fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Update Firmware Kamera Nikon DSLR

Cara Update Firmware Kamera Nikon DSLR – Salah satu area dalam kamera yang jarang disentuh adalah software atau perangkat lunak kamera, juga dikenal sebagai “firmware”. Sebagian besar gadget elektronik modern menyediakan kemampuan untuk mengupdate firmware mereka dengan mendownload versi terbaru yang membawa perbaikan dan pembaruan melalui situs web produsen dan menerapkan update itu pada perangkat kamera Anda.

Kenapa Perlu Update Firmware Kamera?

Update firmware kamera tidak hanya menyediakan perbaikan penting untuk bug yang diidentifikasi, tetapi juga menyediakan fitur-fitur baru yang tidak ada saat perangkat dikirim dari produsen. Kemampuan untuk dapat memperbarui dan menjalankan versi terbaru dari firmware telah menjadi standar di antara produsen kamera, yang memungkinkan pengguna akhir untuk menjalankan firmware terbaru dan terhebat di kamera Anda.

Jika Anda belum pernah memperbarui firmware pada kamera Nikon DSLR atau kamera mirrorless Anda, atau belum melakukan update untuk waktu yang lama, Anda mungkin ingin memeriksa apakah firmware baru tersedia untuk kamera Anda. Beberapa fotografer berpendapat bahwa mereka tidak merasa perlu menyentuh firmware kamera, karena mereka tidak memiliki masalah dengan kamera mereka dan semuanya tampaknya berfungsi dengan baik.

Saya pribadi merasa sebaliknya – mengapa tidak menjalankan kamera dengan software terbaru dan terhebat? Dan mengapa Anda menolak menambahkan lebih banyak fitur ke kamera Anda, terutama jika fungsi-fungsi itu tersedia untuk Anda tanpa biaya? Jika Anda setuju dengan saya, maka Anda harus memeriksa firmware apa yang Anda jalankan hari ini dan apakah firmware baru untuk kamera Anda tersedia.

Dalam beberapa kasus, yang terbaik adalah menunggu setidaknya 2-3 minggu setelah update firmware baru dirilis, untuk memastikan bahwa itu tidak datang dengan bug dan masalah yang tidak terduga. Meskipun Nikon memiliki sejarah dan reputasi yang sangat baik dalam hal rilis firmware, itu tidak berarti bahwa hal-hal buruk tidak akan terjadi dirilis berikutnya.

Baca : 10 Kamera Terbaik dan Murah Untuk Vlog

1. Periksa Versi Firmware saat ini

Memeriksa versi firmware pada kamera Nikon sangat mudah – cukup tekan tombol “Menu”, pergi ke “Firmware Version” di bawah “Setting”. Dan Anda akan melihat seperti gambar berikut.

update Versi kamera Nikon Firmware

Pada Nikon DSLR, catat nomor versi C dan L (pada beberapa kamera akan ada A dan B sebagai ganti C). Angka pertama (C) mewakili versi firmware kamera, sedangkan angka kedua (L) mewakili versi firmware lensa (untuk berbagai koreksi lensa dalam kamera). Dalam contoh di atas, versinya adalah 1,00 untuk kamera dan 2,005 untuk lensa. Jika Anda mencoba memperbarui firmware pada kamera mirrorless Nikon seperti Z6 dan Z7, Anda akan melihat versi “C” (kamera) dan “LF” untuk (firmware lensa).

Selanjutnya, buka Nikon Service and Support dan klik tautan “Firmware” di bawah “Download Center”. Saat halaman berikutnya dimuat, cari nama kamera Nikon Anda atau buka kategori untuk menemukan kamera Anda. Setelah halaman kamera dimuat, Anda akan melihat link ke “Firmware” lagi. Klik link tersebut dan download firmware terbaru akan terlihat. Pada saat menulis artikel ini, versi terbaru firmware untuk Nikon D810 saya adalah v1.12, dan Data Kontrol Distorsi terbaru adalah v2.015, seperti yang terlihat pada tangkapan layar di bawah ini:

Download Firmware Kamera Nikon D810

Cukup jelas bahwa saya firmware saya sudah ketinggalan, jadi ini saat yang tepat untuk meningkatkan firmware pada kamera saya. Firmware kamera saya akan beralih dari versi 1.00 ke versi 1.12, sedangkan firmware lensa akan di update dari versi 2.005 ke 2.015. Dianjurkan untuk memperbarui firmware secara berkala, karena ini dapat menyelesaikan sejumlah masalah, jadi jika angka yang Anda catat sebelumnya terlihat berbeda dari yang disajikan di situs web Nikon, ini akan menjadi saat yang tepat untuk memperbarui atau mengupdate firmware kamera Anda.

Jika Anda ingin melihat daftar perbaikan dan fitur baru yang disediakan firmware baru, cukup klik tautan “View download page” dan Anda akan dibawa ke halaman unduhan dan instruksi. Dalam kasus saya, daftar perubahan terlalu banyak untuk dicantumkan, tetapi saya sarankan Anda meninjau perubahan itu dan melihat apakah perubahan tersebut layak untuk update.

Dalam kebanyakan kasus, itu adalah ide yang baik untuk meningkatkan ke firmware terbaru dan terhebat, tetapi dalam beberapa kasus, Anda mungkin menemukan bahwa hal-hal tertentu mungkin tidak berfungsi seperti dulu. Ini terutama berlaku untuk grip baterai dari pihak ketiga dan baterai yang mungkin tidak berfungsi setelah update firmware.

