How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Kamera Terbaik dan Murah Untuk Vlog

Kegiatan blogging tak selalu berkaitan dengan tulis menulis saja. Tetapi kegiatan blogging juga bisa dilakukan dengan merekam video sesuai dengan konten yang kita buat. Seseorang yang melakukan hal ini disebut dengan istilah vlogger, bahkan kegiatan yang satu ini kini telah menjadi fenomena yang sudah tak lagi asing bagi kita. Saat melihat media sosial, hampir selalu ditemukan seseorang yang melakukan vlogging dan di upload di media sosial mereka masing-masing. Video-video tersebut menuai reaksi beragam oleh para netizen, ada yang menyukainya atau bahkan membencinya karena kualitas video yang kurang baik

Dalam melakukan vlogging, membuat video yang bagus adalah kunci yang harus benar-benar kita lakukan. Jangan sampai, konsep video yang bagus dan sudah dicanangkan dengan begitu matang, justru memiliki kualitas yang kurang bagus. Karena itulah anda harus memiliki keahlian dalam membuat video yang apik sehingga terlihat menarik. Tetapi akan percuma juga jika skill yang anda miliki tidak didukung dengan perangkat kamera terbaik dan memang direkomendasikan untuk dijadikan video blog.

Selain faktor kualitas rekaman, kamera yang akan digunakan sebaiknya jangan terlalu besar dan pastinya nyaman untuk digenggam. Janhan sampai kegiatan anda yang menyenangkan justru semakin dibuat sulit dengan bentuk kamera yang tidak mampu untuk anda genggam. Memang tidak ada salahnya bagi kita jika ingin melakukan vlogging dengan menggunakan kamera smartphone, tetapi akan lebih baik lagi menggunakan kamera tersendiri yang mempunyai kualitas yang mumpuni.

Baca : 3 Langkah Cara Membuat Video Tutorial Yang Profesional

Kamera Terbaik dan Murah Untuk Vlogger

Berikut ini saya sampaikan beberapa kamera terbaik yang bisa anda gunakan untuk melakukan kegiatan vlogging. Sudah barang tentu kamera yang saya rekomendasikan berikut ini memiliki harga yang terjangkau dan sesuai dengan keadaan dompet anda. Adapun kamera-kamera tersebut adalah sebagai berikut :

1. Canon EOS M10

Kamera Terbaik murah untuk vlog Canon EOS 10

Harga : Rp 3.500.000

Bagi anda seorang vlogger dan ingin menggunakan kamera video berkualitas, maka Canon EOS M10 bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan kamera yang satu ini sangat memungkinkan bagi anda untuk dapat merekam video berkualitas Full HD beresolusi 1920×1080 dengan kompatibilitas terbaik berformat MP4. Kamera ini tidak membuat anda melakukan perekaman karena dilengkapi dengan touch activated AF dan kontrol manual dan pengaturan yang mudah untuk pemula sekalipun.

Selain itu kamera mirroless yang satu ini berteknologi CMS AF ISI dan memiliki kemampuan autofokus yang akurat dan mampu mengambil gambar dengan cepat. Dengan lensa beresolusi 18 MP, Canon EOS M19 dilengkapi dengan sensor CMLs dan juga fasilitas ISO 100 – 12800 mencapai 25600. Selain itu, dengan berbekal layar LCD sentuh, kamera ini dapat diputar sehingga dapat menghadap ke arah kita sebagai pengguna. Alhasil lebih murah ketika mengambil video swafoto untuk vlogging. Wah menarik bukan?

