fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

6 Tips dan Trik Dasar Youtube yang Harus Anda Ketahui

Saat ini siapa saja jika ingin melihat beberapa video klip musik keluaran terbaru atau menemukan tutorial terbaru tentang suatu subjek, atau konten apapun yang ingin kita ketahui, tempat pertama yang biasanya muncul di pikiran kita adalah YouTube. Namun, ada beberapa tips dan trik dari fitur YouTube yang sangat keren yang tidak diketahui oleh sebagian besar pengguna YouTube.

Pada artikel ini saya bermaksud untuk membagikan pada Anda 6 fitur dasar YouTube yang akan mengoptimalkan pengalaman Anda, memudahkan penggunaan YouTube dan mengetahui beberapa trik dari YouTube sehingga menjadikan platform ini lebih menyenangkan dan efektif bagi pengguna.

Baca : Cara Mudah Mengganti URL Channel YouTube Anda

1. Bagikan video mulai dari titik tertentu

Jika Anda ingin membagikan video YouTube tepat pada titik tertentu, detik, menit tertentu, Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah sederhana.

Tips dan Trik Dasar Youtube 1

Caranya : Cukup jeda atau pause video pada waktu di mana Anda ingin pengguna lain mulai menontonnya dan klik kanan pada layar video. Sebuah menu akan muncul dari mana Anda dapat memilih “Copy video URL at current time” atau “Salin URL video pada saat ini” dan bagikan. Maka otomatis, pengguna akan klik Tautan yang disalin dan membuka video langsung pada waktu tertentu sesuai yang Anda inginkan.

2. Putar ulang video secara otomatis

Ada saat-saat ketika Anda ingin melihat atau mendengar video YouTube, Mungkin Anda ingin mendengar lagu kesukaan Anda secara berulang-ulang. Jadi, untuk memutar ulang lagu dalam video YouTube tersebut, Anda tidak perlu mengetuk ulang setiap kali video berakhir, ada opsi di YouTube yang memungkinkan Anda memutar ulang video apa pun secara otomatis.

Tips dan Trik Dasar Youtube 2

Yang harus Anda lakukan adalah mengklik kanan pada video yang ingin Anda putar ulang secara otomatis dan dari menu yang muncul pilih “Loop”. Sekarang video akan terus diputar ulang secara otomatis sampai Anda masuk lagi ke menu tersebut dan menghilangkan centang pada menu “Loop” tersebut.

3. Putar video dalam kualitas HD secara default

Untuk sebagian besar video di YouTube, kualitas video telah ditetapkan pada kualitas terendah secara default sehingga dapat berputar secara lancar bahkan pada kecepatan internet yang rendah. Tetapi jika Anda benar-benar yakin dengan kecepatan internet Anda, Anda dapat menyesuaikan sistem pada YouTube untuk selalu memutar video dalam format HD atau kualitas terbaik dari video YouTube.

Tips dan Trik Dasar Youtube 6

Caranya : Untuk tips dan trik yang ketiga ini Anda membutuhkan ekstensi pihak ketiga untuk browser Anda, ekstensi tersebut bernama “Magic Actions for YouTube” yang hanya tersedia untuk browser terbaik seperti Google Chrome dan Firefox, aktifkan opsi HD Otomatis dalam ekstensi dan pilih resolusi yang sesuai untuk video YouTube Anda. Anda juga dapat mengatur dan menggulir untuk mengatur volume video Anda.

Baca : Panduan Lengkap Cara Monetisasi YouTube

4. Pencarian video yang lebih akurat

Ada jutaan video di YouTube. Jadi untuk menemukan video YouTube secara spesifik sesuai keinginan Anda kadang akan terasa sulit. Dalam pencarian video di YouTube ini Anda mungkin menemukan diri Anda menjelajahi puluhan halaman dengan harapan menemukan video yang sebenarnya ingin Anda tonton.

Tips dan Trik Dasar Youtube 4

Jika Anda tidak ingin mempermudah pencarian video yang ingin Anda tonton di YouTube, cukup tambahkan kata Allintitle: sebelum kata kunci yang Anda gunakan untuk mencari video. Ini pada dasarnya hanya memberi Anda hasil pencarian video yang menyertakan kata kunci yang dipilih.

5. Hapus kata kunci spesifik dalam pencarian

Anda dapat memilih kata kunci spesifik untuk dicari, atau tidak. Misalnya, Anda sedang mencari tutorial tentang ‘daftar domain’; menggunakan formulir pencarian paling konvensional, Anda akan menemukan banyak video tentang cara mendaftar domain menggunakan Godaddy.

Tips dan Trik Dasar Youtube 5

Sekarang mari kita berpikir bahwa Anda sedang mencari beberapa tutorial tentang pendaftaran domain dan Anda tidak ingin mendapatkan hasil video tentang register domain dari GoDaddy (karena Anda sudah menontonnya, atau karena alasan lain), Anda dapat mengecualikan kata kunci dari hasil pencarian Anda dengan cara berikut : keyword -excluded keyword

Dan dalam kasus seperti di contoh ini, yang menjadi keyword adalah Register domain dan kata kunci yang di kecualikan atau exclude keyword adalah Godaddy, jadi Anda dapat mengetikkan dalam pencarian sebagai berikut Register domain -Godaddy

6. Periksa kecepatan pemutaran video

Pengguna YouTube tahu betul tanda panel berwarna merah dan abu-abu yang berasal dari buffering lambat dari video yang Anda tonton. Jadi untuk menghindari gangguan, Anda selalu dapat melakukan tes kecepatan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan video atau koneksi internet Anda sendiri.

Yang harus Anda lakukan adalah mengklik kanan pada video dan akan muncul menu, lalu pilih “Stats for nerds”. Kotak informasi akan muncul di salah satu sudut layar video yang akan memberi Anda informasi tentang kecepatan koneksi internet Anda, aktivitas jaringan, dan kesehatan buffering video.

Tips dan Trik Dasar Youtube 3

Terlepas dari kecepatan koneksi, kotak informasi ini akan menunjukkan kepada Anda banyak statistik lain tentang video yaitu ID Video, Frame, resolusi Optimal, dan Codec, dll.

Baca : 3 Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa IDM

Dan itulah beberapa tips dan trik sederhana dari YouTube yang jika Anda gunakan akan mempermudah dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati video di YouTube.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Pasang Iklan Google AdSense di WordPress

Cara Pasang Iklan Google AdSense di WordPress. Google AdSense adalah salah satu cara yang...

Situs Pemesanan Online dengan Pinpoint Booking System WordPress

Situs Pemesanan Online dengan Pinpoint Booking System WordPress - WordPress selalu bisa menjadi bagian...

Close