How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mendaftarkan Bisnis Anda ke Google My Business

Cara Mendaftarkan Bisnis Anda ke Google My Business – Setiap orang tentu menginginkan bisnisnya semakin maju, salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan promosi agar bisnis semakin berkembang. Selain itu beriklan juga menjadi cara untuk memperkenalkan bisnis anda kepada banyak orang. Tak hanya itu saja, branding juga perlu dilakukan agar calon pembeli dapat dengan mudah untuk mengingat nama usaha anda dan tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Sebelum melakukan promosi ada baiknya menyusun rencana terlebih dahulu. Mulai dari menentukan tujuan, target pasar, keunggulan produk yang anda jual, dan lain sebagainya. Promosi sangat menentukan keberhasilan usaha yang anda jalankan. Promosi yang gagal maka kemungkinan besar bisnis anda juga akan gagal. Berbagai cara promosi bisa dilaksanakan baik itu dengan cara berbayar (iklan di media sosial) atau secara gratis (melalui web pribadi, spanduk, banner, dan lain sebagainya.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Melakukan promosi berbayar semisal melalui FB Ads atau Google AdWords pelanggan anda menjadi lebih tertarget sehingga berpeluang mendapatkan repeat order asalkan produk yang dijual terus ditingkatkan kualitasnya. Namun sayangnya, cara ini membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga banyak orang berpikir ulang untuk melakukannya. Lalu bagaimana dengan promosi gratis? Apakah sama efektifnya dengan promosi berbayar?

Dalam promosi gratis jelas, pengeluaran atau modal yang anda keluarkan menjadi jauh lebih sedikit. Hal ini membuat keuntungan dari bisnis yang dijalankan menjadi jauh lebih besar. Namun kita harus jeli dan cermat dalam melakukan teknik promosi yang satu ini. Jangan sampai salah target atau sasaran sehingga membuat produk bisnis anda sulit untuk laku. Tapi tahukah anda, terdapat cara mempromosikan bisnis yang kita jalankan melalui layanan Google My Business. Seperti apakah layanan tersebut?

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Apa Itu Google My Business?

Google My Business merupakan salah satu layanan yang telah disediakan oleh Google teruntuk Anda yang mempunyai bisnis dan ingin dipasarkan secara online. Melalui Google My Business membuat anda lebih mudah untuk menemukan pelanggan. Google My Business atau yang juga disebut Google My Business akan menampilkan informasi mengenai jadwal, lokasi, dan kontak atau narahubung tentang bisnis anda.

Mengapa lokasi perlu ditampilkan? Hal ini berguna supaya calon pembeli atau pelanggan lebih mudah menemukan tempat anda berjualan. Selain itu nantinya akun Google My Business bisa tampil di search engine Google sehingga berpeluang besar untuk mendapatkan banyak sekali pengunjung bahkan pembeli. Tinggal bagaimana anda mempercantik tampilan akun tersebut nantinya setelah mendaftar.

Cara Mendaftar Google My Business

Untuk membuat akun Google My Business, anda diharuskan memiliki akun Google terlebih dahulu. Bagi anda yang belum memilikinya, silakan dibuat terlebih dahulu. Saya yakin pembaca sudah paham betul bagaimana cara membuatnya sehingga tidak perlu saya jelaskan lagi pada artikel ini. Saya langsung saya fokus menjelaskan pembuatan akun Google bisnisku saja. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Login terlebih dahulu ke akun Google anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan membuat email Gmail, karena satu akun Google adalah untuk semua layanan. (Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone).

Login email Gmail

2. Langkah kedua adalah dengan mengunjungi Google My Business. dan klik tombol biru “Kelola Sekarang”.

Google My Business

3. Daftar Google My Business dengan mengisi data-data informasi bisnis anda secara lengkap. Akan ada beberapa langkah harus Anda selesaikan yang berisikan beberapa pertanyaan seperti berikut :

  • Apa Nama bisnis Anda? (Masukkan nama bisnis Anda)
  • Pilih Kategori Bisnis Anda? (Pilih kategori yang paling sesuai dengan bisnis Anda)
  • Tambahkan Alamat Lokasi Bisnis Anda? (Klik Ya, Agar Google menambahkan Peta)
  • Di Wilayah mana bisnis Anda berada? (Isi dengan Negara)
  • Dimana Anda melayani pelanggan? (Isi dengan Kota dan Propinsi)
  • Masukkan Detail Kontak? (Isi nomor telpon dan alamat situs web jika ada)
Google My Business 2

4. Setelah Anda mengisi pertanyaan-pertanyaan seperti diatas, Anda bisa mengisi alamat lengkap Anda untuk tujuan verifikasi bisnis.  Karena Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui pengiriman Pos, dan alamat ini tidak akan ditampilkan dalam Google My Business.