2. Fujifilm X-A3

Kamera terbaik murah untuk vlog Fujifilm X-A3 2

Harga : Rp 4.500.000

Sama seperti Canon EOS M10, kamera Fujifilm X-A3 juga diperuntukkan untuk pemula yang sama sekali belum mahir menggunakan kamera. Karena hal itulah fitur-fitur dan displaynya dibuat sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pemula. Kamera yang satu ini menggunakan resolusi 24 MP dan bersensor APSC. Dengan resolusi tersebut sudah mampu membuat kamera ini menghasilkan gambar yang jernih dan berkualitas

Dengan dibekali layar sentuh berukuran 3 inchi, membuat layar tersebut bisa dilipat sehingga lebih memudahkan anda dalam mengambil video ketika sedang sedang melakukan swafoto. Tak cukup sampai disitu, kamera Fujifilm X-A3 juga menggunakan lensa FUJINON XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II yang diklaim mampu memotret macro paling baik di kelasnya. Bahkan mampu untuk menangkap gambar secara fokus dengan jarak hanya 7 cm saja. Yakin, tidak ingin mencobanya?

3. Nikon 1 J5

Kamera terbaik murah untuk vlog Nikon 1 J5

Harga : Rp 4. 450.000

Nikon 1 J5 memiliki desain yang sangat ramping sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tentu hal ini tentu menjadi suatu keuntungan sendiri bagi seorang vlogger yang selalu ingin membawa kamera kemanapun. Sementara itu layar Lcd nya berukuran 3 inchi dan mampu memberi hasil gambar yang berkualitas dan juga tajam. Bahkan dibawah sinar matahari sekalipun hasilnya juga masih oke.

Memang kamera yang satu ini ditujukan kepada para penggunanya untuk kebutuhan swafoto. Layarnya yang dapat dilipat hingga 180° keatas dapat mempermudah pengguna ketika melakukan foto atau video swafoto. Dibekali dengan sensor 20,8 Mpix, kamera ini mampu merekam video hingga mencapai kualitas 4k walau hanya berkecepatan 15 fps. Untuk rentang ISO sendiri bisa terbilang luas dengan rentang 160 hingga 12.800.

4. Olympus PEN E-PL8

Kamera terbaik murah untuk vlog Olympus PEN E-PL8

Harga : Rp. 4.500.000

Kamera Olympus PEN E-PL8 lebih menargetkan kamera mirroless teruntuk para vlogger dengan fitur yang banyak membantu. Kamera ini didukung dengan sensor Live MoS beresolusi 16 MP dan prosesor gambar TruePic V11 sehingga menghasilkan gambar dengan warna yang lebih dan tajam. Tak hanya itu, kamera yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur penstabil video dan menempatkan layar sentuh yang bisa dilipat 180 ° sehingga dapat digunakan untuk melakukan swafoto. Secara otomatis, mode swafoto akan aktif jika anda memutarnya ke bawah.

5. Sony A5100

Kamera terbaik murah untuk vlog Sony A5100

Harga : Rp 7.000.000

Dengan berbekal prosesor BIONZ X, kamera ini mampu memproses hasil foto dan video dengan begitu cepat. Selain memiliki ukuran fisik yang kecil, bobot kamera ini juga terbilang ringan hanya 223 gram. Tentu saja kondisi ini sangat menguntungkan bagi para vlogger supaya mudah untuk membawa kamera tersebut kemana-kemana. Kamera ini sangat cocok untuk kebutuhan vlogging dan juga swafoto bagi anda.

Dengan lensa kit 16-50 mm, kamera yang satu ini memiliki sensor APS-C Exmor CMOS dengan resolusi 24 MP dengan kualitas tinggi. Tak hanya itu kamera Sony yang satu ini juga memiliki kemampuan dalam hal merekam video yang jernih beresolusi full HD. Belum lagi layar LCD yang bisa dilipat 189 derajat membuat anda bisa mengambil foto dan video swafoto dengan lebih mudah. Yang pasti, Sony A5100 menjadi salah satu kamera terbaik untuk kegiatan vlogging anda.