Sebelum Anda memutuskan untuk memperbarui, saya akan memastikan bahwa rilis firmware terbaru setidaknya berusia 3 bulan, hanya untuk keamanan saja. Jika ada masalah besar dengan firmware baru, fotografer lain pasti akan mengeluh dan beberapa rilis firmware bahkan dapat ditarik kembali. Anda tidak ingin mengambil risiko berpotensi menstabilkan kamera Anda dengan menginstal firmware terbaru. Perlu diingat bahwa setiap rilis perangkat lunak dapat menjadi buggy, jadi sedikit bersabar untuk tidak segera melakukan update firmware kamera tidak ada salahnya dalam hal ini.

2. Upgrade Firmware Kamera

Sebelum Anda memulai proses upgrade firmware, pastikan baterai kamera Anda terisi penuh. Anda tidak ingin kamera Anda mati selama proses flashing firmware baru, atau itu bisa membuat kamera Anda tidak bisa dioperasikan!

Setelah Anda mendownload file firmware kamera dan lensa, sekarang saatnya untuk menyimpan di kartu memori Anda. Tetapi pertama-tama, Anda harus mengklik dua kali pada file dan mengekstraknya. Setelah ekstraksi selesai pada PC saya, saya menemukan ada dua folder: D810Update, yang berisi file firmware kamera yang disebut “D810_0112.BIN” dan DCDATAUpdate, yang berisi file firmware lensa yang disebut “NKLD0215.BIN“.

Yang perlu Anda lakukan dari sini, copy update firmware kamera ke kartu memori terlebih dahulu, karena Anda harus menerapkan update ini satu per satu. Buka folder kamera yang baru dibuat dan copy firmware kamera langsung ke folder root kartu memori Anda. Jangan menyalin folder – hanya file! Ini akan terlihat seperti apa kartu memori setelah file disalin:

Memory Card kamera Firmware

Sekarang keluarkan kartu memori dari komputer Anda, masukkan ke dalam kamera Anda dan masuk ke Menu → Setup Menu -> Firmware Version (yang biasanya merupakan opsi menu terakhir di bawah “Setup Menu”). Anda harus melihat layar kamera seperti ini:

Nikon D810 Firmware Option

Seperti yang Anda lihat, sekarang ada opsi yang mengatakan “Update”. Scroll ke bawah dan tekan OK, setelah itu Anda akan melihat peringatan:

Update Nikon D810

Gerakkan ke atas untuk memilih “Yes”, lalu tekan OK. Proses pembaruan firmware akan dimulai. Selama proses update, Anda akan melihat seperti ini:

Warning!
Do not turn camera off during update. Update will take several minutes.

Peringatan itu berarti bahwa “Jangan matikan kamera selama pembaruan, update akan berlangsung selama beberapa menit”.

Setelah pembaruan firmware selesai, Anda akan melihat pesan berikut:

Update completed.
Turn camera off.

Seperti yang diinstruksikan, matikan kamera. Hidupkan kembali dan sekarang Anda harus menggunakan firmware terbaru. Kunjungi kembali menu Versi Firmware dari “Setup Menu” dan Anda akan melihat versi kamera sudah berubah dari sebelumnya.

Dan sekarang Firmware kamera terbaru telah diperbarui. Sekarang saatnya mengupdate firmware lensa.

3. Update Firmware Lensa

Sekarang saatnya memperbarui firmware lensa. Keluarkan kartu memori dari kamera Anda, masukkan kembali ke komputer Anda, kemudian hapus file firmware kamera, yang dalam kasus saya adalah “D810_0112.BIN”. Sekarang pergi ke folder kedua di mana firmware lensa berada dan copy file ke folder root, seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Setelah proses pemindahan file ke kartu memori selesai, keluarkan kartu memori dan masukkan ke dalam kamera Anda. Kembali persis di mana Anda berada di bawah Menu → Setup Menu → Versi Firmware. Anda harus melihat lagi jendela yang sama persis seperti sebelumnya:

Firmware Update kamera nikon

Pilih tombol “Update” dan tekan OK. Anda harus melihat pesan berikut:

Update Firmware lensa

Sekali lagi, pilih “Yes” dan tekan “OK”. Proses pembaruan lensa harus diselesaikan jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses pembaruan kamera. Setelah selesai dan muncul pesan “Update completed. Turn camera off ”, matikan kamera. Hidupkan kembali dan kunjungi kembali menu Versi Firmware lagi.

Jika semuanya berjalan dengan baik, maka akan terlihat versi telah berubah baik firmware kamera versi 1.12 dan lensa versi 2.015 terlihat, yang berarti prosesnya telah selesai.

Baca : 10 Kamera DSLR Terbaik Harga Dibawah 5 Jutaan

Dan itulah panduan lengkap cara update firmware kamera nikon DSLR dan Mirrorless. Semoga artikel ini bermanfaat dan sekarang Anda sudah bisa mengupdate firmware kamera kesayangan Anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
3 Jenis Polis Asuransi Yang Tidak Anda Butuhkan

3 Jenis Polis Asuransi Yang Tidak Anda Butuhkan - Tidak diragukan lagi ada beberapa...

5 Layanan Gig Terlaris Yang Harus Anda Jual Di Fiverr

5 Layanan Gig Terlaris Yang Harus Anda Jual Di Fiverr - Apakah Anda saat...

Close