How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

13 Cara Ampuh Mempromosikan Bisnis Secara Online

13 Cara Ampuh Mempromosikan Bisnis Secara Online – Saya tahu betapa sulitnya dikenali oleh banyak orang ketika Anda ingin mempromosikan bisnis baru Anda secara online. Karena semuanya seperti sudah ada di internet dan persaingan begitu besar. Mempromosikan bisnis secara online tampaknya merupakan hal yang agak sedikit sulit, tetapi percayalah, bahwa Anda akan merasa lebih mudah setelah mengikuti teknik-teknik promosi yang akan saya jelaskan di artikel ini.

cara mempromosikan bisnis secara online sukses

Di artikel ini saya sudah menyusun beberapa teknik cepat dan gratis untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Teknik-teknik ini akan membantu Anda meningkatkan pengunjung dan penjualan.

Anda perlu mengetahui metode pemasaran mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Karena setiap bisnis menargetkan audiens dan lokasi yang berbeda, Anda harus mencoba cara pemasaran yang berbeda. Setelah Anda mulai melihat hasilnya maka Anda dapat menginvestasikan lebih banyak uang dan sumber daya untuk memperoleh lebih banyak pelanggan.

Loading...

Harap diingat bahwa adanya kemajuan meskipun lambat masih lebih baik daripada tidak ada kemajuan sama sekali. Jadi, bersabarlah dan bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan Anda.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

Bagaimana Cara Melakukan Promosi Online Gratis?

Ini adalah 10 cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis. Sebagian besar metode pemasaran gratis ini berhasil bagi saya dan klien saya. Jadi, saya cukup yakin Anda akan melihat hasil yang signifikan setelah mengikuti “teknik promosi” ini.

1. Cara Mempromosikan Bisnis Menggunakan Media Sosial

Jejaring sosial untuk mempromosikan bisnis online itu sangat bagus, Anda bisa berbagi kisah kehidupan nyata, acara, manfaat produk Anda, ulasan pengguna, dan sebagainya.

Jika Anda belum membuat akun di semua jejaring sosial utama, maka Anda harus segera membuatnya. Mulailah mempromosikan bisnis online Anda di semua akun sosial yang relevan. Temukan orang di niche Anda, terhubung dengan mereka. Temukan pelanggan potensial dan beri mereka produk Anda.

Ini adalah beberapa jejaring sosial terkenal yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Jika Anda tidak yakin yang mana yang harus Anda gunakan, Anda dapat mencoba beberapa di antaranya dan mencari tahu mana yang memberikan paparan yang baik kepada audiens target Anda. Kemudian mulailah membangun koneksi:

  • Twitter
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest

2. Mengembangkan dan Melaksanakan Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah tren baru yang membantu banyak bisnis offline membangun keberadaan mereka di Internet.

Kita semua suka mendengar cerita-cerita hebat. Jika Anda bisa menyampaikan cerita bagus kepada audiens target Anda, Anda dapat menarik banyak pelanggan baru.

Apa itu Pemasaran Konten?

Ini adalah konsep pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online dalam bentuk video, blog, dan posting media sosial. Pemasaran konten itu sendiri tidak secara langsung membantu Anda menghasilkan penjualan tetapi dimaksudkan untuk merangsang minat pengguna dalam produk atau layanan Anda.

Banyak brand terkenal telah menggunakan pemasaran konten online untuk menarik audiens target mereka ke situs web / platform media sosial mereka, sehingga mereka dapat mengkonversi pengguna tersebut menjadi penjualan.

Jadi, dengan membuat konten yang bermanfaat untuk audiens target Anda dalam bentuk posting blog, video, infografis, pdf, podcast, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang. Lebih mudahnya adalah Anda meminta para blogger yang memiliki pengunjung potensial untuk mengulas produk Anda dan memberikan mereka produk gratis pada mereka.

3. Pemasaran Email dan Pembuatan Daftar

Pemasaran email adalah alat yang sangat ampuh yang telah terbukti berfungsi untuk banyak bisnis online.

Ada lebih dari 3,7 miliar pengguna email di dunia saat ini, yang berarti jumlah pengguna yang diproyeksikan pada tahun 2021 adalah 4,1 miliar. Selain itu, Email 40 kali lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan baru daripada Facebook atau Twitter.

Anda harus mengatur akun di layanan email marketing seperti MailChimp, AWeber, atau Constant Contact. Dengan menggunakan salah satu layanan email promosi ini Anda akan dapat mengumpulkan arahan melalui situs web Anda.

Namun, Anda perlu mengatur alat penjaring email di tempat-tempat penting situs web Anda untuk mengumpulkan email pelanggan Anda seperti menampilkan kolom untuk daftar menjadi subscriber email Anda. Setelah itu Anda dapat mengirimi mereka update mingguan, penawaran diskon baru, paket khusus, dll. Kemungkinannya tidak terbatas. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat ketika Anda membuat kampanye pemasaran email.