6. Samsung NX3000

Kamera terbaik murah untuk vlog Samsung NX3000

Harga : Rp 3.555.000

Samsung juga memiliki kamera mirroless yang dapat memenuhi kebutuhan swafoto dan juga kebutuhan para vlogger. Kamera yang satu ini dilengkapi dengan lensa 16-50mm optical image stabilizer power zoom dan juga sensitivitas cahaya antara ISO 100 dan ISO 25.6000. Beresolusi 320 x 480 Pixel, kamera ini bisa dilipat dan diputar keatas dan dapat aktif secara otomatis. Tak cukup sampai disitu, kamera Samsung NX3000 juga dibekali dengan kemampuan shutter speeds dan continuous shooting hingga 5 frame per detiknya.

7. Panasonic Lumix DMC GF7

Kamera terbaik murah untuk vlog Panasonic Lumix

Harga : Rp 7.500.000

Kamera buatan Panasonic ini mendukung prosesor Venus engine yang dapat mer Kam video hingga beresolusi Full HD (1920 x 1080 px). Selain itu kamera yang satu ini juga didukung dengan fitur auto fokus dan light speed AF hingga 23 titik fokus. Bagi anda seorang wanita penyuka swafoto saat melakukan kegiatan vlogging, kamera Panasonic Lumix DMC GF7 dibekali dengan fitur khusus yaitu face shutter, buddy Shutter, dan beauty.

8. Xiaomi Yi 4K

Kamera terbaik murah untuk vlog Xiaomi Yi 4K

Harga : Rp. 3.500.000

Kamera ini memang memiliki harga yang murah, namun bukan berarti memiliki kualitas yang murahan. Kamera Xiaomi Yi 4k memiliki baterai yang powerful bertenaga 1400 mAh mampu untuk merekam video hingga 1 jam nonstop. Wow, tentu hal tersebut memberikan kepuasan tersendiri bagi seorang vlogger. Selain itu, LCD belakangnya juga responsive dan dibekali dengan gorila glas sebagai anti gores.

9. Xiaomi Yi M1

Kamera terbaik murah untuk vlog Xiaomi Yi

Harga : Rp 4.550.000

Masih dari Xiaomi, kamera ini memiliki bobot yang ringan namun memiliki kontruksi dan material yang tidak kopong. Desainnya tangguh dan mewah menjadi salah satu keunggulan dari kamera buatan perusahaan asal negeri China ini. Kamera Xiaomi Yi M1 mampu untuk merekam video 4K dengan frame rate 30 FPS. Meskipun berharga murah, tetapi kamera ini tetap layak dijadikan pilihan utama untuk memenuhi aktivitas video blog yang anda lakukan.

10. Brica B-Pro 5 Alpha Plus

Kamera terbaik murah untuk vlog Brica B-Pro 5 Alpha Plus

Harga : Rp. 2.300.000

Kamera Brica B-Pro 5 Alpha Plus didukung dengan resolusi video mencapai 2,5 Kali. Kamra yang satu ini menjadi salah satu kamera kasi terbaik setingkat GoPro di Indonesia. Bahkan merk kamera ini berasal dari Indonesia dengan nama PT. Harmoni Talenta Arthamedia yang hadir sejak tahun 2002. Kamera yang satu ini memiliki sebuah CMOS sensor berkekuatan 16.35 megapixels. Soal kemampuan perekaman video, kamera ini tentu tidak kalah dengan kamera lain yang sejenis.

Baca : 10 Software Perekam Layar Terbaik untuk Membuat Video Tutorial

Jadi jangan pernah salah pilih lagi dalam memilih kamera untuk aktivitas video blog anda. Menjadi Vlogger yang sukses tentu berawal kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih kamera ya. Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Quform – Plugin Canggih Pembuat Formulir WordPress

Ketika Anda memiliki website untuk tujuan apapun, formulir kontak akan selalu menjadi bagian penting...

Lebih Jauh Mengenal Tentang Domain Controller dan Segala Fungsinya

Berbicara mengenai domain dan hosting sepertinya tidak akan pernah usai. Karena setiap harinya terjadi...

Close