirip dengan JQT. Tapi Junior adalah tergantung pada beberapa library eksternal untuk beberapa fitur untuk bekerja, yaitu Backbone.js, Flickable.js untuk membuat slider swipe-able, dan Ratchet untuk UI scaffold.

9. Jo

joapp  framework mobileJo mendukung berbagai platform mobile termasuk Tizen dan Chrome OS. Jo juga dilengkapi dengan starter, yang didukung oleh CSS3, sehingga memudahkan pengembang web pada setiap tingkat pengalaman untuk memahami dan mulai menata aplikasi mereka. Selain itu, Anda dapat menggunakan Jo bersama dengan PhoneGap atau Cordova untuk aplikasi Anda untuk digunakan pada platform mobile.

10. Famo.us

famo.us  framework mobileSeorang anak baru di blok framework mobile, Famo.us berjanji untuk menghilangkan masalah kinerja HTML5 pada perangkat mobile dengan engine JavaScript yang ringan (hanya 64k). Famo.us, kabarnya, akan juga meluncurkan layanan berbasis cloud untuk paket aplikasi Anda untuk mempublikasikan ke AppStore – itu terdengar seperti Phonegap dan Sencha akan mendapatkan pesaing baru segera. Anda dapat mendaftar sebagai penguji beta di www.famo.us.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host