  • Bangun Hubungan: Bangun koneksi melalui keterlibatan yang dipersonalisasi.
  • Kesadaran Merek: Jaga agar perusahaan dan layanan Anda selalu terdepan saat prospek Anda siap untuk terlibat.
  • Promosi Konten: Gunakan email untuk berbagi konten blog yang relevan atau aset bermanfaat dengan prospek Anda.
  • Lead Generation: Pikat pelanggan Anda untuk memberikan informasi pribadi mereka dengan imbalan aset yang mereka anggap berharga.
  • Pemasaran Produk: Promosikan produk dan layanan Anda.
  • Lead Nurturing: Buat senang pelanggan Anda dengan konten yang dapat membantu mereka sukses dalam tujuan mereka.

Berikut adalah daftar layanan pemasaran email terjangkau dan terbaik yang dapat Anda pilih.

4. Menggunakan Teknik Lintas Promosi

Jika Anda telah membangun koneksi dengan orang-orang yang tepat, Anda dapat mempromosikan secara silang produk Anda di situs web / platform media sosial mereka dan memberi mereka kesempatan yang sama.

Promosi silang adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Namun, promosi silang tidak berfungsi untuk setiap model bisnis di luar sana.

Anda harus mencari tahu apakah bisnis di ceruk pasar Anda sudah menggunakan strategi ini atau tidak, jika ya, maka Anda dapat mempromosikan dengan menggunakan cara yang sama seperti pesaing Anda. Penelitian persaingan adalah bagian penting untuk memahami ceruk pasar.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mempromosikan silang produk di niche target pasar Anda.

  • Temukan Influencer: Jangkau influencer di industri Anda untuk meminta ulasan produk, pendapat.
  • Posting Tamu: Anda dapat mempromosikan produk / layanan Anda di blog dalam niche Anda. Namun, posting tamu juga harus membantu bisnis di blog yang akan Anda terbitkan konten Anda.
  • Joint Adverting: Anda dapat bermitra dengan merek-merek yang relevan dan bekerja bersama untuk membuat kesepakatan. Anda berdua kemudian dapat mempromosikan kesepakatan ini menggunakan platform iklan yang berbeda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

5. Bagaimana Cara Mempromosikan Bisnis Anda di Google secara Gratis?

Lalu lintas pencarian organik dapat memberi bisnis Anda dorongan baru. Ini dapat membantu Anda menumbuhkan audiens, basis pelanggan dan meningkatkan pengenalan merek Anda. SEO sedikit berbeda dari saluran pemasaran lain yang disebutkan dalam artikel ini. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis online Anda.

Dibutuhkan banyak waktu dan ada kemungkinan Google dapat menghukum situs web Anda karena optimasi berlebihan (meskipun tidak sering terjadi).

Untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari, ada beberapa hal yang sangat penting dalam SEO. Silakan baca panduan SEO untuk bisnis kecil ini. Ini akan membantu Anda mengikuti proses langkah demi langkah untuk meningkatkan SEO situs web Anda.

6. Teknik Promosi Di Group dan Forum

Ada ribuan forum dan grup Internet yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda tidak harus menjual layanan / produk Anda langsung kepada orang-orang tetapi pada kenyataannya, Anda dapat membantu orang-orang dengan menunjukkan keahlian Anda di lapangan. Jawab pertanyaan mereka, dan juga ajukan pertanyaan Anda.

Anda dapat membangun beberapa hubungan bisnis yang hebat menggunakan forum dan grup Internet. Koneksi ini dapat membantu Anda menumbuhkan komunitas online Anda. Bahkan Anda juga bisa menawarkan bisnis Anda pada grup pesan singkat seperti grup telegram atau whatsapp.

Loading...

7. Posting Tamu

Posting tamu baru-baru ini telah menjadi kebutuhan untuk setiap promosi bisnis online. Ini akan meningkatkan otoritas domain Anda dalam pencarian Google. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan lalu lintas rujukan.

Jadi di mana Anda harus mengirim posting tamu?

Jawaban sederhananya adalah, Anda harus mencari tahu blog mana yang dibaca audiens Anda atau mencari  blog yang relevan dengan produk Anda. Hubungi blog-blog itu dan minta ijin pada mereka untuk mempublikasikan posting tamu di blog mereka.

Posting blog tamu Anda harus bermanfaat dan ditulis dengan baik. Anda dapat menambahkan beberapa backlink nofollow ke halaman produk / layanan utama Anda (pastikan untuk mengoptimalkan halaman-halaman itu untuk konversi).

Ini akan membawa lalu lintas rujukan ke situs web Anda. Jadi posting tamu adalah sumber pemasaran yang sangat kuat yang dapat Anda manfaatkan dan membangun merek dan bisnis Anda secara online.

8. Blogging

Jika Anda belum membuat blog di situs web bisnis Anda, maka Anda bisa kehilangan banyak pengunjung prospek.

Blogging telah membantu banyak bisnis online menjadi tumbuh dan dapat memengaruhi keputusan audiens mereka untuk membeli.