Verifikasi alamat google my business

5. Sekarang proses pendaftaran selesai dan Anda akan dibawa ke dalam halaman dashboard Google My Business. Pada halaman inilah Anda bisa melakukan banyak hal seperti menambahkan jam kerja (buka tutup) toko atau bisnis Anda. Menambahkan informasi penting lain dan juga foto.

Google My business info

Verifikasi Google My Business

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas pada poin 4, Anda akan menerima kode verifikasi yang akan dikirim melalui pos surat. Ketika Anda sudah menerima itu, Anda bisa melakukan verifikasi pada akun Google My business dan mendapatkan manfaat seperti berikut :

  • Izinkan pelanggan baru menemukan Anda di seluruh Google
  • Buat posting promosi
  • Lacak analitik bisnis
  • Tanggapi ulasan pelanggan

Kartu pos dari Google akan dikirim dalam waktu kurang lebih 12 hari. Dan yang perlu anda ketahui, selama masa pengiriman tersebut anda tidak mengubah informasi alamat hingga kartu benar-benar sampai di rumah anda.

Surat kode verifikasi google my business

Setelah surat tersebut tiba maka anda perlu melakukan beberapa hal berikut :

  • Login ke akun Google My Business
  • Pilih “Verifikasi Sekarang” di dashboard atau masuk ke menu “Manage Location”

Verifikasi google my business

  • Klik tombol enter berwarna biru
  • Masukkan kode verifikasi yang terdiri atas 5 digit lalu klik “Submit”

Setelah itu anda mendapatkan notifikasi bahwa profil bisnis Anda sudah diverifikasi. Google akan membuka sebuah jendela baru berisi detail bisnis anda. Centang kotak di samping tulisan “I am authorized to manage this business and I agree to the Terms of Service” lalu klik continue.

Selamat, akun Google My Business anda berhasil terverifikasi.

Apakah cukup sampai disini? Tentu tidak. Anda tetap harus mengupdate akun Google My Business tersebut. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak menganggap bisnis yang anda jalankan mati atau tidak berkembang. Anda juga dapat membuat postingan singkat berisi 300 kata. Postingan ini kurang lebih sama status Facebook atau Twitter. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan produk, event atau konten-konten lainnya kepada pengunjung. Untuk menampilkan foto, pastikan anda menggunakan foto yang menarik perhatian banyak orang. Selain itu gambar atau foto juga harus memiliki resolusi 250 x 250. Sementara itu untuk gambar sampul, resolusi yang ideal yakni 1080 x 608.

Baca : Panduan Terbaik #1 Pemula dalam Memahami Google Analytics

Selain itu pengunjung juga bisa memberikan reviewnya atas bisnis atau usaha yang anda jalankan. Bagaimana pelayanannya, harga, kualitas produknya, dan lain sebagainya. Tentu hal ini menjadi bahan evaluasi guna membuat bisnis anda semakin lebih baik. Biar bagaimanapun juga, dalam sebuah bisnis atau usaha kepuasan pelanggan menjadi sesuatu yang tak boleh diabaikan. Maka dari itu Google membantu kita untuk memasarkannya melalui Google My Business. Apakah anda sudah memilikinya? Jika belum yuk segera mendaftar demi kesuksesan bisnis anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Membuat dan Mengatur Blok Server Nginx di Ubuntu 18.04

Blok Server Nginx memungkinkan Anda untuk menjalankan lebih dari satu situs web pada satu...

Cara Mengganti Password Root di Ubuntu Linux

Pengguna root (atau superuser) adalah akun pengguna khusus yang ada di semua sistem Linux...

Close