Blogging akan membantu membangun merek online Anda. Semakin banyak lalu lintas di blog Anda itu bisa dijadikan sebagai pancingan untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Blogging dapat membantu Anda menjangkau banyak orang di dalam jaringan Anda dan di luar jaringan Anda. Ini juga cara yang bagus untuk membangun komunitas di sekitar merek Anda.

Baca : Cara Membuat Blog WordPress dalam Waktu 30 Menit

9. Buat Video dan Upload ke YouTube

Cara promosi yang bagus untuk bisnis Anda secara online adalah dengan membuat video tentang bisnis atau produk Anda dan upload video tersebut ke YouTube. Anda bisa membuat beberapa video dan ceritakan apa kelebihan dari bisnis dan produk Anda. Ini merupakan cara promosi online gratis dan jangka panjang.

Anda mungkin akan terkejut, jika Anda aktif membuat video tentang bisnis Anda, akan ada banyak orang yang menonton dan tertarik pada produk atau bisnis Anda.

Baca : Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke YouTube

10. Promosikan bisnis melalui Google My Business

Google My Business merupakan tempat yang sangat bagus ketika Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda melalui mesin pencari Google, dan ini adalah gratis.

Anda hanya perlu mendaftarkan bisnis Anda, mengisi informasi tentang bisnis, informasi alamat dan lainnya. Dengan begitu pencarian SEO lokal sangat memungkinkan bisnis Anda mudah ditemukan oleh calon-calon pelanggan di dekat Anda. Anda bisa mempelajari tentang Google my Business di artikel berikut → Cara Mendaftarkan Bisnis Anda ke Google My Business.

Mempromosikan Bisnis Anda dengan Iklan Online

Periklanan juga merupakan metode yang efektif untuk mempromosikan bisnis secara online. Namun, sebagian besar bisnis kecil tidak memiliki banyak uang untuk promosi dengan iklan berbayar. Namun, jika Anda memiliki banyak uang untuk iklan, maka Anda dapat mencoba beberapa metode periklanan dibawah ini untuk meningkatkan penjualan online Anda.

1. Pemasaran Iklan di Media Sosial

Ini memiliki tanggapan beragam dalam hal konversi, sebagian besar para marketer percaya pemasaran media sosial adalah alat yang baik untuk menghasilkan arahan yang dapat mereka gunakan untuk nanti pada kampanye pemasaran mereka.

Mengapa?

Ketika orang mencari produk Anda atau permintaan terkait di mesin pencari, Google akan menampilkan iklan kepada mereka. Jadi itu menjadikan orang-orang ini memiliki keinginan untuk membeli atau mengetahui tentang biaya produk tertentu.

Di sisi lain, ketika Anda melihat iklan di Facebook, mereka tidak selalu relevan dan saya tidak berpikir orang mencari produk di Facebook. Jadi, menurut saya, pemasaran media sosial tidak akan memberi Anda hasil yang sama seperti kampanye PPC.

Itu sebabnya Facebook telah memperkenalkan iklan penargetan ulang. Ini adalah pendekatan yang jauh lebih baik daripada menampilkan iklan langsung. Baca posting blog ini tentang cara mengatur iklan penargetan ulang Facebook.

2. Promosikan Bisnis Anda dengan Search Engine Marketing (SEM)

Pemasaran iklan melalui mesin pencari atau iklan PPC dapat membantu bisnis Anda mendapatkan penjualan langsung. Ini adalah salah satu cara yang banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis online.

Memang itu mahal, tetapi jika Anda memiliki anggaran, Anda ingin mengembangkan bisnis Anda atau katakanlah seorang investor yang memiliki uang. Pemasaran mesin pencari adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan penjualan online Anda dan mempromosikan produk / layanan Anda.

3. Pemasaran melalui para Influencer

Ketika datang ke pemasaran online, tidak ada saluran tunggal yang secara benar memberi Anda ROI terbaik. Jadi, yang paling penting adalah Anda harus tahu target audiens Anda, kebutuhan dan keinginan mereka.

Jika Anda mengetahui audiens target Anda dengan cukup jelas, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menargetkan kampanye promosi untuk mereka.

Sekarang Anda telah menemukan industri, Anda harus menemukan influencer. Influencer dapat dari blogger, media sosial, selebriti Instagram, vlogger, YouTuber, atau siapa pun yang memiliki pengaruh dalam industri yang Anda geluti.

Pertama, Anda perlu terhubung dengan mereka menggunakan saluran media sosial apa pun atau di mana pun Anda bisa menemukannya.

Sering kali, jika Anda membangun koneksi secara akurat maka Anda tidak perlu membayar influencer. Menawarkan sampel produk atau diskon biasanya lebih dari cukup.

Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis secara online dan mendapatkan bisnis Anda sukses dikemudian hari. Jadi, pastikan Anda menerapkan beberapa cara promosi bisnis diatas agar bisnis yang Anda jalankan sukses. Selamat mencoba 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Mengatur Live Wallpaper di iPhone

Cara Mudah Mengatur Live Wallpaper di iPhone - Jika Anda sudah bosan dengan menggunakan...

Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13

Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13 - Menginstall font pada iPhone...

Close